Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Aplikasi

11 Aplikasi Kelas Online Gratis Terbaik untuk Pembelajaran di Rumah

Pandemic Covid-19 makin merebak hingga ke Indonesia. Sudah tahu dong ya, apa jenis pandemic ini? Covid-19 atau coronavirus disease 2019 merupakan virus mematikan yang kini telah tersebar hingga ke seluruh dunia.

Persebaran Covid-19 membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan #dirumahaja. Sehingga, seluruh aktivitas termasuk pekerjaan dan proses belajar mengajar berlangsung dari rumah.

Oleh karenanya, para pelajar membutuhkan aplikasi kelas online gratis untuk menunjang pembelajaran secara maksimal. Kamu dapat menggunakan beragam aplikasi kelas online gratis berikut ini untuk membantu proses belajarmu.

1. Brainly

Brainly
Brainly

[Android] [iOS]

Siapa sih yang tidak mengenal aplikasi kelas online gratis yang satu ini? Benar saja, Brainly merupakan aplikasi yang bergerak di dunia pendidikan yang familiar bagi para pelajar.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

Kenapa demikian?

Brainly memberikan layanan tanya jawab soal yang mudah diakses bagi segala usia.

Seluruh soal-soal yang tersaji merupakan pilihan soal yang harus dipecahkan.

Namun, kamu tidak perlu mengkhawatirkan kebenaran jawabannya. Seluruh pertanyaan yang ditanyakan melalui aplikasi kelas online gratis ini sudah terverifikasi.

Tidak hanya mempertanyakan soal yang ingin kamu pecahkan, Brainly juga menyediakan kolom untuk menjawab pertanyaan. Sehingga kamu dapat dengan mudah menyalurkan ilmu yang kamu miliki.

2. Edmodo

Edmodo
Edmodo

[Android] [iOS]

Edmodo merupakan aplikasi kelas online gratis yang dapat menghubungkan guru, orang tua, dan murid.

Sehingga kamu dapat dengan mudah melakukan proses pembelajaran seperti mendapatkan materi pembelajaran baru dan mengerjakan tugas dengan baik.

Tidak hanya memudahkan kamu sebagai siswa dalam proses belajar, Edmodo juga memudahkan para guru dalam proses mengajar. Guru-guru dapat memilih metode mengajar mana yang mudah diaplikasikan.

Kamu dan para guru dapat berkirim pesan secara langsung layaknya aplikasi chat. Sehingga, komunikasi antara guru dan siswa tidak terputus selama proses pembelajaran berlangsung.

Untuk dapat mengunduh aplikasi Edmodo, siapkan ponsel pintarmu dengan OS 4.4 ke atas.

3. Google Suite for Education

Google Suite for Education
Google Suite for Education

[Website]

Google Suite for Education merupakan aplikasi kelas online selanjutnya yang patut kamu acungi jempol.

Kenapa demikian?

Kamu tidak hanya sebatas belajar karena kamu dapat merasakan sensasi belajar sesungguhnya setelah berminggu-minggu belajar dari rumah.

Ini karena Google Suite for Education seperti Google Classroom menyajikan fitur seperti seakan-akan guru menerangkan pelajaran di depan kelas.

Lebih lagi, fitur pendukung lainnya akan memudahkanmu dalam mengerjakan tugas, mengumpulkan tugas, dan lain sebagainya. Jika tertarik ingin mencoba aplikasi ini, kamu bisa ikuti panduan cara menggunakan google classroom secara lengkap.

Aplikasi belajar yang dirilis resmi oleh Google ini merupakan bagian dari Google Suite. Ya, kamu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Akan tetapi, kamu bisa menggunakannya secara gratis tanpa batas jika sudah mendapatkan akses dari pihak sekolahmu.

4. Kelas Kita

Kelas Kita
Kelas Kita

[Android

Daftar aplikasi kelas online gratis selanjutnya adalah KelasKita. Aplikasi ini memberikan beragam pilihan belajar menyenangkan kapan pun dan di mana pun.

