Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Aplikasi

20 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik dan Terpopuler

Tidak bisa dipungkiri bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa universal yang harus kita kuasai jika ingin bepergian ke luar negeri, berkomunikasi dengan bule, bermain game, dan lain sebagainya. Selain itu, untuk melanjutkan studi ke luar negeri pun Kamu juga harus mampu menguasai bahasa Inggris.

Banyak orang yang bahkan rela menghabiskan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun hanya untuk belajar bahasa inggris. Banyak yang belajar melalui kursus, les pribadi, dan lain sebagainya.

Namun, saat ini Kamu juga bisa belajar bahasa Inggris melalui berbagai aplikasi yang tersedia di Play Store.

Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang karena melalui aplikasi-aplikasi tersebut Kamu sudah bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Kamu.

Lalu apa saja aplikasi belajar bahasa Inggris tersebut? berikut ini jawabannya:

20 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik

1. Duolingo

Duolingo - Aplikasi Belajar Bahasa Inggris
Duolingo
Duolingo: Belajar Inggris Gratis
Duolingo: Belajar Inggris Gratis

Aplikasi pertama yang akan kami bahas adalah Duolingo. Aplikasi ini sebenarnya bukan hanya untuk belajar bahasa Inggris melainkan juga untuk belajar bahasa yang lainnya.

Bahasa lain yang juga tersedia di aplikasi Duolingo selain bahasa Inggris antara lain: Mkamurin, Polandia, Rusia, dan masih banyak yang lainnya.

Aplikasi ini juga menyediakan beberapa level pembelajaran yang bisa Kamu pilih sesuai kemampuan Kamu.

Duolingo juga menyediakan kosa kata terbaru setiap hari yang pastinya akan mengisi koleksi kosa kata Kamu untuk semakin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Kamu juga dapat memilih kira-kira topik apa yang ingin Kamu pilih mulai dari topik kesehatan, pendidikan, ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya.

Duolingo merupakan salah satu aplikasi pilihan terbaik untuk Kamu. Dengan menggunakannya secara rutin dan konsisten, maka kemampuan berbahasa Inggris Kamu baik membaca maupun berbicara perlahan-lahan akan meningkat.

Kamu mungkin tidak mengalami kesulitan ketika harus membaca koran atau buku yang menggunakan bahasa inggris sederhana.

2. Memrise

Memrise - Aplikasi Belajar Bahasa Inggris
Memrise

Jika kamu memiliki masalah dengan keterbatasan kosa kata, maka aplikasi ini dapat menjadi pilihan yang terbaik. Ketika menggunakan Memrise, kamu akan langsung disuguhkan oleh kosa kata.

Aplikasi ini memiliki tampilan yang kreatif dan lebih menarik untuk mengajakmu lebih mudah memahami setiap kosa kata yang ada.

Kamu akan lebih mudah mengingat kosa kata tersebut dan bisa langsung kamu gunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Selain memiliki tampilan yang sederhana, Memrise juga memungkinkan kamu untuk bisa berinteraksi dengan para pengguna lainnya untuk kemudian sama-sama belajar bahasa Inggris.

Terdapat setidaknya 30 level pembelajaran. Kamu juga bisa memantau seperti apa perkembanganmu selama belajar bahasa Inggris menggunakan aplikasi ini.

3. Hello English

Hello English - Aplikasi Belajar Bahasa Inggris
Hello English
IELTS by Hello English
IELTS by Hello English
Developer: Culture Alley
Price: Free+

Dari namanya saja kamu pasti sudah bisa mengetahui bahwa aplikasi ini untuk belajar bahasa Inggris. Sebuah aplikasi yang memberikan kebebasan kepada para pengguna untuk memilih kira-kira ingin belajar bahasa Inggris menggunakan cara apa.

Bisa dikatakan bahwa aplikasi ini merupakan aplikasi belajar bahasa Inggris dengan metode yang paling lengkap.

Kamu bisa belajar melalui teks berita, gambar, video, audio, diskusi, maupun game interaktif. Semua bisa kamu lakukan hanya dalam satu aplikasi.

