Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Aplikasi

10 Emulator PS1 Terbaik untuk Smartphone dan PC

Ada banyak sekali cara untuk bernostalgia. Selain mendengar musik dan menonton film jaman dulu, main game jaman dulu juga nggak kalah asyik untuk dilakukan.

Berbicara tentang konsol game jaman dulu. Selain Nintendo dan Gameboy, PS1 adalah salah satu game konsol yang pernah berjaya pada masanya.

Winning Eleven, Harvest Moon: Back To Nature, Pepsi Man dan Shaolin Soccer adalah sederet nama-nama game PS1 yang sangat melegenda dan selalu bikin kangen anak 90-an

Seperti yang diketahui, Saat ini PlayStation sudah tidak lagi mengembangkan PS1. Kalian yang rindu main game PS1 akan sedikit kesulitan, karena sudah sangat sulit rasanya untuk membeli console game PS1 yang nyaris punah dari muka bumi ini.

Tapi untungnya, Kini ada cukup banyak pengembang aplikasi emulator PS1 yang bisa membantu kalian untuk memainkan game PS1 meski tidak menggunakan konsolenya.

Emulator PS1 tersedia untuk berbagai gadget baik itu smartphone maupun PC. Kalian yang kangen dengan game PS1 bisa bernostalgia sepuas-puasnya tanpa perlu susah payah untuk mencari dan membeli konsole PS1 yang saat ini langka sekali.

Berbicara tentang emulator PS1, sudah ada banyak sekali pastinya. Semua emulator PS1 memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing-masing.

Supaya kalian bisa memainkan game PS1 dengan lancar jaya. Teman-teman harus menggunakan emulator PS1 terbaik yang cocok untuk smartphone atau PC yang kalian miliki.

Jika bingung dalam memilih emulator PS1 terbaik, kalian bisa simak beberapa rekomendasi aplikasi emulator PS1 yang SurgaTekno pilih dibawah ini.

Emulator PS1 Terbaik untuk Smartphone Android

Seperti yang diketahui, emulator PS1 tersedia untuk smartphone baik itu Android maupun iOS. Seriring nge-trend nya aktivitas mobile gaming, pilihan emulator PS1 untuk HP ada banyak sekali.

Apabila kalian berniat untuk main game PS1 menggunakan smartphone. Silahakn untuk memilih beberapa emulator PS1 terbaik untuk smartphone berikut ini.

1. ePSXe For Android

ePSXe
ePSXe

Emulator PS1 terbaik Android pertama adalah ePSXe For Android. Bisa dibilang aplikasi ini adalah salah satu pelopor dibalik banyaknya aplikasi emulator PS1 untuk Android.

ePSXe For Android mengusung fitur emulator PS1 yang bisa kalian gunakan dengan mudah. Terdapat banyak pengaturan yang bisa membuat pengalaman bermain game PS1 menggunakan emulator ini jadi semakin asyik.

Contohnya seperti fitur pengaturan resolusi, control dan beberapa pengaturan lainnya yang bisa membantu nge-game PS1 jadi semakin mantap seperti frame skip dan custom control.

Banyak banget kan fitur dalam emulator ini? Agar bisa menginstal emulator ini, kalian harus merogoh kocek sebesar Rp. 49 ribu (*harga dapat berubah sewaktu-waktu). Mahal banget, tapi sebanding dengan banyaknya fitur yang dibawa aplikasi ini.

ePSXe for Android
ePSXe for Android
Developer: epsxe software s.l.
Price: $3.75

2. FPse For Android

FPse For Android juga sangat pantas disebut sebagai emulator PS1 terbaik untuk Android. Hal ini terbukti dengan rating 4,6 dari 6 ribu lebih ulasan di Google Play.

Emulator PS1 premium seharga Rp. 47 ribu (*harga dapat berubah sewaktu-waktu). ini punya fitur yang tak kalah komplit dibandingkan dengan emulator sebelumnya.

Jadi jika kalian ingin merogoh kocek untuk membeli aplikasi emulator PS1 premium, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan emulator ini.

Kenyamanan saat main game PS1 menggunakan FPse sangat terjamin. Karena kalian bisa mengatur resolusi, control dan Juga audio.

Selain bisa mengatur graphics, audio dan control, masih ada banyak lagi fitur dalam emulator PS1 ini. Berhubung tidak mungkin rasanya untuk menyebutkan semua fiturnya, mending kalian langsung download emulator nya melalui link dibawah ini.

