Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Aplikasi

Photoshop Portable: Fitur, Link Download dan Cara Install

Siapa yang tidak mengenal Photoshop? Bagi seseorang yang sudah lama menekuni dunia desain grafis, pasti tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini.

Photoshop sudah menjadi sebuah aplikasi yang sangat terkenal di seluruh dunia. Aplikasi ini digunakan untuk mengedit maupun mengoptimalkan gambar menjadi lebih baik.

Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara Photoshop CS6, kami akan mengajak Anda untuk mengetahui sejarah Photoshop.

Sejarah Photoshop

Photoshop sudah ada sejak tahun 1990. Adapun Photoshop CS6 merupakan Photoshop 13. Adobe mengubah namanya menjadi CS yang merupakan singkatan dari “Creative Suite” dan kembali ke versi 8 sehingga membuatnya memiliki tampilan yang baru dan lebih cerah.

Sementara itu, Adobe memperkenalkan Photoshop pertama kali pada tahun 1990, kemudian diikuti Photoshop 2 (1992). Setelah itu, ada Photoshop 3 (1994), Photoshop 4 (1995), Photoshop 5 (1997), Photoshop (1999), Photoshop 7 (2000), Photoshop CS atau versi 8 (2001), Photoshop CS2 atau versi 9 (2002), Photoshop CS3 atau versi 10 (2005), Photoshop CS4 atau versi 11 (2008).

Selanjutnya ada Photoshop CS5 atau versi 12 (2010), dan sekarang terdapat Photoshop CS6 atau versi 13 yang diperkenalkan pada tahun 2012. Setiap versi Photoshop yang diperkenalkan pada waktu itu telah menjadi standar pengeditan gambar.

Meskipun jika dibandingkan Photoshop CS6 memiliki lebih banyak fitur dibandingkan Photoshop C5, namun yang paling penting bagi para editor gambar profesional adalah peningkatan yang membuat mereka mampu menyelesaikan proses editing dengan lebih cepat.

Salah satu alasan kenapa aplikasi Photoshop selalu menjadi standar dalam editing foto adalah karena aplikasi ini memberikan semua kebutuhan yang diinginkan. Selain itu, aplikasi ini muncul di waktu yang tepat di saat orang-orang memang memerlukan adanya aplikasi yang membantu mereka dalam menghasilkan gambar yang lebih baik.

Fitur Unggulan Pada Photoshop CS6

Setelah mengetahui tentang sejarah Photoshop, penjelasan selanjutnya yaitu tentang fitur unggulan yang dihadirkan pada Photoshop CS6 atau Photoshop versi 13.

Beberapa fitur utama yang terdapat pada Photoshop CS6 antara lain:

1. Interface Baru

Salah satu fitur yang dihadirkan oleh Photoshop CS6 adalah tampilan yang baru. Aplikasi ini menghadirkan tampilan yang gelap. Selain itu, Anda juga bisa mengontrol seberapa gelap tampilan pada aplikasi Photoshop tersebut sesuai dengan keinginan Anda.

Dengan begitu, Anda tinggal menentukan seberapa gelap tampilan aplikasi Photoshop CS6 untuk memberikan kenyamanan selama menggunakannya.

2. Content-Aware Move

Fitur kedua yang dihadirkan oleh Photoshop CS6 yaitu Content-Aware Move. Salah satu fitur yang menjadi favorit semua orang. Dengan fitur ini, Anda bisa menghilangkan seseorang dari foto.

Sebenarnya, fitur ini sudah dihadirkan pada Photoshop CS5. Hanya saja, pada Photoshop CS6 fitur tersebut diperbarui di mana terdapat variasi di bagian tema.

Hal ini membuat Anda bisa memilih seperti apa objek yang akan Anda letakkan di dalam gambar dan kemudian memindahkannya ke tempat lain.

3. Adobe Camera Raw 7.0

Adobe telah menyempurnakan penggunaan dan kinerja dari Raw engine. Panel pengaturan telah diperbarui sehingga memberikan kemudahan bagi Anda untuk mengontrol pengaturan seperti Shadows dan Hightlights.

4. Lighting Effects

Sebenarnya fitur ini telah hilang pada Photoshop CS5 untuk yang 64 bit. Namun sekarang fitur tersebut kembali dihadirkan di Adobe Photoshop CS6. Selain itu, fitur ini sekarang sudah mampu bekerja pada 16 bit per channel mode.

Hal ini sangat bermanfaat karena Anda bisa lebih leluasa dalam menambahkan berbagai efek pencahayan sesuai dengan keinginan Anda.

5. Blur Gallery

Fitur utama di Photoshop CS6 selanjutnya adalah Blur Gallery. Fitur ini merupakan salah satu filter baru yang dihadirkan yang berguna untuk memberikan simulasi blur terhadap gambar yang Anda inginkan.

Uniknya, adanya fitur ini membuat Anda tidak membutuhkan plugin tambahan. Bukan itu saja, melalui Blur Gallery Anda bisa mengubah foto ke dalam berbagai macam gaya seperti Field, Iris, dan juga Tilt-shift.

