Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Movie
Trending

10 Rekomendasi Film Animasi Studio Ghibli

Studio Ghibli merupakan salah satu rumah produksi animasi asal Jepang yang sudah sangat dikenal namanya. Nama studio ghibli sendiri berasal dari istilah orang Italia dalam menyebut pesawat – pesawat pengincar sahara mereka pada masa perang dunia ke 2.

Di balik nama Ghibli ada teori mengenai makna nama Ghibli, yakni studio ghibli meniupkan angin yang baru terhadap industri animasi atau anime Jepang. Salah satu founders studio ghibli yang namanya telah dikenal karena telah berhasil menyutradarai animasi – animasi produksi studio ghibli adalah Hayao Miyazaki.

Sudah banyak animasi yang diproduksi oleh studio ghibli dan selalu mendapat perhatian publik. Pasalnya animasi – animasi produksi studio ghibli punya ciri khas dari segi visual dan gambarnya, pun ceritanya yang imajinatif dan unik.

Nah, buat yang penasaran tentang apa saja animasi yang telah diproduksi oleh studio ghibli, berikut ini rekomendasi animasi produksi studio ghibli buat kamu.

1. Spirited Away (2001)

Seorang gadis cilik bernama Chihiro sedang dalam perjalanan menuju rumah barunya bersama kedua orang tuanya. Di tengah perjalanan mereka tersesat lalu memutuskan untuk berhenti sejenak di depan sebuah terowongan.

Kedua orang tua Chihiro lantas masuk menyusuri terowongan tersebut. Chihiro berusaha melarang orang tuanya, tapi malah disuruh untuk menunggu di mobil. Terpaksa Chihiro mengikuti Ayah dan Ibunya menyusuri terowongan tersebut, dari pada menunggu sendirian di dalam mobil. Setelah melewati terowongan tersebut, mereka menjumpai padang rumput yang luas dan indah.

Film Animasi Spirited Away (2001)
Film Animasi Spirited Away (2001)

Kedua orang tua Chihiro semakin tertarik menyusuri tempat itu tatkala mereka mencium bau makanan yang lezat. Benar saja, mereka mendapati beberapa gerai makanan tanpa pemilik yang berjejer memamerkan berbagai hidangan lezat.

Tertarik untuk mencoba, kedua orang tua Chihiro segera memakan sajian yang ada di gerai tersebut dengan rakus. Hingga tanpa Chihiro sadari kedua orang tuanya telah berubah menjadi dua ekor babi gemuk yang rakus. Ternyata tempat yang mereka datangi itu merupakan dunia lain.

Demi menyelamatkan kedua orang tuanya, Chihiro meminta bantuan pada teman barunya yakni Haku, bocah laki – laki yang ditemuinya di sebuah jembatan di dunia itu.

2. Howl’s Moving Castle (2004)

Sophie merupakan seorang gadis berusia 18 tahun yang berprofesi sebagai pembuat topi di toko topi peninggalan mendiang Ayahnya. Suatu hari Sophie bertemu dengan sesosok pemuda tampan yang menjadi pusat perhatian gadis – gadis muda.

Ternyata pemuda itu adalah seorang penyihir yang sedang dalam kejaran The Witch of the Waste. Tanpa sengaja Sophie ikut terlibat dalam masalah mereka, untungnya pemuda itu berhasil meloloskan diri bersama Sophie dan mengantarkan gadis itu ke tempat tujuannya dengan selamat.

The Witch of the Waste mendatangi toko Sophie secara tiba – tiba. Sophie yang telah menutup tokonya meminta nenek sihir itu untu pergi dari tokonya, tapi penyihir itu merasa tersinggung oleh perlakuan Sophie terhadapnya.

Animasi Howl’s Moving Castle (2004)
Animasi Howl’s Moving Castle (2004)

Maka dia mengutuk Sophie menjadi seorang nenek – nenek berumur 90 tahun. Sempat terkejut dengan perubahan yang dialaminya, Sophie memutuskan untuk tidak memberitahu Ibu dan saudaranya mengenai kutukannya. Sophie justru memutuskan untuk pergi dari rumah dan mencari cara untuk melepaskan kutukan yang didapatnya.

Dia tiba di lembah pembuangan. Di sana dia bertemu dengan sebuah orang – orangan sawah yang ajaibnya hidup. Orang – orangan sawah itu lantas mengantar Sophie ke istana bergerak milik seorang penyihir hebat bernama Howl.

