Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Aplikasi

10 Aplikasi Screenshot PC dan Laptop Terbaik

Tak kalah dari smartphone, aplikasi untuk PC juga ada banyak sekali. Salah satu yang sering dicari dan digunakan adalah aplikasi screenshot PC dan Laptop.

Sebenarnya untuk mengambil screenshot di laptop dan komputer sudah tersedia tombol Prt sc sysrq atau Printscreen yang berguna untuk mengambil tangkapan layar atau biasa disebut dengan screenshot.

Selain itu, kalian juga bisa menggunakan tombol ALT + Print Screen secara bersamaan. Dimana tombol tersebut akan megambil screenshot untuk jendela kerja atau aplikasi yang sedang aktif.

Cukup ribet memang jika mengambil screenshot menggunakan fitur bawaan, belum lagi ukuran file nya lumayan besar. Karena itulah banyak yang lebih memilih untuk menggunakan aplikasi screenshot PC dan laptop dari pihak ketiga ini.

Menggunakan aplikasi screenshot ini menurut kami lebih mantap. Ada banyak sekali fitur yang akan sangat membantu kalian agar kualitas jepretan screenshot makin mantap.

Jika kalian tertarik untuk mencoba, tim Surga tekno akan memberikan rekomendasi beberapa aplikasi screenshot terbaik untuk PC dan Laptop. Berikut adalah daftar lengkap aplikasinya :

1. Lighshot (Klik untuk Install)

Pertama, kalian bisa menggunakan Lighshot. Aplikasi ini bisa kalian gunakan pada PC dan Laptop dengan sistem operasi Windows dan Macintosh (untuk Linux belum tersedia).

Aplikasi ini bisa kalian download secara gratis. Meskipun gratis, ada banyak sekali fitur nya. Tak heran kami menempatkan lighshot sebagai salah satu aplikasi screenshot komputer terbaik ini.

Aplikasi Screenshot Lightshot
Aplikasi Screenshot Lightshot

Menggunakan Lighshot mudah sekali, dijamin kalian pasti bisa menggunakan nya. Selain bisa disimpan di Drive, kalian juga bisa menyimpan screenshot di server lighshot, dengan demikian kalian akan mudah untuk membagikannya.

Lighshot tidak hanya tersedia dalam bentuk aplikasi saja. Lighshot juga tersedia pada beberapa aplikasi browser seperti Chrome, Firefox, Internet Explorer, dan Opera.

2. Tiny Take (Klik untuk Install)

Selain lighshot, kalian bisa mengandalkan Tiny Take sebagai aplikasi screenshot di laptop dan komputer. Aplikasi ini bisa kalian download secara gratis di situs resminya.

Tiny Take memang sangat handal untuk menyimpan screenshot. Bukan screenshot saja, kalian juga bisa merekam layar komputer kesayangan menjadi video menggunakan aplikasi ini.

Tiny Take
Tiny Take

Aplikasi yang bisa berjalan di Windows dan Macintosh ini punya banyak sekali fitur yang akan sangat bermanfaat untuk digunakan menjepret screenshot dan juga merekam video.

Sama halnya dengan lighshot, kalian juga bisa menyimpan screenshot di Drive Tiny Take. Sedangkan untuk rekaman video, kalian bisa menyimpannya langsung di YouTube.

3. Schirmfoto (Klik untuk Install)

Kalian juga bisa menggunakan Schirmfoto. Aplikasi ini bisa menangkap screenshot dengan mudah dan cepat baik menggunakan PC dengan sistem operasi windows XP, windows 7, dan juga Windows 10.

Dengan menggunakan Aplikasi berukuran 11 MB ini, kalian bisa menyimpan screenshot dengan format .jpg, .png dan juga .pdf. Pengguna juga bisa mengedit Screenshot mulai dari crop, print serta menambahkan
watermark.

Schirmfoto
Schirmfoto

Bukan cuma bisa mengambil screenshot, aplikasi ini juga bisa merekam layar menjadi video. Bagi kalian yang suka memposting video tutorial seputar PC, tentu saja aplikasi ini akan sangat membantu.

Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan. Kalian tinggal mengklik icon kamera, setelah itu Schirmfoto akan menyimpannya secara otomatis.

4. Screenshot Captor (Klik untuk Install)

Screenshot Captor bisa kalian gunakan jika kalian butuh aplikasi screenshot di laptop dan komputer yang bisa menjepret screenshot halaman yang panjang, aplikasi ini juga berukuran kecil.

Screenshot Captor
Screenshot Captor

Selain memiliki keunggulan bisa mengambil screenshot halaman yang panjang, aplikasi ini juga punya kelebihan bisa mengedit Screenshot menjadi lebih menarik, seperti menambah Border, frame dan juga watermark.

Aplikasi ini juga bisa meng-capture bagian tertentu saja. Memang aplikasi ini dibekali dengan banyak fitur yang sangat bermanfaat.

5. Screenpresso (Klik untuk Install)

Yang terakhir ada screenpresso, aplikasi ini juga bisa kalian download secara gratis. Screenpresso bisa meng-capture foto dan merekam video dengan mudah dan cepat.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan image editor yang akan sangat membantu untuk memotong dan menambahkan watermark.

