Butuh lampu pintar yang bisa dimatikan melalui smartphone ? Mungkin produk lampu pintar Bardi ini dapat menjadi pilihanmu.
Movie

7 Film Tentang Makhluk Mitos Lengkap Dengan Sinopsis

Makluk mitos memang belum dapat dibuktikan kebenarannya sampai saat ini. Namun, hal itu justru membangun sisi misteriusnya dan membuat banyak orang penasaran mengenai keberadaan mereka.

Karena kemisteriusannya ini juga tidak sedikit film yang mengangkat kisah tentang makhluk – makhluk mitos yang umumnya bergenre horor atau thriller.

Tapi tenang saja, bagi kamu yang tidak suka genre horor atau thriller kamu masih bisa menikmati film yang bercerita tentang makhluk mitos, kok.

Karena tidak semua film tentang makhluk mitos memiliki genre horor atau thriller, bisa saja bergenre romance, comedy bahkan romance sekalipun.

Nah, rekomendasi film – film tentang makhluk mitos ini khusus buat kamu yang menikmati kisah – kisah makhluk mitos.

1. Song of the Sea (2014)

Song of the Sea (2014) - Film Tentang Makhluk Mitos
Song of the Sea (2014)
Informasi Detail
🎬 Sutradara: Tomm Moore
📅 Tahun rilis: 2014
🕒 Durasi: 94 menit
⭐ IMDB Rating: 8.1/10
📺 Genre: Animation, Adventure, Drama

 

Berdasarkan sebuah mitologi Irlandia kuno tentang selkie yakni anjing laut yang dapat menjelma menyerupai manusia dengan melepaskan mantel bulunya.

Song of the Sea bercerita tentang Conor seorang penjaga mercusuar dengan keluarga kecil yang bahagia miliknya. Dia memiliki seorang anak laki – laki bernama Ben yang sebentar lagi akan memiliki adik bayi. Mereka juga memelihara seekor anjing gembala bernama Cu.

Setiap hari kehidupan Conor dan keluarganya dipenuhi kehangatan kasih sayang. Namun suatu hari setelah istrinya Bronagh melahirkan putri kecil mereka, dia melarikan diri dari rumah dan menghilang begitu saja dengan meninggalkan sebuat terompet kulit kerang.

Putri mereka diberi nama Saoirse yang ternyata terlahir bisu. Sejak kepergian Bronagh, Conor terlihat kehilangan semangat hidupnya dan terus saja bersedih. Sedangkan putranya Ben, sering menjahili adik perempuannya Saoirse dan menyalahkan gadis kecil itu atas kepergian Ibunya.

Suatu hari, Saoirse memainkan terompet kulit kerang peninggalan Ibunya dan menuntunnya pada mantel bulu berwarna putih yang sebenarnya adalah mantel bulu selkie.

Saoirse lantas mencoba mengenakannya dan dia berubah menjadi selkie. Setelah itu, Conor mengambil mantel tersebut dan membuangnya. Kemudian suatu hari kejadian tidak menyenangkan terjadi, Saoirse diculik oleh penyihir jahat Macha. Ben yang mengetahui bahwa adiknya diculik menjadi khawatir dan cemas.

Dia lantas menyusul adiknya ke tempat penyihir tersebut setelah bertanya kepada seorang peri. Sayangnya ketika akhirnya menemukan tempat itu juga adiknya, Ben mendapati adiknya yang sedikit lagi berubah menjadi batu.

2. Pan’s Labyrinth (2006)

Pan’s Labyrinth (2006) - Film Tentang Makhluk Mitos
Pan’s Labyrinth (2006)
Informasi Detail
🎬 Sutradara: Guillermo del Toro
📅 Tahun rilis: 2006
🕒 Durasi: 119menit
⭐ IMDB Rating: 8.2/10
📺 Genre: Drama, Fantasy, War

 

Berlatar pada tahun 1944 beberapa waktu pasca perang saudara yang terjadi di Spanyol. Seorang gadis kecil bernama Ofelia bersama Ibunya yang tengah mengandung bepergian sangat jauh ke sebuah pos militer menemui Ayah tirinya yakni Kapten Vidal.

Ayah tirinya itu terkenal sangat kejam. Ofelia sering menghabiskan waktunya untuk membaca buku – buku dongeng yang membuatnya sering berimajinasi.

