Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Movie

Menyusul IndoXXI, LayarIndo21 akan Segera Ditutup!

Baru saja Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menutup layanan situs download dan streaming film IndoXXI pada tanggal 1 Januari 2020.

Kini berita pahit harus diterima lagi oleh pecinta film di Internet, dimana situs LayarIndo21 yang menyajikan konten sama akan ditutup pada tanggal 5 Januari 2020.

Hal ini merupakan upaya Pemerintah untuk mendukung tumbuhnya industri kreatif di Indonesia. Selain itu, menutup web streaming
ilegal menjadi salah satu fokus Kemenkominfo di tahun 2020 ini.

Untuk menertibkan situs web streaming ilegal ini, Kemenkominfo bekerja sama dengan Coalition Against Piracy (CAP) dan Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Kemenkominfo mengklaim bahwa sejak Juli tahun 2019, sudah lebih dari 1.000 situs web pembajakan dan domain aplikasi ilegal yang telah diblokir.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

Akan tetapi, upaya ini sepertinya sia-sia. Kenapa tidak ? Karena menonton film di internet ini masih eksis karena masih banyak pilihan alamat domains sebagai wadah menawarkan layanan yang serupa.

LayarIndo21 ditutup
LayarIndo21 ditutup

Hal ini dapat dilihat dari alamat baru LayarIndo21 dan beberapa alternatif situs streaming film lainnya.

Sebab, bisnis streaming film bajakan ini memberikan margin yang menggiurkan bagi pemiliki situs tersebut. Bisnis ini mendapat keuntungan dari banner iklan yang dipasang di situs tersebut.

Walaupun begitu, pengamat keamanan siber mengatakan bahaya yang mengintai ketika masyarakat mengunduh atau melakukan streaming film dari situs-situs film ilegal. Situs-situs tersebut berpotensi untuk menyusupkan malware ataupun virus ke perangkat pengguna.

Hal ini muncul ketika para pengguna diaragkan untuk meng-klik tautan tertentu sebelum film didownload ataupun ditonton. Tautan ini dapat berupa notifikasi alamat situs yang mengarahkan masyarakat untuk melihat konten film tersebut.

Selain dengan pemblokiran, langkah yang dirasa dapat membantu menghentikan pembajakan film di Internet adalah proses edukasi kepada masyarakat mengenai Hak Kekayaan Intelektual.

Karena sampai saat ini masih banyak masyarakat yang belum sadar pentingnya kesadaran menghargai sebuah karya.

 

Tags

Razqa Lathif

Founder dari SurgaTekno.com Menyukai dunia teknologi : coding dan fixing hardware dan software.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Close
Close

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.