Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Aplikasi

10 Aplikasi Kalender Hijriyah Terbaik untuk Android

Bagi umat Islam, kalender Hijriyah wajib ada di ponsel Android untuk mengetahui dan mengingatkan hari – hari penting bagi umat Islam.

Saat ini aplikasi kalender Hijriyah banyak sekali bertebaran di Google Playstore yang bisa diunduh secara gratis. Nah, berikut ini adalah 10 daftar aplikasi kalender Hijriyah terbaik untuk Android! Simak yuk

1. Kalender Hijriyah – Islam

Aplikasi ini digunakan untuk mengkonversi antara tanggal hijriyah dan tanggal masehi serta menyediakan kalender Islam.

Kalender Hijriyah – Islam
Kalender Hijriyah – Islam

Aplikasi ini dilengkapi fitur seperti slide bulan sebelum dan selanjutnya, hari besar umat Islam.

Kalender ini juga bersifat estimasi menurut perhitungan bulan sehingga penentuan hari raya biasanya masih menunggu keputusan Ru’yatul Hilal.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

Aplikasi ini telah diunduh sebanyak lebih dari 1 juta unduhan. Kalender ini memiliki ukuran sebesar 3.3 MB yang tentunya tidak akan membuat smartphone Android Anda berat.

2. Kalender Hijriah Offline

Selain kamus bahasa Inggris, kali ini pengembang BriXzeN membuat aplikasi bernama kalender Hijriah Offline.

Aplikasi ini memiliki fungsi merubah penanggalan masehi menjadi penanggalan hijriah. Selain kalender hijriah, aplikasi ini juga dilengkapi fitur – fitur seperti hari – hari spesial Islam, swipe bulan tertentu, share ke sosial media, prayer, doa dan copy clipboard.

Kalender Hijriah Offline
Kalender Hijriah Offline

Aplikasi ini support pada sistem operasi Android 4.1 ke atas dengan ukuran file hanya sebesar 2.2 MB. Aplikasi ini memiliki rating yang lumayan bagus di PlayStore dan sudah diunduh lebih dari 100.000.

3. Kalender Islam 1437 Hijriyah Plus Jadwal Puasa Sunnah

Serupa dengan kalender Hijriah di atas, aplikasi ini memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi –aplikasi tersebut. Hanya saja, aplikasi kalender ini dapat dikatakan memiliki fitur yang cukup lengkap dan menunjang ibadah Anda.

Kalender Islam 1437 Hijriyah Plus Jadwal Puasa Sunnah
Kalender Islam 1437 Hijriyah Plus Jadwal Puasa Sunnah

Fitur – fitur yang ada dalam aplikasi ini antara lain jadwal puasa Senin dan Kamis, puasa Ayamul Bidh (setiap tanggal 13, 14, 15 tiap bulan), puasa Arafah, puasa Assyura & puasa Tasu’a, dan puasa Ramadhan.

Setiap jadwal puasa antara puasa sunnah dan puasa wajib dibedakan berdasarkan perbedaan warna. Aplikasi ini bisa diunduh di Play Store secara gratis.

4. Waktu Shalat dan Kalender Islam

Aplikasi yang dikembangkan Muhamed Rabbani ini merupakan sebuah aplikasi yang memiliki fitur utama yaitu kalender Hijriah dan kalender Gregorian.

Waktu Shalat dan Kalender Islam
Waktu Shalat dan Kalender Islam

Selain kalender, dalam aplikasi ini juga disediakan fitur waktu shalat, kiblat, doa – doa dalam Al – Qur’an dan Hadist, cuaca dan fase bulan. Kalender Islam dalam aplikasi ini berdasarkan perhitungan Ummul Qura.

Aplikasi ini juga memberikan fasilitas waktu shalat bulanan berdasarkan zona waktu dan lokasi pengguna. Aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 1 juta kali dan memungkinkan pengguna untuk membayar item dalam aplikasi.

5. Kalender Hijriah dan Jawa

Kalender Hijriah dan Jawa adalah aplikasi yang berisikan penanggalan Islam sekaligus penanggalan Jawa di dalamnya.

Pada kalender Jawa didasarkan pada pase bulan sehingga sangat memungkinkan Anda untuk mengetahui hari pasaran dalam penanggalan Jawa.

Kalender Hijriah dan Jawa
Kalender Hijriah dan Jawa

Di aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur hari – hari penting umat Islam, hari libur Nasional, konversi umur dari tanggal lahir serta konversi hari peringatan kematian seperti pitung dina, nyatus, nyewu.

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Playstore dengan ukuran file sebesar 5.6 MB. Sementara, aplikasi ini bisa dipasang pada sistem operasi Android versi 2.0 ke atas.

