Butuh lampu pintar yang bisa dimatikan melalui smartphone ? Mungkin produk lampu pintar Bardi ini dapat menjadi pilihanmu.
Movie

10 Film Tentang Kesehatan Mental

Akhirnya kita sudah memasuki tahun 2021 setelah melewati tahun 2020 yang penuh dengan segala macam persoalan dan drama yang cukup berat. Selain berjuang mencegah covid-19, beberapa atau banyak dari kita bahkan harus berjuang melawan mental illness.

Nah, sejak beberapa waktu belakangan ini sepertinya sudah banyak yang menyadari bahwa kesehatan mental itu sangat penting. Banyak bermunculan komunitas – komunitas yang bertujuan untuk membantu para pejuang kesehatan mental dalam menghadapi masalah mental illness yang mereka derita.

Selain itu komunitas – komunitas ini juga berusaha untuk menyadarkan semua kalangan, bahwa meskipun hampir tidak terlihat oleh mata tapi kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Selain komunitas – komunitas tersebut, banyak juga nih film yang menyinggung mental illness sehingga dapat membantu kamu lebih mengerti mengenai hal tersebut.

1. Joker (2019)Joker (2019)

Informasi Detail
🎬 Sutradara: Todd Phillips
📅 Tahun tayang: 2019
🕒 Durasi: 122 menit
⭐ IMDB Rating: 8.5/10
📺 Genre: Crime, Drama, Psychology, Thriller

Film Joker sempat menjadi topik utama perbincangan orang – orang selama tayang di tahun 2019 lalu. Beberapa orang yang telah menontonnya bahkan mengaku bahwa psikologi mereka juga ikut terpengaruhi setelah menonton film ini.

Film yang dibintangi oleh Joaquin Phoenix ini bercerita tentang masa lalu Joker yang sangat gelap dan muram. Jadi dikisahkan bahwa musuh utama Batman ini bernama asli Arthur Fleck. Dia bekerja sebagai seorang badut pembawa papan iklan.

Arthur menjalani kehidupan yang rumit dan kacau balau. Dia menderita penyakit skizofrenia dan pseudobulbar affect (PBA). Nah, Arthur ini sering tertawa pada waktu yang tidak tepat akibat penyakit yang dideritanya itu. Makanya dia sering mengunjungi sebuah kantor layanan sosial untuk mendapatkan pelayanan konsultasi dengan psikiater di sana dan juga mendapatkan obat.

Arthur juga sering mendapatkan perundungan dari orang – orang sekitarnya. Dia hanya hidup berdua dengan Ibunya. Suatu hari, Arthur mencoba peruntungan untuk ikut dalam pentas stand up comedy. Sayangnya karena dia tidak dapat berhenti tertawa saat berada di atas panggung, orang – orang malah menjadikannya objek tertawaan.

Dengan segala keadaan itu ditambah rahasia yang disembunyikan Ibunya dari Arthur, dia pun mulai berubah menjadi sosok jahat, kejam dan bengis. Dikarenakan film ini gelap, muram dan cenderung dapat mempengaruhi psikologis, jadi sebaiknya tidak ditonton oleh kamu yang merasa memiliki masalah psikologi.

Selain itu, film ini berlabel R yang artinya bukan tontonan untuk anak dibawah 17 tahun mengingat ceritanya yang sangat gelap.


2. All The Bright Places (2020)

All The Bright Places (2020) - Film Tentang Kesehatan Mental
All The Bright Places (2020)
Informasi Detail
🎬 Sutradara: Brett Haley
📅 Tahun tayang: 2020
🕒 Durasi: 108 menit
⭐ IMDB Rating: 6.5/10
📺 Genre: Drama, Romance

Film ini adalah adaptasi dari novel karya Jenniver Niven. All the Bright Places bercerita tentang kisah cinta antara dua remaja yakni Theodore Finch dan Violet Markey. Violet awalnya adalah gadis populer di sekolahnya, namun belakangan dia menderita trauma yang cukup berat setelah kepergian kakaknya yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas.