Kamu juga memiliki kesempatan untuk belajar 10.000 kosa kata agar koleksi vocabmu semakin banyak. Kamu juga akan dilatih tentang bagaimana cara mengucapkan setiap kata tersebut dengan benar.

Ingin bertanding dengan para pengguna lain? Kamu bisa bermain game multiplayer dan melawan ribuan pengguna aplikasi ini yang tersebar di seluruh dunia.

Jika kamu tertarik, silakan download di Play Store dan rasakan keseruan bermain Hello English.

Test keyboard kamu error atau tidak dengan menggunakan aplikasi test keyboard terbaik.

4. Rosetta Stone

Rosetta Stone - Aplikasi Belajar Bahasa Inggris
Rosetta Stone

Salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris yang berfokus untuk membantu meningkatkan grammar adalah Rosetta Stone.

Aplikasi ini bukan hanya diperuntukkan untuk anak-anak melainkan juga untuk orang dewasa yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya.

Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana dan telah didukung oleh ribuan kosa kata yang pastinya akan menambah koleksi kosa katamu.

Selain untuk belajar bahasa Inggris, aplikasi ini juga merupakan pilihan terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Perancis, Italia, Jerman, dan berbagai bahasa lainnya. setidaknya ada 19 bahasa yang tersedia di aplikasi ini.

Jika kamu ingin menguasai lebih dari 1 bahasa asing, Rosetta Stone merupakan aplikasi terbaik yang bisa kamu dapatkan di Play Store.

5. HelloTalk

HelloTalk - Aplikasi Belajar Bahasa Inggris
HelloTalk

Aplikasi belajar bahasa Inggris yang kelima yaitu HelloTalk. Terkadang beberapa orang lebih senang langsung praktek berbicara bahasa Inggris dibandingkan harus belajar teori secara terus-menerus.

Adapun salah satu mempraktekkannya adalah dengan menggunakan aplikasi ini.

Sesuai dengan namanya, HelloTalk merupakan aplikasi yang membantumu dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu.

Di dalam aplikasi ini, kamu akan diajak untuk chatting dengan penutur asli bahasa Inggris atau yang biasa dinamakan native speaker.

Jika kamu belajar secara konsisten, bukan tidak mungkin kemampuan berbahasa Inggrismu akan meningkat dan kamu akan lebih percaya diri ketika mengirim pesan atau bahkan berbicara dengan orang lain menggunakan bahasa Inggris.

Uniknya lagi, selain menyediakan fitur untuk belajar bahasa Inggris, HelloTalk juga bisa kamu manfaat untuk belajar beberapa bahasa lainnya.

Dalam aplikasi ini terdapat fitur untuk belajar bahasa Mandarin, Korea, Perancis, Jepang, German, dan beberapa bahasa lainnya. meskipun medianya hanya berupa chat, namun kamu juga masih bisa belajar listening melalui fitur bernama voice to text.

Jika kamu ingin melatih kemampuan speaking, maka kamu hanya perlu mengirimkan voice note. Kamu juga bisa langsung menelepon dan langsung mengobrol dengan native speaker.

Sebuah aplikasi yang sangat menarik dan kamu harus mencobanya. Tinggal ketik nama HelloTalk di kolom pencarian yang ada di Play Store.

Unduh dan buka aplikasi tersebut lalu rasakan perbedaan yang kamu rasakan sebelum dan sesudah belajar bahasa Inggris menggunakan HelloTalk.

6. ABA English

"<yoastmark

ABA English juga menjadi aplikasi yang terkenal efektif untuk belajar bahasa Inggris. Aplikasi ini membantumu belajar bahasa Inggris langsung dari penutur aslinya.

Aplikasi ini menawarkan metode pembelajaran yang menarik dan pastinya kamu tidak akan bosan belajar melalui aplikasi tersebut.

Untuk aplikasi ABA English juga menyediakan berbagai film berbahasa Inggris yang bisa membantumu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris baik listening maupun speaking.

