Patuhi protokol kesehatan saat keluar rumah dengan membawa hand sanitizer dan menggunakan masker. Bersama Indonesia bebas COVID-19.
Aplikasi

12 Aplikasi Keyboard Bahasa Arab

Bahasa Arab terkadang menjadi kebutuhan terlebih untuk orang yang gemar membagikan ayat – ayat Al – Qur’an melalui smartphone.

Sebagian besar smartphone di Indonesia masih belum memberikan fasilitas berupa tombol yang berisikan bahasa Arab.

Namun, kita tidak perlu khawatir karena di Playstore atau AppStore ternyata banyak menawarkan aplikasi keyboard bahasa Arab yang bisa kita unduh dan install.

Lalu, apa saja aplikasi keyboard bahasa Arab yang bagus? Yuk simak ulasan berikut !

1. iFont

iFont
iFont

iFont salah satu aplikasi keyboard yang menyediakan fasilitas font yang bervariasi dan kekinian. Selain itu, iFont ternyata juga menyediakan font berupa huruf – huruf Arab. Aplikasi ini tersedia di Playstore dimana pengguna dapat mengunduhnya secara gratis.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

2. Free Arabic Fonts for FlipFont

Aplikasi Free Arabic Fonts for FlipFont sangat efektif digunakan untuk menulis bahasa Arab di smartphone Android. Aplikasi ini kompatibel dengan beberapa varian smartphone Samsung Galaxy.

Free Arabic Fonts for FlipFont
Free Arabic Fonts for FlipFont

Untuk menggunakannya, terlebih dahulu unduh dan install aplikasinya terlebih dahulu. Kemudian, masuk ke Settings –> Display –> Font –> Klik Font Arab yang Anda inginkan. Di Playstore aplikasi ini mendapatkan rating yang lumayan bagus sehingga Anda tidak perlu ragu akan performa aplikasi ini.

3. Best Arabic Fonts for Android

Sesuai namanya, aplikasi ini memang terbaik untuk menulis tulisan Arab. Aplikasi ini dirancang khusus agar kompatibel dengan Monotype Imaging Inc’s Flipfont dan otomatis smartphone Anda akan bisa digunakan untuk menulis tulisan Arab.

Best Arabic Fonts for Android
Best Arabic Fonts for Android

Bagi pengguna Samsung Galaxy, aplikasi ini sangat direkomendasikan. Selain dapat menulis tulisan Arab, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengubah user interface sekaligus font dalam smartphone. Aplikasi ini memang sudah banyak diunduh oleh sekitar 1 juta kali di Play Store.

4. Arabic Language – GO Keyboard

Arabic Language – Go Keyboard merupakan salah satu aplikasi keyboard bahasa Arab di ponsel Android. Aplikasi yang satu ini bisa ditemukan di Google Play Store yang ada di Android.

Arabic Language – GO Keyboard
Arabic Language – GO Keyboard

Namun, untuk memakai Arabic Language syaratnya pengguna harus mengunduh Go Keyboard terlebih dahulu. Di aplikasi ini tidak hanya difasilitasi dengan keyboard bahasa Arab saja, tetapi banyak emoji lucu yang bisa diterapkan dalam setiap tulisan yang Anda tulis di smartphone.

Nah, menulis bahasa Arab akan tetap menyenangkan dan tidak membosankan dengan adanya Arabic Language dari GO Keyboard.

5. الخط العربي  Arabic font

العربي Arabic Font
العربي Arabic Font

Aplikasi ini berisi berbagai kumpulan font tulisan Arab yang menarik dan kompatibel dengan semua system operasi Android.

Bahkan bagi pengguna Android dengan system operasi Ice Cream Sandwich dan Jelly Bean tetap bisa menggunakan aplikasi tulisan Arab ini.

Namun, untuk bisa mengunduh dan menginstall aplikasi ini diperlukan root smartphone terlebih dahulu.

6. Ana Muhtarif Al Khat

Ana Muhtarif Al Khat
Ana Muhtarif Al Khat

Ana Muhtarif Al Khat merupakan aplikasi untuk membuat tulisan kaligrafi di smartphone sesuai dengan kreativitas kita. Di aplikasi ini juga, pengguna bisa dengan bebas mendesain kaligrafi bahasa Arab dengan indah dan sesuai keinginan.

Fasilitas lainnya yang dimiliki aplikasi Ana Muhtarif Al Khat ini adalah ukuran font, undo dan redo, background yang menarik dan tombol share ke laman Facebook.