FPse for Android devices
FPse for Android devices

3. ClassicBoy Gold

ClassicBoy Gold
ClassicBoy Gold

Dua emulator PS1 android terbaik sebelumnya harganya mahal. Jika ingin main game PS1 tanpa perlu membeli aplikasi, silahkan instal emulator ClassicBoy Gold ini.

Emulator PS1 android gratis ini memiliki fitur yang tidak kalah banyak dibandingkan kedua emulator sebelumnya. Tapi berhubung emulator gratis, kalian akan melihat iklan saat menjalankannya.

ClassicBoy Gold tidak hanya bisa menjalankan game PS1 saja. Tapi emulator ini juga bisa menjalankan game-game jadul Gameboy, Nintendo, Sega dan console jadul lainnya.

Komplit banget kan? Apabila kalian ingin mencoba emulator PS1 terbaik gratis ini, silahkan instal melalui Google Play atau kalian juga bisa mengklik tombol yang ada dibawah ini.


4. SuperPSX Plus

SuperPSX Plus
SuperPSX Plus

Emulator PS1 terbaik yang bisa kamu instal secara gratis bukan hanya ClassicBoy Gold saja. Masih ada juga SuperPSX Plus yang bisa kalian download secara gratis dan punya fitur yang tak kalah komplit.

SuperPSX Plus mengusung antar muka sederhana. Hadirnya UI sederhana ini bisa mempermudah kalian untuk menggunakan emulator yang dikembangkan oleh super multi emulator ini.

Selain punya kelebihan penggunaannya yang mudah, SuperPSX Plus juga memiliki kemampuan untuk menjalankan semua game PS1 dengan lancar jaya.

SuperPSX Plus tidak hanya bisa membantu kalian untuk main game PS1 saja. Tapi emulator ini juga bisa menjalankan game PSP yang tak kalah seru untuk dimainkan.


5. Emubox

Emubox
Emubox

Kelima, kalian bisa main game PS1 dengan bantuan emulator bernama Emubox. Emulator Emubox ini memiliki fitur yang tak kalah lengkap, oleh karena itu saya memasukkannya ke daftar emulator PS1 terbaik kali ini.

Emubox memang punya fitur yang sangat komplit. Selain dibekali dengan fitur pengaturan yang memungkinkan kalian untuk mengatur grafis dan kontrol. Emulator ini juga dibekali dengan fitur save state.

Fitur save state memungkinkan kalian untuk menyimpan data game. Jadi kalian bisa melanjutkan game kapanpun kalian mau tanpa mengulang lagi dari awal.

Selain bisa menjalankan game PS1. Emubox juga mampu menjalankan game dari konsol jadul lainnya, mulai dari SNES, GBA, GBC, NES dan juga NDS.

Kalian yang suka semua game dari konsol jadul yang sudah disebutkan tadi wajib banget mencoba emulator PS1 ini. Unduh emulator nya melalui link yang saya sertakan berikut

EmuBox - AlO emulator
EmuBox - AlO emulator
Developer: EmuBox JSC
Price: Free

6. PS1 Emulator

PS1 Emulator
PS1 Emulator

Keenam, kalian bisa mencoba PS1 emulator. Sama halnya dengan ePSXe For Android dan FPse For Android, emulator ini tidaklah gratis, untuk menggunakan nya kalian harus merogoh kocek sebesar Rp. 42 ribu (*harga dapat berubah sewaktu-waktu).

PS1 Emulator memiliki fitur yang tak kalah banyak dibandingkan dengan emulator sebelumnya. Menurut info dari halaman resminya di Google Play, emulator ini sudah teruji menjalankan semua game PS1 dengan lancar jaya.

Supaya nge-game PS1 makin asyik. Developer emulator ini menambahkan beberapa fitur seperti Hardware Button Mapping, Fast Forwarding, Rewinding, Auto-Fire Buttons, Game Cheats, Graphics Scaling, Auto Save Options dan Simulated BIOS.

PS1 Emulator bisa dijalankan pada smartphone Android Kitkat keatas. Untuk membelinya, teman-teman bisa mengklik tautan dibawah ini.

PS1 Emulator
PS1 Emulator
Price: $2.99

7. RetroArch

RetroArch
RetroArch

Terakhir, kalian bisa mencoba emulator PS1 RetroArch. Emulator PS1 terbaik yang satu ini bisa kalian dapatkan secara gratis tanpa terganggu dengan iklan.