Aplikasi ini juga menempatkan setiap penggunanya berdasarkan level. Terdapat 6 level yaitu Beginner, Lower Intermediate, Intermediate, Upper Intermediate, Advanced, dan juga Business.

Untuk bisa mengetahui kamu berada di level yang mana, kamu akan diberikan tes. Berdasarkan tes yang kamu kerjakan inilah kamu akan mengetahui kira-kira kamu akan berada di level yang mana.

Setelah mengetahui aplikasi ini pasti akan membuatmu tertarik dan semakin bersemangat untuk belajar bahasa Inggris.

Cari aplikasi yang sering digunakan untuk komunitas gamer ? Bikin komunitas gamermu dengan aplikasi Discord.

7. BBC Learning English

BBC Learning English - Aplikasi Belajar Bahasa Inggris
BBC Learning English

Jika kamu mencari aplikasi belajar bahasa inggris melalui berita, maka silakan belajar melalui BBC Learning English.

Aplikasi ini sebenarnya sudah menjadi salah satu aplikasi terbaik dan terpopuler untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Untuk pembelajarannya sendiri memanfaatkan video yang dapat kamu tonton secara streaming. Namun kamu juga bisa mengunduh video tersebut untuk selanjutnya kamu tonton secara offline.

Adapun program-program yang terdapat di dalam BBC Learning English akan selalu diperbarui. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan materi karena akan selalu ada materi dan berita tersebut yang bukan hanya bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris melainkan juga untuk menambah wawasan.

Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis di Play Store. Tinggal bukan Play Store dan ketik BBC Learning English pada kolom pencarian. Setelah itu, tinggal kamu download.

8. Learn to speak English with busuu

Learn to speak English with busuu - Aplikasi Belajar Bahasa Inggris
Learn to speak English with busuu

Bagi beberapa orang mungkin nama aplikasi ini masih belum terlalu familiar. Padahal Learn to speak English with bussu merupakan salah satu aplikasi pilihan untuk belajar bahasa Inggris.

Untuk fitur yang ada di dalam aplikasi ini tidak kalah dibandingkan dengan beberapa aplikasi lainnya yang sudah kami sebutkan sebelumnya. Di sini kamu akan belajar seputar kosa kata, grammar, dan bahkan speaking.

Learn to speak English with busuu juga menawarkan tampilan yang sederhana. Setiap menu yang tersedia pun mudah kamu pahami.

Dijamin aplikasi ini akan membantu meningkatkan kemampuanmu dalam berbahasa inggris jika kamu rutin memanfaatkannya.

9. Babbel

Babbel - Aplikasi Belajar Bahasa Inggris
Babbel

Belajar bahasa inggris memang akan terasa sulit jika kamu tidak meluangkan waktumu. Belajar bahasa Inggris atau bahasa lainnya memang tidak bisa dilakukan secara instan.

Harus ada proses yang kamu lalui sehingga kamu bisa mendengarkan, berbicara, membaca, maupun menulis dalam bahasa Inggris secara baik.

Maka dari itu, terdapat salah satu aplikasi yang bisa membantumu untuk mewujudkan hal tersebut. aplikasi yang kami maksud adalah Babbel.

Aplikasi ini menyediakan beragam pembelajaran yang bisa kamu selesaikan hanya dalam kurun waktu 15 menit saja. Dengan kata lain, kamu tidak perlu menghabiskan waktu yang cukup lama setiap harinya.

Kamu akan menguasai segala aspek dalam bahasa Inggris seperti listening, speaking, reading, dan writing dengan baik.

Kemampuanmu semakin lama akan semakin meningkat jika kamu terus belajar menggunakan Babbel secara konsisten.

Babbel juga menydiakan beragam pembelajaran dengan berbagai konteks, misalnya bisnis, travelling, dan lain sebagainya.

Sebelum membeli komponen-komponen PC, alangkah baiknya kamu gunakan aplikasi simulasi rakit PC.