Screenpresso
Screenpresso

Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah bisa menyimpan ke beberapa penyimpanan online seperti google Drive, Dropbox dan masih banyak lagi lainnya.

6. ShareX (Klik untuk Install)

Aplikasi screenshot untuk PC dan laptop terbaik selanjutnya adalah ShareX. ShareX dibuat oleh Jaex dan Michael Delpach, aplikasi ini bisa digunakan secara gratis pada laptop bersistem operasi Windows.

ShareX cukup handal untuk menjepret screenshot, baik layar penuh atau sebagian layar. Aplikasi ini juga punya fitur share yang akan memudahkan kalian untuk membagikannya ke media sosial.

Tampilan Aplikasi Screenshot ShareX
Tampilan Aplikasi Screenshot ShareX

Bukan hanya bisa menghasilkan screenshot saja, ShareX juga bisa merekam layar PC dan laptop kalian. Kalian bisa menentukan resolusi rekaman sebelum merekam.

Tertarik menggunakan ShareX? Kalian bisa langsung mendownloadnya. Saat ini ShareX hanya tersedia untuk Windows saja, ukurannya hanya 4 MB.

7. Greenshot (Klik untuk Install)

Kemudian teman-teman bisa menggunakan Greenshot untuk menjepret layar menjadi screenshot. Aplikasi ini juga bisa digunakan secara gratis di laptop dan PC bersistem operasi Windows.

Greenshot memiliki kemampuan untuk menghasilkan screenshot berkualitas tinggi. Tidak hanya screenshot full screen, kalian juga bisa menjepret sebagian layar saja dengan aplikasi ini.

Tampilan Greenshot
Tampilan Greenshot

Aplikasi greenshot ini juga bisa mencapture screenshot dari internet Explorer. Bisa dibilang aplikasi sangat handal untuk melakukan tugasnya, apalagi penggunaan greenshot mudah sekali.

Setelah screenshot berhasil diambil, kalian bisa menyimpan file ke Drive. Atau kalian juga bisa mengirim ke printer, salin ke clipboard, lampirkan email, kirim program Office atau upload ke situs foto seperti Flickr atau Picasa atau lainnya.

8. PicPick (Klik untuk Install)

Aplikasi screenshot laptop dan komputer selanjutnya adalah PicPick. Aplikasi ini memiliki UI yang sangat bagus dan mudah dimengerti, aplikasi berukuran 14 MB saja.

PicPick memang sangat mudah sekali untuk digunakan. Hanya dengan mengklik shortcut saja, Kalian sudah bisa mengambil screenshot yang bisa disimpan langsung ke memori.

PicPick
PicPick

Atau kalian bisa langsung membukanya dengan editor bawaan PicPick. Dengan demikian kalian bisa menambahkan teks, gambar, stiker dan lainnya.

PicPick juga punya fitur khusus yang memudahkan pengguna untuk meng-upload screenshot langsung ke situs tertentu, tapi sebelumnya kalian harus mengatur ftp nya terlebih dahulu.

9. Skitch (Klik untuk Install)

Aplikasi screenshot untuk PC yang kesembilan adalah skitch. Skitch tersedia untuk Mac OS dan IOS, bukan OS besutan Apple saja, aplikasi buatan Evernote ini juga tersedia untuk Windows.

Aplikasi screenshot ini memang sangat handal untuk menghasilkan screenshot. Skitch dilengkapi dengan fitur berlimpah yang akan memaksimalkan hasil screenshot

Skitch
Skitch

Contohnya seperti editor khusus yang bisa membantu kalian mengedit Screenshot seperti menambahkan Arrow, kotak, lingkaran dan lainnya.

Salah satu fitur andalan pada aplikasi ini adalah pixelate. Fitur ini akan membantu teman-teman untuk mengaburkan bagian-bagian sensitif dari suatu gambar.

10. Jing (Klik untuk Install)

Daftar aplikasi screenshot untuk PC dan laptop ditutup oleh Jing. Jing sangat bisa diandalkan untuk menjepret layar menjadi screenshot dengan mudah.

Aplikasi Screenshot Jing
Aplikasi Screenshot Jing

Jing bukan hanya bisa diandalkan untuk menjepret screenshot. Bagi kalian yang ingin merekam layar komputer, kalian juga bisa menggunakan aplikasi ini.

Jika kalian menggunakan Jing untuk menjepret screenshot, filenya akan berekstensi .png. sementara itu rekaman layar akan tersimpan menjadi file .swf.

Jing juga bisa membantu untuk langsung mengunggah screenshot ke screencast.com. Dengan demikian, kalian akan bisa membagikan screenshot dengan mudah dan cepat.

Akhir Kata…

Demikian beberapa rekomendasi aplikasi screenshot untuk PC dan Laptop yang bisa kamu jalankan di OS Windows maupun Macintosh. Semoga bisa membantu, terimakasih sudah membaca.

Tags

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Close
Close

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.