Segenap Tim SurgaTekno mengucapkan 🎄 Selamat Natal dan 🥳 Tahun Baru 2021. Selalu jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.
Movie

12 Film Karya Raditya Dika (Dari Awal Karir Sampai Sekarang)

Siapa yang tidak mengenal Dika Angkasaputra Moerwani Nasution atau akrab dikenal dengan Raditya Dika? Pria kelahiran Jakarta, 28 Desember 1984 ini memang seringkali wira-wiri menghiasi industry hiburan Indonesia.

Mengawali karirnya sebagai penulis, Radith dikenal sebagai seorang penulis buku-buku jenaka yang sangat digandrungi oleh remaja pada masanya.

Konon, tulisan-tulisan Radith berasal dari blog pribadinya yang akhirnya dibukukan. Cerita yang dimuat dalam bukunya yang kocak berhasil mengundang tawa hingga membuat banyak buku Radith yang laris di pasaran.

Seperti buku pertamanya yang bertajuk “Kambing Jantan” dan berkisah tentang kehidupan Dikung selama kuliah di Negeri Kanguru berhasil menjadi Best Seller.

Sukses dengan buku pertamanya, Radith kemudian merilis lebih banyak buku dan menyisipkan humor dalam setiap bukunya. Langkah yang cerdik tersebut berhasil merebut perhatian dari para pembacanya. Apalagi kala itu, genre teenlit sedang menguasai dunia pernovelan di Tanah Air.

Novelnya yang laris manis di pasaran lambat laun berhasil membuat para produser tertarik untuk memfilmkannya. Tidak tanggung-tanggung, bahkan mereka meminta Radith untuk menjadi aktor sekaligus penulis skenario dalam film debutnya yang bertajuk “Kambing Jantan: The Movie” yang dirilis pada tahun 2009 lalu.

Beradu akting dengan Herfiza Novianti dan juga Edric Tjandra, kemampuan Radith dalam bermain peran tidak boleh dipandang sebelah mata. Memainkan karakter Dika dalam “Kambing Jantan: The Movie”, Radith nampak luwes berakting di depan kamera.

Raditya Dika - Standup Comedian, YouTuber, Sutradara, Penulis, Pemain Film
Raditya Dika – Standup Comedian, YouTuber, Sutradara, Penulis, Pemain Film

Sukses dengan film debutnya, Radith kembali membawa novelnya untuk dialihvisualkan ke dalam film layar lebar. Konon, tercatat tiga film bertutut-turut berhasil dialihvisualkan ke dalam layar lebar seperti Cinta Brontosaurus, Manusia Setengah Salmon dan juga Marmut Merah Jambu.

Tak cepat puas dengan pencapaiannya saat itu, Radith mencoba menjajaki dunia Stand Up Comedy dan berhasil menjadi Komika berpengaruh di Indonesia. Sukses berkarir sebagai aktor, penulis hingga komika, Radith mulai terjun ke dunia dibalik layar sebagai sutradara.

Sejumlah film berhasil ia garap dengan pencapaian yang cukup lumayan, bahkan tak jarang dari film Radith yang masuk ke dalam nominasi hingga meraih penghargaan di berbagai ajang bergengsi di dunia perfilman. Berikut adalah filmografi Raditya Dika dari masa ke masa yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Kambing Jantan (2009)

Kambing Jantan (2009)
Kambing Jantan (2009)
Informasi Detail
🎬 Judul: Kambing Jantan The Movie
📅 Tanggal Rilis: 5 Maret 2009
🕒 Durasi: 118 menit
🏘️ Rumah Produksi: Indika Pictures
🏆 Penghargaan:
🎬 Genre: Comedy, Drama
🎬 Pemain: Meity Josefina
Anggi Nasution
Edgar Nasution
Ingga Nasution
Judith Nasution
Herfiza Novianti
Angie O’Flaherty
Deny Danu Prasetia
Sarah Shafitri
Edric Tjandra
🎬 Crew: Produser : Tyas A. Moein
Sutradara : Rudy Soedjarwo
Penulis : Salman Aristo, Mouly Surya
Musik : –
Sinematografi : Rei Supriadi
Penyunting : Oghie Hamer, Gita Nasution
⭐ IMDB rating: 5.7/10

 

Kambing jantan merupakan film yang diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Raditya Dika. Dirilis pada 5 Maret 2009, film yang berdurasi 118 menit ini, berkisah tentang cerita kehidupan remaja sehari-hari dengan lawakan khas ala Raditya Dika.

Film yang berhasil memperoleh rating sebesar 5.7 dari situs IMDb ini, dibintangi oleh Raditya Dika sebagai pemeran utama. Film ini bercerita saat selepas SMU, Dika (Raditya Dika), yang mempunyai nama panggilan Kambing, harus melanjutkan pendidikan di Adelaide, Australia, mengambil gelar finance yang tidak sesuai minatnya. Maka diakhirilah perjalanan hidup Dika mencari jati diri.

