Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Movie

7 Drama Korea Tentang Anak Kuliahan

Bagi beberapa orang, masa kuliah adalah masa yang tidak terlupakan. Di mana pada saat itu, kita sudah cukup dewasa dalam menghadapi hal – hal yang terjadi dalam kehidupan kita.

Tapi juga justru kadang – kadang malah bersikap kekanak – kanakan karena menganggap diri sudah dewasa.

Kebanyakan mahasiswa itu memiliki sedikit banyak kegiatan saat kuliah, mulai dari sekedar kumpul – kumpul di warkop bersama teman – teman hingga menjadi pengurus organisasi yang super duper sibuk. Kangen gak dengan masa kuliah kamu?

Atau justru kamu masih anak kuliahan, tapi karena pandemi ini malah gak bisa ketemu teman – teman kuliah? Nah, tujuh drama Korea ini mungkin dapat mengobati rasa kangenmu itu.

1. Reply 1994 (2013)

Reply 1994 (2013) - Drama Korea Tentang Anak Kuliahan
Reply 1994 (2013)
Informasi Detail
🎬 Sutradara: Shin Won Ho
📅 Tahun tayang: 2013
🕒 Episode: 21
⭐ IMDB Rating: 7.9/10
📺 Genre: Romance, Comedy, Life, Youth, Drama, Family

 

Kalau kamu penggemar Reply Series yang tayang di tvN, pasti kamu sudah gak asing lagi dengan drama yang satu ini. Berlatar di tahun 1994, di mana pada saat itu merupakan era kepopuleran para Idol generasi pertama salah satunya Seo Taiji and The Boys.

Bercerita tentang Sung Dong Il dan istrinya Lee Il Hwa yang tinggal di Seoul dan menyewakan kamar kosong di rumah mereka. Sung Dong Il yang merupakan seorang pelatih tim bisbol memiliki seorang putri bernama Sung Na Jung.

Orang – orang yang ngekos di rumah mereka adalah para mahasiswa baru yang berasal dari daerah selain Seoul. Sseureki, salah satu anak kosan di tempat itu merupakan mahasiswa senior fakultas kedokteran.

Dia dekat dan bahkan sudah dianggap seperti anak sendiri oleh pasangan Sung Do Il dan Lee Il Hwa. Sseureki sangat sering bertengkar dengan Na Jung. Tapi meskipun begitu seperti seorang kakak, Sseureki tetap perhatian pada Na Jung.

Selain Sseureki, juga ada Samchonpo yang merupakan mahasiswa teknik komputer yang sesuai dengan nama panggilannya, penampilannya memang seperti bapak – bapak.

Lalu ada, Haitai dan Jo Yoon Jin yang juga mahasiswa teknik komputer. Selain mereka, ada Binggeure yang merupakan junior Sseureki di fakultas kedokteran.

Nah, Binggeure ini punya sepupu bernama Chil Bong seorang pemain bisbol yang sangat disayangi oleh Ayahnya Na Jung. Salah satu dari cowok – cowok yang ngekos di sana, merupakan suami Na Jung di masa depan.


2. Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (2016)

Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (2016) - Drama Korea Tentang Anak Kuliahan
Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (2016)
Informasi Detail
🎬 Sutradara: Oh Hyun Jong
📅 Tahun tayang: 2016
🕒 Episode: 16
⭐ IMDB Rating: 8.4/10
📺 Genre: Romance, Comedy, Sport

 

Drama ini adalah salah satu drama bertema olahraga. Jadi sebenarnya, drama Weightlifting Fairy Kim Bok Joo ini terinspirasi dari kehidupan atlet angkat besi nasional Korea Selatan bernama Jang Mi Ran.

Bercerita tentang seorang mahasiswi Hanwool College of Physical Education bernama Kim Bok Joo. Kim Bok Joo ini merupakan atlet muda angkat besi yang berbakat, apalagi ayahnya juga seorang atlet angkat besi yang sangat mendukung karir putrinya itu.

Bok Joo sangat menyukai bidang yang ditekuninya itu, terurama bau besi dan kapur saat melakukan angkat besi.

Suatu hari dia kembali bertemu dengan teman masa kecilnya yaitu, Jung Joon Hyung yang juga berkuliah di kampus yang sama dengan Bok Joo.

Joon Hyung ini merupakan seorang perenang. Dia sangat suka menjahili Bok Joo hingga membuat temannya itu kesal.