Kamu juga dapat mengakses beragam fitur pembelajaran menarik hingga fitur social. Fitur tersebut dapat memudahkanmu untuk meningkatkan keahlian apa yang ingin ditekuni secara mendalam. beberapa fitur keahlian yang tersedia di antaranya adalah desain grafis, cara membuat website, pemograman, dan lainnya.

Fitur social yang KelasKita dapat kamu menfaatkan untuk berkomunikasi dengan sesama pengguna untuk menciptakan proses belajar yang menyenangkan.

5. Kelas Pintar

Kelas Pintar
Kelas Pintar

[Android] [iOS]

Apakah Kelas Pintar dapat disamakan dengan Kelas Kita? Tentu saja tidak. Ini karena masing-masing aplikasi kelas online gratis tersebut memiliki keunggulan tersendiri.

Kelas pintar memberikan layanan belajar gratis selama sebulan yang diperuntukkan bagi para siswa dan guru. Kamu dapat mengakses beragam materi pembelajaran dan fitur-fitur menarik lainnya. selain itu, Kelas Pintar juga memungkin para siswa dan guru berinteraksi secara langsung.

Jika kamu tidak memahami materi pembelajaran yang diberikan, kamu dapat menggunakan fitur Tanya yang bisa dinikmati pada pukul 09.00 hingga 12.00 dan 18.00 hingga 21.00.

6. Office 365 for Education

Office 365 for Education
Office 365 for Education

[Website

Office 365 Education sering kali dibandingkan dengan Google Suite for Education. Mengapa demikian? Ini karena kedua platform ini selalu berusaha untuk memberikan perhatian lebih di dunia pendidikan dengan inovasi terbaik.

Kamu dapat menikmati beragam fitur yang mampu menunjang kreativitasmu. Beberapa di antaranya adalah Word, PowerPoint, Excel, Microsoft Teams, OneNote, dan tools pendukung pembelajaran lainnya.

Kamu hanya membutuhkan alamat email sekolah yang valid untuk dapat menikmati proses pembelajaran di Office 365 Education.

7. Pahamify

Pahamify
Pahamify

[Android] [iOS]

Bagi kamu yang tengah berkutat dengan ujian akhir di bangku sekolah menengah atas dan sederajat, Pahamify paling bisa mengatasi keresahanmu.

Resah karena ujian akhir tiba-tiba dibatalkan sehingga kamu harus menjawab puluhan hingga ratusan soal dari rumah secara onlilne. Belum lagi bagi kamu yang mesti memikirkan kemana kamu akan melanjutkan perkuliahan.

Aplikasi kelas online gratis yang satu ini dapat membimbingmu mewujudkan cita-cita untuk los seleksi STAN, SBMPTN, dan lainnya.

Kamu akan mempelajari semua materi terkait dalam bentuk video dan didampingi mentor yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Kamu juga dapat memanfaatkan layanan konsultasi bersama psikologi Pahamify untuk mendapatkan pilihan jurusan kuliah yang tepat.

Kamu dapat mengunduh Pahamify di Google Play. Namun pastikan bahwa kamu memiliki android dengan OS 5.0 ke atas.

8. Quipper School

Quipper School
Quipper School

[Android

Quipper merupakan aplikasi bimbingan belajar online ternama lainnya di Indonesia. Dalam menghadapi wabah COVID-19 seperti saat ini, Quipper meluncurkan Quipper School yang dapat diakses oleh seluruh elemen pendidikan, guru dan siswa.

Quipper School memanfaatkan teknologi Learnning Management Systems yang dapat memudahkan para guru dalam mengelola dan mengirim materi pembelajaran hingga ujian secara online. Para siswa pun juga dapat dengan mudah mengerjakan seluruh tugas dengan baik.

Jika kamu ingin mendapatkan fitur-fitur ekslusif, kamu dapat menikmati layanan berbayar mulai dari Rp.90.000,- per bulan.

9. Rumah Belajar

Rumah Belajar
Rumah Belajar

[Android

Rumah Belajar merupakan aplikasi kelas online gratis yang dirilis oleh Kemendikbud atau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Layaknya aplikasi kelas online gratis lainnya, Rumah Belajar meluncurkan program belajar berbasis audio visual dan beragam pembelajaran interaktif lainnya.