Ketika dia menjalani kuliah di Australia, problema timbul dengan Kebo (Herfiza Novianti), pacarnya, karena harus menjalani Long Distance Relationship (LDR) yang menyebabkan pengeluaran keuangan sangat besar, komunikasi yang terganggu, dan kehidupan kuliah yang semakin lama membuat mereka menjadi berbeda.

Problem lainnya seperti bagaimana Dika mengalami kesulitan dalam belajar, dan kemunculan Jenny Dickson, dosen bule yang lebih mirip tentara wanita, menambah dilema si Kambing dalam menyelesaikan masalah LDR dan finance (dalam dua arti sebenarnya: kebutuhan finance-nya dan sekolah finance-nya).

Pertemuannya dengan seorang teman SD yang membaca blog Dika berjudul “Kambing Jantan” membuka pikirannya bahwa dia bisa saja jadi penulis komedi.

Film Kambing Jantan sedikit berbeda dari novelnya, terdapat beberapa adegan baru yang dimunculkan sehingga film ini mempunyai jalan cerita baru akan tetapi tidak melenceng dari buku aslinya. Dalam bukunya, Raditya Dika tidak menceritakan konflik secara detail, berbeda dengan filmnya yang benar-benar memperlihatkan konflik.

Terdapat pesan dalam film ini yang mengajarkan kepada kita untuk hidup sesuai apa kata hati kita. Hal ini merujuk pada realita dimana orang tua seringkali memaksakan kehendak kepada anaknya, terutama bidang pendidikan.

2. Cinta Brontosaurus (2013)

Cinta Brontosaurus (2013)
Cinta Brontosaurus (2013)
Informasi Detail
🎬 Judul: Cinta Brontosaurus
📅 Tanggal Rilis: 8 Mei 2013
🕒 Durasi: 98 menit
🏘️ Rumah Produksi: Starvision Plus
🏆 Penghargaan:
🎬 Genre: Comedy, Drama, Romance
🎬 Pemain: Raditya Dika
Eriska Rein
Soleh Solihun
Bucek Depp
Dewi Irawan
Meriam Bellina
Tyas Mirasih
Pamela Bowie
Dimas Gabra
M. Griff
🎬 Crew: Produser : Chand Parwes Servia, Fiaz Servia
Sutradara : Fajar Nugros
Penulis : Raditya Dika
Musik : Andhika Triyadi
Sinematografi : Yadi Sugandi
Penyunting : Yadi Sugandi
⭐ IMDB rating: 6.2/10

 

Film Cinta Brontosaurus adalah film yang diangkat dari novel kedua Raditya Dika. Hampir sama dengan Kambing Jantan yang menceritakan tentang kehidupan pribadinya. Akan tetapi, cerita dalam Cinta Brontosaurus ini lebh bercerita tentang kisah asmara Raditya Dika yang tentu saja diselipkan lawakan khas Raditya Dika.

Dika (Raditya Dika) adalah seorang penulis yang baru saja putus cinta dengan Nina (Pamela Bowie), pacarnya setelah sekian lama. Semenjak putus cinta ini, dia percaya bahwa cinta bisa kedaluwarsa.

Kosasih (Soleh Solihun), agen naskah Dika, mencoba untuk membuat Dika yakin terhadap cinta kembali, seperti Kosasih yakin dengan istrinyanya Wanda (Tyas Mirasih). Usaha ini, membawa Dika ke dalam serangkaian perkenalan absurd.

Namun, cinta bisa datang tanpa persiapan. Seperti saat Dika bertemu dengan Jessica (Eriska Rein), seorang perempuan yang jalan pikirannya sama anehnya dengan Dika. Semakin Dika kenal dengan Jessica, semakin dia bertanya: apa benar cinta bisa kedaluwarsa?

Di sisi yang lain, Mr. Soe Lim (Ronny P. Tjandra), menawarkan untuk memfilmkan buku Dika, yang berjudul Cinta Brontosaurus. Tertarik, Dika berusaha untuk menulis skrip film tersebut. Masalah mulai timbul ketika di tengah jalan, Mr. Soe Lim mencoba untuk mengubah naskah asli Dika menjadi film horror yang sedang laku.

Film ini adalah perjalanan Dika untuk memahami cinta, yang justru dia dapatkan dari pengalamannya bersama Jessica, teman, dan keluarganya sendiri.

Kisah ini berfokus tentang keyakinan seorang laki-laki akan cintanya. Si tokoh mencari adakah cinta yang abadi itu, cinta yang tak kadaluwarsa. Cinta masa kecil yang sederhana itu, yang biasa disebut cinta monyet, berubah rumit seiring usia, begitu banyak hal kecil yang menjadi besar dalam cinta orang dewasa, seperti besarnya Brontosaurus, dan itu membuat dirinya ragu, adakah cinta sejati?

