Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Movie

12 Rekomendasi Drama Korea yang Diadaptasi dari Webtoon

Belakangan kita sudah tidak perlu repot ke toko buku atau perpustakaan untuk membaca komik, karena sekarang sudah ada webtoon alias komik online. Jadi cukup dengan modal internet saja kita sudah bisa membaca komik favorit kita.

Terus bukan cuma sekedar bacaan, akhir – akhir ini banyak drama Korea yang diadaptasi berdasarkan webtoon. Jadi buat kamu yang sering membayangkan aktor favorit kamu sebagai karakter dalam webtoon yang kamu baca, sudah bisa melihatnya langsung di layar kaca. Judul-judul drama Korea ini juga sudah tersedia di situs-situs download drama Korea terupdate.

Tapi tentu saja ceritanya mungkin akan sedikit berubah, jika melihat episode drama yang paling banyak hanya 16 episode sedangkan webtoon bisa sampai beratus – ratus episode. Nah, kalau penasaran apa saja sih drama korea yang diadaptasi dari webtoon, yuk simak rekomendasinya dibawah ini.

1. The Tale of Nokdu (2019)

Seorang putra raja dari dinasti Joseon telah dibuang bahkan tidak diakui oleh orang tuanya sendiri sejak lahir. Bahkan sang raja mencoba memastikan bahwa putranya itu telah tewas. Namun di tangan seorang bangsawan Jeon, bayi kecil itu diselamatkan dan diangkat sebagai anak sendiri.

Bangsawan Jeon lalu memberi nama bayi itu Nokdu. Lalu kebenaran bahwa Nokdu adalah putra Raja di rahasiakan oleh bangswan Jeon dari Raja dan Nokdu.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.
The Tale of Nokdu (2019)
The Tale of Nokdu (2019)

Beberapa tahun berlalu, Nokdu telah tumbuh menjadi pemuda tampan yang pandai berpedang. Namun suatu hari sekelompok pembunuh datang memporak – porandakan rumahnya dan mencoba membunuh Ayahnya. Nokdu yang berhasil selamat, mencoba untuk mengikuti si pembunuh tersebut.

Saat mengikuti petunjuk mengenai jejak si pembunuh, Nokdu berakhir di sebuah desa janda yang tidak memperbolehkan laki – laki manapun masuk ke dalam desa tersebut. Demi mengungkapkan identitas pembunuh tersebut, Nokdu pun memutuskan untuk menyamar menjadi seorang janda bernama Nyonya Kim.

Lalu karena masih belum mendapatkan rumah di desa janda, Nokdu dipersilahkan untuk menginap di rumah gisaeng untuk sementara. Di rumah gisaeng itu dia sekamar dengan Dongju yang merupakan seorang calon gisaeng.

Belakangan Dongju tanpa sengaja mengetahui identitas asli Nokdu yang seorang pria. Tapi karena Nokdu telah menolongnya dari bahaya, Dongju tidak berniat untuk membeberkan rahasia Nokdu ke orang – orang desa.

2. W: TwoWorlds Apart (2016)

Oh Sung Mo merupakan seorang penulis webtoon terkenal, webtoonnya berjudul W dengan tokoh utama bernama Kang Chul yang digambarkan sebagai sosok pemuda tampan, tinggi, kaya, pintar dan atlet tembak nasional. Di balik semua kesempurnaan milik Kang Chul dia memiliki masa lalu yang menyedihkan yakni kedua orang tuanya terbunuh dan membuat Kang Chul selama 10 tahun ini berusaha mencari pembunuh kedua orang tuanya.

W TwoWorlds Apart (2016)
W TwoWorlds Apart (2016)

Berkat cerita yang seru ini, pembaca webtoon W cukup banyak. Tapi bukannya senang, sang author yakni Oh Sung Mo merasa tertekan sebab karakter Kang Chul ini hidup dan dapat mengatur alur cerita webtoon dengan sendirinya. Bahkan setelah berkali – kali Oh Sung Mo berusaha untuk membunuh Kang Chul, tapi usahanya selalu gagal. Sebab Kang Chul selalu berusaha untuk tetap hidup.