Pengguna dengan dengan bebas membagikan hasil karyanya ke berbagai jejaring sosialnya termasuk Facebook. Aplikasi ini mendapatkan rating yang lumayan bagus yakni 4.6.

7. Arabic Fonts Free for Android

Arabic Fonts Free For Android adalah salah satu aplikasi keyboard bahasa Arab yang kami rekomendasikan karena kerjanya yang bagus. Bagi pengguna yang baru menginstall aplikasi ini akan diberikan 10 jenis font Bahasa Arab yang menarik.

Arabic Fonts Free for Android
Arabic Fonts Free for Android

Aplikasi Arabic Fonts ini dirancang untuk bisa kompatibel dengan semua system operasi Android mulai dari 3.0 ke atas. Aplikasi ini tersedia di Play Store maupun di website.

Namun, di Play Store biasanya telah disediakan versi terbarunya yakni versi 7.0 sedangkan di website pengguna tetap bisa mengunduh dan menginstall versi yang lama untuk menyesuaikan dengan system operasi yang dimiliki ponsel masing – masing.

8. Keyboard Arabic Harokat

Keyboard Arabic Harokat
Keyboard Arabic Harokat

Tulisan Arab mungkin akan lebih mudah dibaca dan diartikan jika ada harokatnya. Aplikasi Keyboard bahasa Arab ini sangat memudahkan pengguna untuk mengetik bahasa Arab lengkap dengan harokatnya.

Aplikasi ini bekerja pada system Android 4.0 ke atas. Ukuran filenya juga tidak terlalu berat yakni 8.9 MB saja.

9. Arab Keyboard

Sama halnya dengan Arabic Language dari Go Keyboard, aplikasi Arab Keyboard ini juga sangat menarik untuk menulis tulisan Arab di Android.

Performanya yang baik dalam menampilkan tulisan Arab, membuat aplikasi ini diunduh ribuan kali. Aplikasi Arab Keyboard ini dilengkapi 500 emoticon yang akan membuat tulisan Arab semakin menarik.

Tak hanya itu, aplikasi keyboard ini juga dilengkapi pengaturan untuk mengubah style keyboard dengan warna sesuai keinginan pengguna.

Tersedia 8 warna yang bisa dipilih untuk mengubah background keyboard di smartphone Anda. Sangat menarik, bukan?

10. Soft Arabic Keys

Soft Arabic Keys dirancang lebih ke arah memperbaiki ejaan bahasa Arab. Aplikasi ini bisa digunakan pengguna yang masih ragu dengan tatanan bahasa Arabnya.

Jika ingin menggunakan Soft Arabic Keys, pengguna terlebih dahulu harus menginput teks Arab yang telah dibuat ke kolom yang sudah tersedia di halaman aplikasi.

Aplikasi ini diperuntukkan Android dengan OS 3.0 ke atas. Selain itu, dalam aplikasi dilengkapi dengan fitur tombol untuk memindahkan kursor ke kiri dan kekanan, kamus, ejaan otomatis yang akan mengoreksi tulisan yang kita ketikkan.

11. Arabic for Smart Keyboard

Aplikasi ini sangat cocok untuk orang yang ingin belajar menulis dengan tulisan Arab di waktu senggang. Seperti aplikasi keyboard pada umumnya, aplikasi ini bisa diatur menjadi default untuk keyboard di smartphone Android kita.

Aplikasi ini bisa digunakan di system operasi Android 1.5 ke atas. Selain itu, pemasangan keyboard bahasa Arab ini tidak akan membuat kinerja ponsel menjadi berat karena ukurannya yang sangat kecil sehingga ringan untuk digunakan.

12. Arabic Keyboard with English Letters

Aplikasi keyboard terakhir ini sangat menarik karena memudahkan untuk menulis tulisan Arab. Pengguna bisa dengan mudah menginput tulisan bahasa Inggris kemudian akan dikonversi ke bahasa Arab.

Dalam aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang menarik antara lain berbagai macam tema yang berwarna – warni yang bisa dipilih sehingga membuat keyboard lebih menarik.

Akhir Kata…

Ulasan di atas merupakan 12 aplikasi keyboard bahasa Arab di Android yang bisa menjadi pendukung kreativitas Anda.

Aplikasi – aplikasi tersebut juga memudahkan Anda untuk melakukan chatting dengan bahasa Arab. Nah, selamat mencoba, ya!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.