3. Cinta Dalam Kardus (2013)

Cinta Dalam Kardus (2013)
Cinta Dalam Kardus (2013)
Informasi Detail
🎬 Judul: Cinta Dalam Kardus
📅 Tanggal Rilis: 13 Juni 2013
🕒 Durasi: 90 menit
🏘️ Rumah Produksi: KG Studio
🏆 Penghargaan:
🎬 Genre: Comedy, Romance
🎬 Pemain: Raditya Dika
Ryan Adriandhy
Hadian Saputra
Felicya Angelista
Tissa Biani Azzahra
Masayu Clara
Sherena Gunawan
Anizabella Lesmana
Fauzan Nasrul
Dahlia Poland
🎬 Crew: Produser : Salman Aristo, Ruben Adrian
Sutradara : Salman Aristo
Penulis : Raditya Dika, Salman Aristo
Musik : Andhika Triyadi
Sinematografi : Joel F. Zola
Penyunting : Cesa David Luckmansyah, Ryan Purwoko
⭐ IMDB rating: 6.5/10

 

Film Raditya Dika berikutnya adalah Cinta dalam Kardus. Didapuk sebagai penulis skenario dan pemeran utama dalam film ini, Raditya Dika beradu akting bersama Ryan Adriandhy dan Hadian Saputra.

Cinta dalam Kardus yang dirilis pada 13 Juni 2013 silam ini berkisah tentang Miko, si cowok canggung yang tertarik untuk mencoba dunia komedi tunggal sebagai bentuk pelampiasan untuk melupakan masalah dengan kekasihnya, Putri.

Berniat melupakan perseteruannya dengan sang pacar, Miko malah menceritakan barang-barang peninggalan 21 mantan kekasihnya di atas panggung. Semua barang tersebut ia simpan rapi dalam sebuah kardus.

Tanpa ia sadari, seiring dengan cerita yang disampaikan lewat barang-barang tersebut, Miko menyadari dan belajar sesuatu hal yang cukup penting tentang cinta. Konon di hari pertama penayangan, film Cinta dalam Kardus merebut atensi masyarakat hingga mampu mengalahkan Man of Steel, film Hollywood yang saat itu juga sedang tayang di bioskop dalam perolehan jumlah penonton.

Cinta dalam Kardus memng memiliki alur cerita yang ringan dan cukup menghibur, jadi tak heran jika film ini berhasil merebut perhatian masyarakat luas. Oiya, original soundtrack dari film ini diisi langsung oleh duo Endah N Resha lho, keren bukan?

Mau download film lewat Telegeram ? Silahkan join ke channel Telegram download film ini.

4. Manusia Setengah Salmon (2013)

Manusia Setengah Salmon (2013)
Manusia Setengah Salmon (2013)
Informasi Detail
🎬 Judul: Manusia Setengah Salmon
📅 Tanggal Rilis: 2013
🕒 Durasi: 100 menit
🏘️ Rumah Produksi: Starvision Plus
🏆 Penghargaan:
🎬 Genre: Comedy, Romance
🎬 Pemain: Raditya Dika
Kimberly Ryder
Eriska Rein
Bucek Depp
Dewi Irawan
Mo Sidik
Dimas Gabra
M. Griff
Lolita Balani
🎬 Crew: Produser :Chand Parwez Servia, Fiaz Servia
Sutradara : Herdanius Larobu
Penulis : Raditya Dika
Musik : Andhika Triyadi
Sinematografi : Yadi Sugandi
Penyunting : Cesa David Luckmansyah
⭐ IMDB rating: 6.0/10

 

Film Manusia Setengah Salmon ini juga merupakan adaptasi dari buku karya Raditya Dika yang dipublikasikan sejak tahun 2011 silam.

Film ini bercerita tentang Dika (Raditya Dika), seorang penulis yang gagal move on dari berbagai macam lika-liku kehidupan. Dimulai dari mantannya Jessica (Erisca Rhein), Ibunya (Dewi Irawan) yang memutuskan untuk pindah dari rumah semasa dia kecil. Sekaligus hubungan dengan bapaknya (Bucek).

Pengalaman lucu mereka dapatkan ketika rumah yang mereka kunjungi ternyata tidak ada yang cocok. Setiap rumah yang mereka kunjungi pun memiliki kekurangannya masing-masing mulai dari visualnya yang kurang menarik, terdapat kuburan di salah satu rumah tersebut hingga bekas orang gantung diri.

Sempat putus asa, sampai akhirnya Dika menemukan sebuah rumah, yang menurut ibunya sempurna. Di saat ini juga Dika bertemu dengan Patricia (Kimberly Ryder) seorang cewek cantik dengan pesona yang luar biasa. Dika pun mulai melakukan pendekatan.

Masalah mulai timbul ketika sudah pindah rumah, karena Dika tidak menyukai rumah barunya. Kenangan dengan rumah lama masih membekas. Sementara itu, hubungan Dika dengan Patricia juga terganggu, karena tanpa disadari Dika masih selalu terbayang oleh sang mantan, Jessica.

Hal yang tak kalah menggelikan pun terjadi saat sopir lama Dika memutuskan untuk berhenti. Ia diganti dengan sopir baru bernama Sugiman (Insan Nur Akbar) yang ternyata bau ketek. Tak berhenti disitu saja, hubungan Dika dengan Papa Dika (Bucek) dirasa makin berjarak.

