Gadget

Lesunya Penjualan Smartphone Asal Korea

Perusahaan ponsel diseluruh dunia mengalami penurunan penjualan pada tahun 2018 lalu, karena mungkin tidak ada inovasi yang berarti atau fiturnya yang begitu-begitu saja. Nah angka penjualan selama bulan 12 pun sudah mulai bermunculan, nah laporan pertama datang langsung dari Korea Selatan, rumah dari Samsung dan LG.

Menurut data dari Kementerian Sains dan ICT serta Institut Perencanaan & Evaluasi Teknologi Informasi dan Komunikasi, nilai ekspor ponsel pada tahun 2018 sebesar $14,61 miliar, turun sebanyak 23% atau sekitar $4,4 miliar dibandingkan dengan tahun 2017. Ini merupakan angka terendah sejak tahun 2002, yang artinya tahun lalu merupakan tahun terburuk bagi perusahaan smartphone asal Korea.

Beberapa sumber dari Korea mengungkapkan pengirimkan handset pada tahun 2008 merupakan puncaknya dengan nilai sekitar $33,44 miliar dan melampaui ekspor utama dari negara tersebut. Sejak itu ekspor ponsel terus mengalami penurunan yang signifikan, pada tahun 2009 nilainya turun ke angka $30 miliar dan pada tahun 2017 nilai ekspornya pun berada dibawah $20 miliar.

Jika kamu melihat gambaran besarnya, penurunan penjualan ponsel ini dikarenakan pasar China. Negara-negara besar termasuk Hong Kong hanya berhasil menjual total $4,3 miliar saja, yang artinya turun hingga 37%. Ada juga penurunan dipasar utama lainnya seperti Amerika Serikat, yang nilainya turun hingga 10% ke angka $5,05 miliar.

Sementara pasar smartphone tidak bekerja sebagaimana diharapkan, ekspor komponen smartphone melonjak hingga $128,15 miliar dari penjualannya yang hampir sembilan kali lipat dari nilai penjualan ponsel.

Karena pasar smartphone terus menerus lesu, perusahaan ponsel pun terus didorong agar mencari terobosan teknologi terbaru seperti 5G dan layar lipat. Bicara tentang layar lipat, Samsung akan memperkenalkan Galaxy Fold pada tanggal 20 Februari mendatang yang berlokasi di San Francisco.

Di sisi lain, LG akan memperkenalkan kedua unggulan flagship G8 ThinQ dan perangkat layar lipat yang mirip dengan ZTE Axon M.

Tags

Benom

WE ARE BENOM
Please Login to comment
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker