Patuhi protokol kesehatan saat keluar rumah dengan membawa hand sanitizer dan menggunakan masker. Bersama Indonesia bebas COVID-19.
Movie

10 Rekomendasi Drama Jepang Bergenre Komedi

Serial televisi dari ssetiap negara mamiliki ciri khasnya masing – masing, termasuk serial tv atau drama Jepang yang seringnya mengangkat kisah yang ringan tapi cukup relatable dengan kehidupan sehari – hari. Komedi – komedi khas yang disajikan juga sangat menghibur hingga menggelitik perut. Kalau kamu tengah bosan atau jenuh, mungkin kamu bisa untuk mencoba menonton drama Jepang bergere komedi.

Tidak sulit untuk memilah judul drama apa yang baiknya kamu tonton untuk pertama kalinya, karena beberapa judul drama Jepang bahkan masih populer di kalangan penggemar drama hingga bertahun – tahun lamanya setelah ditayangkan. Lalu untuk mendapatkan dorama Jepang, kamu bisa mengikuti update dari beberapa situs download drama Jepang ini.

Nah, berikut adalah deretan rekomendasi drama Jepang populer bergenre komedi yang bisa kamu tonton saat waktu luang.

1. Hanazakari no Kimitachi e (2007)

Hanazakari no Kimitachi e (2007)
Hanazakari no Kimitachi e (2007)

Sutradara : Hidetomo Matsuda
Tahun rilis : 2007
Episode : 12
IMDB rating : 8/10
Genre : Comedy, Romance, Drama

Bicara soal drama jepang populer bergenre komedi, tidak boleh melewatkan drama Hanazakari no Kimitachi e atau yang lebih singkatnya Hana Kimi. Drama ini merupakan adaptasi dari sebuah manga populer Jepang karya Hisaya Nakajo. Drama ini juga memiliki versi drama Korea-nya berjudul To The Beautifull You yang dibintangi oleh Shinee Minho dan mendiang aktris cantik Sulli.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

Sedangkan dalam versi drama nya, dibintangi oleh Shun Oguri dan Horikita Maki. Berlatar di sebuah asrama laki – laki yakni Osaka Gakuen, diceritakan Ashiya Mizuki merupakan seorang gadis yang menyamar menjadi laki – laki dan membaur dengan para siswa di sana untuk dapat menemui Sano Izumi yakni seorang mantan atlet lompat tinggi.

Ashiya ingin menyemangati Sano untuk kembali melompat lagi. Ini dilakukannya karena Ashiya merasa bersalah sekaligus telah berutang budi, setelah Sano sempat menyelamatkannya saat ditodong oleh penjahat di masa lalu yang mengakibatkan Sano terluka dan memutuskan untuk pensiun sebagai atlet lompat tinggi.

Tapi tentu saja tidak mudah untuk mendekati Sano apalagi untuk mengubah keputusannya itu. Di saat yang sama Ashiya harus berusaha keras agar tidak ketahuan jika dia sebenarnya adalah perempuan yang menyamar menjadi laki – laki.

2. Gokusen (2002)

Gokusen (2002)
Gokusen (2002)

Sutradara : Toya Sato, Taro Otani
Tahun rilis : 2002
Episode : 12
IMDB rating : 7.5/10
Genre : Comedy, Drama

Gokusen merupakan adaptasi dari serial manga karya Kozueko Morimoto. Drama Gokusen memiliki 3 season dan 1 movie. Season pertama Gokusen dibintangi oleh Yukie Nakama, Jun Matsumoto, Kenichi Matsuyama, Shun Oguri, dan banyak lagi. Bercerita tentang Yamaguchi Kumiko yang merupakan pewaris generasi keempat dari sebuah klan Yakuza bernama Oedo Group.

Meski begitu, Kumiko memilih untuk menjadi seorang guru dan menyembunyikan identitasnya sebagai pewaris dari sebuah klan yakuza. Di sekolah, dia ditugaskan untuk menjadi wali kelas 3-D di mana para siswa – siswa paling bermasalah berkumpul.

Perilaku para siswanya benar – benar buruk, mulai dari seragam yang tidak rapi, rambut dicat warna – warni, bahkan parahnya mereka makan dan bermain – main di dalam kelas selama pelajaran berlangsung tanpa mempedulikan guru yang sedang mengajar.

