Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Gadget

Perbedaan Antara iPhone XS dan iPhone XR

Pabrikan gadget terbaik bukan berasal dari China saja, ada juga pabrikan asal Amerika yang juga mencatatkan angka penjualan fantastis.

Pabrikan tersebut adalah Apple yang selama ini dikenal dengan produk smartphone yaitu iPhone Series.

Semenjak pertama kali rilis pada tahun 2007, iPhone banyak diandalkan oleh para masyarakat di seluruh dunia. Selain dibekali dengan fitur lengkap yang canggih, iPhone juga memiliki desain dan nama besar yang sudah tidak diragukan lagi.

Hingga tahun 2021, Apple masih tetap memproduksi iPhone. Seri-seri baru iPhone juga dibekali dengan desain artistik serta fitur yang yang lebih banyak dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Salah satu seri iPhone yang banyak menyita perhatian adalah iPhone XS dan iPhone XR. Kedua model iPhone ini di rilis 3 tahun lalu atau tepatnya pada tahun 2018.

Meski sudah 3 tahun pasca perilisannya, baik iPhone XS maupun iPhone XR masih tetap banyak peminatnya.

Jika kalian salah satu orang yang ingin membeli salah satu diantara kedua produk Apple ini, ketahui dulu apa saja perbedaan iPhone XS dan iPhone XR.

Perbedaan Antara iPhone XS dan iPhone XR

Perbedaan iPhone XS dan iPhone XR yang paling mencolok adalah harganya, dimana iPhone XS harganya lebih mahal.

Selain harga masih ada banyak lagi perbedaan lain yang harus kalian ketahui dari kedua produk Apple ini, Simak penjelasan dibawah supaya tau lebih detail nya.

1. Body

Body adalah salah satu perbedaan iPhone XS dan XR yang paling menonjol. Bagian ini sangat perlu diperhatikan karena menyangkut kenyamanan bagi para pengguna nya.

iPhone XS tampil dengan body berbahan Glass dengan jepitan rangka stainless stell yang sangat kokoh. Kerennya lagi body berbahan kaca ini sudah terlindungi oleh Gorilla Glass.

Body iPhone XS tampil dengan dimensi 143.6 x 70.9 x 7.7 mm, sementara itu berat smartphone ini sekitar 177 gram dengan pilihan warna Space Gray, Silver dan Gold.

iPhone XS (Kiri) - iPhone XR (Kanan)
iPhone XS (Kiri) – iPhone XR (Kanan)

iPhone XR juga hadir dengan body berbahan kaca yang terlindungi oleh Gorilla Glass sama seperti yang dimiliki oleh iPhone XS.

Hanya saja, iPhone XR tampil dengan ukuran yang lebih besar dimana dimensinya berukuran 150.9 x 75.7 x 8.3 mm.

Dimensi besar tentu akan membuat bobot iPhone XR lebih besar tepatnya 194 gram. iPhone XR hadir dengan pilihan warna Black, Red, Yellow, Blue, Coral dan White.

Oh iya, kedua smartphone garapan Apple ini sudah dibekali dengan anti air. iPhone XR memenuhi sertifikasi IPX67, Jadi bisa dipastikan dia bisa tahan di dalam air dengan kedalaman 1 meter hingga 30 menit.

Sedangkan iPhone XS memenuhi sertifikasi IP68 yang membuat seri ini tahan di dalam air dalam kedalaman 2 meter selama 30 menit.


2. Layar

Tak hanya beda body saja, tapi kedua produk Apple ini juga memiliki layar yang berbeda. Khusus iPhone XR, Apple membenamkan layar Liquid Retina IPS LCD yang berukuran 6,1 inchi.

Layar lebar ini memiliki resolusi 828 x 1792 pixel. Layar yang memiliki rasio 19.5:9 ini memiliki kerapatan ~326 ppi density. Apple juga tidak lupa untuk membekali layar iPhone XR dengan pelindung Scratch-resistant glass.

Sementara itu, iPhone XS mengusung layar 5,8 inchi dengan teknologi Super Retina OLED. Meski layarnya lebih kecil, layar yang dibawa oleh iPhone XS memiliki resolusi 1125 x 2436 pixels yang lebih tinggi.