Di balik sikapnya yang periang, sebenarnya Joon Hyung mengalami trauma sejak dia didiskualifikasi dari pertandingan Internasional pertamanya. Tapi pelan – pelan dia mampu bangkit dari traumanya dan kembali menemukan mimpinya.

Seperti drama romance pada umumnya, karena sering bertemu dan saling mengisi kekurangan masing – masing, Bok Joo dan Joon Hyung pun memutuskan untuk berpacaran. Sayangnya Ayahnya tidak mengizinkan Bok Joo untuk berpacaran, jadilah mereka pacaran sembunyi – sembunyi.

Tapi bukan hanya itu saja penghalang mereka. Ternyata bukan hanya itu masalah dalam hubungan mereka. Mantan pacar Joon Hyung yaitu Song Shi Ho malah muncul dan menjadi roommate Bok Joo di asrama.

Sedang cari judul drama Korea terpopuler? Tim SurgaTekno sudah pernah merangkumnya pada postingan ini.

3. Do You Like Brahms? (2020)

Do You Like Brahms (2020) - Drama Korea Tentang Anak Kuliahan
Do You Like Brahms? (2020)
Informasi Detail
🎬 Sutradara: Jo Young Min
📅 Tahun tayang: 2020
🕒 Episode: 16
⭐ IMDB Rating: 7.9/10
📺 Genre: Romance, Music, Drama

 

Do You Like Brahms? adalah drama romantis yang dibalut dengan musik klasik yang indah. Selain menceritakan kisah cinta kedua pemeran utamanya, drama ini juga mengisakah perjuangan para mahasiswa jurusan musik dalam meraih mimpi mereka sebagai musisi yang tentu tidak mudah.

Mulai dari penolakan dari orang tua sendiri hingga tekanan dari dosen. Belum lagi persaingan antara mahasiswa yang sangat ketat. Tapi kisah romantis antara Park Joon Young dan Chae Song Ah dengan gaya pacaran mereka yang malu – malu tapi manis, tidak bisa bisa disampingkan.

Park Joon Young adalah seorang pianis terkenal yang pada tahun 2013, dia menjadi orang Korea pertama yang menjadi peringkat satu di Chopin International Piano Competition.

Selama tujuh tahun dia menghabiskan hidupnya untuk tampil dua kali seminggu berkeliling dunia. Setelah tujuh tahun itu dia pun akhirnya memutuskan untuk istirahat. Sedangkan Chae Song Ah, dulunya adalah mahasiswi administrasi bisnis yang memutuskan untuk pindah ke jurusan biola demi memenuhi passion-nya di dunia musik.

Meskipun sebenarnya dia mendapatkan penolakan dari orang tunya yang tidak menyetujui putrinya pindah dari jurusan administrasi bisnis.

Park Joon Young dan Chae Song Ah yang sama – sama mengalami cinta yang bertepuk sebelah tangan pada sahabat masing – masing pun menjadi dekat dan berhasil move on.

Mereka saling mengobati luka akibat jatuh cinta sendirian. Kedekatan mereka pun menjadi awal benih perasaan cinta.

Dengan Chae Song Ah yang menyatakan perasaannya lebih dulu ke Park Joon Young. Meski awalnya cowok itu meminta waktu untuk menjawab, tapi pada akhirnya dia dengan mantap menerima Chae Song Ah.


4. Age of Youth (2016)

Age of Youth (2016) - Drama Korea Tentang Anak Kuliahan
Age of Youth (2016)
Informasi Detail
🎬 Sutradara: Lee Tae Gon
📅 Tahun tayang: 2016
🕒 Episode: 12
⭐ IMDB Rating: 8.3/10
📺 Genre: Romance, Comedy, Mystery, Youth, Life

 

Diantara kamu mungkin saat kuliah pernah ngekos, kan? Nah, drama Age of Youth ini bercerita tentang lima orang cewek yang tinggal bareng di sebuah share house bernama Belle Epoque.

Cewek – cewek yang tinggal di Belle Epoque memiliki latar belakang dan sifat yang berbeda – beda. Yoon Jin Myung atau yang lebih akrab dipanggil Yoon Sunbae (dalam bahasa Korea Sunbae berarti Senior), yang berusia 28 tahun dan masih berkuliah.

Hal ini karena Yoon Sunbae sempat beberapa kali cuti kuliah agar dapat melakukan pekerjaan sampingan untuk membiyayai hidupnya.