Di tempat itu, seekor serangga muncul di kamar tidurnya pada suatu malam yang dia percayai sebagai peri. Peri itu menuntunnya ke sebuah labirin. Dalam labirin itu dia bertemu seorang faun yakni makhluk mitologi yang menyerupai setengah manusia dan kambing.

Faun itu memberitahunya bahwa Ofelia adalah reinkarnasi dari Putri Moana, putri dari Raja dunia bawah. Sang Faun lalu memberikan Ofelia tiga tugas untuk diselesaikan demi mendapatkan keabadian.

Tugas pertamanya adalah mengambil kunci dari perut kodok raksasa. Kemudian setelah berhasil melaksanakan tugas pertamanya, Faun kembali memberikan tugas kedua untuknya yakni mengambil belati dari sarang Pale Man monster pemakan anak.

Faun memperingatkannya untuk tidak memakan apapun di sarang itu. Tapi Ofelia malah memakan dua buah anggur dan membangunkan di Pale Man yang mengakibatkan monster itu memakan dua orang peri dan mengejar Ofelia.

Meskipun berhasil melarikan diri, namun Faun marah terhadapnya dan menolak memberinya tugas terakhir. Di sisi lain, Ibunya meninggal setelah melahirkan adik laki – laki Ofelia.

3. Fantastic Beasts and Where to Find Them (2016)

Fantastic Beasts and Where to Find Them (2016) - Film Tentang Makhluk Mitos
Fantastic Beasts and Where to Find Them (2016)
Informasi Detail
🎬 Sutradara: David Yates
📅 Tahun rilis: 2016
🕒 Durasi: 132 menit
⭐ IMDB Rating: 7.3/10
📺 Genre: Adventure, Family, Fantasy

 

Kamu Potterhead? Atau mungkin kamu menggemari karya – karya dari J.K Rowling? Pasti kamu tahu film yang satu ini, dong. Iya, film yang juga bersoal mengenai dunia sihir menyihir seperti Harry Potter.

Jika film Harry Potter bercerita tentang seorang anak yang bernama Harry Potter yang kehilang orang tuanya sejak bayi dan bertarung melawan voldemort, Fantastic Beast and Where to Find Them justru bercerita tentang seorang pria bernama Newt Scamander yang berprofesi sebagai Magizoologist.

Magizoologist adalah penyihir yang mempelajari tentang makhluk – makhluk sihir. Sama seperti Harry, Newt juga dulunya bersekolah di Hogwarts sekolah para penyihir di Inggris.

Suatu hari, Newt bepergian ke New York dengan membawa sebuah koper kecil berisi berbagai jenis hewan – hewan sihir yang bagi muggle atau manusia biasa mereka tidaklah nyata.

Kekacauan yang melibatkan Newt dan hewan – hewan tersebut dimulai, saat beberapa hewan dalam koper tersebut kabur dan membuat beberapa kekacauan di kota New York. Newt berusaha bergegas menangkap kembali hewan – hewan tersebut sebelum membuat kekacauan yang lebih parah.

Di saat yang bersamaan, kota New York mendapatkan gangguan sihir yang entah dari mana asalnya. Departemen sihir New York menuduh Newt sebagai tersangka penyebar kekacauan yang terjadi akhir – akhir ini.

Meskipun sebagian besar kekacauan yang terjadi di kota tersebut disebabkan oleh hal lain dan berkaitan dengan seorang anak bernama Credence.

4. The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe (2005)

The Chronicles of Narnia The Lion, the Witch and the Wardrobe (2005) - Film Tentang Makhluk Mitos
The Chronicles of Narnia The Lion, the Witch and the Wardrobe (2005)
Informasi Detail
🎬 Sutradara: Andrew Adamson
📅 Tahun rilis: 2005
🕒 Durasi: 150 menit
⭐ IMDB Rating: 6.9/10
📺 Genre: Adventure, Family, Fantasy

 

Selama perang dunia ke-2 berlangsung, empat orang bersaudara yaitu Lucy, Peter, Edmund, dan Susan diungsikan ke sebuah rumah di desa agar mereka tetap aman selama perang berlangsung.