Di sisi lain, Oh Sung Mo memiliki seorang anak perempuan yang berprofesi sebagai dokter magang bedah jantung bernama Oh Yeon Joo. Suatu hari, karena permintaan seniornya yang merupakan penggemar webtoon w ingin tahu akhir dari webtoon tersebut dan meminta Yeon Joo untuk menanyakan langsung ke Ayahnya dengan imbalan akan diajak untuk melakukan operasi.

Yeon Joo pun pergi ke tempat Ayahnya, tapi ternyata yang dicari malah tidak ada. Dia lantas melihat – lihat meja kerja Ayahnya dan tanpa sebab malah ditarik masuk oleh seseorang ke dalam dunia webtoon. Di sana dia melihat Kang Chul yang tengah terluka akibat tusukan seseorang. Dari sinilah permulaan cinta beda dunia ini dimulai.

3. Extraordinary You (2019)

Eun Dan Oh merupakan seorang siswi SMA yang berasal dari keluarga kaya raya. Dia merupakan anak – satunya dan Ayahnya sangat menyayanginya. Sayangnya Dan Oh memiliki penyakit jantung bawaan dari lahir. Dia memiliki tunangan bernama Baek Kyung yang tidak menyukainya, malah cenderung membenci Dan Oh.

Drama Korea Extraordinary You
Drama Korea Extraordinary You

Suatu hari Dan Oh menyadari bahwa dia dan orang – orang di sekitarnya hanyalah karakter dari sebuah webtoon. Awalnya Dan Oh mengira bahwa dia adalah tokoh utama dalam webtoon itu dan merasa sangat bahagia, tapi akhirnya dia menyadari bahwa teman sekelasnya Yeo Joo Da ternyata tokoh utamanya.

Tentu saja Dan Oh kecewa saat tahu dia hanyalah karakter extra di webtoon itu. Dan Oh pun memikirkan banyak cara agar dapat menjadikan dirinya karakter utama dalam webtoon itu.

Lalu Dan Oh bertemu dengan karakter extra lainnya yang tidak memiliki nama. Namun Dan Oh tahu bahwa karakter itu dapat membantunya mengubah plot cerita di webtoon itu. Dia pun memberi nama karakter itu yakni Haru. Awalnya Haru tidak bisa mengingat Dan Oh, tapi lama kelamaan dia pun mengingatnya. Sebab Dan Oh tidak pernah menyerah untuk membuat Haru mengingatnya.

Dengan hadirnya Haru di kehidupannya, Dan Oh mulai terlihat lebih bahagia. Dia bahkan tidak mempedulikan Baek Kyung lagi dan berusaha melawan keinginan sang author yang selalu membuatnya mengejar Baek Kyung. Dan Oh sadar betul bahwa yang benar – benar disukainya adalah Haru. Belakangan mereka mengetahui sebuah fakta tentang kehidupan mereka di cerita webtoon sebelumnya.

Mau tahu aktor tampan korea terupdate ? Simak pada artikel daftar aktor tampan Korea terbaru.

4. Cheese in the Trap (2016)

Hong Seol merupakan seorang mahasiswi yang terpaksa sempat cuti kuliah karena masalah keuangan, padahal dia tergolong mahasiswi yang rajin. Selama setahun cuti kuliah dia memanfaatkannya untuk bekerja dan menggunakan honornya untuk membayar kuliahnya.

Cheese in the Trap (2016)
Cheese in the Trap (2016)

Seol adalah seorang introvert yang punya dua orang sahabat yakni Jang Bora dan Kwon Euntaek. Setelah Seol menyelesaikan cutinya dan kembali kuliah, mereka bertiga selalu terlihat jalan berkumpul bersama di kampus. Seol juga bertemu seorang senior misterius bernama Yoo Jung.

Awalnya Seol merasa kurang nyaman berada di sekitar seniornya ini dan cenderung menghindarinya. Sebab Yoo Jung terlihat angkuh dan palsu. Menurutnya Yoo Jung hanya terlihat baik di depan saja tapi sebenarnya di belakang justru sebaliknya. Belum lagi diantara Seol dan Yoo Jung sering terjadi kesalah-pahaman. Namun, hal itu malah membuat Seol tanpa sadar malah sering memperhatikan Yoo Jung yang semakin membuatnya bingung dengan karakter seniornya itu. Di sisi lain, Yoo Jung selalu berusaha untuk dapat dekat dengan Seol.