10. EWA: Learn English & Spanish Language

EWA Learn English & Spanish Language - Aplikasi Belajar Bahasa Inggris
EWA Learn English & Spanish Language

Dari namanya saja mungkin kamu menyadari bahwa aplikasi bukan hanya untuk belajar bahasa Inggris melainkan juga bahasa Spanyol.

Namun justru inilah yang menjadi kelebihan dari aplikasi tersebut. Bagi kamu yang suka belajar bahasa Inggris melalui film, novel, maupun tayangan TV, maka EWA bisa menjadi pilihan terbaik untukmu.

Aplikasi ini mengemas berbagai potongan yang ada di TV Series maupun novel terkenal untuk kemudian dijadikan sebagai media pembelajaran yang menyenangkan.

Potongan novel tersebut juga akan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia untuk setiap kata. Jadi, kamu tidak perlu khawatir tidak mengerti artinya.

Selain itu, kamu juga bisa mengamati seperti apa progres pembelajaran yang sudah kamu lalui selama ini melalui sebuah grafik yang sudah disediakan di dalam EWA.

Dengan mengetahui grafik tersebut, kamu bisa menentukan target yang harus kamu capai dalam waktu tertentu dan membuatmu akan lebih bersemangat untuk mengejar terget tersebut. Kamu bisa menemukan aplikasi ini di Play Store jadi silakan download sekarang juga.

11. Tandem

Tandem merupakan sebuah aplikasi yang bisa dikatakan sebagai Tinder yang membuat Anda akan dipertemukan dua orang.

Namun, perbedaannya Tandem bukan digunakan untuk mencari jodoh melainkan untuk belajar bahasa Inggris. Kamu bisa meningkatkan kemampuan bahasa inggrismu dengan aplikasi ini.

Kamu bisa langsung berkomunikasi dengan pengguna yang lain baik melalui telepon atau melakukan chatting.

Tandem dilengkapi dengan fitur yang bermanfaat untuk mengoreksi kalimat yang kurang tepat dari teks maupun ucapan yang kamu kirimkan.

Dengan begitu, kamu bukan hanya sekadar belajar komunikasi namun kamu bisa mengetahui kira-kira mana bagian yang kurang tepat sehingga kamu bisa memperbaikinya. Jika kamu penasaran dengan aplikasi ini, silakan download di Play Store.

12. Learn English. Speak English

Learn English. Speak English - Aplikasi Belajar Bahasa Inggris
Learn English. Speak English
Learn English. Speak English
Learn English. Speak English
Developer: ATi Studios
Price: Free+

Meskipun memiliki budget yang terbatas, bukan berarti Anda tidak bisa belajar bahasa Inggris.

Hanya menggunakan kuota internet saja Anda sudah bisa belajar bahasa inggris melalui sebuah aplikasi yang mudah digunakan. Aplikasi tersebut bernama Learn English. Speak English. Aplikasi ini menjadi salah satu pilihan terbaik untuk membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris Anda.

Tidak kalah dengan aplikasi lainnya, Learn English. Speak English juga dilengkapi dengan segudang fitur. Anda bisa belajar kosa kata, struktur bahasa (grammar).

Bahkan Anda juga bisa belajar mengenai apa saja frasa-frasa yang umum digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah hadirnya AI yang akan menjadi pemandu Anda selama belajar bahasa Inggris. Bagaimana? Tertarik untuk menggunakannya? Silakan dapatkan aplikasi ini sekarang juga.

Mau belajar bahasa Korea ? Rekomendasi aplikasi belajar bahasa Korea terbaik ini akan membantu kamu menguasai bahasa Korea lebih cepat.

13. English Conversation Practice

English Conversation Practice - Aplikasi Belajar Bahasa Inggris
English Conversation Practice
English Conversation Practice
English Conversation Practice
Developer: TalkEnglish
Price: Free+

Sesuai dengan namanya, English Conversation Practice merupakan aplikasi yang berfokus pada percakapan bahasa Inggris.

Sebuah aplikasi yang menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin meningkatkan kemampuan speaking maupun percakapan dalam bahasa Inggris. Aplikasi ini telah menyediakan sekitar 200 bahan pembelajaran yang fokus pada percakapan.