Jadi banyak guru yang menyerah setiap kali menghadapi para siswa di kelas 3-D. Namun berbeda dengan Kumiko yang tidak gentar dalam mendidik siswa – siswa bandel tersebut. Padahal siswa – siswa kelas 3-D sudah berupaya kelas supaya Kumiko dapat mengundurkan diri dengan banyak cara dan berakhir dengan banyak kegagalan. Jadilah mereka menyerah dan menjuluki wali kelas mereka sebagai Yankumi.

3. Atashinchi no Danshi (2009)

Atashinchi no Danshi (2009)
Atashinchi no Danshi (2009)

Sutradara : Hidetomo Matsuda, Genta Sato
Tahun rilis : 2009
Episode : 11
IMDB rating : 7.1/10
Genre : Comedy, Drama
Tim yang memproduksi drama ini yakni mulai dari sutradara, produser sampai penulis skenarionya sama dengan tim yang memproduksi drama populer Hana Kimi. Seperti Hana Kimi, Atashinchi no Danshi juga tayang di Fuji Tv. Bahkan pemeran utama wanitanya juga sama yakni Horikita Maki.

Tapi ceritanya tentu saja berbeda dengan Hana Kimi. Jadi, seorang gadis miskin yang tidak mempunyai tempat tinggal bernama Mineta Chisato yang harus kejar – kejaran dengan penagih hutang. Semua kemalangannya ini akibat ulah Ayahnya yang telah berutang sebesar 100.000 Yen pada rentenir dan kini melarikan diri meninggalkan Chisato seorang diri menghadapi mereka.

Tapi untunglah dia diselamatkan oleh Okura Shinzo yakni pemilik perusahaan mainan yang sukses. Okura Shinzo menawarkan untuk membantunya melunasi seluruh utang yang dimiliki Chisato asal gadis itu sepakat untuk menikah dengan pria itu. Okura Shinzo terbilang sangat tua untuk menikah dengan Chisato yang masih sangat muda, tapi dengan keadan yang dimilikinya saat ini Chisato setuju untuk menandatangani perjanjian pernikahan dengan Okura Shinzo tanpa membaca terlebih dahulu isi perjanjian tersebut.

Alasan Okura Shinzo menikahi Chisato karena pria itu sadar hidupnya tidak akan lama lagi dan dia ingin agar ada sosok istri yang menemani hari – hari terakhirnya sebelum meninggal dunia. Dan tepat sebulan setelah menikah Okura Shinzo meninggal dunia dan meninggalkan 6 orang anak yang akan tinggal bersama Ibu baru mereka yakni Chisato. Anak tertuanya berumur 30 tahun dan yang termuda berumur 12 tahun.

Mau download drama Korea ? Ini dia rekomendasi situs download drama Korea paling update.

4. Nobuta wo Produce (2005)

Nobuta wo Produce (2005)
Nobuta wo Produce (2005)

Sutradara : Hitoshi Iwamoto, Norika Sakuma
Tahun rilis : 2005
Episode : 10
IMDB rating : 7.7/10
Genre : Comedy, Drama

Nobita wo Produce tayang di stasiun tv lokal Jepang NTV pada tahun 2005 silam. Drama ini merupakan adaptasi dari sebuah buku dengan judul yang sama karya Gen Shiraiwa. Drama ini diawali oleh Kiritani Shuji yang diperankan oleh Kamenashi Kazuya adalah siswa populer di sekolahnya.

Dia disukai oleh teman – temannya karena kepribadiannya yang baik dan menyenangkan. Tapi semua itu hanyalah sebuah topeng untuk menyembunyikan jati dirinya. Dia tidak ingin kepopuleran dan status sosialnya di mata teman – temannya rusak karena memperlihatkan kepribadiannya yang sebenarnya.

Selain itu, dia tidak ingin menimbulkan konflik, makanya dia sering berpura – pura setuju atau senang dengan hal – hal yang diminta atau dilakukan teman – temannya. Walaupun sebenarnya dia tidak menyukai bahkan merasa terbebani. Namun, sejak mulai berteman dengan Kusano Akira yang diperankan oleh Yamashita Tomohisa dan murid baru bernama Kotani Nobuta diperankan oleh Horikita Maki, perlahan Shuji mulai melepas topeng yang selama ini dia kenakan.