Film ini adalah kisah perjalanan Dika. Selain pindah rumah juga merupakan perjalanan dia untuk berpindah dari hal-hal yang selama ini menahannya untuk tumbuh dewasa. Secara tidak langsung, Manusia Setengah Salmon mengajarkan bagaimana cara kita untuk move on.

5. Marmut Merah Jambu (2014)

Marmut Merah Jambu (2014)
Marmut Merah Jambu (2014)
Informasi Detail
🎬 Judul: Marmut Merah Jambu
📅 Tanggal Rilis: 8 Mei 2014
🕒 Durasi: 95 menit
🏘️ Rumah Produksi: StarVision Plus
🏆 Penghargaan: Film Layar Lebar Paling Ngetop Dalam SCTV Penghargaan 2015
🎬 Genre: Comedy, Romance
🎬 Pemain: Raditya Dika
Christoffer Nelwan
Franda
Sonya Pandarmawan
Mohammed Kamga
Julian Liberty
Tio Pakusadewo
Anjani Dina
Jajang C. Noer
Kevin Julio
🎬 Crew: Produser : Chand Parwez Servia, Fiaz Servia
Sutradara : Raditya Dika
Penulis : Raditya Dika
Musik : Andhika Triyadi
Sinematografi : Yadi Sugandi
Penyunting : Cesa David Luckmansyah
⭐ IMDB rating: 6.9/10

 

Menjadi debut sutradara bagi Raditya Dika, Marmut Merah Jambu tergolong salah satu film yang sukses. Konon, di akhir masa penayangannya, film yang dibintangi oleh Christoffer Nelwan, Efranda Strephanus, Raditya Dika, Sonya Pandarmawan, Kamga Mo, dan Anjani Dina ini berhasil menduduki peringkat ketiga sebagai film terlaris di tahun 2014.

Berhasil meraup 673 ribu penonton, Marmut Merah Jambu sukses menggeser film drama My Stupid Boss yang sebelumnya Berjaya lewat 578 ribu penonton. Film Marmut Merah Jambu berkisah mengenai kilas balik Dika yang diperankan oleh Raditya Dika saat masih menempuh pendidikan sekolah menengah atas.

Alkisah dalam film ini dimulai saat Dika mulai menceritakan kehidupan asmaranya bersama perempuan yang bernama Ina Manungkusumo. Selain itu dikisahkan pula saat Dika dan temannya Bertus yang membentuk grup detektif untuk memecahkan masalah teman-temannya, juga persahabatannya dengan Cindy.

Suatu hari Dika bertemu dengan bapaknya Ina Mangunkusumo, cinta pertamanya di SMA. Dika menceritakan usahanya membuat grup detektif untuk menarik perhatian Ina. Grup itu dibuat bersama Bertus, temannya yang sama-sama anak terbuang di sekolah. Dika juga bercerita tentang persahabatannya dengan cewek unik bernama Cindy di SMA.

Seiring dengan cerita Dika, dia sadar: ada kasus pada masa lalunya yang belum selesai hingga dia dewasa. Semakin dia berusaha memecahkannya, semakin pula dia bertanya, benarkah cinta pertama enggak kemana-mana? Berhasilkah Dika mengungkap misteri kasus, sekaligus cintanya?

6. Malam Minggu Miko The Movie (2014)

Malam Minggu Miko The Movie (2014)
Malam Minggu Miko The Movie (2014)
Informasi Detail
🎬 Judul: Malam Minggu Miko The Movie
📅 Tanggal Rilis: 11 September 2014
🕒 Durasi: 90 menit
🏘️ Rumah Produksi: KG Production
🏆 Penghargaan:
🎬 Genre: Comedi, Drama
🎬 Pemain: Ryan Adriandhy
Sheila Dara Aisha
Andovi Da Lopez
Jovial Da Lopez
Mentari De Marelle
Raditya Dika
Rina Hasyim
Suzuki Nobuyuki
Hadian Saputra
Henky Solaiman
🎬 Crew: Produser : Tyas Abiyoga
Sutradara : Raditya Dika
Penulis : Raditya Dika
Musik : Andhika Triyadi
Sinematografi : –
Penyunting : –
⭐ IMDB rating: 7.4/10

 

Malam Minggu Miko The Movie merupakan versi layar kaca dari serial sitkom Malam Minggu Miko yang juga digarap oleh Raditya Dika. Serial sitkom bergaya mockumentary tersebut telah dirilis melalui situs Youtube sejak tanggal 29 Agustus 2012 silam dan sempat mengudara di sebuah televisi swasta nasional.

Menjadi salah satu project terbesar Raditya Dika, serial sitkom Malam Minggu Miko berjumlah 52 episode. Konon, serial inilah yang menjadi tempat Raditya Dika belajar dalam hal penyutradaraan, produksi, dan juga menulis naskah dengan baik.

