Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Aplikasi

6 Test Keyboard Untuk PC / Laptop

Anda ingin mengetahui apakah tombol keyboard komputer atau laptop masih berfungsi dengan baik? Kita tahu bahwa keyboard merupakan salah satu perangkat keras masukkan (input device) yang sering mendapat perhatian lebih.

Hal ini dikarenakan spare part papan ketik tersebut yang memang cukup mahal. Berbeda dengan keyboard pada komputer yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang lebih murah. Bahkan ada yang dijual seharga 50 ribu.

Maka tidak heran jika alat input ini harus selalu dirawat dan dilakukan pemeriksaan agar tombol-tombolnya dapat berfungsi dengan baik. Dimana sebelumnya, tim SurgaTekno pernah mengulas mengenai beberapa rekomendasi keyboard gaming terbaik beserta harganya.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pemeriksaan atau mengecek kondisi keyboard di PC dan laptop. Salah satunya dengan memanfaatkan software.

Terdapat beberapa software yang bisa Anda manfaatkan untuk mengecek apakah keyboard masih berfungsi normal atau tidak.

Software ini bisa digunakan oleh Anda yang baru membeli keyboard baru atau membeli keyboard PC dan laptop bekas. Software tersebut dilengkapi dengan indikator yang menandakan keyboard dalam kondisi normal.

Daftar Aplikasi Tes Keyboard PC / Laptop

Di bawah ini kami akan memberikan informasi kepada Anda tentang apa saja software yang bisa Anda gunakan untuk mengetes fungsi keyboard.

Dengan begitu, Anda bisa mengetahui apakah keyboard pada PC dan laptop Anda tombolnya masih berfungsi semua atau tidak.

1. Passmark KeyboardTest

Aplikasi tes keyboard yang pertama bisa Anda gunakan adalah Passmark KeyboardTest. Dari namanya saja kita bisa mengeatahui bahwa aplikasi ini memang dibuat secara khusus untuk mengetes apakah keyboard dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

Aplikasi ini termasuk salah satu yang terkenal bagi mereka yang memang suka mereview perangkat keras komputer maupun laptop.

Passmark KeyboardTest - Aplikasi Test Keyboard
Passmark KeyboardTest

Passmark KeyboardTest dikembangkan oleh Passmark yang sudah lama terkenal sebagai sebuah perusahaan yang membuat berbagai macam software Utility System berkualitas. Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut langsung di situs resminya di https://www.passmark.com/products/keytest/.

Untuk ukuran filenya pun sangat kecil yaitu hanya sekitar 2 MB saja. Dengan begitu, Anda tidak perlu menunggu proses download terlalu lama dan bisa langsung menggunakannya untuk mengetahui fungsi tombol-tombol keyboard apakah masih dalam kondisi bagus atau tidak.

Untuk menggunakan Passmark Keyboardtes juga terbilang mudah. Setelah Anda mendonwload, Anda perlu menginstalll aplikasi tersebut.

Cara installasinya pun tidak sulit dan tidak memakan waktu lama. Setelah diisntall, silakan buka Passmark Keyboardtes. Ketika Anda sudah berada di tampilan keyboard, maka Anda tinggal menekan semua tombol yang muncul pada tampilan aplikasi tersebut.

Jika tombol keyboard dalam kondisi normal, maka tampilan tombol keyboard pada Passmark Keyboardtes akan berwarna hijau. Sebaliknya, jika ternyata tombol keyboard tidak berfungsi, maka aplikasi tersebut tidak akan memberikan respon apa pun. Dengan kata lain, tidak akan muncul indikator warna hijau.

2. Keyboard Test Utility

Aplikasi tes keyboard komputer atau laptop yang kedua adalah Keyboard Test Utility. Java Taheri merupakan pengembang dari software yang satu ini.

Fungsinya pun tidak jauh berbeda dengan aplikasi keyboard yang sudah kami bahas sebelumnya. Anda bisa mengetahui seperti apa kondisi tombol-tombol keyboard pada PC dan laptop Anda dengan menggunakan software ini.

