Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Movie

Apa itu Spoiler ?

Kalian yang sering nonton film atau baca manga dan webtoon online, pasti sering dengar kata “spoiler“.

Sebenarnya Spoiler itu apa sih?

Nah, spoiler sendiri adalah sebuah kata bahasa inggris yang berarti beberan atau mudahnya adalah sebuah bocoran mengenai sebuah alur cerita.

Contohnya nih, kalian punya teman habis selesai nonton film Imperfect-nya Reza Rahadian, terus teman kalian itu cerita ke kalian soal jalan cerita film itu padahal kalian belum nonton. Inilah yang dimaksud dengan spoiler. Seseorang yang sudah lebih dulu mengetahui mengenai alur sebuah cerita, lalu menceritakan sebagian atau keseluruhan isi cerita kepada orang yang belum tahu.

Biasanya semua orang yang memberikan spoiler menikmati apa yang mereka perbuat. Mungkin karena mereka senang setiap melihat ekspresi orang lain yang terkena spoiler. Tapi ada juga tipe pemberi spoiler karena terpaksa. Hal ini terjadi karena, ada beberapa orang yang menyukai sebuah spoiler (termasuk saya) yang meminta orang lain untuk menceritakan mengenai alur film, komik, novel, dst tersebut walaupun si pemberi spoiler sebenarnya tidak ingin melakukannya.

Asal Usul Spoiler

pengertian spoiler secara jelas
pengertian spoiler secara jelas

Spoiler sendiri menurut Google’s Usenet Archive digunakan pertamakali sejak 1981 oleh seorang anggota dari sebuah komunitas karya fiksi ilmiah, yang dalam sebuah jurnalnya dimana tertulis sebuah kata “spoiler” yang berarti sebagai peringatan bahwa jurnal tersebut membocorkan sebuah cerita dalam sebuah karya ilmiah.

Plus dan Minus Sebuah Spoiler

Semua yang ada di dunia pasti ada plus dan minusnya, termasuk spoiler. Kita bahas mulai dari plusnya atau sisi positif dari sebuah spoiler yaitu, kita tidak penasaran lagi mengenai bagian serunya. Saya sendiri, lebih suka spoiler karena hal itu. Tapi justru karena ini terbitlah minusnya atau sisi negatifnya, yang mana biasanya sehabis spoiler terbitlah rasa malas untuk melanjutkan cerita yang di-spoiler-kan.

Nah maka dari itu banyak yang tidak suka bahkan cenderung terganggu dengan adanya spoiler ini. Menurut saya sendiri spoiler itu tidak apa-apa asal jangan memberi spoiler secara berlebihan seperti sampai menceritakan keseluruhan isi cerita.

Mahardika Dewi

Pernah berkuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. A Bookworm, and also addicted to movie, anime, and drama series.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.