English Conversation Practice juga menyediakan ujian untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan Anda sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi ini.

Jika Anda merasa tertarik menggunakan aplikasi ini, silakan download dan rasakan perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan English Conversation Practice.

14. Beelinguapp

Beelinguapp - Aplikasi Belajar Bahasa Inggris
Beelinguapp

Terkadang meskipun kita memahami tulisan maupun percakapan dalam bahasa Inggris, terkadang kita masih menemui kesulitan ketika harus menerjemahkannya dengan hasil terjemahan yang baik dan tidak kaku.

Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan sebuah aplikasi yang bernama Beelinguapp. Aplikasi ini akan membantu membaca cerita dalam dua bahasa dalam waktu yang bersamaan.

Kamu akan mengetahui seperti apa padanan yang tepat untuk kata-kata tertentu. Sebuah aplikasi yang bisa menjadi pilihan bagi kamu yang bercita-cita ingin menjadi penerjemah yang baik.

Aplikasi ini pun juga cocok jika kamu ingin belajar dua bahasa dalam waktu yang bersamaan yaitu teks berbahasa Inggris di atas dan teks berbahasa Indonesia di bawah.

Bukan hanya berupa teks, Beelinguapp juga menyediakan audio berupa pelafalan kata. Dengan begitu, kamu bisa belajar bagaimana cara mengucapkan kata-kata tersebut dengan benar.

15. Learn English Daily

Learn English Daily - Aplikasi Belajar Bahasa Inggris
Learn English Daily
Learn English Daily
Learn English Daily
Developer: KHANH LE
Price: Free+

Bahasa Inggris memang menjadi bahasa internasional yang sangat diperlukan. Kamu bisa berkomunikasi dengan semua orang dari berbagai negara.

Maka dari itu, kamu perlu memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan aplikasi Learn English Daily.

Di sini kamu bisa melatih kemampuan bahasa Inggrismu melalui berbagai latihan yang telah disediakan. Kamu akan memperoleh setiap latihan tersebut setiap hari.

Kamu akan memperoleh percakapan serta grammar untuk meningkatkan kemampuanmu.

Jika kamu mau belajar dengan rajin dan konsisten, maka aplikasi ini dapat menjadi media yang efektif untuk membuatmu bisa berbahasa Inggris dengan baik.

Menjelaskan materi akan lebih menggunakan Whiteboard. Dan mungkin kamu membutuhkan aplikasi Whiteboard PC ini saat menjelaskan materi.

16. English Listening & Speaking

English Listening & Speaking - Aplikasi Belajar Bahasa Inggris
English Listening & Speaking
English Listening and Speaking
English Listening and Speaking

Kemampuan bahasa Inggris memang bukan hanya sekadar grammar. Meskipun kamu mampu memahami struktur bahasa dengan baik, namun sebenarnya hal itu saja belum cukup mengingat masih ada skill lainnya yang harus kamu kuasai, seperti listening dan speaking.

Kedua skill ini merupakan salah satu komponen yang sangat penting jika kamu ingin bisa berkomunikasi dengan lancar dalam bahasa Inggris.

Jika kamu saat ini merasa bahwa kemampuan listening dan speaking-mu kurang, maka aplikasi ini bisa menjadi solusi.

Pasalnya, English Listening & Speaking akan mengajakmu untuk lebih mendalami dua skill tersebut dengan menggunakan metode yang menyenangkan.

Dijamin kamu tidak akan merasa bosan dan kemampuan bahasa Inggrismu akan meningkat dan kamu bisa lebih percaya diri ketika harus mengobrol dalam bahasa Inggris.

Terdapat beberapa fitur menarik pada aplikasi ini seperti vocabulary building game, sentence building game, dan juga word chain game. Jadi, kamu tidak perlu lagi memilih aplikasi ini sebagai media untuk belajar bahasa Inggris, khususnya pada bagian listening dan speaking.