Awalnya Seol sering menghindar tapi lama – lama dia malah menyukai Yoo Jung. Namun dia sering tidak yakin dengan perasaannya sendiri. Terlebih sifat Yoo Jung yang sangat membingungkan. Sebab di depan Seol Yoo Jung dapat menjadi seseorang yang sangat hangat, baik dan perhatian. Kemudian dapat menjadi sangat menyeramkan ketika berhadapan dengan orang yang tidak disukainya.

5. Flower Boy Next Door (2013)

Go Dok Mi adalah seorang editor di sebuah penerbit buku. Dia tidak pernah keluar dari apartmentnya atau bersosialisai dengan orang lain secara langsung. Hampir seluruh kegiatannya dilakukan dari dalam apartmentnya. Selain itu, Go Dok Mi menyukai tetangga seberang apartmennya.

Flower Boy Next Door (2013)
Flower Boy Next Door (2013)

Dia selalu memperhatikan kegiatan tetangganya itu setiap pagi melalui teropong miliknya dan mengikuti apa yang pria itu lakukan. Go Dok Mi berperilaku seperti ini karena dia memiliki ketakutan akan dunia luar alias anti sosial yang membuatnya sulit untuk bersosialisai secara langsung dengan orang lain.

Suatu pagi dia sedang memperhatikan tetangganya itu seperti biasanya. Lalu ternyata ada orang lain yang berada di apartment tetangganya itu dan tahu bahwa Go Dok Mi tengah mengawasi mereka. Bukan hanya itu, orang itu ternyata langsung mendatangi dan mengedor pintunya.

Orang itu adalah Enrique seorang gamer terkenal bertempat tinggal di Spanyol yang berkunjung ke Korea untuk sebuah pekerjaan. Dan selama itu dia tinggal di rumah kakak sepupunya yakni tetangga yang Go Dok Mi sukai.

Kepribadian Enrique yang supel, rama dan ceria sangat berbanding terbalik dengan Go Dok Mi. Sejak hari itu, kehadiran Enrique di hidup Go Dok Mi perlahan membantu gadis itu untuk bisa bersosialisasi secara normal. Go Dok Mi tidak lagi terus – terusan mengurung diri di apartmentnya. Sayangnya Enrique tidak tinggal lama di Korea, dia harus kembali ke Spanyol dan berpisah dengan Go Dok Mi.

Ulasan Film Korea : Miss & Mrs. Cop (2019)

6. Rugal (2020)

Kang Ki Beom merupakan seorang detektif elit yang tengah menyelidiki sebuah organisasi kriminal yang bernama Argos. Argos merupakan salah satu organisasi kriminal yang sangat berbahaya. Dan Kang Ki Beom menjadi salah satu korbannya.

Rugal (2020)
Rugal (2020)

Semuanya dimulai saat Kang Ki Beom pulang ke rumahnya dan mendapati istri dan anaknya terbunuh oleh beberapa anggota Argos yang mengenakan topeng. Selain membunuh kedua orang yang berharga bagi Kang Ki Beom, anggota Argos itu juga mencongkel kedua mata Kang Ki Beom.

Lalu setelah beberapa waktu berlalu, Kang Ki Beom terbangun di sebuah rumah sakit. Sayangnya saat terbangun dia malah telah menjadi tersangka atas kematian istri dan anaknya. Selain itu, ternyata bukan hanya istri dan anaknya saja yang menjadi korban pembunuhan oleh Argos, melainkan rekannya sesama detektif bernama Hwang Deuk Go. Kini Kang Ki Beom yang buta dan kehilangan istri juga anaknya harus menebus sesuatu yang bukan kesalahannya di dalam penjara.

Suatu hari sekelompok orang yang mengatas – namakan diri mereka sebagai Rugal datang dan membantu Kang Ki Beom untuk keluar dari penjara. Kelompok ini juga dulunya sempat menyelamatkan dan melatih temannya Song Mina. Kelompok Rugal merupakan sebuah organisasi atau tim khusus yang berada di bawah pengawasan NIS.

