Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Movie

10 Rekomendasi Film Tentang Virus dan Wabah Mengerikan

Belakangan masyarakat dunia digegerkan dengan sebuah virus bernama COVID-19 yang memaksa hampir seluruh dari kita untuk tetap tinggal di rumah dan melakukan social distancing. Aktvitas kita di luar ruangan dibatasi, demi mencegah penularan virus tersebut.

Bicara soal virus, ada beberapa film yang mengambil tema tentang penyebaran virus dan wabah. Beberapa menggambarkan situasi kota atau suatu negara saat terserang pandemi yang membuat masyarakat panik dan ketakutan.

Mungkin situasinya tidak jauh berbeda dengan keaadaan kita beberapa bulan ini. Terjadi kekacauan di beberapa tempat. Semua orang ingin selamat dan bebas dari virus atau wabah yang menular. Meski begitu, ada juga film yang memperlihatkan penyebaran virus secara berlebihan, seperti berubah menjadi zombie misalnya.

Buat kamu yang ingin mencoba menonton film mengenai penularan virus mengerikan, coba deh, nonton rekomendasi film tentang virus dan wabah berikut ini:

1. Flu (2013)

Semua diawali karena sekelompok imigran gelap yang diseludupkan ke dalam kontainer besar menuju Korea Selatan. Sialnya, salah satu dari imigran tersebut ternyata sedang sakit dan dia membawa sebuah virus yang menular sekaligus mematikan bersamanya.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.
The Flu (2013) - Film Bercerita tentang Virus
The Flu (2013) – Film Bercerita tentang Virus

Saat oleh Byung Ki dan Byung Woo yang berniat melepaskan para imigran itu, keduanya malah mendapati bahwa hampir semua imigran itu telah meninggal. Hanya satu orang saja dari mereka yang masih bertahan hidup yang selanjutnya malah menularkan virus ke seluruh penjuru kota Bundang.

Sayangnya mereka tidak mengetahui bahwa imigran itu tengah membawa virus mematikan yang dapat mengacaukan seluruh kota Bundang, atau bahkan seluruh penjuru Korea Selatan. Setidaknya dalam waktu kurang lebih 36 jam terinfeksi, ribuan orang meninggal. Tentu saja hal ini mengundang kepanikan masyarakat.

Segera seluruh kota tersebut di karantina oleh pemerintah. Bahkan hal ini membuat Presiden Korea Selatan secara langsung memutuskan untuk turun tangan dalam mengatasi penyebaran virus ini.

Di sisi lain, seorang dokter yang bertugas untuk menemukan vaksin dari virus tersebut yakni Kim In Hae, belakangan baru mengetahui bahwa putrinya bernama Kim Mi Reu ternyata telah terinfeksi virus itu. Artinya Mi Reu harus dikarantina bersama dengan orang – orang yang terfeksi.

Masalahnya, orang – orang yang berada dalam karantina tidak akan disembuhkan, melainkan akan dimusnahkan karena mereka belum menemukan vaksinnya. Lalu masalah lain timbul. Orang – orang yang berada dalam karantina mengetahui rencana itu dan terjadilah kekacauan.

Demi menyelamatkan putrinya itu, Kim In Hae berusaha menemukan vaksin yang dapat menyembuhkan virus tersebut.

Trailer The Flu (2013)

2. Outbreak (1995)

Pada masa perang tahun 1967, sebuah penyakit aneh menyebar di camp tentara di daerah Motaba River Valley, Zaire, Afrika Tengah dan membuat banyak prajurit kala itu meninggal dunia. Namun, bukannya mencoba untuk menyembuhkan tentara – tentara tersebut, para atasan mereka malah memutuskan untuk memberi perintah membakar habis seluruh tempat itu.

Film Virus yang Menginfeksi Banyak Orang - I Am Legend (2007)
Film Virus yang Menginfeksi Banyak Orang – I Am Legend (2007)

Tiga puluh tahun berlalu setelah kejadian naas tersebut, tersebar kabar bahwa sebuah virus aneh telah menyebar di wilayah Zaire, Afrika Tengah. Virus itu dengan cepatnya menular dan menyerang sel – sel tubuh seseorang dengan sangat cepat hingga mengakibatkan kematian.

Kemudian seorang kolonel bernama Sam Daniels bersama dengan timnya bertolak ke Zaire untuk menginvestigasi penyebab dari kemunculan virus tersebut. Setelah melakukan uji lapangan dan laboratorium, Sam dan timnya akhirnya mengetahui bahwa virus ini sama dengan virus yang muncul 30 tahun yang lalu di camp tentara dan mengakibatkan kematian para tentara saat itu.

Seiring berjalannya waktu semakin banyak warga yang terinfeksi virus tersebut dan mulai menyebar ke beberapa wilayah di Amerika. Sam dan timnya lantas berusaha untuk menemukan vaksin untuk virus tersebut dengan cepat. Dan ternyata, vaksin untuk virus tersebut sebenarnya telah lama ditemukan oleh Presiden Ford dan bawahannya.

Sayangnya kebenaran itu sengaja ditutupi oleh Sang Presiden karena tidak ingin kehilangan kekuasaannya. Dia dengan sengaja melarang para bawahannya untuk menyebarkan hal itu terutama ke media.

Presiden Ford beserta para pimpinan negara di Amerika bahkan telah saling sepakat untuk melakukan pembasmian secara biologi. Di sisi lain, Sam berusaha untuk sesegera mungkin membantu warga yang terinfeksi setelah menemukan vaksin untuk virus mematikan itu.

