Games

Perkembangan Game Resident Evil Dari Waktu ke Waktu

CAPCOM akhir-akhir ini kembali menuai kesuksesannya lewat remake game Resident Evil 2 yang dirilis pada tahun 1998 yang lalu. Game Resident Evil 2: Remake ini pun mendapatkan ribuan review positif di platform Steam, lebih-lebih game Resident Evil 2: Remake ini popularitasnya melebihi game sebelumnya yang sempat booming juga yaitu Resident Evil 7.

Namun kesuksesan CAPCOM dalam merilis seri-seri game Resident Evil ini tidak didapati begitu saja, di seri-seri sebelumnya seperti game Resident Evil 5, Resident Evil 6 dan lainnya menuai banyak kritikan, bukannya menghadirkan horror karena game bertema zombie, namun game-game itu malah menghadirkan banyak aksi ketimbang horror itu sendiri. Nah tidak perlu berlama-lama lagi dibawah ini kami akan mengulas game Resident Evil pertama hingga terakhir.

Resident Evil (1996)


Ini merupakan game pertama dari franchise Resident Evil. Game ini pun berlatar di sebuah mansion dan grafis yang ditawarkan dalam game ini terbilang fantastis pada jamannya dan genre horror yang sangat kenal dari game ini berhasil mendulang kesuksesan yang membuat CAPCOM kembali merilis game keduanya di tahun 1998.

Di dalam game ini kamu bisa bermain antara Chris Redfield atau Jill Valentine. Kedua karakter ini pun mempunyai kemampuan yang berbeda dimana Jill Valentine mempunyai kemampuan lockpick serta bisa membawa lebih banyak item ketimbang Chris. Sedangkan karakter Chris Redfield ini lebih kuat dari Jill, tetapi sayangnya dia tidak mempunyai keahlihan lockpick. Game inipun kemudian dirilis ulang dalam versi remakenya di tahun 2002.

Resident Evil 2 (1998)


Setelah kesuksesan dan banyaknya review positif dari para pemain game Resident Evil, Capcom kemudian merilis game Resident Evil 2 di PlayStation. Game kedua dari Resident Evil ini mempunyai latar yang lebih luas ketimbang game sebelumnya. Kalau di game Resident Evil berlatar disebuah mansion, nah Resident Evil 2 ini berlatar disebuah kota fiktif yang sedang terjangkit wabah virus zombie yaitu Raccoon City.

Sama seperti game sebelumnya, Resident Evil 2 menawarkan dua karakter untuk bisa dimainkan yaitu antara Leon dan Claire. Tetapi cerita dari kedua karakter ini dipisah menjadi dua disc, dengan salah satu fitur bisa memainkan skenario milik Leon dan sebaliknya. Didalam game ini pun memperkenalkan berbagai karakter baru seperti Ada Wong, Sherry Birkin dan HUNK. Ada beberapa mini game yang bisa kamu mainkan didalam game ini seperti The 4th Survivor dan mode Tofu.

Resident Evil 3: Nemesis (1999)


Game ini dirilis setahun setelah Resident Evil 2, lanjutan dari franchise game Resident Evil ini pun memiliki gameplay yang lebih sulit ketimbang game sebelumnya. Beberapa tempat disini masih sama dengan Resident Evil 2 namun ada penambahan beberapa tempat yang baru. Sesuai judulnya di game ini pemain akan berhadapan dengan sebuah monster yang bernama Nemesis. Musuh ini cukup agresif ketimbang Mr X yang terdapat di game Resident Evil 2.

Nemesis tidak hanya mengikuti kemanapun kamu pergi namun dia akan terus kembali meneror kamu walaupun sudah dikalahkan sebelumnya. Nah didalam game ini kamu akan bermain sebagai Jill Valentine yang berusaha untuk menyelamatkan dirinya dari tragedi yang menimpa Raccoon City seperti dicerita Resident Evil 2.

Baca Juga : PUBG Mobile Segera Hadirkan Mode Zombie Khas Resident Evil 2

Resident Evil 4 (2005)


Setelah vakum dengan lama, Capcom kembali merilis game Resident Evil diplatform Playstation 2. Dan digame Resident Evil 4 ini terdapat beberapa perubahan yang cukup signifikan dari game sebelumnya, dari segi kameranya third-person fixed menjadi third person shooter dengan perspektif over-the-shoulder (kamera menyoroti bagian atas hingga pinggang karakter dan terus mengikuti kemanapun pemain pergi), fitur ini kemudian diikuti oleh seri-seri di Resident Evil berikutnya.

Didalam game ini kamu akan bermain sebagai Leon yang berusaha untuk menyelamatkan anak presiden yang diculik. Musuh kamu pun tidak hanya sekedar zombei seperti game-game sebelumnya, namun zombie ini sudah mengalami perubahan menjadi sedikit lebih pintar, dan mampu berkoordinasi untuk menyerang kamu dari berbagai arah.