Mereka adalah sekelompok orang yang bertugas untuk membasmi para kriminal. Setelah diselamatkan oleh Rugal, Kang Ki Beom pun bergabung dengan kelompok itu. Di Rugal, Kang Ki Beom kembali dapat melihat berkat transplantasi mata biometrik yang dilakukan Rugal terhadapnya. Transplantasi itu menggunakan biotechnology yang canggih yang membuat Kang Ki Beom kemampuan penglihatan layaknya komputer.

7. Kingdom (2019)

Berlatar belakang di zaman dinasti Joseon, disaat Sang Raja telah kehilangan kekuasaanya sehingga Putra Mahkota bernama Lee Chang harus berebut kekuasaan dengan Ratu beserta keluarganya yang tamak. Dimulai dengan kabar bahwa Sang Raja jatuh sakit dan Ratu melarang siapapun untuk masuk ke istana Raja selain dia dan Ayahnya yang merupakan seorang mentri kerajaan bernama Jo Hak Jo.

Pemeran Drakor Kingdom (2019)
Pemeran Drakor Kingdom (2019)

Lee Chang dan beberapa pengikutnya merasakan sesuatu yang tidak beres sedang terjadi di istana raja berencana untuk melakukan kudeta. Lee Chang yang curiga dengan keadaan Raja, memutuskan untuk memerintahkan pengawal pribadinya Moo Young untuk mencuri catatan kesehatan Raja, sementara dirinya pergi menemui Sang Raja di kediamannya.

Namun, saat tiba di sana, Lee Chang terkejut saat melihat sebuah bayangan menyeramkan dari balik kamar Ayahnya. Saat akan memeriksanya, pengawal kerajaan yang merupakan Adik Ratu menghentikannya. Dia pun kembali dengan perasaan yang semakin curiga terhadap Ratu dan keluarganya.

Saat Moo Yeon kembali membawakannya catatan kesehatan Raja, Lee Chang memutuskan untuk pergi menemui tabib yang dulu pernah mengobati Raja. Saat kepergian Lee Chang, Ratu beserta keluarganya mengumumumkan bahwa Putra Mahkota telah melakukan pengkhianatan.

Di sisi lain saat Lee Chang telah tiba di tempat tujuannya, tempat itu telah porak – poranda. Dia menemukan banyak mayat yang tergeletak. Seorang asisten tabib bernama Seo Bi menjelaskan mengenai kejadian sebenarnya. Para mayat itu tidak benar – benar mati. Mereka akan hidup saat matahari tenggelam dan menyerang orang – orang yang masih hidup.

8. Save Me (2017)

Hujan deras saat malam hari, tidak menyurutkan niat suami – istri keluarga Im beserta kedua anak kembar mereka untuk melakukan perjalanan dari kita Seoul menuju tempat tinggal baru mereka di desa Muji. Namun di tengah – tengah perjalanan, ban mobil yang mereka kendarai tiba – tiba saja mengalami kebocoran.

Save Me (2017)
Save Me (2017)

Situasi jalanan saat itu sangat sepi, namun untungnya ada empat pemuda yang sedang mengendarai motor yang lewat dan bersedia membantu mereka. Ternyata pemuda – pemuda ini berasal dari desa Muji, desa yang akan ditinggali keluarga Im.

Singkat cerita, saat sampai di desa Muji keluarga Im tinggal di sebuah rumah kecil di dekat peternakan sapi, sebab ternyata Tuan Im telah tertipu oleh temannya. Jadi uang yang seharusnya dipakai untuk membeli rumah di desa tersebut malah dibawa lari oleh temannya itu.

Beberapa lama tinggal di desa Muji, kondisi keluarga Im mulai berantakan. Salah satu anak mereka yakni Sang Jin melakukan bunuh diri di atap sekolahnya karena tidak tahan dengan bully-an yang dilakukan teman – temannya di sekolah. Lalu kejiwaan Nyonya Im mulai memburuk sejak kematian putranya. Dan yang paling parah Tuan Im memutuskan untuk bergabung ke dalam sebuah sekte sesat di gereja Guseonwon.