6. Crop Tool

Fitur utama sekaligus menjadi fitur menarik yang terdapat pada Adobe Photoshop CS6 adalah Crop Tool. Fitur ini membuat Anda bisa melakukan crop secara lebih optimal. Anda bisa mennetukan seperti apa komposisi serta bagaimana agar foto yang Anda crop tersebut tidak sampai terposong dari segi visualnya saja. Meskipun sebenarnya fitur ini hanya tentang peningkatan kemampuan, namun sangat bermanfaat ketika Anda mengedit gambar.

7. Adaptive Wide Angle

Sebuah fitur yang bisa Anda gunakan untuk mengontrol area gambar yang ingin Anda sesuaikan. Fitur ini akan membuat gambar yang Anda hasilnya seolah-olah diambil dengan menggunakan lensa yang berbeda. Anda hanya perlu menggambar pada sepanjang garis lengkung, kemudian tinggal Anda luruskan.

8. Auto Recovery

Fitur ini membuat aplikasi Adobe Photoshop CS6 dapat menyimpan file secara otomatis dalam jangka waktu 10 menit.

Jadi, ketika komputer atau laptop yang Anda gunakan tiba-tiba mati, maka Anda hanya akan kehilangan 10 menit pekerjaan Anda dan bukan harus mengulang dari awal. Fitur yang sebenarnya terlihat sepele namun kenyataannya fitur ini sangat membantu.

9. Video

Fitur terakhir yang dibawa oleh Photoshop CS6 adalah Video. Dengan adanya fitur ini, maka Anda bisa mengedit video maupun memasukkan lagu yang nanti akan Anda jadikan soundtrack. Selain itu, Anda juga bisa membuat transisi  dengan memanfaatkan fitur tersebut. Keunggulan lain yang ditawarkan oleh fitur ini yaitu Anda sekarang sudah bisa membuat video dalam berbagai format. Anda bisa membuat video berdasarkan format pada iPhone sampai dengan Full HD 1080.

Spesifikasi Minimal untuk Adobe Photoshop CS6 Portable

Ada informasi yang sangat penting sebelum Anda memutuskan untuk menginstall Photoshop CS6 Portable. Anda harus mengetahui seperti apa spesifikasi minimum yang dibutuhkan agar aplikasi ini dapat berjalan di perangkat Anda dengan lancar dan tidak lemot. Untuk spesifikasi minumnya adalah sebagai berikut:

  • Sistem Operasi: Windows 7 / Windows 8 / Windows 10 (tested)
  • Prosesor: Intel Pentium 4 atau lebih tinggi
  • RAM: 1 GB
  • Harddisk: 1 GB

Link Download

Untuk mendapatkan Photoshop Portable, silahkan Anda download melalui link yang Tim SurgaTekno berikan di bawah ini :

Versi 32-bit

Klik untuk Download

Versi 64-bit

Klik untuk Download

Cara Install Adobe Photoshop CS6 Portable

Informasi selanjutnya yang akan kami jelaskan adalah bagaimana cara menginstall aplikasi Photoshop CS6. Untuk itu, silakan simak penjelasan kami di bawah ini.

  1. Langkah pertama, jika Anda belum memiliki Photoshop CS6 Portable, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu. Ingat, pastikan Anda mengunduh Adobe Photoshop CS6 Portable yang sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan apakah Anda menggunakan Windows 32-bit atau Windows 64-bit.
  2. Langkah kedua, setelah proses unduhan selesai maka sekarang Anda ektrak file yang sudah Anda download tersebut. Tunggu sampai ekstraksi file selesai dilakukan.
  3. Buka Photoshop CS6 Portable. Jalankan file exe.
    Klik Kanan dan Pilih Run as Administrator - Photoshop Portable
    Klik Kanan dan Pilih Run as Administrator
  4. Kemudian, Anda tinggal memilih di mana lokasi tempat Anda ingin menginstall Photoshop CS6. Anda bisa menentukan apakah ingin menyimpannya di harddisk maupun flashdisk.
    Pilih lokasi untuk install - Photoshop Portable
    Pilih lokasi untuk install
  5. Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi Photoshop CS6 Portable.
  6. Terkahir, Anda tinggal menjalankan aplikasi tersebut.

Namun perlu diperhatikan bahwa informasi di atas merupakan spesifikasi minimum. Itu artinya, pastikan bahwa komputer maupun laptop yang akan Anda install Adobe Photoshop CS6 Portable memiliki spesifikasi yang jauh lebih tinggi.

Dengan begitu, maka aplikasi tersebut dapat Anda install dengan lancar. Kemudian, Anda bisa menggunakannya untuk melakukan editing gambar dengan lancar tanpa perlu khawatir performa atau kinerja perangkat Anda akan terganggu.

Demikian informasi yang dapat akmi sampaikan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Photoshop CS6. Semoga bermanfaat.

Razqa Lathif

Founder dari SurgaTekno.com Menyukai dunia teknologi : coding dan fixing hardware dan software.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.