Salah satu kelebihan dari Keyboard Test Utility adalah memiliki tampilan yang bagus. Selain itu, menu-menunya pun juga lebih mudah dipahami sehingga meskipun Anda baru pertama kali menggunakannya, Anda bisa langsung tahu apa yang harus Anda lakukan untuk mengetes keyboard pada komputer dan laptop. Bukan itu saja, aplikasi ini juga sudah mendukung sistem operasi Windows terbaru.

Keyboard Test Utility - Aplikasi Test Keyboard
Keyboard Test Utility

Jadi, Anda yang menggunakan Windows 10 bisa langsung menggunakan Keyboard Test Utility. Anda bisa mengunduh aplikasi ini melalui situs https://softfamous.com/keyboard-test-utility/.

Anda bisa mendapatkannya secara gratis. Sementara itu, untuk cara installasinya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengunduh melalui alamat yang sudah kami bagikan. Setelah selesai mendownloadnya, install aplikasi tersebut.

Kemudian buka aplikasi Keyboard Test Utility. Ketika sudah berada di tampilan aplikasi tersebut, Anda hanya perlu menekan tombol-tombol keyboard dan kemudian cek indikatornya. Jika indikator berwarna kuning, menunjukkan tombol keyboard dalam kondisi normal.

Sementara itu, jika tidak ada indikator warna kuning atau tidak ada respon dari Keyboard Test Utility, menandakan bahwa tombol keyboard sedang bermasalah atau bahkan rusak.

3. Aqua’s KeyTest Software

Aqua’s KeyTest Software juga merupakan aplikasi tes keyboard laptop yang kami rekomendasikan. Salah satu alasannya adalah keyboard ini mudah digunakan. Selain itu, karena sifatnya yang portable membuat Anda tidak perlu harus menginstall keyboard ini terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya.

Dengan kata lain, setelah Anda mendownload aplikasi ini, maka Anda bisa langsung membukanya dan langsung menggunakannya untuk mengetes fungsi pada keyboard laptop.

Aqua’s KeyTest Software - Aplikasi Test Keyboard
Aqua’s KeyTest Software

Ada banyak situs yang bisa kunjungi untuk mendownload Aqua’s KeyTest Software.  Salah satunya adalah di https://www.softpedia.com/get/System/System-Info/Aqua-s-KeyTest.shtml

Disitu Anda bisa langsung mendownload aplikasi tersebut. Ukuran filenya pun sangat kecil yaitu hanya 445 KB saja yang membuat aplikasi sangat ringan dan tidak memerlukan waktu lama untuk mendownloadnya. Anda tinggal memilih aplikasi tersebut sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan.

Misalnya Anda menggunakan komputer dan laptop dengan sistem operasi Windows 10 64 bit, maka pastikan aplikasi yang Anda download juga sesuai. Setelah proses unduhan selesai, Anda tidak perlu lagi menginstallnya karena software ini bersifat portable.

Jika Anda sudah membuka aplikasi tersebut, maka Anda akan melihat banyak tombol pada tampilan Aqua’s KeyTest Software.

Anda hanya perlu menekan tombol-tombolnya lalu melihat seperti apa indikator yang muncul. Jika indikator berwarna kuning, menandakan bahwa tombol keyboard dalam kondisi normal. Jika tidak ada indikator yang muncul, maka kemungkinan besar tombol pada keyboard tersebut sudah rusak.

Jika kamu hobi bermain game dengan genre First Person Shooter. Pasti kamu sudah tahu game FPS online dan offline terbaik yang sedang populer ini.

Cara Mengetes Keyboard PC / Laptop Secara Online

Selain menggunakan ketiga cara di atas, ada cara lain yang juga bisa Anda lakukan untuk mengetes apakah keyboard PC dan laptop Anda berfungsi atau tidak. Anda bisa mengeceknya secara online melalui website tertentu. Dikarenakan Anda harus masuk ke suatu website, maka pastikan komputer atau laptop Anda tersambung ke internet.

Salah satu kelebihan menggunakan cara ini adalah lebih praktis. Anda tidak harus mengunduh aplikasi tertentu untuk mengetes keyboard di PC dan laptop. Anda hanya perlu masuk ke situs tersebut.