Gereja Guseonwon merupakan sebuah kelompok keagamaan yang melakukan pencucian otak kepada para pengikutnya. Pemimpin sekte ini bernama Baek Jung Ki telah dianggap sebagai Bapak Rohani alias utusan Tuhan oleh para pengikutnya.

Yang paling tidak beres dari sekte ini, yakni perbuatan mereka yang sering melakukan kekerasan bahkan pembunuhan. Dan di sinilah semua petaka dimulai.

Cari film Korea denga genre Komedi ? Inilah rekomendasi film Korea Komedi terbaru.

9. Strangers from Hell (2019)

Seorang pemuda dari desa memutuskan untuk pindah ke Seoul seperti anak muda pada umumnya yang ingin menguji nasib bernama Yoon Jung Woo. Sebagai pendatang yang memiliki uang pas – pasan, Jung Woo memutuskan untuk tinggal di sebuah goshiwon yakni semacam kos – kosan murah dengan kamar tidur yang kecil dan sempit di Korea.

Goshiwon tersebut bernama Eden dan pemiliknya menawarkan harga yang cukup murah dan pas dikantong Jung Woo. Dia tidak masalah jika harus berbagi kamar mandi dan dapur dengan penghuni goshiwon lainnya. Tapi yang mengganggu adalah suasana goshiwon itu yang sangat aneh dan cenderung menyeramkan.

Strangers from Hell (2019)
Strangers from Hell (2019)

Orang – orang yang tinggal di sana juga aneh dan misterius. Mulai dari orang mesum, berisik hingga psikopat gila tinggal di sana. Selama di goshiwon tersebut Jung Woo sering mengalami kejadian – kejadian aneh nan menyeramkan.

Di sisi lain, polisi dibingungkan dengan beberapa kasus orang hilang juga kucing – kucing yang ditemukan mati secara mengenaskan. Berbeda dalam menghadapi kasus orang hilang, para polisi ini cenderung mengabaikan temuan kucing – kucing yang mati mengenaskan itu.

Tapi seorang polisi wanita menolak untuk mengabaikan kematian kucing – kucing itu yang terbilang mencurigakan. Menurutnya, kasus kucing – kucing ini sudah terlalu sering terulang. Polisi wanita itupun memutuskan untuk menyelidikinya tanpa mempedulikan pendapat polisi lain. Dan benar saja, kasus kematian kucing – kucing ini membawa polisi ke sebuah kasus yang lebih besar dan mencengangkan.

10. Memorist (2020)

Seorang pemuda bernama Dong Baek yang saat masih SMA tiba – tiba saja mendapatkan sebuah kemampuan luar biasa untuk dapat melihat ingatan seseorang hanya dengan menyentuh orang tersebut. Alih – alih menyembunyikan kemampuannya itu, Dong Baek malah membiarkan seluruh dunia mengetahui kemampuan khususnya.

Memorist (2020)
Memorist (2020)

Berkat itu juga kini Dong Baek dapat menjadi seorang detektif untuk menangkap para penjahat. Selain itu, Dong Baek memiliki keahlian bertarung yang sangat hebat. Berkat semua keahlian yang dimilikinya, Dong Baek menjadi detektif terbaik dan diakui di Korea Selatan.

Sayangnya karena orang – orang telah mengetahui kemampuan membaca ingatan seseorang, para penjahat jadi semakin mewaspadainya. Dong Baek bekerja sama dengan seorang profiler kriminal muda yang jenius bernama Han Sun Mi.

Di usia Han Sun Mi yang sangat muda dia telah mampu menjabat sebagai pengawas senior di kepolisian karena kejeniusan yang dimilikinya. Han Sun Mi ini sangat menyukai pekerjaannya saat ini. Gairahnya dalam memecahkan suatu kasus akan semakin membara saat mendapatkan kasus yang sangat sulit.

Selain memiliki semangat luar biasa dalam menangkap penjahat, Han Sun Mi merupakan seorang pribadi yang sangat dingin dan tenang. Han Sun Mi memiliki satu tujuan, yakni menguak kebenaran dari sebuah insiden yang di alaminya di masa lalu yang melibatkan Ayahnya.