Suatu hari saat mereka bermain petak umpet, Lucy yang merupakan anak bungsu bersembunyi di dalam sebuah lemari pakaian. Alangkah takjubnya dia saat melihat dunia lain di balik pintu lemari tersebut. Dia menceritakan hal itu kepada saudara – saudaranya, namun mereka tidak percaya.

Namun, karena sebuah kejadian membuat mereka berakhir menemukan tempat yang dikatakan Lucy sebelumnya. Tempat tersebut bernama Narnia dan saat ini sedang diselimuti oleh salju yang tidak kunjung meleleh.

Saat ini Narnia dikuasai oleh Penyihir putih jahat yang membuat kondisi Narnia jadi seperti saat ini. Penyihir putih jahat tersebut juga merubah banyak penduduk Narnia menjadi batu es jika menentangnya.

Sayangnya, Edmund salah satu dari Pevensie bersaudara malah menjadi tahanan Penyihir putih karena kecerobohan yang dibuatnya sendiri.

Untunglah dia berhasil kabur dan kembali berkumpul dengan saudara – saudaranya yang lain. Setelah mereka berkumpul, ditemani oleh Aslan dan para penduduk Narnia, mereka pun bertarung melawan di Penyihir putih yang jahat dan mengembalikan kejayaan Narnia seperti sedia kala. Film ini merupakan adaptasi dari novel populer karya C. S Lewis dengan judul yang sama dan kamu bisa baca urutan film Narnia selengkapnya disini.

5. How to Train Your Dragon (2010)

How to Train Your Dragon (2010) - Film Tentang Makhluk Mitos
How to Train Your Dragon (2010)
Informasi Detail
🎬 Sutradara: Chris Sanders, Dean DeBlois
📅 Tahun rilis: 2010
🕒 Durasi: 98menit
⭐ IMDB Rating: 8.1/10
📺 Genre: Animation, Action, Adventure

 

Bercerita tentang Hiccup seorang anak laki – laki dari bangsa Viking yang tidak seperti bangsa Viking lainnya, dia terlihat lemah. Bahkan Ayahnya mengakui hal tersebut.

Meskipun Ayahnya dan bangsa Viking lainnya sering bertarung dan mengalahkan naga, Hiccup malah dilarang oleh Ayahnya untuk menjadi pemburu naga. Karena lelah dengan pandangan negatif yang diterimanya dari semua orang, Hiccup pun bertakad untuk menangkap dan membunuh naga Night Furry.

Naga tersebut dikatakan sangat berbahaya dan tidak ada yang mengetahui seberapa kuat naga itu. Tanpa disangka dia berhasil menembak jatuh naga tersebut ke dalam Raven Point. Dia lantas memberitahu semua orang di desanya, namun hanya menjadi bahan tertawaan.

Tanpa adanya bukti, tidak ada seorang pun yang mempercayainya, bahkan Ayahnya. Hiccup pun kembali ke tempat naga tersebut terjatuh dan menemukannya.

Naga tersebut sedang terjebak dalam jaring dan terluka. Hiccup yang semula berniat menghabisi naga itu, malah menjadi iba dan melepaskan jaring yang mengikat tubuh si naga. Naga itu mengaum di hadapan Hiccup lalu meninggalkan anak laki – laki itu.

Setelah beberapa waktu, Ayahnya memasukkannya ke dalam pelatihan naga, walaupun Hiccup tidak ingin ikut, karena dia sadar tidak mampu untuk membunuh naga. Namun, siapa sangka dia kembali bertemu naga yang sebelumnya dia lepaskan setelah beberapa waktu mengikuti pelatihan tersebut.

Dia memberi nama tersebut dengan Toothless dan menjadi akrab dengannya. Toothless yang awalnya tidak ingin disentuh akhirnya dapat dikendalikan oleh Hiccup.

6. Pom Poko (1994)

Pom Poko (1994) - Film Tentang Makhluk Mitos
Pom Poko (1994)
Informasi Detail
🎬 Sutradara: Takahata Isao
📅 Tahun rilis: 1994
🕒 Durasi: 119 menit
⭐ IMDB Rating: 7.3/10
📺 Genre: Animation, Comedy, Drama

 

Sebelum industri perekonomian Jepang tumbuh sangat pesat, jauh di dalam hutan para tanuki atau anjing rakun hidup damai dan bahagia.

