Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Movie

Daftar Sinetron Indonesia Tahun 90-an yang Menemani Masa Kecil

Generasi 90-an kini rata-rata sudah berumur 21 tahun hingga 30 tahun. Pada masa kecil dahulu, seringkali sinetron-sinetron berseliweran hadir di layar televisi Anda. Tentunya generasi 90-an pasti tidak asing lagi. Penayangannya di televis dinanti-nanti kebanyakan orang. Untuk mengingat kembali, Β Anda dapat menyimak artikel daftar sinetron Indonesia tahun 90-an pada artikel ini.

Jika sudah ketinggalan, tentunya ada bagian-bagian tertentu yang ketinggalan. Akibatnya, ceitanya tidak akan lengkap lagi. Terkadang, di luar jam tayang pun Anda masih dapat mengikuti ceritanya karena pihak televisi akan menayangkan ulang kembali. Yuk bernostalgia bersama dan menolak lupa!

11 Daftar Sinetron Indonesia Tahun 90an

1. Si Doel Anak Sekolahan (1994-2006)

Keluarga Betawi dan seputar kesehariannya adalah tema yang diangkat menjadi cerita dalam sinetron Si Doel. Sinetron berjudul Si Doel Anak Sekolahan merupakan sinetron pertama Indonesia yang ditampilkan di televisi. Diceritakan bahwa si Doel adalah seorang insinyur yang mempunyai profesi menjadi seorang oplet.

Si Doel Anak Sekolahan (1994-2006)
Si Doel Anak Sekolahan (1994-2006)

Sebuah kisah yang sederhana menjadi tontonan yang penuh makna. Sinetron ini usai pada tahun 2006. Selang waktu 12 tahun kemudian, sinetron Si Doel anak Sekolahan ini difilmkan dan tayang di bioskop pada tanggal 2 Agustus tahun 2018 yang lalu. Cerita Doel pun ditutup dengan tayangnya film Akhir Kisah Cinta Si Doel yang sekarang sedang tayang di bioskop.

2. Jin dan Jun (1996 – 2001)

Jin dan Jun (1996 – 2001)
Jin dan Jun (1996 – 2001)

Sinetron ini rilis pada tahun 1996. Jin dan Jun adalah versi Indonesia dari Aladin, dapat disebut seperti itu. Sinetron ini menjadi salah satu tontonan sinetron wajib bagi anak generasi 90-an. Menceritakan tentang tokoh bernama Jun yang memiliki sahabat seorang jin. Ditayangkan dalam waktu yang lama berkisar 5 tahun karena mempunyai cerita unik.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

3. Keluarga Cemara (1996)

Anak generasi 90-an pasti tau tokoh-tokoh dalam sinetron ini. Emak, Abah, Ara, Teh Euis, dan Agil. Sinetron ini menjadi tontonan favorit orang-orang. Sinetron berjudul Keluarga Cemara hadir di layar kaca Indonesia pada tahun 1996. Kisah yang diceritakan dalam sinetron ini adalah kehidupan sehari-hari Abah sekeluarga.

Keluarga Cemara (1996)
Keluarga Cemara (1996)

Mengangkat alur cerita yang sederhana. Kasih sayang dan perhatian Emak, perjuangan seorang Abah untuk keluarganya, Teh Euis yang cerita, serta Agil dan Ara berhasil menjadikan sinetron Keluarga Cemara patut untuk ditonton. Ceritanya yang tidak menghibur saja, terdapat pesan-pesan berharga yang dapat dijadikan pelajaran.

4. Jinny oh Jinny (1997 – 2003)

Memiliki cerita yang sama dengan Jin dan Jun, tentang manusia yang bersahabat dengan jin. Seorang tokoh bernama Bagas yang merupakan seorang penyelam, dia sulit untuk menghentikan kegiatan menyelamnya. Jaka yang mengetahui akan hal itu, menentang akan keinginan temannya.

Jinny oh Jinny (1997 – 2003)
Jinny oh Jinny (1997 – 2003)

Setelah berhasil meyakinkan Bagas, Bagas pun mau untuk kembali menyelam. Pada saat Bagas menyelam, Bagas melihat kerang yang besar. Pada saat dibuka, ia malah menemukan jin yang cantik bukan seperti yang diharapkan yaitu sebuag mutiara. Nama jin itu adalah Jinny. Sinetron Jinny tayang mulai tahun 1997 sampai dengan tahun 2003.

5. Tuyul dan Mbak Yul (1997)

Sinetron ini mengisahkan tentang Ucil yang menjadi tokoh tuyul. Ucil bisa berubah, ia merupakan tuyul baik dan tidak suka mencuri uang seperti tuyul yang dipelihara orang untuk mendapatkan uang. Sinetron ini juga masuk daftar sinetron Indonesia tahun 90-an. Kehadiranya banyak yang menanti.

Tuyul dan Mbak Yul (1997)
Tuyul dan Mbak Yul (1997)

Keputusannya untuk berubah membuat geram raja tuyul. Sehingga menyebabkan algojo yang diberi perintah oleh raja tuyul mengejar Ucil yang telah berubah. Ucil mengindar algojo sampai pantai dan berjumpa Mbak Yul. Kisah kocak mereka pasti akan membuat Anda terpingkal-pingkal. Sinetron Tuyul dan Mbak Yul telah tayang mulai tahun 1997.