Akibatnya, Violet jadi menutup dirinya. Hingga dia bertemu dengan Finch. Saat Violet berusaha melompat dari atas jembatan Finch berhasil mencegahnya sebelum Violet benar – benar melompat. Dari situ mereka mulai menjadi lebih sering bertemu dan dekat.

Finch sendiri sedang menghadapi depresi dan bipolar yang dideritanya sehingga selalu membuatnya ingin mengakhiri hidupnya.

Semua ini akibat kekerasan yang dia terima dari Ayahnya di masa lalu. Namun meskipun begitu, Finch selalu berusaha mensugesti dirinya sendiri dengan mencari – cari alasan untuk tetap bertahan hidup.

Kehadiran Finch membuat kehidupan Violet menjadi jauh lebih baik. Dia sudah lebih sering tertawa setiap bersama Finch. Begitu pula Finch yang meskipun memiliki banyak masalah, mulai dari keluarganya yang berantakan sampai lingkungan sekolahnya yang toxic, namun setelah bertemu violet dia akhirnya benar – benar memiliki alasan untuk tetap hidup. Kedua remaja ini saling mengobati luka mereka satu sama lain.

Saat mereka bersama, Finch dan Violet dapat melihat harapan. Meskipun sepertinya luka kedua remaja itu sudah terlalu parah dan sulit untuk diobati.


3. 27 Steps of May (2018)

27 Steps of May (2018) - Film Tentang Kesehatan Mental
27 Steps of May (2018)
Informasi Detail
🎬 Sutradara: Ravi L. Bharwani
📅 Tahun tayang: 2018
🕒 Durasi: 112 menit
⭐ IMDB Rating: 8.2/10
📺 Genre: Drama

27 Steps of May ini mengangkat tema dan cerita yang berat tentang trauma akibat kekerasan seksual. Cerita dimulai saat 8 tahun yang lalu, seorang remaja putri bernama May mengalami pemerkosaan oleh sekelompok orang dalam perjalan pulangnya.

Semenjak kejadian itu, May mulai menutup dirinya. Dia membatasi aktivitas sosialnya dan menjadi pendiam. Bahkan saat bersama Ayahnya, May tidak berbicara apa – apa. May menolak untuk bersuara. Di sisi lain, Ayahnya juga tidak kalah terpukulnya atas kejadian yang menimpa putrinya itu.

Dia terus saja menyalahkan dirinya sendiri karena tidak dapat menjaga putri semata wayangnya. May dan Ayahnya hidup dalam kesenyapan sejak kejadian itu.

Setiap kali teringat kejadian mengerikan itu, May melukai tangannya dengan silet sehingga dia memiliki banyak bekas sayatan silet di pergelangan tangannya.

May menjalani hidup dengan monoton sejak saat itu. Dia menjalani rutinitas yang sama setiap hari. Mulai dari menyetrika bajunya hingga tampak licin, menggulung rambutnya, menghitung boneka – boneka yang berjejer di rak, mengerjakan pesanan boneka dengan Ayahnya, makan bersama dengan Ayahnya, lalu bermain lompat tali sampai kelelahan.

Menurut Ayahnya, dengan melakukan rutinitas itu, May mampu bertahan hingga sekarang. Hingga suatu hari dia bertemu dengan sesosok pesulap yang membantunya bangkit dari trauma masa lalunya yang membuatnya terpuruk selama ini. Tidak hanya itu, May juga kembali mampu merasakan emosi seperti dulu.

Butuh link Maleficent (2014) ? Klik link ini.

4. It’s Okay Not To Be Okay (2020)

It’s Okay Not To Be Okay (2020) - Film Tentang Kesehatan Mental
It’s Okay Not To Be Okay (2020)
Informasi Detail
🎬 Sutradara: Park Shin Woo
📅 Tahun tayang: 2020
🕒 Episode: 16
⭐ IMDB Rating: 8.9/10
📺 Genre: Comedy, Drama, Romance

Drama yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Seo Ye Ji ini mengangkat masalah mental health dalam ceritanya. It’s Okay Not To Be Okay bercerita tentang seorang pria yang bekerja sebagai perawat rumah sakit jiwa bernama Moon Gang Tae.

