Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Gadget

7 Perbedaan Antara Kamera SLR dan DSLR

Saat ini banyak sekali masyarakat yang menyukai dunia fotografi. Karena itulah minat masyarakat untuk memiliki kamera tengah meningkat secara signifikan belakangan ini.

Kualitas jepretan foto yang dihasilkan kamera jelas sudah tidak diragukan lagi. Selain itu, menggunakan kamera juga bisa membuat kita terlihat keren layaknya fotografer profesional.

Sama halnya seperti smartphone, kamera juga mendapat sentuhan teknologi canggih.

Jika dulu kamera analog film banyak digunakan, kini ada juga kamera digital yang tampil dengan desain lebih fresh dan dukungan banyak fitur baru. Untuk perbedaannya, kita sudah sempat membahas di perbedaan kamera analog dan digital.

Kamera pun ada banyak sekali jenis-jenisnya. Dari sekian banyak jenis, kamera SLR dan DSLR adalah dua jenis kamera yang tengah nge-trend di Indonesia atau bahkan dunia.

Perbedaan Kamera SLR dan DSLR
Perbedaan Kamera SLR dan DSLR

Tengah berencana untuk membeli Kamera? Teman-teman yang hendak membeli kamera harus mengetahui perbedaan kamera SLR dan DSLR.

Karena kamera SLR dan DSLR tidak hanya memiliki perbedaan nama dan desainnya saja, tapi masih ada banyak lagi perbedaan kamera SLR dan DSLR yang harus kalian ketahui.

Perbedaan Kamera SLR dan DSLR

Penasaran apa saja perbedaan antara kamera SLR dan DSLR ? Supaya rasa penasaran kalian terjawab, yuk baca artikel ini hingga selesai.

1. Cara Kerja

Perbedaan pertama antara kamera SLR dan DSLR adalah cara kerjanya. Tentu saja hal ini juga berkaitan dengan penamaan dari kedua jenis kamera digital ini.

1.1. SLR

Perlu teman-teman ketahui, SLR adalah singkatan dari Single Lens Reflex. Bisa dipastikan bahwa kamera SLR hanya dibekali dengan jajaran lensa berjalur tunggal.

Lensa yang ada di kamera SLR bertugas untuk meneruskan cahaya pada hasil potret melalui lensa, nantinya cahaya tersebut menuju dua tempat berbeda yaitu Focal Plane dan Viewfinder.

Dengan cara kerja seperti yang dijelaskan, kamera SLR sanggup menghasilkan foto yang terlihat mirip banget dengan objek yang difoto.

Teman-teman yang baru saja menapaki dunia fotografi sangat disarankan untuk menggunakan kamera SLR ini.

1.2. DSLR

Sementara itu DSLR atau Digital Single Lens Reflex memiliki sistem kerja yang lebih modern dibandingkan dengan kamera SLR.

DSLR memiliki teknik pengambilan gambar menggunakan Pentaprisma dan Mechanical Mirror.

Sistem ini bertugas untuk meneruskan cahaya dari lensa menuju ke Optical Viewfinder pada kamera.


2. Media Penyimpanan

Selain memiliki sistem kerja yang berbeda. Kamera DSLR dan SLR juga memiliki perbedaan pada media penyimpanannya. Seperti apa perbedaannya ? Silahkan simak penjabaran dibawah ini.

2.1. SLR

Seperti yang diketahui, SLR tidak dibekali dengan teknologi digital. Jadi kamera SLR memerlukan media penyimpanan berupa film untuk menyimpan foto.

Perlu teman-teman ketahui, SLR menggunakan media penyimpanan film 35mm dan analog.

2.2. DSLR

Berhubung kamera DSLR mengusung fitur digital, foto, dan video yang dijepret menggunakan kamera ini akan disimpan dalam kartu memori.

Kalian bebas mau menggunakan kartu memori berkapasitas besar ataupun kecil dengan syarat kartu memori tersebut original.