Berbeda dengan mahasiswa pada umumnya yang lebih menikmati hidupnya bersenang – senang, Yoon Sunbae malah tidak memiliki waktu untuk memikirkan hal itu.

Lalu ada Kang Yi Na atau Kang Eonnie (Eonnie dalam bahasa Korea berarti kakak perempuan) 24 tahun, yang selalu tampil cantik dan glamour. Pokoknya Kang Eonnie ini sangat berbanding terbalik dengan Yoon Sunbae, baik dari segi penampilan maupun karakternya.

Penghuni selanjutnya adalah Jung Ye Eun yang berusia 22 tahun. Ye Eun adalah mahasiswa ahli gizi yang sangat feminim dan selalu berpenampilan girly. Selain itu sifatnya agak manja dan kadang menyebalkan.

Kemudian ada Song Ji Won yang seumuran dan juga teman sekamar Ye Eun. Ji Won merupakan cewek yang memiliki karakter 4D. Dia adalah seorang ekstrovert dan selalu bersikap heboh.

Selain itu, dia memiliki fashion style yang rada unik. Terakhir, ada Yoon Eun Jae yang merupakan penghuni termuda di Belle Epoque. Eun Jae ini polos dan kurang percaya diri. Selain itu, dia juga kesulitan untuk memulai pertemanan.


5. My ID is Gangnam Beauty (2018)

My ID is Gangnam Beauty (2018) - Drama Korea Tentang Anak Kuliahan
My ID is Gangnam Beauty (2018)
Informasi Detail
🎬 Sutradara: Choi Sung Bum
📅 Tahun tayang: 2018
🕒 Episode: 16
⭐ IMDB Rating: 7.5/10
📺 Genre: Romance, Comedy

 

Drama ini diadaptasi dari webtoon populer dengan judul yang sama. Berkisah tentang seorang gadis bernama Kang Mi Rae mengalami perundungan sejak masih sekolah karena penampilannya.

Akibat hal itu, Mi Rae tumbuh menjadi gadis yang sangat pemalu. Lelah karena selalu di-bully hanya karena wajahnya, Mirae memutuskan untuk melakukan operasi plastik setelah lulus SMA.

Setelah masuk kuliah dan menjadi seorang mahasiswi, Mi Rae benar – benar terlihat seperti orang lain dengan penampilan terbarunya. Awalnya orang – orang memujinya karena wajahnya terlihat sangat cantik.

Tapi ternyata pujian itu memiliki maksud lain. Diam – diam di belakang Mi Rae, teman – teman di kampusnya selalu merendahkannya. Mereka menyebut Mi Rae dengan sebutan Gangnam Beauty. Ternyata bahkan setelah tampil lebih cantik, orang – orang masih bersikap jahat padanya.

Lalu dia bertemu dengan teman sekolahnya dulu di SMA yang dikenal karena memiliki wajah yang sangat tampan yakni Do Kyung Suk. Kyung Suk ini merupakan orang yang mengetahui tentang masa lalu Mi Rae saat masih SMA.

Makanya saat mereka bertemu lagi, Kyung Suk mencoba membantu Mi Rae untuk dapat lebih menerima dirinya sendiri apa adanya.

Di awal semester, Kyung Suk telah menjadi pusat perhatian berkat ketampanannya. Walau memiliki wajah yang tampan, Kyung Suk tidak pernah menilai orang lain berdasarkan tampang mereka.

Justru menurut Kyung Suk hati seseorang lebih penting dari pada penampilan luarnya. Bukan itu saja, Kyung Suk berpikiran bahwa semua wanita cantik itu jahat.

Mau nonton drama Korea terbaru? Kamu bisa dapatkan di channel Telegram untuk download drama Korea.

6. Cheese in the Trap (2016)

Cheese in the Trap (2016) - Drama Korea Tentang Anak Kuliahan
Cheese in the Trap (2016)
Informasi Detail
🎬 Sutradara: Lee Yoon Jung
📅 Tahun tayang: 2016
🕒 Episode: 16
⭐ IMDB Rating: 7.4/10
📺 Genre: Romance, Comedy

 

Selain My ID is Gangnam Beauty, Cheese in the Trap juga salah satu drama yang diadptasi dari webtoon populer. Jadi, Hong Seol merupakan seorang mahasiswi yang terpaksa sempat cuti kuliah karena masalah keuangan, padahal dia tergolong mahasiswi yang rajin.