Dia hidup bersama satu – satunya keluarga yang dimilikinya yaitu kakaknya Moon Sang Tae yang mengidap Autism Spectrum Disorder (ASD). Gang Tae yang tinggal bersama kakaknya yang menderita ASD, tumbuh menjadi sosok yang selalu menyembunyikan perasaannya.

Dia bahkan tidak pernah marah atau mengungkapkan apa saja yang disukainya. Gang Tae mengabdikan seluruh hidupnya hanya untuk menjaga kakaknya, sejak kematian Ibu mereka dalam sebuah kasus pembunuhan sadis 18 tahun lalu.

Meski pembunuhnya tidak pernah tertangkap, tapi Sang Tae merupakan saksi tunggal dalam pembunuhan itu. Sayangnya kondisinya tidak memungkinkannya untuk bersaksi.

Di sisi lain Ko Moon Yeong, adalah seorang penulis terkenal yang walaupun yang ditulisnya adalah cerita anak – anak, cerita – cerita yang ditulisnya cenderung gelap dan selalu berakhir suram. Saat kecil, dia menghabiskan hari – harinya di sebuah kastil terpencil di kota Seongjin.

Dia tumbuh menjadi perempuan cantik yang dingin dan anti sosial. Sejak pertemuannya dengan Gang Tae di rumah sakit tempat pria itu bekerja, Ko Moon Yeong menjadi terobsesi dengan perawat muda tersebut.


5. A Beautiful Mind (2001)

A Beautiful Mind (2001) - Film Tentang Kesehatan Mental
A Beautiful Mind (2001)
Informasi Detail
🎬 Sutradara: Ron Howard
📅 Tahun tayang: 2001
🕒 Durasi: 140 menit
⭐ IMDB Rating: 8.2/10
📺 Genre: Biography, Drama, Romance

A Beautiful Mind adalah sebuah film biografi yang menceritakan kehidupan matematikawan Amerika peraih nobel di bidang ekonomi bernama John Nash. Dia merupakan seseorang yang menciptakan konsep ekonomi yang saat ini dijadikan sebagai landasan dari teori ekonomi populer.

Berlatar saat perang dingin berlangsung, John Nash merupakan seorang mahasiswa pascasarjana di Universitas Princeton. Dia sekamar dengan seorang mahasiswa sastra yakni Charles Herman. John Nash yang merupakan sosok jenius sebenarnya memiliki kepribadian introvert, suka menyendiri, pemalu dan tertutup.

John Nash cenderung menghindari kontak sosial. Selain itu dia merupakan pria arogan. Dibandingkan mengikuti kelas yang menurutnya hanya membuang – buang waktu, dia memilih menghabiskan waktunya di luar untuk mendapatkan ide.

Setelah berhasil meraih gelar doktornya, John Nash melanjutkan untuk bekerja sebagai dosen di Massachusetts Institute of Technology (MIT). John Nash juga memutuskan untuk menikahi kekasihnya yang bernama Alicia Lorde.

John Nash yang jenius ini ternyata mengidap schizophrenia. Dilansir dari situs alodokter, schizoprenia adalah sebuah penyakit mental yang membuat penderitanya mengalami halusinasi, delusi, kekacauan perilaku dan perubahan perilaku.

Nah, akibat penyakit ini John Nash sering berhalusinasi bahwa dia sedang diawasi dan diteror. Selain itu setelah istrinya Alicia yang merasa kepribadian suaminya semakin aneh, dia memutuskan untuk mencari tahu mengenai teman suaminya yang bernama Charles Herman.

Lalu terkuaklah bahwa dia tidak nyata. Suaminya tidak pernah memiliki teman sekamar saat kuliah. Dia pun membawa John Narsh ke rumah sakit jiwa untuk segera ditangani.


6. It’s Kind of Funny Story (2010)

It’s Kind of Funny Story (2010) - Film Tentang Kesehatan Mental
It’s Kind of Funny Story (2010)
Informasi Detail
🎬 Sutradara: Anna Boden, Ryan Fleck
📅 Tahun tayang: 2010
🕒 Durasi: 101 menit
⭐ IMDB Rating: 7.1/10
📺 Genre: Comedy, Drama, Romance

It’s Kind of Funny Story merupakan film adaptasi dari novel dengan judul yang sama karya penulis Amerika Ned Vizzini. Jadi film ini bercerita tentang seorang remaja berumur 16 tahun bernama Craig.