Di dalam istana tersebut Sophie disambut oleh setan api bernama Calcifer. Setelah beberapa lama berbincang dengan Calcifer, Sophie memutuskan untuk tidur. Esoknya ketika dia bertemu dengan Howl yang baru saja pulang ke istananya, Sophie mengatakan bahwa dia adalah tukang bersih – bersih baru yang disewa Calcifer. Howl tampak mempercayainya begitu saja.

Dan dimulailah petualangan Sophie bersama dengan penyihir hebat Howl. Faktanya, Howl adalah pemuda yang ditemuinya sebelum Sophie dikutuk menjadi nenek – nenek berusia 90 tahun.

3. My Neighbor Totoro (1988)

Profesor Tatsuo Kusakabe bersama kedua putri kecilnya yakni Satsuki dan Mei melakukan perjalanan menuju ke rumah baru mereka di sebuah desa di pinggir hutan. Pasalnya istri Profesor Tatsuo dirawat di sebuah rumah sakit di dekat desa tersebut.

Rumah baru mereka ini tampak sudah sangat tua dan reyot. Bahkan beberapa tiangnya seakan mau roboh. Profesor Tatsuo bersama kedua putrinya itu mulai melakukan beres – beres sesampainya di rumah baru mereka.

Suatu hari saat Satsuki telah berangkat ke sekolah, tanpa sengaja Mei melihat makhluk aneh yang terlihat seperti kelinci keluar dari kolong rumah mereka. Saat sadar Mei memperhatikannya, kelinci itu segera melarikan diri.

My Neighbor Totoro (1988)
My Neighbor Totoro (1988)

Mei lantas mengejar kelinci itu dan tahu – tahu dia sudah berjalan cukup jauh. Tibalah Mei di depan sebuah pohon besar dengan akar yang meliuk – liuk dan memiliki celah di bawahnya. Mei terperosok masuk ke dalam celah di bawah pohon dan jatuh tepat di atas sebuah makhluk besar berbulu yang sedang rebahan.

Bentuknya sama seperti kelinci yang dikejar Mei sebelumnya, tapi ukurannya lebih besar. Nama makhluk besar mirip kelinci itu adalah Totoro. Saat pulang, Mei menceritakan hal itu kepada Kakaknya.

Namun, Satsuki tidak mempercayai cerita Mei. Hingga suatu hari Ayah mereka pulang terlambat, lalu mereka memutuskan untuk menjemputnya di halte bus. Di sanalah Totoro muncul. Dia menggunakan selembar daun sebagai payung untuk menghalau air hujan yang jatuh mengenai tubuhnya. Totoro memberikan biji pepohonan untuk ditanam sebagai hadiah untuk Satsuki dan Mei.

Cari judul film animasi Barat untuk mengisi waktu luang ? Inilah daftar rekomendasi film animasi pengisi waktu luang.

4. Whisper of the Heart (1995)

Shizuku Tsukishima merupakan gadis berusia 14 tahun yang kutu buku dan menghabiskan hampir seluruh waktunya di perpustakaan. Suatu hari saat sedang di perpustakaan membaca buku, Shizuku mendapati sebuah nama yang cukup asing baginya. Seiji Amasawa.

Penasaran, Shizuku mengecek semua buku yang telah dibacanya dan ternyata buku – buku itu juga telah dibaca oleh si Seiji Amasawa itu. Singkat cerita, Shizuku akhirnya bertemu dengan Seiji Amasawa di sebuah toko barang antik yang disinggahi Shizuku setelah dia mengikuti seekor kucing gemuk aneh. Ternyata toko barang antik itu milik kakek Seiji bernama Shiro Nishi.

Cuplikan Film Animasi Whisper of the Heart (1995)
Cuplikan Film Animasi Whisper of the Heart (1995)

Seiji lalu mengajak Shizuku ke lantai bawah toko barang antik itu. Di bawah sana terdapat bengkel biola, tempat Seiji biasanya menghabiskan waktunya. Sejak pertemuan mereka itu, Shizuku dan Seiji jadi sering bertemu dan menjadi akrab. Walaupun masih sangat muda, Seiji merupakan pemuda yang tahu apa impiannya.