Resident Evil 5 (2009)


Berbeda dari game Resident Evil 4, seri selanjutnya ini bisa dibilang lebih mencondong ke arah action ketimbang horror. Di game Resident Evil 5 ini kamu akan bermain sebagai Chris yang ditemani oleh Sheva Alomar, tidak seperti game Resident Evil 2 yang mempunyai dua cerita berbeda di dua karakter, nah digame ini kamu akan bekerja sama dengan partner mu, ada juga beberapa aksi yang harus dilakukan oleh dua orang.

Game ini berlatar disebuah negara fiktif di benua Afrika. Hampir-hampir mirip seperti game Resident Evil 4, zombie di game ini sudah bermutasi lebih pintar lagi, hingga bisa membawa beberapa senjata seperti gergaji mesin hingga senapan, tidak hanya itu zombie didalam game ini juga bisa mengendarai berbagai macam kendaraan. Karena game yang lebih mencondong kearah aksi ketimbang horror dan misteri maka tentu saja game ini menuai banyak kritikan dari para pemainnya, tapi tidak sedikit juga yang suka seri game Resident Evil ini.

Resident Evil 6 (2012)


Resident Evil 6 ini bisa dibilang sebagai game terbesar sekaligus game terburuk yang dirilis oleh Capcom. Game ini memiliki 3 latar tempat dan 3 karakter yang mempunyai ceritanya masing-masing. Resident Evil 6 ini menceritakan bahwa virus C-virus sudah menyebar ke tiga negara dimana setiap karakter yang berbeda akan saling bertemu disuatu tempat untuk menghentikan wabah virus ini bersama-sama.

Namun sayangnya game ini disebut menjadi seri terburuk dari franchise Resident Evil, karena gameplaynya lebih mengedepankan action ketimbang survival horror seperti yang ditawarkan oleh game Resident Evil pada awalnya. Bahkan salah satu karakter yaitu Chris mengedepankan aksi tembak-tembakan yang intensif sehingga hampir tidak ada rasa kengerian sedikitpun didalam game ini.

Resident Evil 7: Biohazard (2017)


Setelah menuai berbagai kritikan dari game-game sebelumnya, akhirnya Capcom sadar dan kembali menghadirkan genre survival horror + puzzle digame Resident Evil 7 ini. Game ini pun mempunyai berbagai perubahan yang drastis mulai dari kameranya yang berubah menjadi First Person Shooter atau FPS, karakter baru, musuh baru hingga gameplay yang baru juga.

Game ini menceritakan seorang pria bernama Ethan Winters pergi kesebuah rumah hantu di daerah terpencil di Dulvey, Luciana, dimana Ethan menyakini bahwa istrinya yang hilang selama 3 tahun berada disitu. Setelah sampai disana, Ethan menemukan adanya sesuatu yang tidak beres yang membuatnya terjebak dan harus menghadapi horornya keluarga dari penghuni rumah tersebut. Game ini pun menuai banyak respon positif karena Capcom berhasil mengembalikan genre horor di seri Resident Evil.

Baca Juga : Kode Loker dan Kode Tempat Penyimpanan di Resident Evil 2: Remake

Resident Evil 2: Remake (2019)


Capcom merilis kembali versi remake dari Resident Evil 2 yang dirilis pada tahun 1998 silam. Seperti game originalnya, kamu bisa memainkan dua karakter yang berbeda dengan cerita yang beda pula. Secara alur dan plotnya masih sama seperti Resident Evil 2 tahun 1998, kamu harus menemukan jalan untuk keluar dari kantor polisi dengan menyelesaikan berbagai puzzle yang ada.

Tidak hanya itu disepanjang kamu mengumpulkan barang hingga menyelesaikan puzzle kamu akan diganggu oleh Mr X. Monster atau Mr X ini tidak akan mati jika kamu berusaha untuk membunuhnya dengan berbagai cara, namun yang pasti kamu bisa membuatnya jatuh hingga beberapa saat setelah terus menembakinya, tetapi cara ini tidak efektif dan hanya membuang peluru saja lebih baik menghindarinya segera setelah bertemu dengan Mr X ini.

Game ini pun berhasil meraih komentar-komentar atau review positif dari para pemainnya bahkan game ini popularitasnya melebihi game Resident Evil 7 yang dirilis Capcom pada tahun 2017 lalu, para penggemar seri Resident Evil pun kemudian meminta Capcom merilis versi remake dari Resident Evil 3: Nemesis, namun hingga saat ini belum ada tanggapan dari pihak Capcom, sebaiknya kita menunggu kabar baiknya saja.

Via
Surga Tekno
Tags

cherlyz phuthaw

Ayok dong bantu share website keren ini
Please Login to comment
Back to top button
Close
Close