6. Islamic Calendar (Hijri)

Aplikasi Kalender Hijriyah selanjutnya bernama Islamic Calendar (Hijri). Seperti namanya, aplikasi ini memberikan fasilitas kalender Hijriyaj yang akurat bersama dengan kalender Masehi.

Fitur lain yang tersedia dalam aplikasi adalah hari besar umat Islam, konversi kalender Masehi ke kalender Hijriah.

Islamic Calendar (Hijri)
Islamic Calendar (Hijri)

Semakin menarik lagi karena aplikasi ini juga memberikan beberapa tema kalender Islam yang indah dan juga widget kalender Islam yang memungkinkan Anda memasangnya di layar depan Android.

Selain fitur – fitur menarik tersebut, setiap harinya akan ada ayat acak dari Al – Quran dan Hadist yang bisa Anda hafalkan. Ada juga fitur arah kiblat, waktu shalat harian, Asmaul Husna lengkap, Jadwal Puasa, Kalkulator Zakat, penghitung tasbih. Download aplikasi yang sangat lengkap ini sekarang di Playstore!

7. Hijriah Kalender Islam 2020

Hampir seperti kalender Islam kebanyakan, aplikasi ini berisikan Kalender Hijriah dan Kalender Masehi yang akurat.

Aplikasi ini memiliki kalkulator usia Hijriah yang memudahkan Anda mengetahui usia dalam perhitungan Hijriah.

Hijriah Kalender Islam 2020
Hijriah Kalender Islam 2020

Cara menggunakannya adalah Anda hanya perlu memasukkan tanggal lahir pada kalender Masehi, secara otomatis usia Anda akan muncul sesuai dengan kalender Hijriah maupun kalender Masehi.

Aplikasi ini memiliki fitur – fitur unik antara lain koreksi manual, pergi ke tanggal tertentu, widget layar utama, Multilingual (Malaysia, Inggris, Turky, Swahili, India, Thailand), geser ke bulan selanjutnya atau sebelumnya, kalender Ummul qura.

Aplikasi ini memiliki file sebesar 6.6 MB yang bekerja pada sistem operasi Android 4.1 dan yang lebih tinggi. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar dan setiap itemnya bernilai Rp 14.000,-.

8. Hijri – Jam Islam Widget

Aplikasi kali ini mendukung berbagai bahasa seperti Perancis, Inggris, Indonesia, Turki, Filipina, Malaysia, Arab.

Hijri – Jam Islam Widget
Hijri – Jam Islam Widget

Aplikasi ini memiliki kelebihan pada fitur –fiturnya seperti menambahkan widget ke layar utama, mengubah tema widget, ringan karena hanya memiliki ukuran 1.9 MB, opsi untuk mengubah tanggal Hijriah ketika Maghrib.

Aplikasi ini bisa dijalankan pada Android 4.4 dan versi yang lebih tinggi.

9. Kalender Hijri Pasaran

Aplikasi Kalender Hijriah Jawa lainnya bernama Kalender Hijri Pasaran. Kalender ini disertai fitur – fitur seperti hari libur Nasional, hari besar Islam, info ibadah bulanan bagi Muslim, kalender hijriyah, kalender pasaran, moon kalender yang menggunakan pase bulan.

Kalender Hijri Pasaran
Kalender Hijri Pasaran

Selain itu, aplikasi ini memiliki widget yang dinamis yang menampilkan informasi kalender. Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis dengan ukuran 20 MB namun Anda harus siap dengan kemunculan iklan dalam aplikasi.

10. Kalender Hijriah – Masehi

Terakhir ada aplikasi Kalender Hijriah – Masehi yang merupakan sebuah aplikasi yang memiliki penampilan sederhana namun lengkap.

Aplikasi ini juga berfungsi sebagai konversi dari kalender hijriyah ke kalender masehi atau sebaliknya. Namun, kalender ini bersifat estimasi berdasarkan perhitungan bulan atau hisab.

Kalender Hijriah – Masehi
Kalender Hijriah – Masehi

Aplikasi ini dilengkapi cukup banyak fitur seperti fitur smart muslim yang berisikan panduan muslim sehari – hari. Panduan ini misalnya sholawat, tahlil, yasin, Al – Qur’an, panduan sholat, zakat, haji, tayamum, umroh dan lain sebagainya.

Fitur lain yang juga ada dalam aplikasi ini misalnya tilawah Al – Quran 30 Juz, Fiqh Sunah dasar, Sholawat, Jadwal Sholat dan Imsakiyah pada setiap daerah, dan lain sebagainya.


Nah, itulah 10 daftar aplikasi kalender hijriyah terbaik untuk Android yang bisa menjadi penunjang ibadah Anda. Pernah menggunakan sebelumnya? Komen di kolom komentar, ya.

Tags
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Close
Close

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.