Bisakah menggunakan kartu memori smartphone untuk kamera DSLR ? Jelas saja bisa, asalkan kalian menggunakan adaptor khusus yang banyak dijual di marketplace terdekat.

Sebelum menyimpan video, kalian bisa melihat preview nya terlebih dahulu. Jika dirasa kurang pas, kalian bisa menghapus foto tersebut dan mengambil foto ulang.


3. Pencetakan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kedua jenis kamera ini memiliki media penyimpanan yang berbeda. Jadi cara cetak foto diantara kedua jenis kamera ini jelas sangat berbeda.

3.1. SLR

Untuk mencetak foto yang dijepret menggunakan kamera SLR, kalian harus melakukan pencetakan foto di laboratorium cuci cetak foto negatif.

Nantinya foto hasil kamera SLR akan dicetak dengan menggunakan Negative Film atau lebih dikenal dengan sebutan Roll Film.

3.2. DSLR

Jika cara cetak foto kamera SLR terkesan konvensional. Cara cetak kamera DSLR lebih modern dan lebih mudah untuk dilakukan.

Nantinya kalian bisa melakukan pencetakan foto menggunakan printer. Bagusnya lagi, kalian juga bisa untuk mengedit foto terlebih dahulu sebelum hendak dicetak dengan menggunakan aplikasi edit foto.


4. Tombol

Perbedaan kamera SLR dan DSLR juga bisa kita lihat dengan jelas di bagian tombolnya. Berhubung kamera SLR minim fitur, biasanya kamera SLR dibekali dengan sedikit tombol saja.

Sementara itu tombol yang ada di kamera DSLR lebih banyak karena kamera digital ini lebih kaya akan fitur yang sangat membantu saat kalian melakukan pemotretan foto.


5. Fitur

Berhubung DSLR adalah kamera digital, tentu saja ada banyak sekali fitur yang bisa membantu kalian ketika hendak mengambil foto.

Fitur-fitur yang dibawa oleh kamera DSLR memang banyak banget. Ada fitur ISO, Preset Scenes, White Balance, Resolusi, dan masih banyak lagi lainnya.

Kamera SLR lebih minim fitur dibandingkan dengan kamera DSLR. Jadi kalian yang menggunakan kamera non digital ini jangan berharap bisa menggunakan fitur-fitur ekslusif seperti yang ada di kamera DSLR.


6. Desain & Bobot

Kamera SLR tampil dengan desain lebih minimalis dibandingkan dengan kamer DSLR. Kamera SLR juga hanya dibekali dengan sedikit tombol saja.

Sementara itu kamera DSLR memiliki desain yang lebih gambot dengan banyaknya tombol-tombol khusus yang membantu para pengguna untuk menggunakan fitur-fitur yang dibawa oleh kamera digital ini.

Berbicara tentang bobotnya, jelas kamera DSLR lebih berat dibandingkan dengan SLR. Tak hanya lebih berat saja tapi kamera DSLR juga lebih gambot.


7. Harga

Setelah menyimak beberapa Perbedaan Kamera SLR dan DSLR sebelumya, kalian pasti bisa menyimpulkan lebih mahal mana diantara kamera SLR dan DSLR.

Dengan dukungan banyak fitur dan kepraktisannya, jelas harga kamera DSLR lebih mahal dibandingkan dengan harga kamera SLR.


Kesimpulan

Seperti yang kita simak bersama, kamera SLR dan DSLR memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing-masing.

Tapi mengingat DSLR lebih kaya fitur dan penggunaan lebih praktis, penulis beranggapan bahwa kamera DSLR bisa dikatakan lebih baik daripada kamera SLR.

Hanya saja kalian harus menyediakan dana lebih banyak apabila tertarik untuk membeli kamera DSLR.

divider style=”dotted” top=”20″ bottom=”20″]

Akhir Kata

Sudah selesai artikel bertopik perbedaan kamera SLR dan DSLR kali ini. Terimakasih banyak sudah membaca artikel ini hingga selesai. Semoga bisa bermanfaat dan membantu teman-teman semuanya.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.