Seiji mengatakan kepada Shizuku bahwa suatu hari nanti dia ingin menjadi seorang pengrajin biola. Dia ingin berkunjung ke sebuah kota di mana semua pengrajin biola berkumpul, tepatnya di Cremona, Italia.

Dia ingin belajar membuat biola di kota itu. Lalu dalam waktu dekat ini, Seiji berencana untuk pergi ke Cremona dan mewujudkan mimpinya walaupun hanya dua bulan saja di sana. Hal itu membuat Shizuku rendah diri di hadapan Seiji, sebab gadis itu belum pernah memikirkan apa yang ingin dia lakukan. Namun berkat dorongan dari Seiji, Shizuku akhirnya menyadari bakatnya.

Dia bertekad selama dua bulan kepergian Seiji, Shizuku akan membuat sebuah buku cerita dengan Baron si kucing sebagai karakter utamanya.

5. The Cat Returns (2002)

Haru merupakan seorang gadis yang ceroboh dan sering datang ke sekolah kesiangan. Suatu hari sepulang sekolah, di berpapasan dengan seekor kucing aneh berwarna hitam yang tengah membawa sebuah bingkisan dengan hiasan pita di mulutnya.

Karena gerak gerik kucing itu yang sangat beda dengan kucing pada umumnya, Haru terus memperhatikan kucing itu yang kini hendak menyeberangi jalan raya yang cukup padat. Merasa nyawa kucing itu dalam bahaya, Haru dengan sigap segera berlari menyelamatkan kucing itu. Setelah berhasil diselamatkan, kucing itu membungkuk dan mengucapkan terima kasih kepada Haru.

Potongan Film Animasi The Cat Returns (2002)
Potongan Film Animasi The Cat Returns (2002)

Sejak kejadian siang itu, Haru terus memikirkannya sepanjang hari. Hingga suatu malam, sebuah bunyi aneh membangunkan Haru. Saat mencoba memeriksa melihat melalui jendela, dia melihat segerombolan kucing yang tengah berjalan beriringan dengan dua kaki layaknya manusia.

Ternyata mereka adalah iringan kerajaan kucing yang berniat mengundang Haru ke kerajaan mereka sebagai hadiah telah menyelamatkan Pangeran Lune yakni kucing hitam yang tadi siang diselamatkannya.

Namun, Haru tidak terlalu menggubrisnya dan menganggap semua itu hanya mimpi. Sayangnya semuanya tidak berakhir sampai disitu. Haru terus – terusan mendapatkan kejutan – kejutan aneh dari kucing – kucing tersebut. Seperti di halaman rumahnya tiba – tiba saja tumbuh tanaman ekor kucing yang sangat subur hingga memenuhi setiap sudut halaman.

Belum lagi dia ditawari untuk menjadi pengantin Pangeran Lune si kucing hitam. Bingung dan lelah dengan segala kejadian itu, Haru seakan mendapatkan petunjuk untuk semua masalahnya saat ini. Petunjuk itu membawa Haru ke kantor urusan kucing yang dikelola oleh seekor kucing bernama Baron.

6. Pom Poko (1994)

Sebelum industri perekonomian Jepang tumbuh sangat pesat, jauh di dalam hutan para tanuki atau anjing rakun hidup damai dan bahagia. Mereka dengan bebas berkembang biak dan mencari makanan.

Namun, seiring perkembangan perekonomian, pemerintah Jepang mulai memperluas lahan untuk pemukiman dan industri sehingga berimbas pada para tanuki yang kehilangan tempat tinggalnya. Akibat lahan hutan yang semakin sempit, kehidupan para tanuki yang awalnya damai berubah jadi cukup kacau.

Para tanuki mulai saling memperebutkan makanan dan tempat tinggal hingga berakhir dengan perkelahian. Para tetua tanuki lalu memutuskan untuk mengambil tindakan. Mereka berusaha untuk menghentikan permusuhan antar tanuki dan mengajak mereka bersatu menghadapi manusia.

Pom Poko (1994)
Pom Poko (1994)

Jadi tanuki merupakan hewan yang di percaya oleh masyarakat Jepang dapat menyerupai wujud apapun, termasuk wujud manusia. Seiring dengan perkembangan zaman, para tanuki mulai lupa cara mengubah diri.

Salah satu tetua tanuki bernama Tsurugame meminta agar para tanuki yang tersisa untuk belajar ilmu berubah wujud tersebut. Para tanuki itu diajari langsung oleh Nenek Oroku.