Selama setahun cuti kuliah dia memanfaatkannya untuk bekerja dan menggunakan honornya untuk membayar kuliahnya.

Seol adalah seorang introvert yang punya dua orang sahabat yakni Jang Bora dan Kwon Euntaek. Setelah Seol menyelesaikan cutinya dan kembali kuliah, mereka bertiga selalu terlihat jalan berkumpul bersama di kampus.

Selain itu, Seol juga bertemu seorang senior misterius bernama Yoo Jung. Awalnya Seol merasa kurang nyaman berada di sekitar seniornya ini dan cenderung menghindarinya. Sebab Yoo Jung terlihat angkuh dan palsu.

Menurutnya Yoo Jung hanya terlihat baik di depan saja tapi sebenarnya di belakang justru sebaliknya. Belum lagi diantara Seol dan Yoo Jung sering terjadi kesalah-pahaman.

Namun, hal itu malah membuat Seol tanpa sadar malah sering memperhatikan Yoo Jung yang semakin membuatnya bingung dengan karakter seniornya itu. Di sisi lain, Yoo Jung selalu berusaha untuk dapat dekat dengan Seol.

Awalnya Seol sering menghindar tapi lama – lama dia malah menyukai Yoo Jung. Namun dia sering tidak yakin dengan perasaannya sendiri.

Terlebih sifat Yoo Jung yang sangat membingungkan. Sebab di depan Seol Yoo Jung dapat menjadi seseorang yang sangat hangat, baik dan perhatian. Kemudian dapat menjadi sangat menyeramkan ketika berhadapan dengan orang yang tidak disukainya.


7. My First First Love (2019)

My First First Love (2019) - Drama Korea Tentang Anak Kuliahan
My First First Love (2019)
Informasi Detail
🎬 Sutradara: Oh Jin Suk
📅 Tahun tayang: 2019
🕒 Episode: 16 (2 Seasons)
⭐ IMDB Rating: 7.6/10
📺 Genre: Romance, Comedy, Youth

 

Seperti judulnya, My First First Love bercerita tentang cinta paling pertama dari seorang pemuda bernama Tae O.

Jadi si Tae O ini merupakan seorang mahasiswa jurusan bisnis yang berkepribadian hangat. Tae O memiliki seorang sahabat bernama Song Yi. Mereka berdua ini memiliki kepribadian yang berlawanan.

Tapi namanya perbedaan dalam pertemanan adalah hal wajar yang justru menambah kearaban. Suatu hari, Tae O mendeklarasikan diri bahwa dia akan segera memiliki pacar. Song Yi sendiri tidak peduli dengan hal yang dikatakan sahabatnya itu, karena gadis itu punya masalah sendiri yang lebih besar.

Rumahnya yang selama ini telah didiaminya, akan segera di sita. Parahnya, Ibunya meninggalkannya tanpa uang sepeser pun. Ya, walaupun mereka bersahabat baik, bukan berarti mereka saling berbagi masalah masing – masing. Apalagi mereka berdua hidup di dua dunia berbeda.

Suatu malam, Tae O mendapati empat orang berdiri di depan rumahnya, termasuk Song Yi yang baru saja kehilangan rumahnya. Mereka semua terlihat kacau, kecuali Do Hyun teman kuliah Tae O.

Ga Rin kabur dari Ibunya yang selalu mengekangnya, sedangkan Hoon kabur dari rumahnya karena selalu dianggap gagal dan dilarang mengejar mimpinya sebagai musisi oleh orang tuanya. Jadi jelas saja selain Doh hyun, ketiga orang itu memiliki maksud untuk menumpang di rumah Tae O.

Di sisi lain, Song Yi yang mengetahui betul sifat temannya itu, memutuskan untuk tidak mengutarakan niat awalnya pada Tae O.

Dia malah memilih untuk mencari tempat tinggal lain sementara waktu. Tanpa di duga, Song Yi malah sering bertemu dengan Do Hyun di mana saja yang menjadi awal hubungan mereka.

Sinopsis Drama Korea: Korea Tell Me What You Saw (2020)

Dari tujuh drama tentang anak kulihaan di atas, yang mana nih kira – kira bikin kamu kangen sama masa – masa kuliahan?

Razqa Lathif

Founder dari SurgaTekno.com Menyukai dunia teknologi : coding dan fixing hardware dan software.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.