Film Malam Minggu Miko bercerita tentang pengalaman absurd Miko yang diperankan langsung oleh Raditya Dika dan teman baiknya Rian yang diperankan oleh Ryan Adriandhy. Keduanya sering dilanda kegalauan dan dilema dalam menghadapi setiap malam minggu mereka.

Miko dan Rian tinggal di sebuah rumah kontrakan, dan memiliki seorang pembantu bernama Anca yang diperankan oleh Hadian Saputra. Tokoh Miko selalu gagal setiap kali dekat dengan cewek. Sementara Rian, yang sudah berpetualang sebagai stand-up-comedian di perahu-perahu, merasa yakin kalau itu disebabkan oleh kutukan masa lalu.

Asumsi tersebut bukan tak berlandaskan. Konon, Rian bermimpi melihat sesuatu terkait dengan sebuah barang yang Miko simpan dari SMP. Mereka berdua pun berusaha menelusuri teman-teman dari masa SMP yang kemungkinan penyebab kutukan tersebut.

Hmm gemar nonton drakor ? Kamu bisa kunjungi situs download drama korea yang disertai subtitle bahasa Indonesia ini.

7. Single (2015)

Single (2015)
Single (2015)
Informasi Detail
🎬 Judul: Single
📅 Tanggal Rilis: 12 Desember 2015
🕒 Durasi: 127 menit
🏘️ Rumah Produksi: Soraya Intercine Film
🏆 Penghargaan: Ensemble Talent Terbaik dalam Indonesia Box Office Movie Awrads 2016
🎬 Genre: Comedy, Romance
🎬 Pemain: Raditya Dika
Pandji Pragiwaksono
Chandra Liow
Annisa Rawles
Babe Cabita
Difa Ryansyah
Brigitta Cynthia
Pevita Pierce
Elvira Devinamira
Dede Yusuf
🎬 Crew: Produser : Sunil Soraya
Sutradara : Raditya Dika
Penulis : Raditya Dika, Sunil Soraya, Donny Dhirgantoro
Musik : Stevesmith Musik Production
Sinematografi : Enggar Budiono
Penyunting : Sastha Sunu
⭐ IMDB rating: 6.8/10

 

Untuk kesekian kalinya Radit menunjukkan kemampuannya dalam menyutradarai sebuah film layar lebar. Lagi-lagi Radit merangkap perannya dalam menggarap film layar lebar, yakni sutradara, penulis naskah sekaligus pemain utama dalam film tersebut. Tak tanggung-tanggung, film Single yang digarapnya ini berhasil masuk dalam sejumlah nominasi penghargaan bergengsi Indonesian Box Office Movie Awards 2016 dan berhasil membawa satu piala kemenangan.

Kali ini Radit menggandeng Annisa Rawles, Babe Cabita, Chandra Liow, Pandji Pragiwaksono, hingga aktor kawakan Indonesia, Dede Yusuf dan Dewi Hughes. Masih khas gaya film Raditya Dika yang mengusung genre romcom, film Single berkisah tentang pria naif yang belum memiliki pekerjaan tetap dan selalu sial dalam kehidupan asmaranya.

Alkisah sinopsis dalam film ini berfokus pada Ebi (Raditya Dika), seorang pemuda 27 tahun yang naif dan belum mempunyai pekerjaan. Ebi bahkan masih sering meminta uang dari ibunya setiap kali ibunya datang ke Jakarta. Ebi juga seorang single forever atau jomblo dari lahir yang belum pernah pacaran. Hal ini terjadi karena setiap kali Ebi mendekati perempuan, Ebi selalu saja ditolak. Intinya, kehidupan Ebi layak untuk dikasihani.

Hingga suatu hari, adik Ebi, Alva (Frederik Alexander) yang lebih ganteng dan sukses darinya mengumumkan kalau dia hendak menikah. Karena inilah, Ebi pun mencari pacar untuk dibawa ke pernihakan sang adik, Alva.

Hal tersebut pun terpaksa ia lakukan untuk menjaga harga dirinya di depan sang Ibu. Dibantu oleh kedua orang teman kosannya, Wawan (Pandji Pragiwaksono) yang paling sok tahu dan Victor (Babe Cabita) yang pesimistis, Ebi pun mulai mencari cewek satu per satu yang lagi-lagi berujung pada kegagalan.

Pertemuannya dengan cewek paling cantik justru datang di kosannya sendiri. Cewek tersebut bernama Angel (Annisa Rawles). Seperti namanya, Angel berhati seperti malaikat, cantik tentunya. Ebi pun berniat mendekatinya.

Namun ketika Ebi hendak mendekati Angel, muncul sosok Joe (Chandra Liow), “abang-abangan” Angel yang sudah lama ada di dalam kehidupannya. Joe, diam-diam juga mengincar cinta Angel dan dengan segala tipu muslihatnya berusaha menjauhkan Ebi dari Angel.

Angel tidak tahu soal ini sama sekali. Lantas, berhasilkah Ebi mendapatkan Angel? Mampukah ia menyingkirkan Joe, saingannya? Satu hal yang Ebi akan segera sadari, yaitu petualangannya dalam melepaskan status “Single” membuat dia menjadi lebih tahu lagi tentang apa yang dia butuhkan dalam hidupnya, bukan sekadar memenuhi apa yang dia inginkan.