11. My ID is Gangnam Beauty (2018)

Kang Mi Rae mengalami perundungan sejak masih sekolah karena penampilannya. Akibat hal itu, Mi Rae tumbuh menjadi gadis yang sangat pemalu. Lelah karena selalu di-bully hanya karena wajahnya, Mirae memutuskan untuk melakukan operasi plastik setelah lulus SMA. Setelah masuk kuliah dan menjadi seorang mahasiswi, Mi Rae benar – benar terlihat seperti orang lain dengan penampilan terbarunya.

My ID is Gangnam Beauty (2018)
My ID is Gangnam Beauty (2018)

Awalnya orang – orang memujinya karena wajahnya terlihat sangat cantik. Tapi ternyata pujian itu memiliki maksud lain. Diam – diam di belakang Mi Rae, teman – teman di kampusnya selalu merendahkannya. Mereka menyebut Mi Rae dengan sebutan Gangnam Beauty. Ternyata bahkan setelah tampil lebih cantik, orang – orang masih bersikap jahat padanya.

Lalu dia bertemu dengan teman sekolahnya dulu di SMA yang dikenal karena memiliki wajah yang sangat tampan yakni Do Kyung Suk. Kyung Suk ini merupakan orang yang mengetahui tentang masa lalu Mi Rae saat masih SMA. Makanya saat mereka bertemu lagi, Kyung Suk mencoba membantu Mi Rae untuk dapat lebih menerima dirinya sendiri apa adanya.

Di awal semester, Kyung Suk telah menjadi pusat perhatian berkat ketampanannya. Walau memiliki wajah yang tampan, Kyung Suk tidak pernah menilai orang lain berdasarkan tampang mereka. Justru menurut Kyung Suk hati seseorang lebih penting dari pada penampilan luarnya.

Bukan itu saja, Kyung Suk berpikiran bahwa semua wanita cantik itu jahat, sejak Ibunya yang terkenal akan kecantikannya memilih untuk meninggalkan dia, adikknya juga Ayahnya. Kyung Suk cenderung sering menunjukkan sikap dingin kepada orang lain, terutama jika dia tidak menyukai orang itu.

12. Itewon Class (2020)

Park Sae Royi merupakan seorang pemuda idealis dan tidak mudah bergaul. Setelah Ibunya meninggal dunia, dia hanya tinggal berdua dengan Ayahnya. Hubungan Sae Royi dan Ayahnya sangat dekat. Bahkan Sae Royi sangat menyayangi dan juga mengidolakan Ayahnya.

Itewon Class (2020)
Itewon Class (2020)

Di sekolah, Sae Royi merupakan tipikal anak tidak suka berbasa – basi dan sulit untuk memulai pertemanan. Suatu hari Ayah Sae Royi yang bekerja di Jangga Food dipindah – tugaskan ke sebuah kota kecil. Tentu saja Sae Royi mengikuti Ayahnya untuk pindah.

Nah, di sekolah barunya ini, Sae Royi bermasalah dengan Jang Geun Won anak dari direktur Jangga Food. Walau sebenarnya yang salah adalah Geun Won tapi justru Sae Royi yang dituntut oleh direktur Jangga Food untuk meminta maaf pada Geun Won. Tapi Sae Royi malah menolak untuk meminta maaf. Akibatnya dia dikeluarkan dari sekolah dan Ayahnya juga memilih untuk mengundurkan diri dari perusahaan tersebut.

Lalu tidak lama, Ayah Sae Royi mengalami kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh Geun Woo. Tapi karena keluarganya mampu membeli hukum, Geun Woo tidak mendapatkan hukuman apa – apa. Malah Sae Royi yang dijebloskan ke penjara dengan tuduhan telah melakukan penganiyayaan terhadap Geun Woo.

Setelah bebas dari penjara, Seo Royi pun memutuskan untuk mengumpulkan modal untuk membuka usaha restoran yang dapat berkembang menjadi sebuah perusahaan makanan yang lebih besar mengalahkan Jangga Food.


Itulah beberapa rekomendasi drama Korea yang diadaptasi dari webtoon. Buat kamu yang lebih suka menonton ketimbang membaca, mungkin kamu bisa coba nonton drama – drama ini yang diadaptasi dari webtoon.

Tags

Mahardika Dewi

Pernah berkuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. A Bookworm, and also addicted to movie, anime, and drama series.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Close
Close

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.