Selain itu, cara ini biasanya dipilih ketika seseorang membeli laptop bekas. Ada beberapa situs yang bisa Anda kunjungi, antara lain:

1.  Keyboardtester.com

Salah satu website yang bisa Anda akses untuk mengetes keyboard laptop adalah www.keyboardtester.com. Situs ini termasuk salah satu yang banyak dipilih untuk mengetahui fungsi dari keyboard.

Anda tidak perlu mengunduh aplikasi terlebih dahulu untuk bisa mengaksesnya. Anda hanya perlu tersambung ke internet dan masuk ke website tersebut.

Jika Anda perhatikan, keyboardtester.com memiliki tampilan yang sederhana. Hal ini tidak membuat para pengunjungnya kebingungan untuk mengetes keyboard komputer dan laptop mereka.

Meskipun tampilannya sederhana, namun kemampuannya untuk mengetes fungsi keyboard tidak perlu diragukan lagi.

Keyboardtester.com - Aplikasi Test Keyboard
Keyboardtester.com

Untuk cara menggunakannya pun sangat mudah. Pertama, Anda harus masuk ke website tersebut dengan mengetik www.keyboardtester.com/tester. Setelah itu, Anda tinggal mengecek dengan menekan semua tombol yang ada pada keyboard.

Jika keyboard PC dan laptop Anda masih normal, maka akan muncul indikator warna hijau. Namun jika tombol keyboard ada yang rusak, maka tombol yang Anda tekan tersebut tidak akan merespon.

2. keyboardchecker.com

Keyboardchecker.com - Aplikasi Test Keyboard
Keyboardchecker.com

Situs kedua yang juga bisa Anda kunjungi untuk mengetes fungsi keyboard PC dan laptop adalah www.keyboardchecker.com.

Software yang satu ini memang telah didesain untuk melakukan pengecekan terhadap tombol-tombol keyboard. Bahkan keyboard terbaru pun bisa Anda cek melalui situs ini.

Sebuah website yang sangat cocok untuk keyboard karena dilengkapi dengan fitur bernama hidden yang ada pada bagian numblock.

Lalu bagaimana cara mengetes keyboard melalui situs ini? Seperti halnya pada situs sebelumnya, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke situs tersebut. Tunggu beberapa saat sampai Anda masuk ke halaman utama.

Kemudian, Anda tinggal menekan seluruh tombolnya. Jika tombol keyboard normal, maka akan muncul indikator berwarna hijau. Situs ini juga biasanya digunakan untuk mengetes keyboard gaming untuk beberapa laptop seperti ASUS ROG, Acer Nitro, Lenovo, Dell Alienware, dan lain sebagainya.

3. onlinemictest.com

Selain kedua situs di atas, terdapat situs lainnya yang juga tidak kalah kualitasnya yaitu onlinemictest.com.

Dari namanya mungkin Anda mengira bahwa situs ini digunakan untuk mengetes fungsi dari audio seperti speaker, microphone, dan webcam. Padahal situs ini juga menyediakan fitur yang bisa Anda gunakan untuk mengetes fungsi tombol keyboard.

Onlinemictest.com - Aplikasi Test Keyboard
Onlinemictest.com

Bagaimana caranya? Langkah awal yaitu dengan mengunjungi https://www.onlinemictest.com/keyboard-test/. Setelah itu, Anda harus menunggu sampai proses loading selesai dan Anda masuk ke halaman utama.

Jika sudah, sekarang waktunya Anda mengetes tombol keyboard dengan menekannya satu per satu. Jika tombol masih berfungsi dengan baik, maka akan muncul indikator berwarna biru.

Butuh headset gaming dengan performa terbaik ? Tim SurgaTekno pernah mengulas beberapa headset gaming terbaik dengan harga terjangkau.

Itulah beberapa software tes keyboard yang bisa Anda gunakan untuk mengecek fungsi tombol-tombol pada keyboard Anda. semoga bermanfaat.

Razqa Lathif

Founder dari SurgaTekno.com Menyukai dunia teknologi : coding dan fixing hardware dan software.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.