8. Koala Kumal (2016)

Koala Kumal (2016)
Koala Kumal (2016)
Informasi Detail
🎬 Judul: Koala Kumal
📅 Tanggal Rilis: 5 Juli 2016
🕒 Durasi: 92 menit
🏘️ Rumah Produksi: Starvision Plus
🏆 Penghargaan:
🎬 Genre: Comedy, Romance
🎬 Pemain: Raditya Dika
Acha Septriasa
Sheryl Sheinafia
Nino Fernandez
Cut Mini Theo
Ernest Prakasa
Dede Yusuf
Anggika Bolsterli
🎬 Crew: Produser : Chand Parwez Servia, Fiaz Servia
Sutradara : Raditya Dika
Penulis : Raditya Dika
Musik : Andhika Triyadi
Sinematografi : Enggar Budiono
Penyunting : Cesa David Luckmansyah
⭐ IMDB rating: 6.6/10

 

Setelah Single laris manis dan berhasil mengumpulkan 1,3 juta penonton, Raditya Dika kembali merilis film yang bergenre romcom dengan gaya khasnya. Meskipun masih berbicara tentang cinta, film Koala Kumal berbeda dengan film-film romcom Radit sebelumnya. Dalam filmnya kali ini, Radit berbicara tentang putus cinta.

Singkatnya, Koala Kumal bercerita tentang kehidupan Dika, pria yang batal menikah dengan kekasihnya, yang bernama Andrea yang diperankan oleh Acha Septriasa. Hal itu terjadi karena Andrea ternyata telah memiliki pria lain yakni James. Jelas, Dika pun merasa sakit hati dan terguncang hingga menyebabkan dirinya kesulitan menulis bagian buku terakhirnya.

Hingga suatu ketika Dika bertemu dengan Trisna yang diperankan oleh Sheryl Sheinafia, wanita yang tak kalah cantik dan unik dari Andrea. Begitu mengetahui apa yang menyebabkan Dika sulit menyelesaikan bab terakhir dari bukunya, Ia pun lantas menyusun rencana balas dendam terhadap Andrea.

Trisna juga berhasil membuat Dika lari dari perjodohan kacau yang dibuat ibunya. Ia mulai membuka kembali pintu kebahagiaan di kehidupan Dika. Tak berhenti sampai disana, wanita ini pun mencoba merubah pandangan Dika akan cinta yang membuat hubungan keduanya semakin dekat.

Diangkat dari novel berjudul yang sama karya Raditya Dika, konon cerita dalam film Koala Kumal ini merupakan pengalaman pribadinya. Selain mempertemukan para pelaku komedi tunggal dan Youtubers, film Koala Kumal memiliki jajaran cast yang cukup warna warni. Konflik yang dihadirkan dalam film ini terlihat lebih matang dengan mengembangkan ceruk lain soal cinta yang layak untuk dikulik.

9. Hangout (2016)

Hangout (2016)
Hangout (2016)
Informasi Detail
🎬 Judul: Hangout
📅 Tanggal Rilis: 22 Desember 2016
🕒 Durasi: 110 menit
🏘️ Rumah Produksi: Rapi Film
🏆 Penghargaan:
🎬 Genre: Comedy, Horror, Thriller
🎬 Pemain: Raditya Dika
Prilly Latuconsina
Soleh Solihun
Titi Kamal
Mathias Muchus
Surya Saputra
Dinda Kanya Dewi
Gading Marten
Bayu Skak
🎬 Crew: Produser : Gope T. Samtani
Sutradara : Raditya Dika
Penulis : Raditya Dika
Musik : Andhika Triyadi
Sinematografi : Enggar Budiono
Penyunting : Ryan Purwoko
⭐ IMDB rating: 5.9/10

 

Berbeda dari film-film Raditya Dika sebelumnya yang lebih banyak mengusung genre komedi romantis, pada film Hangout kali ini, Dika mencoba mengangkat tema baru dengan genre thriller dan misteri, namun tetap dibalut unsur komedi khas Raditya Dika.

Film Hangout menceritakan tentang seorang pria misterius bernama Toni Sacalu, dengan inisial P. Toni Sacalu mengundang sembilan publik figur untuk berkumpul bersama di villa pada sebuah pulau terpencil. Konon, pertemuan ini bertujuan untuk membicarakan sebuah proyek dengan sejumlah uang yang besar. Mereka pun berangkat memenuhi undangan tersebut.

Setibanya di sana, masalah pun mulai muncul pada malam pertama ketika Mathias Muchus mati diracun dihadapan mereka. Kendala berikutnya, mereka tidak bisa segera kembali karena perahu yang menjemput mereka akan tiba dalam lima hari. Mereka pun terjebak dalam pulau tersebut.