Ketiganya semakin dekat setelah Shuji dan Akira mulai bekerja sama untuk mengubah Nobuta yang pendiam, pemalu dan sering menjadi bahan bully-an teman – temannya, menjadi pribadi baru yang lebih percaya diri dan populer.

5. Yowakutemo Katemasu (2014)

Yowakutemo Katemasu (2014)
Yowakutemo Katemasu (2014)

Sutradara : Sugawara Shintaro, Ikeda Kenji, Akashi Hiroto
Tahun rilis : 2014
Episode : 11
IMDB rating : 6.1/10
Genre : Comedy, Drama, Sport

Yowakutemo Katemasu atau Baseball Brainiacs merupakan adaptasi dari sebuah novel karya Takahasi Hidemine yang dipublikasikan pada 28 September 2012 lalu oleh Shinchosha Publishing Co, Ltd. Drama ini dibintangi oleh beberapa aktor papan atas Jepang saat ini, yakni Ninomiya Kazunari, Nakajima Yuto, Fukushi Sota, Yamazaki Kento hingga Hongo Kanata.

Drama ini bercerita tentang sebuah tim bassball SMA yang dianggap lemah karena sering kalah dalam setiap pertandingan. Tim baseball ini hanya memiliki 5 anggota sebelum pelatih baru mereka yakni Tamo Aoshi ditugaskan melatih mereka. Tamo Aoshi juga merupakan alumni sekolah dan mantan pemain di tim baseball ini.

Kedatangan Tamo Aoshi sebagai pelatih perlahan membantu para anggota timnya untuk memenangkan sebuah pertandingan dan menanamkan pemikiran bahwa menjadi lemah masih memiliki kesempatan untuk menang. Meskipun kehadiran pelatih baru ini tidak banyak merubah kemampuan tim, namun Tamo Aoshi sering memberikan nasihat – nasihat serta membantu para anggota tim dalam menyelesaikan masalah internal mereka.

Salah satunya kapten tim yakni Ebato Mitsuteru yang pernah dirundung saat masih SMP oleh Okadome Kei, sehingga Ebato menghindari bahkan cenderung takut dengan anggota timnya itu. Nah, Tamo Aoshi membantu menyelesaikan permasalahan keduanya supaya dapat berbaikan dan dapat saling menyemangati sesama anggota tim.

6. Water Polo Yankees (2014)

Water Polo Yankees (2014)
Water Polo Yankees (2014)

Sutradara : Shogo Miyaki
Tahun rilis : 2014
Episode : 10
IMDB rating : 6.8/10
Genre : Comedy, Sports, Drama

Satu lagi drama bertema sport atau olahraga yang seru dan lucu, apalagi dibintangi oleh beberapa aktor terkenal Jepang, seperti Nakajima Yuto, Yamazaki Kento, Chiba Yudai, Yoshizawa Ryo, Nakajima Taishi dan masih banyak lagi. Bercerita tentang Inaba Naoba yang pindah ke Jepang setelah dibesarkan di luar negeri. Dulu saat masih kecil dan belum tinggal di luar negeri, Naoba pernah diselamatkan oleh Yankee dari beberapa orang yang mengganggunya.

Belum lagi pengaruh bacaan manga Yankee yang dia baca saat di luar negeri, membuatnya berpikir bahwa Yankee merupakan sosok pahlawan hebat di Jepang. Naoba berpenampilan seperti Yankee sejak hari pertamanya di sekolah barunya. Penampilan nyentrik Naoba itu membuatnya sempat menjadi pusat perhatian di hari pertamanya.

Belakangan dia baru tahu kalau sekolahnya itu akan segera ditutup dan berusaha untuk membentuk tim water polo dengan mengajak teman – teman sekelasnya. Salah satu teman sekelasnya yakni Mifune Ryuji merupakan mantan atlet water polo yang memutuskan untuk tidak kembali bermain olahraga itu lagi karena sebuah alasan. Naoba yang selalu bersemangat dan pantang menyerah untuk meminta Ryuji bergabung agar yang lainnya juga mau bergabung dengan tim.