Layar iPhone XS juga berasio 19.5:9. layar dengan kerapatan piksel ~458 ppi ini juga dilindungi oleh Scratch-resistant glass.

3. Kamera

Salah satu fitur idaman dari setiap iPhone adalah kameranya, lantas bagaimana perbandingan antara kamera yang dibawa oleh iPhone XS dan iPhone XR ini?

iPhone XS tampil dengan dual Camera dimana setiap lensanya beresolusi 12 MP. Dual kamera yang dibawa oleh smartphone ini dibekali dengan fitur Quad LED dual-tone flash dan juga HDR.

Dual Camera juga terlihat dibagian depan iPhone XS. Khusus bagian ini Apple membekali produknya ini dengan 2 buah lensa yang masing-masing beresolusi 7 MP.

Cukup disayangkan, iPhone XR hanya tampil dengan Single Camera dibagian belakang. Satu-satunya lensa yang ada di iPhone XS beresolusi 12 MP.

Tapi setidaknya kalian yang suka selfie tidak akan kecewa dengan iPhone XR. Karena seri ini juga dibekali dengan dual Camera 12+12 MP dibagian depannya.


4. Penyimpanan

Membandingkan penyimpanan iPhone XS dan iPhone XR juga sangat penting untuk dilakukan. Karena sekarang, banyak orang yang memilih untuk menyimpan data penting di smartphone.

Apple merilis iPhone XS dan iPhone XR dengan banyak sekali varian. Seri iPhone XS hadir dengan pilihan varian 64/4GB, 256/4GB, dan 512GB/4GB.

iPhone XR juga punya beberapa varian yang tak kalah seru untuk diperbandingkan, seri ini hadir dengan varian 64/3GB, 128/3GB, dan 256/3GB.

Memilih varian penyimpanan harus disesuaikan dengan kebutuhan. Karena kedua smartphone Apple ini tidak dibekali dengan slot memori eksternal.


5. Baterai

Pada sesi kelima, kita akan membahas perbedaan baterai diantara kedua iPhone Series ini.

Khusus iPhone XS, Apple membenamkan baterai dengan kapasitas 2658 mAh. Baterai li-on ini betipe non-removable, pengecasan akan dijamin cepat karena ada Fast Charging 15W yang bisa mengisi 50% dalam 30 menit.

iPhone XR tampil dengan baterai yang sedikit lebih besar dibandingkan kompatriotnya. Baterai yang dimaksud berkapasitas Li-Ion 2942 mAh.

Sama halnya dengan iPhone XS, seri ini juga didukung dengan fitur Fast Charging 15W. Jadi kalian tidak harus menunggu lama supaya smartphone ini bisa terisi hingga penuh.

Baik iPhone XS dan iPhone XR sudah mendukung fitur qi wireless charging. Jadi kalian bisa mengecas tanpa perlu mencolokkan USB lagi.


6. Jaringan

Sepintas kedua produk Apple ini seperti mendukung jaringan yang sama. Tapi ternyata, networking kedua hp ini beda lho.

iPhone XS mendukung Gigabit-Class LTE. Dukungan fitur ini bisa menyajikan kecepatan 2 kali lebih cepat dibandingkan dengan iPhone XR yang hanya menggunakan LTE Advanced.


7. Harga

Setelah tau beberapa perbedaan antara iPhone XS dan iPhone XR, pasti kalian ingin tau seberapa banyak uang yang harus kalian keluarkan untuk memiliki smartphone keren dari Apple ini.

  • iPhone XS: Mulai dari Rp 6 juta-an
  • iPhone XR: Mulai dari Rp 7 juta-an

Setiap varian memiliki harga yang berbeda-beda.


Akhir Kata

Itulah sekiranya tentang perbedaan antara iPhone XS dan iPhone XR sudah dijelaskan dengan lengkap. Sudahkah kalian menentukan iPhone mana yang ingin dibawa pulang? Corat-coret kolom komentar dengan jawaban kalian.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.