6. Tersanjung (1998-2005)

Sinetron Tersanjung merupakan salah satu sinetron yang memiliki salah satu jumlah episode terbanyak dalam sejarah sinetron Indonesia, episodenya pun telah mencapai ribuan. Bagaimana tidak berepisode panjang, sinetron ini tayang kurang lebih selama 7 tahun di pertelevisian Indonesia. Sinetron ini memiliki alur cerita tersedih pada masanya, membuat penonton suka.

Tersanjung (1998-2005)
Tersanjung (1998-2005)

Dikisahkan bahwa tokoh yang bernama Indah dirawat dengan kejam oleh bibi dan pamannya. Indah seringkali harus merasakan penderitaan dalam hidupnya. Ia mendapat paksaan untuk menikah hingga ditinggalkan suami yang dicintainya. Sinetron ini mulai tayang perdana pada tahun 1998.

Β 7. Tersayang

Sinetron Tersayang memiliki kisah romantis dan kata anak milenial membuat baper penontonnya. Memilki akhir cerita yang sedih sehingga membuat penonton banyak yang turut menangis menyaksikan kisahnya. Ketika tokoh jahat (antagonis) menembakkan pistol ke Andi. Andi meninggal dunia karena tembakan, sebelum itu Mayang ditipkan Andi ke Dion.

8. Panji Manusia Milenium ( 1999 – 2001)

Anak kecil zaman dulu banyak sekali memakai baju bergambaarkan Panji Manusia Milenium. Baju yang mempunyai tambahan kain yang menjuntai di bagian belakang membuatnya tampak seperti Superman atau Batman yang dapat terbang. Sinetron ini memang sangat terkernal di era anak 90-an.

Panji Manusia Milenium ( 1999 – 2001)
Panji Manusia Milenium ( 1999 – 2001)

Tidak heran baju bergambar Panji sangat laku di pasaran dan dijadikan lahan rejeki yang menguntungkan. Panji adalah seeorang tokoh yang berperan sebagai kesatria melawan kejahatan. Tak heran, tokoh Panji menjadi idola anak-anak generasi 90-an. Apakah Anda salah satu penggemar Panji dan dulu juga mempunyai bajunya?

9. Boneka Poppy (1997 – 2002)

Sinetron Boneka Poppy mengisahkan tentang sebuah manekin yang dapat bergerak dan bicara layaknya manusia. Manekin ini ketika berubah menjadi manusia, wajahnya mirip dengan pacar Tommy. Hal itu membuat Tommy selalu memberi larangan untuk Poppy berbicara dan bergerak agar keberadaan Poppy yang dapat berubah tidak ada orang yang tahu.

Boneka Poppy (1997 – 2002)
Boneka Poppy (1997 – 2002)

Tokoh Poppy diperankan oleh Diana Pungky, yang juga memerankan Jinny dalam sinetron Jinny oh Jinny. Sinetron itu pun tayang pada era 90-an. Sinetron ini diadaptasi dari film luar negeri yang berjudul The Manequine. Meskipun begitu, sinetron ini tetap mendapat hati para penonton yang menyaksikan.

10. Tutur Tinular (1997–1999)

Sinetron Tutur Tinular adalah cerita kolosal yang diproduksi oleh PT. Genta Buana Pitaloka di tahun 1997. Sinetron ini ditayangkan menjadi 2 season. Sinetron Tutur Tinular season 1 berhasil menarik perhatian pemirsa, oleh karena itu sinetron ini dilanjutkan pada season 2.Β  Ditayangkan pada channel televisi yang berbeda setiap seasonnya.

Diawali dari hidup Arya KamAndanu hingga Sanggrama Wijaya yang diresmikan sebagai seorang raja dari kerajaan Majapahit. Dilanjutkan season 2, tentang pemberontakan pertama Ranggalawe hingga pemberontakan Ra Kuti. Dapat dilihat bahwa nyatanya serial ini adalah penggabungan dari dua sandiwara radio Tutur Tinular serta Mahkota Mayangkara.

11. Gerhana (1999 – 2003)

Sinetron ini bercerita tentang tokoh bernama Gerhana yang mempunyai kekuatan supranatural. Pemberian nama pada tokoh itu karena lahir pada saat terjadi gerhana bulan. Ketika Gerhana beranjak menjadi dewasa, membuat kekuatan miliknya harus selalu digunakan untuk membantu setiap orang yang butuh Gerhana.

Gerhana (1999 - 2003)
Gerhana (1999 – 2003)

Bagaimana, sudah merasakan nostalgia? Daftar sinetron di atas dapat mengobati rasa rindu akan masa kecil indah dahulu. Masa-masa yang ditemani dengan tontonan sinetron di atas. Hingga membuat Anda merindukan masa-masa kecil dulu. Artikel ini membuat Anda menolak lupa pada sinetron tahun 90-an.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.