Di umur semuda itu Craig sering merasa depresi hingga beberapa kali mencoba untuk bunuh diri dan selalu berakhir dengan kegagalan. Karena merasa ada yang salah dengan dirinya, dia memutuskan untuk memeriksakan dirinya ke psikolog di rumah sakit jiwa dan berakhir dengan dirawat inap di sana.

Tentu saja awalnya Craig merasa aneh bahkan takut dengan suasana di rumah sakit jiwa. Apalagi dia ditempatkan di bangsal dewasa karena bangsal remaja sedang mengalami renovasi.

Namun, dia tidak merasa seperti itu lagi setelah bertemu dan berkenalan dengan seorang pria bernama Bobby yang seorang tunawisma dan penderita depresi. Craig dan Bobby menjadi teman baik dan sering berbagi cerita tentang masalah hidup masing – masing.

Bobby juga menjadi mentor Craig selama di sana. Selain Bobby, Craig juga bertemu dengan Noelle, seorang gadis semurannya yang juga merupakan pasien di rumah sakit itu. Noelle yang memiliki kesan misterius menarik perhatian Craig. Remaja laki – laki itu jadi ingin mengenal dan lebih dekat lagi dengan Noelle.

Sebenarnya alasan Craig merasa tertekan hingga depresi karena tuntutan ayahnya yang menginginkannya untuk menjadi pebisnis, belum lagi di sekolahnya berkumpul semua anak – anak yang berprestasi dan pintar.

Belakangan Craig mengetahui apa yang ingin dilakukannya. Dia ingin menjadi seniman bukan seorang pebisnis yang diinginkan ayahnya. Setelah keluar dari rumah sakit, Craig pun mencoba memberitahu ayahnya mengenai hal tersebut.

Nonton semua seri John Wick ? Simak urutan film John Wick dari awal sampai akhir.

7. Silver Linings Playbook (2012)

Silver Linings Playbook (2012) - Film Tentang Kesehatan Mental
Silver Linings Playbook (2012)
Informasi Detail
🎬 Sutradara: David O. Russell
📅 Tahun tayang: 2012
🕒 Durasi: 122 menit
⭐ IMDB Rating: 7.7/10
📺 Genre: Comedy, Drama, Romance

Silver Linings Playbook ini adalah adaptasi dari novel berjudul sama karya Matthew Quick. Bercerita tentang seorang pria bernama Pat Jr. yang mengidap Bipolar yakni gangguan yang membuat mood penderitanya dapat berubah secara drastis.

Pat Jr. baru saja menyelesaikan masa hukumannya selama kurang lebih delapan bulan di sebuah instituasi kesehatan mental, akibat dari ulahnya yang telah melakukan kekerasan terhadap seorang pria setelah memergokinya berselingkuh dengan istrinya Nikki di rumah mereka sambil memainkan lagu pernikahan mereka.

Pria yang berprofesi sama dengan Nikki dihajar oleh Pat Jr. hingga hampir tewas. Setelah keluar dari tempat rehabilitasi itu, Pat Jr. tinggal bersama kedua orang tuanya Dolores dan Pat Sr. yang membantu memberikan dukungan mental kepada putra mereka itu. Pat Jr. dilarang mendekati Nikki sebagai syarat pembebasannya.

Selain dukungan dari kedua orang tuanya, Pat Jr. juga mendapatkan dukungan dari sahabatnya Ronnie. Pat Jr. berusaha untuk mengotrol emosinya agar dapat kembali bersama dengan Nikki yang sepertinya hampir tidak mungkin.

Hingga suatu hari, Ronnie mengundang Pat Jr. untuk makan malam di rumahnya. Di sana dia bertemu dengan Tiffany yakni adik dari istri Ronnie. Tiffany ternyata juga memiliki masalah gangguan psikologis yang tidak jauh dengan Pat Jr. semenjak suaminya meninggal dunia.