Apa lagi English Listening & Speaking memperoleh rating yang bagus dan telah didownload sebanyak 1 juta kali dan bahkan lebih.

17. Voxy for Android

"<yoastmark

Learn English - Voxy
Learn English - Voxy
Developer: Voxy, Inc.
Price: Free+

Voxy merupakan aplikasi belajar bahasa Inggris yang sebenarnya ditujukan untuk semua kalangan.

Bagi kamu yang baru belajar bahasa Inggris atau mungkin sudah cukup lama, aplikasi ini tetap kami sarankan untuk kamu gunakan.

Di dalam aplikasi ini kamu juga akan dibimbing oleh tutor. Kamu juga akan memperoleh feedback sehingga kamu bisa mengetahui seperti apa perkembangan yang sudah kamu alami ketika sebelum dan sesudah belajar bahasa Inggris menggunakan Voxy.

Aplikasi ini bukan hanya tersedia untuk kamu yang menggunakan perangkat Android melainkan juga tersedia untuk para pengguna iPhone.

18. Learn English Phrases

Learn English Phrases - Aplikasi Belajar Bahasa Inggris
Learn English Phrases

Selain bermanfaat sebagai media untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris kamu, aplikasi ini juga bermanfaat untuk membantumu berkomunikasi dengan para penduduk lokal ketika kamu ada di luar negeri.

Sesuai dengan namanya, Learn English Phrases merupakan aplikasi yang memang berfokus untuk mempelajari apa saja frasa yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Beberapa frasa tersebut antara lain menyapa, meminta petunjuk, dan lain sebagainya. Berlibur ke luar negeri sekarang tidak membuatmu terkendala bahasa meskipun kamu sebenarnya memiliki kemampuan bahasa Inggris yang biasa saja.

Akan tetapi, kamu juga harus tetap belajar bahasa Inggris agar kamu bisa berkomunikasi dengan para penutur asli bahasa Inggris dengan lancar dan tanpa menggunakan alat bantu apa pun.

19. Learn English Grammar Quickly

Learn English Grammar Quickly - Aplikasi Belajar Bahasa Inggris
Learn English Grammar Quickly
Learn english grammar quickly
Learn english grammar quickly
Developer: Monkeys
Price: Free

Sebuah aplikasi yang sudah banyak digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dalam waktu yang relatif cepat.

Aplikasi ini akan membantumu untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, seperti grammar serta speaking.

Sama dengan beberapa aplikasi belajar bahasa Inggris yang lain, kamu juga akan mendapatkan kuis untuk mengukur sudah sejauh mana perkembanganmu.

20. Simply Learn American English

Simply Learn American English - Aplikasi Belajar Bahasa Inggris
Simply Learn American English

Melalui namanya, kami yakin kamu sudah bisa menebak bahwa aplikasi ini juga untuk belajar bahasa Inggris. Hanya saja kamu akan lebih berfokus belajar American English.

Aplikasi ini memiliki banyak fitur dan juga menyediakan banyak kosa kata maupun frasa yang bisa kamu gunakan secara praktis. Sebuah aplikasi yang sangat cocok jika kamu ingin berlibur ke Amerika.

Di dalam aplikasi ini, terdapat kurang lebih 1000 kata, frasa, dan juga kurang lebih 30 kategori yang bisa kamu pelajari.

Jika kamu sudah hafal dan memahami penggunaan dari frasa-frasa yang mudah, kamu bisa melanjutkan ke level berikutnya untuk kemudian belajar memahami berbagai kosa kata yang lebih sulit.

Simply Learn American English memiliki empat level yang bisa kamu lalui satu per satu hingga pada akhirnya kamu berada di level yang paling tinggi. Ketika kamu sudah menguasai bahasa Inggris, kamu bisa lebih percaya ketika berbicara dengan native speaker.


Itulah beberapa aplikasi terbaik untuk belajar bahasa Inggris. Semoga bermanfaat.

Razqa Lathif

Founder dari SurgaTekno.com Menyukai dunia teknologi : coding dan fixing hardware dan software.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.