Review drama Jepang : Review JDrama: Nippon Noir (2019)

7. Sukina Hito ga Iru Koto/A Girl and Three Sweethearts (2016)

Sukina Hito ga Iru Koto - A Girl and Three Sweethearts (2016)
Sukina Hito ga Iru Koto – A Girl and Three Sweethearts (2016)

Sutradara : Kanai Hiro,Tanaka Ryo, Moriwaki Tomonobu
Tahun rilis : 2016
Episode : 10
IMDB rating : 7.4/10
Genre : Comedy, Drama, Romance

Drama ini dibintangi oleh Kiritani Mirei, Yamazaki Kento, Miura Shohei dan Nomura Shuhei. Seperti judulnya drama ini bercerita tentang seorang gadis bernama Sakurai Misaki dan tiga bersaudara Shigesaki yakni, si sulung Chiaki dan kedua adiknya Kanata juga Toma. Semua bermula saat Misaki yang dipecat dari pekerjaannya sebagai seorang patissier lalu bertemu dengan senior sekaligus cinta pertamanya saat sekolah dulu yakni Chiaki.

Nah, Chiaki menawarkan Misaki untuk bekerja di restoran milik keluarganya dan tinggal bersama Chiaki di rumahnya. Tidak butuh lama untuk Misaki memutuskan menerima tawaran itu. Dia pun bertolak ke Shonan sebuah kota pinggir pantai. Sebelum ke rumah Chiaki, Misaki menyempatkan diri berjalan – jalan ke pantai.

Dia meminta tolong pada seorang pria untuk memotretnya. Namun saat Misaki tengah bersiap untuk difoto dia malah jatuh dan pria itu malah mengambil foto Misaki saat terjatuh sambil mengejeknya. Baju Misaki basah karena terjatuh. Dia pun pergi ke rumah Chiaki dengan masih memakai bajunya yang basah.

Di depan rumah Chiaki dia bertemu dengan adik bungsu Chiaki yaitu Toma. Toma menyambutnya dengan ramah dan mengajaknya untuk masuk ke rumah. Misaki terkejut saat melihat pria yang ditemuinya di pantai tadi berada di dalam rumah Chiaki. Ternyata dia adalah adik Chiaki yakni Tanaka yang juga merupakan chef di restoran tersebut.

8. Itazura na Kiss: Love in Tokyo (2013)

Itazura na Kiss: Love in Tokyo (2013)
Itazura na Kiss: Love in Tokyo (2013)

Sutradara : Nagata Koto, Kawano Koji
Tahun rilis : 2013
Episode : 16
IMDB rating : 7.8/10
Genre : Comedy, Romance

Itazura na Kiss merupakan adaptasi dari manga dengan judul sama karya Tada Kaoru yang dipublikasikan pada Juni 1990. Drama ini dibintangi oleh Yahagi Honoka dan Furukawa Yuki. Bercerita tentang seorang gadis bernama Aihara Kotoko dari kelas F yang jatuh cinta dengan Irie Naoki dari kelas A sekaligus cowok populer dan pintar di sekolahnya sejak melihatnya di upacara penerimaan siswa baru.

Setelah cukup lama memendam perasaan sukanya, Kotoko memutuskan untuk menuliskan surat cinta dan memberikannya langsung kepada Naoki. Tapi dia ditolak di depan para siswa lain hingga mempermalukan Kotoko. Alasannya menolak Kotoko karena dia tidak menyukai gadis bodoh sepertinya.

Hal itu membuat Kotoko sedih. Untunglah ada teman – temannya yang berusaha menghiburnya. Mereka mengunjungi Kotoko dan Ayahnya di rumah baru mereka untuk merayakan kepindahan mereka. Di tengah suasana menyenangkan itu, tiba – tiba saja terjadi gempa bumi dan meruntuhkan rumah Kotoko.

Syukurlah teman Ayah Kotoko yang mengetahui kejadian itu langsung menghubungi mereka dan menawarkan untuk tinggal di rumahnya. Saat tiba di rumah teman Ayahnya alangkah terkejutnya Kotoko ketika bertemu dengan Naoki. Ternyata Naoki merupakan putra sulung dari teman Ayahnya.

Tapi sepertinya tidak ada yang berubah, karena sikap Naoki tetap saja dingin pada Kotoko. Dia meminta Kotoko untuk tidak memberitahu siapun jika mereka tinggal bersama dan melarang Kotoko mengajaknya bicara di sekolah.