Sayangnya tidak semua tanuki muda ini memiliki bakat dalam berubah wujud. Tapi bukan berarti tidak ada yang berbakat sama sekali. Shoukichi adalah tanuki muda yang berbakat dan gemar mengamati manusia. Dia juga memberikan saran untuk menghadapi manusia tanpa perlu mencelakai mereka.

Tau film animasi Toy Story kan ? Inilah sinopsis lengkap Toy Story lengkap.

7. The Tale of Princess Kaguya (2013)

Dahulu kala seorang penebang pohon bernama Sanuki No Miyatsuko melihat sebuah cahaya yang sangat terang berasal dari salah satu pohon bambu di hutan. Di dekat kaki pohon bambu tersebut, terdapat rebung yang menjadi asal cahaya tersebut.

Ternyata setelah diperiksa, rebung itu berisi seorang putri cantik dengan tubuh mungil. Maka Sanuki No Miyatsuko membawa putri itu pulang bersamanya dan menunjukkannya kepada istrinya. Selama berpuluh – puluh tahun mereka menikah belum juga dikaruniai seorang anak.

The Tale of Princess Kaguya (2013)
The Tale of Princess Kaguya (2013)

Dengan hadirnya putri itu, keduanya menganggapnya sebagai sebuah berkah. Mereka berdua pun memutuskan untuk merawat putri itu. Pertumbuhan sang putri sangat cepat hingga mendapatkan sebutan Takenoko oleh teman – temannya.

Takenoko hidup bahagia bersama kedua orang tua dan teman – temannya. Dia seringnya bermain dengan Sutemaru dan saudara – saudaranya di dalam hutan. Sang putri pun beranjak remaja dengan sangat cepat.

Suatu ketika Sanuki No Miyatsuko menemukan begitu banyak kain indah yang berwarna – warni juga emas di dalam bambu di hutan. Pria itu menganggap hal itu sebagai tanda untuk menjadikan Takenoko sebagai putri sungguhan yang mengenakan pakaian indah dan hidup mewah di sebuah istana.

Dengan menggunakan emas – emas yang didapatnya, Sanuki No Miyatsuko pergi ke ibukota untuk membangunkan sebuah istana untuk putrinya. Namun putrinya sebenarnya tidak setuju dengan keputusan Ayahnya yang ingin menjadikannya putri.

Dia tidak ingin meninggalkan keluarga dan teman – temannya, termasuk Sutemaru yang selalu bersamanya. Tapi dengan terpaksa, dia pindah ke ibukota dan tinggal di istana seperti yang diinginkan Ayahnya.

8. Ponyo (2008)

Jauh di dasar laut, terdapat seekor ikan kecil bernama Brunhilde yang tinggal bersama Ayahnya Fujimoto dan saudara – saudaranya. Ayah Brunhilde merupakan ilmuan yang dulunya adalah seorang manusia.

Suatu ketika saat sedang berenang bersama Ayah dan saudara – saudaranya, Brunhilde pergi seorang diri menuju sebuah kapal dengan berenang di atas ubur – ubur. Akibatnya dia tertangkap jaring manusia dan dimasukkan ke dalam toples.

Tidak berlangsung lama, toples berisi Brunhilde itu terdampar di pinggir pantai. Seorang anak laki – laki bernama Sosuke yang sedang bermain di pinggir pantai melihatnya, lalu mencoba untuk meraih toples itu hingga tangannya terluka tergores karang.

Ponyo (2008)
Ponyo (2008)

Sosuke lantas membuka toples itu untuk mengeluarkan ikan kecil itu yang tanpa diduga dapat menyembuhkan luka di tangan Sosuke. Sempat terkejut, Sosuke berpikir bahwa itu ikan ajaib dan memutuskan untuk merawatnya. Dia memberi ikan itu nama yakni Ponyo. Sosuke berjanji akan selalu menjaga dan melindungi Ponyo.

Fujimoto yang khawatir dengan anaknya lantas memerintahkan para roh untuk menyelamatkan anaknya itu. Namun saat ketemu dan dibawa kembali pulang ke dasar laut, anaknya itu malah menolak untuk dipanggil dengan Brunhilde melainkan Ponyo.

Ponyo juga berkeinginan untuk berubah menjadi manusia dan kembali ke daratan menemui Sosuke. Hal itu mendatangkan ombak besar yang akan menghantam daratan. Hingga akhirnya Ayah Ponyo menyerah dan menyatukan Ponyo dan Sosuke di dunia manusia.