Tiffany menawarkan bantuan untuk Pat Jr. untuk dapat kembali rujuk dengan Nikki dengan satu syarat, dia mau menjadi pasangan dansa Tiffany dalam sebuah kompetisi menari.

Sejak pertemuan itu keduanya menjadi dekat dan saling mendukung satu sama lain. Walau terkadang mereka kesulitan mengontrol emosi satu sama lain.


8. Miracle in Cell No. 7 (2013)

Miracle in Cell No. 7 (2013) - Film Tentang Kesehatan Mental
Miracle in Cell No. 7 (2013)
Informasi Detail
🎬 Sutradara: Lee Hwang Kyung
📅 Tahun tayang: 2013
🕒 Durasi: 127 menit
⭐ IMDB Rating: 8.2/10
📺 Genre: Comedy, Drama

Miracle in Cell No. 7 berpusat pada kilas balik pada tahun 1997, dimana pada saat itu Yong Gu yang merupakan seorang penderita keterbelakangan mental, tinggal dan hidup bahagia bersama putri semata wayangnya bernama Ye Seung.

Setiap hari keduanya selalu singgah ke sebuah toko yang menjual ransel Sailor Moon yang mana Yong Gu harap dapat membelikan tas tersebut untuk putrinya. Namun, ransel tersebut telah terjual. Yong Gu pun masuk untuk memeriksa ketersediaan stok ransel yang sama. Malangnya, salah seorang pembeli yang membelikan ransel tersebut untuk putrinya malah bersikap kasar dan menampar Yong Gu.

Suatu hari gadis kecil yang telah dibelikan ransel tersebut menemui Yong Gu yang sedang berada di parkiran Toko. Gadis kecil tersebut memberitahu Yong Gu bahwa dia mengetahui toko lain yang juga ransel Sailor Moon. Yong Gu pun mengikuti gadis kecil tersebut ke sebuah pasar tradisional.

Namun, sebelum berhasil sampai ke Toko yang di tuju, si gadis kecil tiba – tiba terjatuh tidak sadarkan diri. Yong Gu berusaha melakukan CPR, tapi seorang ibu – ibu yang lewat salah paham dan mengira Yong Gu ingin membunuh gadis tersebut. Ibu – ibu tersebut pun segera melaporkan Yong Gu ke polisi.

Segera Yong Gu menjadi tersangka dari sebuah kasus penculikan dan pembunuhan. Ayah dari gadis kecil tersebut merupakan seorang kepala polisi, memenjarakan Yong Gu dan menjatuhkan hukuman mati.

Yong Gu yang berada dalam sel tahanan mulai beradaptasi dan bergaul dengan sesama tahanan dalam selnya. Mereka bahkan berencana untuk membantu Yong Gu bertemu dengan putrinya yakni Ye Seung.


9. 13 Reasons Why (2017)

13 Reasons Why (2017) - Film Tentang Kesehatan Mental
13 Reasons Why (2017)
Informasi Detail
🎬 Sutradara: Tom McCarthy
📅 Tahun tayang: 2017
🕒 Episode: 12
⭐ IMDB Rating: 7.6/10
📺 Genre: Drama, Mystery, Thriller

13 Reasons Why adalah serial original netflix yang diangkat dari sebuah novel berjudul sama karya Jay Asher. Bercerita tentang seorang remaja laki – laki kikuk dan kurang dapat bergaul dengan teman – teman sebayanya bernama Clay Jensen yang sepulang sekolah mendapati sebuah bingkisan di depan rumahnya.

Bingkisan tersebut ternyata dari mendiang teman sekolahnya Hannah Baker. Hannah baru saja meninggal bunuh diri dengan cara memotong urat nadinya di kamar mandi rumahnya.

Nah, bingkisan yang dikirimkan untuk Clay itu berisi beberapa tape dengan label nomor – nomor di ke kedua sisi setiap tape tersebut.

Clay mencoba memutar tape berlabel nomor 1 dan suara Hannah Baker terdengar. Hannah menjelaskan bahwa beberapa nama – nama yang akan dia sebutkan adalah penyebab dia memutuskan untuk mengakhir hidupnya. Mulai dari Justin Foley yang merupakan anak basket populer di sekolah.