9. Kyo Kara Ore Wa (2018)

Kyo Kara Ore Wa (2018)
Kyo Kara Ore Wa (2018)

Sutradara : Fukuda Yuichi
Tahun rilis : 2018
Episode : 10
IMDB rating : 8.0/10
Genre : Comedy, Action, Drama

Drama Kyo Kara Ore Wa diadaptasi dari manga seri karya Nishimori Hiroyuki dengan judul sama yang dipublikasikan pada 1988. Drama ini adalah versi remake dari live action-nya yang dirilis tahun 1992 – 1997. Dengan bintang utama yakni aktor Kaku Kento dan Itou Kentaro. Berlatar di kota Chiba pada tahun 80-an di mana menjadi tsuppari atau anak badung masa itu sedang populer.

Mitsuhashi Takashi merupakan murid pindahan di SMA Nanyo. Sehari sebelum masuk ke sekolah barunya, dia mengecat pirang rambutnya karena dia ingin debut sebagai tsuppari di sekolah barunya itu. Saat di barbershop dia bertemu dengan anak laki – laki seumurannya yang juga ingin merubah gaya rambutnya.

Ternyata anak laki – laki itu adalah Itou Shinji yang juga seorang murid baru di SMA yang sama. Mitsuhashi sempat kesal melihat Itou yang seakan mengambil panggung miliknya sebagai anak badung. Awal masuk keduanya sudah bermasalah dengan senior sekaligus preman nomor satu di SMA Nanyo yakni Sagaya Naoya. Sagawa menemui Mitsuhashi di atap sekolah untuk menantangnya untuk bertarung.

Namun, kehadiran Itou yang ingin membantunya malah merusak rencana Mitsuhashi yang sebenarnya ingin berbuat curang dalam pertarungan itu. Keduanya pun terlarut dalam pertengkaran hingga melupakan lawan mereka sebenarnya.

Sagawa beserta anggota gengnya tidak mempedulikan pertengkaran kedua murid pindahan itu dan mulai menyerang keduanya. Akhirnya pertarungan itu dimenangkan oleh Mitsuhashi dan Itou dengan cara yang tidak terduga. Sejak itu keduanya pun berteman baik.

10. Gitama: Mitsuba Hen (2017)

Gitama: Mitsuba Hen (2017)
Gitama: Mitsuba Hen (2017)

Sutradara : Fukuda Yuichi
Tahun rilis : 2017
Episode : 3
IMDB rating : 7.0/10
Genre : Action, Adventure, Comedy

Drama ini merupakan live action dari manga dan anime shounen yakni Gintama karya Sorachi Hideaki. Selain itu film live action Gintama dirilis sehari sebelum penanyangan drama ini, tepatnya 14 Juli 2017. Film live action kedua Gintama 2: Rules Are Made To Be Broken dirilis pada 2018. Oguri Shun, Yoshizawa Ryo, Yagira Yuya, Kitano Kie serta Nakamura Kankuro membintangi drama ini.

Bercerita tentang Okita Mitsuba yakni kakak Okita Sogo datang mengunjungi kediaman Shinsengumi untuk memberi kabar mengenai pernikahannya dengan seorang pedagang bernama Toma Kuraba. Selain itu dia juga berniat bertemu adiknnya yang bekerja sebagai kapten divisi 1 Shinsengumi.

Dia khawatir kalau adiknya itu tidak memiliki teman di Edo. Kedatangan kakaknya tentu membuat Sogo senang. Saat sedang asik mengobrol dengan Mitsuba di sebuah restoran, mereka bertemu dengan Sakata Gintoki. Agar kakaknya tidak khawatir, Sogo meminta Gintoki untuk berpura – pura menjadi sahabatnya di depan kakaknya.

Di sisi lain, wakil komandan Shinsengumi Hijikata Toshiro sedang menyelidiki sebuah kapal aneh misterius yang keluar masuk Edo. Kapal itu ternyata berhubungan dengan Mitsuba.


Demikian rekomendasi drama Jepang dengan genre komedi yang menghibur dan mengocok perut untuk mengisi kebosananmu.

Mahardika Dewi

Pernah berkuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. A Bookworm, and also addicted to movie, anime, and drama series.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.