9. Kiki’s Delivery Service (1989)

Kiki merupakan seorang penyihir cilik berusia 13 tahun yang tinggal di sebuah desa kecil memutuskan untuk melakukan pengembaraan. Hal ini sebenarnya sudah menjadi tradisi bagi para penyihir muda demi dapat menjadi sosok yang mandiri dan punya banyak pengalaman. Kiki ditemani oleh kucing hitam milik bernama Jiji yang sering diajaknya ngobrol.

Dengan menggunakan sapu terbangnya, Kiki tiba di sebuah kota di pinggir laut. Sayangnya Kiki cukup kesulitan untuk menemukan tempat tinggal. Lalu suatu waktu dia bertemu dengan bocah laki – laki bernama Tombo yang membantu Kiki saat terkena tilang oleh polisi. Kemudian Kiki membantu Osono yakni pemilik sebuah toko roti.

Tidak disangka, ternyata Osono mengijinkan Kiki untuk tinggal di rumahnya. Kiki lalu menawarkan diri untuk membantu Osono di toko roti dengan mengantarkan setiap roti ke rumah para pembeli.

Animasi Kiki’s Delivery Service (1989)
Animasi Kiki’s Delivery Service (1989)

Hal ini cukup mudah bagi Kiki yang seorang penyihir yang dapat terbang menggunakan sapu terbang miliknya. Dia pun menggunakan kemampuannya ini sebagai pekerjaan untuk melakukan jasa pengantaran.

Suatu hari Kiki terkena demam setelah kehujanan. Setelah akhirnya demamnya turun dan Kiki kembali sehat, dia malah kehilangan kemampuannya untuk terbang. Padahal Kiki sangat bangga dan tertolong karena kemampuannya itu.

Belum lagi Jiji si kucing hitam yang selalu cerewet tiba – tiba tidak dapat berbicara seperti biasanya. Saat itu Kiki seperti berada dalam titik terendah dalam kehidupannya. Namun berkat hal itu dia belajar hal penting dan menemukan jati dirinya.

Cari rekomendasi film fantasi ? Inilah daftar film genre fantasi terbaik.

10. Only Yesterday (1991)

Seorang pekerja kantoran di sebuah perusahaan swasta bernama Taeko Okajima berusia 27 tahun, memutuskan untuk mengambil cuti selama 10 hari untuk pergi berlibur ke sebuah desa di Yamagata.

Di sana rencananya Taeko ingin mencoba untuk memetik bunga matahari bersama dengan sebuah keluarga yang dia kunjungi. Di desa itu dia pun bertemu dengan seorang pemuda yang memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya di kantor dan memutuskan untuk menjadi petani organik.

Dia bernama Toshio. Bersama Toshio, Taeko merasa nyaman untuk berbagi cerita masa kecilnya. Saking dekatnya, bahkan nenek Toshio berharap agar Taeko tinggal di desa itu dan menikah dengan Toshio.

Only Yesterday (1991)
Only Yesterday (1991)

Di perjalanannya dalam kereta, Taeko sempat mengingat kembali kehidupan masa kecilnya saat dia masih berumur 10 tahun. Saat masih kecil Taeko bukanlah anak yang menonjol, justru terbilang biasa.

Taeko kecil sangat lemah dalam pelajaran matematika, seperti anak kecil pada umumnya. Dia juga tidak menyukai pelajaran olahraga. Taeko sendiri lebih tertarik untuk menulis cerita atau bermain peran. Layaknya anak – anak, Taeko juga sering rewel atau bertengkar dengan kakaknya. Taeko juga keras kepala dan suka membangkang.

Tapi itu adalah Taeko berumur 10 tahun. Taeko yang berumur 27 tahun adalah orang yang kadang merasa frustasi ketika mendapatkan pertanyaan yang lebih seperti desakan soal kapan dia akan menikah.


Kebanyakan animasi produksi studio Ghibli memang lebih terasa fantasinya yang menggambarkan sudut pandang dan imajinasi anak – anak. Tapi bukan berarti orang dewasa tidak akan menyukai animasi produksi studio ghibli. Malah sebaliknya. Apalagi setiap filmnya memiliki pesan moralnya masing – masing.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Close
Close

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.