Mereka berusaha untuk bertahan hidup, akan tetapi satu persatu dari mereka justru mati. Ketika sisa empat orang, salah seorang dari mereka berhasil menemukan siapa pembunuhnya. Sayangnya, belum sempat mengungkap siapa pembunuhnya, dia pun mati.

Dalam film Hangout, seluruh pemain memerankan karakter dengan namanya masing-masing, namun dengan latar belakang sedikit berbeda. Sukses menempati ruang tersendiri di hati para penontonnya, film Hangout berhasil masuk nominasi dalam ajang Festival Film Indonesia 2017 untuk kategori Penulis Skenario Asli Terbaik, keren bukan?

10. The Guys (2017)

The Guys (2017)
The Guys (2017)
Informasi Detail
🎬 Judul: The Guys
📅 Tanggal Rilis: 13 April 2017
🕒 Durasi: 115 menit
🏘️ Rumah Produksi: Soraya Intercine Films
🏆 Penghargaan:
🎬 Genre: Comedy, Drama
🎬 Pemain: Raditya Dika
Pevita Pierce
Tarzan
Marthino Lio
Pongsiri Bunluewong
Pimchanok Luevisadpaibul
Caitlin Halderman
Indra Jegel
Widyawati
Deny Danu Prasetia
🎬 Crew: Produser : Sunil Soraya
Sutradara : Raditya Dika
Penulis : Raditya Dika, Sunil Soraya, Donny Dhirgantoro
Musik : Andhika Triyadi
Sinematografi : Enggar Budiono
Penyunting : Sastha Sunu
⭐ IMDB rating: 6.7/10

 

Film Raditya Dika yang tak kalah menarik adalah The Guys. Dalam film ini, Radit menggandeng dua aktor Thailand, Pongsiree Bunleuwong dan Baifern Phimchanok. Konon, ajakan Radit kepada kedua aktor Thailand ini tak lain karena dirinya mencari karakter yang pas.

The Guys tak kalah sukses dalam memantik perhatian para penontonnya. Film ini berhasil meraih skor rating sebesar 6.7/10 dari situs IMDb. Dirilis pada tanggal 13 April 2017, The Guys berkisah tentang Alfi yang diperankan oleh Raditya Dika, seorang karyawan dengan ambisinya menjadi bos dan berusaha mendapatkan hati Amira (Pevita Pierce), yang tak lain adalah anak dari bosnya Alfi, Jeremy (Tarzan).

Sementara itu, Jeremy juga menaruh hati kepada ibunya Alfi. Dan Via, gebetan abadi Alfi ternyata mulai menaruh harap kepada Alfi. Cukup rumit memang, Alfi pun mencoba meminta bantuan kepada para rekananannya, Rene, Aryo dan Sukun untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Diangkat dari novel, kisah dalam film The Guys ini tak lain adalah pengalaman pribadi Radit saat bekerja kantoran sebelum ia terjun menjadi seorang penulis. Film The Guys juga dibalut dengan sentuhan baru sehingga nampak sedikit berbeda dengan film-film Radit pendahulunya. Konflik tentang jalinan asmara, persahabatan, dan juga pekerjaan dipercaya menghadirkan warna baru dalam film garapan Raditya Dika ini.

Tau film pendek TILIK ? Selain TILIK, ternyata inilah film pendek terbaik Indonesia saat ini.

11. Target (2018)

Informasi Detail
🎬 Judul: Target
📅 Tanggal Rilis: 15 Juni 2015
🕒 Durasi: 93 menit
🏘️ Rumah Produksi: Soraya Intercine Films
🏆 Penghargaan:
🎬 Genre: Comedy, Thriller
🎬 Pemain: Raditya Dika
Cinta Laura Kiehl
Samuel Rizal
Abdur Arsyad
Willy Dozan
Hifdzi Khoir
Ria Ricis
Romy Rafael
Anggika Bolsterli
🎬 Crew: Produser : Sunil Soraya
Sutradara : Raditya Dika
Penulis : Raditya Dika
Musik : Andhika Triyadi
Sinematografi : Muhammad Firdaus
Penyunting : Sastha Sunu
⭐ IMDB rating: 4.0/10

Masih menempatkan genre komedi selayaknya film Raditya Dika lainnya, Film Target menjadi salah satu ‘hiburan’ yang cukup berani. Bagaimana tidak? Radit yang dikenal dengan pembuat film komedi percintaan kemudian bereksplorasi dengan menambahkan unsur aksi dan thriller di film ini.

Film yang dirilis pada 15 Juni 2018 ini memiliki kisah yang tak jauh dari ‘Hangout’. Tidak sedikit kritikus yang bilang bahwa Target merupakan jiplakan dari film ‘Hangout’. Film target dibuka dengan pengenalan sembilan karakter yang berbeda profesi namun berada dalam satu dunia hiburan seperti vlogger, comedian, aktor hingga aktris.

Kesembilan entertainer tersebut menerima undangan untuk berkumpul di sebuah rumah dan diajak bermain-main. Namun, tanpa ternyata tiga dari sembilan orang telah terperangkap dalam sebuah jebakan.