Emulator PS1 yang mendukung bahasa Indonesia ini juga dibekali dengan cukup banyak fitur yang bisa membuat kalian nyaman ketika nge-game PS1.

Seperti fitur pengaturan grafis dan juga control. Bukan itu saja, emulator PS1 open source ini juga menyediakan fitur Netplay yang memungkinkan kalian untuk main game PS1 secara multiplayer.

RetroArch juga punya fitur auto scan, fitur ini berfungsi untuk menambahkan game PS1 yang tersimpan di smartphone secara otomatis.

RetroArch
RetroArch
Developer: Libretro
Price: Free

Emulator PS1 Terbaik untuk PC dan Laptop

Meski bisa dimainkan dengan smartphone Android. Tidak jarang juga yang lebih suka main game PS1 di PC dan laptop alasannya layar PC lebih lebar, jadi pengalaman nge-game akan makin maksimal.

Tertarik main game PS1 menggunakan PC atau laptop? Supaya kalian bisa nge-game dengan nyaman, kalian harus menggunakan salah satu emulator PS1 terbaik dibawah ini.

1. ePSXe

ePSXe
ePSXe

Berbicara tentang emulator PS1 terbaik, ePSXe memang sangat pantas menyandangnya. Selain tersedia untuk HP Android, ePSXe juga tersedia untuk PC baik itu bersistem operasi Windows maupun Linux.

ePSXe untuk PC sama mantapnya dengan ePSXe untuk Android. Semua fitur pada versi Android, semuanya dibenamkan sama lengkapnya pada emulator PS1 versi PC nya.

Jadi kalian pasti kalian akan puas maksimal saat nge-game PS1 menggunakan emulator ini. Kaya akan fitur bukan berarti ukuran Emulator PS1 ini akan membengkak, ePSXe hanya berukuran 1 MB saja, tidak akan menguras habis penyimpanan PC kalian.

Jika kalian tertarik untuk mencoba, download ePSXe melalui situs web resminya dengan cara mengklik tombol dibawah.

Klik untuk Download

2. RetroArch

RetroArch
RetroArch

Main game PS1 di PC memang seru banget. Selain bisa menggunakan emulator ePSXe, teman-teman yang ingin bernostalgia juga bisa main game PS1 dengan bantuan emulator RetroArch.

Emulator PS1 yang juga tersedia untuk Android ini hadir dengan sederet fitur yang bisa memaksimalkan pengalaman saat main game PS1.

Kalian bisa mengatur kualitas grafis dan juga kontrol. Masih ada juga fitur seperti Save State, Cheats dan Netplay yang juga sangat dibutuhkan saat main games.

RetroArch bisa dijalankan pada PC dengan OS Windows, mulai dari Windows 10 hingga windows XP sekalipun. Selain itu, RetroArch juga bisa kalian instal pada Mac OS dan juga Linux.

Klik untuk Download

3. PcsxR

PcsxR
PcsxR

Main game PS1 juga bisa kalian lakukan dengan emulator PcsxR. Emulator ini open source, jadi kalian tidak perlu lagi merogoh kocek supaya bisa menggunakan semua fitur yang dibawanya.

Kalian yang sudah lama bermain game PS1 di PC pasti sudah tidak asing lagi dengan emulator PS1 yang satu ini. Karena, emulator ini sudah ada sejak 10 tahun lalu.

10 tahun berselang tentu sudah ada banyak update dari emulator PcsxR. Jadi tidak heran jika PcsxR memiliki kelebihan lebih responsif dan juga mampu menghasilkan gambar yang lebih bagus.

PcsxR bisa menjalankan semua game PS1 dengan lancar. Tapi sebelum main, pastikan kalian mendownload dahulu gamenya di situs penyedia ROM PS1 ya, karena emulator PS1 ini tidak menyediakan gamenya secara built-in.

Sama halnya dengan emulator PS1 terbaik untuk PC sebelumnya. PcsxR bisa diinstal di beberapa sistem operasi, mulai dari Windows, Linux hingga Mac OS.

Klik untuk Download

Akhir Kata

10 emulator PS1 terbaik untuk Android dan PC sudah dibahas dengan lengkap. Setelah meng-instal emulator nya, kalian mau main game PS1 apa nih?

Tuliskan judul game PS1 tersebut di kolom komentar ya. Terimakasih sudah membaca, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.