Kamu bisa menikmati beragam fitur Rumah Belajar untuk menunjang proses belajar online seperti Kelas Maya, Laboratorium Maya, Peta Budaya, Sumber Belajar dan lainnya. Beruntungnya, Rumah Belajar dapat diakses melalui perangkat apa saja sehingga sangat memudahkanmu.

10. Ruangguru

Ruangguru
Ruangguru

[Android] [iOS]

Siapa sih yang tidak mengenal ruangguru? Aplikasi bimbingan belajar online yang satu ini akan mendukung pembelajaranmu dari rumah secara online. Ini karena ruangguru memiliki beragam fitur menarik sehingga kamu bisa dengan mudah memahami materi pembelajaran.

Lebih lagi, ruangguru memberikan akses gratis dalam program Sekolah Online pada pukul 08.00 hingga pukul 12.00. Ya, ini sungguh sangat membantumu untuk memenuhi proses belajar selama pandemic COVID-19 ini.

Aplikasi kelas online yang satu ini menyajikan materi pembelajaran lengkap untuk tingkat SD hingga SMA. Kamu juga dapat menikmati video pembelajaran yang akan menambah semangat belajarmu.

Untuk dapat menikmati beragam fitur aplikasi kelas online gratis dari ruangguru, kamu dapat mengunduhnya di Google Play. Pastikan terlebih dahulu bahwa android yang kamu memiliki OS di atas Android 4.1.

11. Sekolah.mu

Sekolah.mu
Sekolah.mu

[Android] [iOS]

Apa yang terlintas di benakmu begitu mendengar kata “sekolahmu”? Akankah kamu berpikir bahwa orang-orang sedang membicarakan sekolah yang kamu miliki? Jika iya, ternyata kamu salah.

Kenapa demikian?

Sekolah.mu merupakan aplikasi kelas online gratis yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Lebih lagi, sekolah.mu menyediakan materi ekslusif yang disusun langsung oleh berbagai intansi pendidikan.

Tentunya semua materi dapat diakses secara gratis. Bukan hanya sekedar materi saja, video pembelajaran juga bisa kamu dapatkan dengan mengakses link yang sudah tersedia.

12. Zenius

Zenius
Zenius

[Android] [iOS]

Zenius merupakan aplikasi kelas online gratis terakhir yang perlu kamu pertimbangkan soal pengalaman, Zenius sudah berkiprah di dunia pendidikan sejak tahun 2004.

Selain itu, Zenius menghadirkan fitur pembelajaran dari tingkat pendidikan sekolah dasar hingga tingkat pendidikan menengah atas. Kamu juga dapat menemukan konten pembelajaran perkuliahan pada aplikasi ini.

Zenius memiliki beragam fitur andalan seperti tryout, Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), dan materi pembelajaran lainnya yang terhimpun dalam menu “insight”. Zenius dapat diunduh dengan OS 5.0 ke atas.

13. statmat.id

Aplikasi pembelajaran yang terakhir adalah statmat.id. Statmat merupakan aplikasi website yang menyediakan materi-materi pembelajaran mulai dari kelas SD – Kuliah.

statmat.id
statmat.id

Statmat menyediakan hampir seluruh materi pembelajaran mulai dari Matematika, IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), Pemrograman dan mapel lainnya.

Di dalam website tersebut kamu dapat mencari bahan materi, contoh soal, serta pembahasan. Website tersebut hampir update setiap hari untuk menyediakan materi-materi pembelajaran terbaru.

Meskipun kamu harus #dirumahaja, kamu juga tidak boleh melupakan tugasmu sebagai pelajar. Kamu tetap harus belajar secara maksimal. Lebih lagi, kehadiran aplikasi tersebut mampu mendukungmu untuk belajar dengan lebih baik melalui program unggulan yang sudah disiapkan. So, keep it on yaaa!

Azmi Raudhatul Islah

Saya seorang guru yang hobi menulis. Saya merupakan lulusan Pendidikan Bahasa Inggris dari salah satu universitas di Riau. Saat ini saya sedang asyik menggeluti dunia teknologi.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.