Tidak tahu apa yang seharusnya mereka lakukan, kesembilan orang ini telah berada dalam sebuah gedung misterius saat terbangun. Hingga suatu ketika terdengar suara “game master”, lantas kesembilan orang ini menemukan berbagai pentunjuk untuk menjalankan permainan.

Bukan sembarang permainan, setiap orang yang berada dalam gedung tersebut harus berhadapan dengan pilihan permainan yang aneh dan mengharuskan mereka untuk menyingkirkan satu sama lain atau melindungi orang-orang yang baru mereka kenal.

Target menjadi salah satu film yang berani keluar dari zona nyaman Raditya Dika pada umumnya. Menampilkan sinematografi yang bukan lagi warna-warna ceria, menjadi keunikan tersendiri dari Film Target.

12. Single 2 (2019)

Single 2 (2019)
Single 2 (2019)
Informasi Detail
🎬 Judul: Single 2
📅 Tanggal Rilis: 5 Maret 2009
🕒 Durasi: 128 menit
🏘️ Rumah Produksi: Soraya Intercine Films
🏆 Penghargaan:
🎬 Genre: Comedy, Romance
🎬 Pemain: Raditya Dika
Annisa Rawles
Arief Muhammad
Dede Yusuf
Desy Iwanti
Frederik Alexander
Mentari Novel
Ridwan Remin
Rina Hassim
Tina Harahap
Yoga Arizona
🎬 Crew: Produser : Sunil Soraya
Sutradara : Raditya Dika
Penulis : Raditya Dika, Sunil Soraya, Donny Dhirgantoro
Musik :
Sinematografi : Gemilang Dini Ar-Rasyid, Muhammad Firdaus
Penyunting : Sastha Sunu
⭐ IMDB rating: 6.6/10

 

Single 2 merupakan sekuel dari film Single yang tayang pada tahu 2015 lalu. Sukses merebut perhatian lebih dari 1 juta penontonnya, Rditya Dika kembali merilis lanjutan kisah Ebi dengan konflik yang lebih dewasa.

Konon film Single 2 ini dinilai cukup berhasil mengundang gelak tawa dari penontonnya lho. Meskipun film ini memiliki cerita yang membosankan karena banyaknya pengulangan adegan dari film pertamanya, Single 2 masih menjadi tontonan yang cukup menghibur dan layak untuk dinikmati.

Berdurasi 128 menit, Single 2 masih berkisah tentang Ebi yang belum pernah menjalin hubungan asmara sejak lahir atau bisa dibilang Jomblo Akut. Di usianya yang hampir 30 Tahun, Ebi masih saja tidak berani berbincang dan mendekati wanita. Sementara sang Ibu telah mendesaknya agar segera menikah.

Untuk menjaga harga dirinya di depan sang Ibu, Ebi berjanji kepada akan membawa pacarnya ke rumah untuk dikenalkan kepada keluarganya sekaligus sebagai pembuktian untuk mematahkan stigma  yang melekat bahwa dirinya adalah ‘bujang lapuk’.

Dalam film pertamanya, Ebi harus mengalami patah hati yang cukup dalam akibat ditinggal Angel kuliah di Bali dan menjalin hubungan dengan pria baru di Pulau Dewata. Nah dalam sekuelnya ini, Ebi diceritakan memulai kehidupan barunya dengan melupakan Angel dan mulai berkenalan dengan Alika (Mentari Novel).

Berbeda dengan Angel yang cenderung pemalu, Alika bisa memancing Ebi untuk lebih terbuka dan memahami bagaimana bersikap pada perempuan. Hingga akhirnya Ebi mau menimbang dua pilihan, apakah kehidupan pernikahan akan lebih menyenangkan ketimbang hidup menjadi bujang lapuk?


Akhir Kata

Nah itulah ulasan mengenai filmografi Raditya Dika. Bapak dari Alinea dan Aksara ini memang tak pernah merasa cepat puas. Meskipun sedang vacuum menggarap buku dan film, Radit cukup aktif di dunia Youtube hingga saat ini.

Radit acap kali membuat konten ringan yang menghibur dan tidak sedikit yang benilai edukatif. Sebagai seorang penulis, Radit memiliki pemikiran yang unik. Menurutnya penulis juga harus bisa menjadi pemasar bagi bukunya sendiri karena penulis adalah seniman.

Berkat idealismenya tersebut Radit berhasil membawa komedi tunggal menjadi tren yang beken di Tanah Air. Komedi tunggal atau yang kita kenal dengan stand up komedi bukan lagi menjadi suatu hal yang kuno.

Perjuangan Raditya Dika untuk berada dipuncak seperti saat ini bukanlah suatu hal yang instant. Kegigihannya memulai karir di industry hiburan Tanah Air dengan menapaki jalan setapak demi setapak membuatnya sukses menduduki puncak karirnya. Selamat Bang Radit!

Riyandhiani Kartika Dewi

Pernah belajar di D3 Ilmu Komunikasi IPB dan sekarang melanjutkan S1 di Ilmu Komunikasi UNS. Suka nonton film.

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.