Mereka dengan bebas berkembang biak dan mencari makanan. Namun seiring perkembangan perekonomian, pemerintah Jepang mulai memperluas lahan untuk pemukiman dan industri sehingga berimbas pada para tanuki yang kehilangan tempat tinggalnya.

Akibat lahan hutan yang semakin sempit, kehidupan para tanuki yang awalnya damai berubah jadi cukup kacau. Para tanuki mulai saling memperebutkan makanan dan tempat tinggal hingga berakhir dengan perkelahian. Para tetua tanuki lalu memutuskan untuk mengambil tindakan.

Mereka berusaha untuk menghentikan permusuhan antar tanuki dan mengajak mereka bersatu menghadapi manusia. Jadi tanuki merupakan hewan yang di percaya oleh masyarakat Jepang dapat menyerupai wujud apapun, termasuk wujud manusia.

Seiring dengan perkembangan zaman, para tanuki mulai lupa cara mengubah diri. Salah satu tetua tanuki bernama Tsurugame meminta agar para tanuki yang tersisa untuk belajar ilmu berubah wujud tersebut. Para tanuki itu diajari langsung oleh Nenek Oroku.

Sayangnya tidak semua tanuki muda ini memiliki bakat dalam berubah wujud. Tapi bukan berarti tidak ada yang berbakat sama sekali.

Shoukichi adalah tanuki muda yang berbakat dan gemar mengamati manusia. Dia juga memberikan saran untuk menghadapi manusia tanpa perlu mencelakai mereka.

7. The Hobbit: An Expected Journey (2012)

The Hobbit An Expected Journey (2012) - Film Tentang Makhluk Mitos
The Hobbit An Expected Journey (2012)
Informasi Detail
🎬 Sutradara: Peter Jackson
📅 Tahun rilis: 2012
🕒 Durasi: 182menit
⭐ IMDB Rating: 7.8/10
📺 Genre: Adventure, Fantasy

 

Cerita dimulai pada 60 tahun sebelum Bilbo Baggins berulang tahun ke 111 saat dia mewariskan One Ring kepada keponakannya Frodo Baggins.

Saat itu, Bilbo adalah seorang Hobbit muda yang menikmati hidupnya yang tenang dan damai di Bag End.

Tapi sepertinya kedamaian tersebut tidak dapat berlangsung selamanya, saat seorang Wizard bernama Gandalf mendatanginya dan mengajaknya untuk bertualang bersama 13 orang kurcaci, yaitu Thorin, Dwalin, Balin, Bifur, Bofur, Bombur, Fili, Kili, Oin, Gloin, Nor, Dori, dan Ori.

Awalnya Bilbo cukup ragu untuk mengiyakan ajakan Gandalf. Dia merasa kurang percaya diri saat ditawari untuk bergabung dengan Gandalf dan para kurcaci, karena dia tidak tahu cara bela diri atau bertarung. Selain itu, dia juga tidak pernah bepergian jauh seumur hidupnya.

Namun, akhirnya dia memutuskan untuk bergabung dan melakukan petualangan bersama Gandalf dan ketiga belas kurcaci tersebut. Misi utama Bilbo, Gandalf, dan ketiga belas kurcaci yakni menemukan tempat tinggal para kurcaci yang dulu.

Dengan peta yang dimiliki Thorin dan sebuah kunci di tangan Gandalf, mereka dapat menemukan tempat tersebut. Sayangnya peta itu menggunakan bahasa kurcaci kuno dan tidak ada satupun dari anggota kelompok itu yang dapat membacanya.

Untungnya seseorang dari bangsa peri bernama Lord Elron dapat membaca dan mengerti tulisan di peta itu, tapi bangsa kurcaci kan nembenci bangsa peri.

Selain itu, dalam peta tersebut terdapat sebuah pesan tersembunyi yang hanya dapat dibaca di bawah sinar bulan tertentu. Film ini memiliki beberapa seri dan kamu bisa baca selengkapnya urutan film The Hobbit pada postingan ini.


Itulah 7 rekomendasi film tentang makhluk mitos ini bisa kamu coba untuk tonton kalau kamu gemar dengan cerita – cerita makhluk mitologi. Ada beberapa yang seram memang, tapi tidak sedikit juga kok yang bergenre komedi.

Mahardika Dewi

Pernah berkuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. A Bookworm, and also addicted to movie, anime, and drama series.

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.