Mereka bertemu di sebuah pesta, kemudian setelah itu Justin berusaha untuk mendekati Hannah. Kemudian saat mereka sedang berduaan di sebuah taman, Justin mengambil foto Hannah yang sedang bermain perosotan. Nah, setelah kejadian itu beredar rumor jelek tentang Hannah yang telah tidur dengan Justin.

Dan nama paling tidak terduga yang disebut Hannah dalam rekaman tape itu adalah Clay Jensen. Sebenarnya Hannah bilang sendiri kalau Clay bukanlah orang yang menjadi alasannya bunuh diri. Tapi ada alasan sendiri kenapa nama Clay disebutkan dalam tape itu.

Lalu ada nama – nama lain yang disebutkan Hannah dalam tape tersebut. Dia juga menyebutkan salah satu nama gurunya, 13 Reasons Why ini baiknya tidak ditonton oleh anak dibawah umur karena mengandung banyak unsur kekerasan.

Tapi untuk alur setiap episodenya sendiri tidak tertebak sehingga penonton ingin terus lanjut ke episode berikutnya.

Suka dengan action yang ada di James Bond ? Simak list urutan film James Bond terlengkap.

10. Inside Out (2015)

Inside Out (2015) - Film Tentang Kesehatan Mental
Inside Out (2015)
Informasi Detail
🎬 Sutradara: Pete Docter
📅 Tahun tayang: 2015
🕒 Durasi: 102 menit
⭐ IMDB Rating: 8.1/10
📺 Genre: Adventure, Animation, Comedy

Film animasi ini bercerita tentang anak permpuan berumur 11 tahun bernama Riley, yang dalam otaknya terdapat lima perasaan dasar. Perasaan bahagia – Joy, perasaan sedih – Sadness, perasaan marah – Anger, perasaan benci sekaligus jijik – Disgust dan perasaan takut – Fear.

Sebagai anak – anak berumur 11 tahun pada umumnya, perasaan Riley didominasi oleh Joy. Riley selalu merasa bahagia dengan keluarga yang dia miliki dan tempat tinggalnya sekarang. Hingga suatu hari Riley dan keluarganya harus pindah ke sebuah tempat baru yang asing yakni San Francisco.

Meskipun dia berusaha untuk dapat beradaptasi dengan lingkungannya yang baru, tetap saja Riley kurang bahagia dengan keadaannya saat ini.

Kemudian semua mulai memburuk ketika Sadness menyentuh core memory dan membuat memori bahagia menjadi memori sedih.

Joy berusaha untuk menyelamatkan core memory Riley agar tetap didominasi dengan perasaan bahagia, tapi dia dan Sadness malah tidak sengaja tersedot ke dalam memori jangka panjang Riley. Dan untuk bisa kembali ke tempat mereka semula butuh waktu lama.

Saat Joy dan Sadness berusaha untuk secepatnya kembali ke headquarters dengan melalui labirin jangka panjang, Anger, Fear dan Disgust mengambil alih kontrol perasaan Riley. Hal itu mengakibatkan Riley terus – terusan merasa marah, takut dan jijik.

Semakin parah, island of personality yang dibangun dari perasaan bahagia Riley runtuh. Tanpa adanya Joy dan Sadness, Riley yang perasaannya jadi kacau balau karena dikontrol oleh Anger, Fear dan Disgust memutuskan untuk kabur dari rumah.

Mengetahui bahwa island of personality hancur, membuat Joy tetap tidak menyerah untuk kembali ke headquarters dan memperbaiki segalanya. Walaupun Joy dan Sadness harus melewati berbagai macam rintangan yang sulit dalam perjalan mereka kembali.


Nah, itulah 10 rekomendasi film dan serial yang menyinggung tentang masalah kesehatan mental. Beberapa diantaranya secara langsung memperlihatkan bahwa kesehatan mental dapat sengat berbaha bagi diri sendiri ataupun orang lain jika tidak ditangani dengan baik.

Mahardika Dewi

Pernah berkuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. A Bookworm, and also addicted to movie, anime, and drama series.

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.