Trailer Outbreak (1995)

Mau cari film ? Berikut rekomendasi situs download film legal terbaik.

3. Deranged (2012)

Sebuah kasus yang membuat para polisi kebingangan. Bagaimana tidak, didapati ribuan jasad manusia yang telah membusuk mengambang di sungai. Saat mereka memeriksa rekaman cctv, terlihat para korban tersebut berlarian dan menceburkan diri mereka ke sungai hingga tenggelam.

Deranged (2012) - Film Tentang Penyakit Misterius
Deranged (2012) – Film Tentang Penyakit Misterius

Jae Hyeok yang merupakan mantan profesor yang kini bekerja sebagai seorang sales obat – obatan, secara langsung melihat kliennya dengan suka rela menceburkan dirinya sendiri ke dalam air hingga meninggal. Salah seorang junior Jae Hyeok yaitu Yeon Joo yang bekerja di Institut Kesehatan Nasional, mendapati penyebab dari tingkah laku aneh orang – orang tersebut.

Ternyata semua kegilaan ini disebabkan oleh cacing parasit bernama Yeongasi, yang umumnya hanya menyerang serangga dan membuat serangga tersebut mencerburkan dirinya ke air. Dan dalam kasus ini, Yeongasi malah menyerang dan mengendalikan otak manusia.

Orang – orang yang menjadi inang si cacing parasit ini memiliki gejala, yang diawali dengan meningkatnya nafsu makan namun berat badan mereka justru tidak kunjung naik. Lalu ketika Yeongasi telah tumbuh dewasa dan siap untuk bereproduksi, inangnya akan terus mengalami dehidrasi tanpa henti.

Terakhir, saat parasit ini akan keluar dari tubuh inangnya, maka sang inang akan menceburkan dirinya ke air. Siapa saja dapat menjadi inang cacing – cacing ini. Keluarga Jae Hyeok menjadi salah satu korbannya. Hal ini membuat Jae Hyeok harus kejar – kejaran dengan waktu agar dapat menyelamatkan istri dan kedua anaknya.

Bersama dengan adiknya Jae Pil yang seorang detektif, mereka pun menyelidiki kasus ini dan membawa mereka kepada kebenaran bahwa ternyata di balik kegilaan ini, ada konspirasi besar yang terjadi.

Trailer Deranged (2012)

4. I Am Legend (2007)

Robert Neville merupakan seorang ahli virus Amerika yang tinggal bersama Istrinya Zoe dan putrinya Marley di New York. Suatu ketika, sebuah virus mematikan mulai menginfeksi sebagian warga kota New York. Orang –  orang yang belum terinfeksi, berusaha untuk meninggalkan kota itu dengan segala transportasi yang ada. Tidak terkecuali keluarga Robert.

Film Virus yang Menginfeksi Banyak Orang - I Am Legend (2007)
Film Virus yang Menginfeksi Banyak Orang – I Am Legend (2007)

Karena status Robert sebagai Letkol, keluarganya dapat diungsikan keluar dari New York menggunakan helikopter. Sayangnya, helikopter yang ditumpangi Zoe dan Marley malah meledak saat mengudara. Sedangkan Robert berhasil bertahan hidup. Robert menjadi salah satu orang di dunia yang memiliki kekebalan imun alami yang membuatnya tidak terinfeksi virus ini.

Lalu sebagai satu – satunya orang yang selamat di New York, Robert memilih untuk tinggal dan mencoba untuk melakukan penelitian atas wabah ini. Dengan kemampuannya sebagai seorang ahli virus, Robert melakukan beberapa percobaan untuk menemukan vaksin untuk virus ini.

Virus ini merupakan virus mutasi yang telah menginfeksi kurang lebih 90% umat manusia di muka bumi. Orang – orang yang telah terinfeksi virus ini akan berubah menjadi makhluk ganas yang haus darah dan memakan daging. Mereka akan terlihat sangat pucat dan botak.

Mereka takut akan sinar matahari, oleh karenanya para zombie ini disebut sebagai darkseeker. Walau begitu, mereka tidak seperti zombie yang biasa digambarkan di film – film karena darkseeker masih memiliki kemampuan berpikir seperti manusia umumnya.

Puncaknya dimulai ketika salah seorang darkseeker, yakni Alpha male berniat untuk melakukan balas dendam terhadap Robert yang telah menculik Istri darkseeker itu.

Trailer I Am Legend (2007)

Kamu penggemar drama Korea ? Sudah tahu situs download drama korea terupdate ?

5. Twelve Monkeys (1995)

Di tahun 2027 di masa depan, manusia hampir punah akibat infeksi virus mematikan yang menurut para peneliti, penyebarannnya didalangi oleh organisasi rahasia bernama The Army of 12 Monkeys.

Twelve Monkeys (1995)
Twelve Monkeys (1995)

Manusia yang berhasil selamat dari virus tersebut mau tidak mau harus tinggal di bawah tanah demi mencegah penyebaran yang lebih parah karena udara di permukaan udaranya telah beracun.

Di sisi lain, para ilmuan terus melakukan usaha untuk menemukan vaksin virus ini dengan banyak cara, bahkan dengan menjelajah waktu. James Cole seorang tahanan menjadi relawan dalam misi tersebut.

James harus menjelajah waktu kembali ke tahun 1996 saat wabah tersebut dimulai, untuk mengumpulkan informasi mengenai virus itu. Tentu saja dengan jaminan bahwa James akan mendapatkan pembebasan bersyarat. Sayangnya bukannya kembali ke tahun yang dituju, James malah nyasar di tahun 1990.

Karena tidak punya cara lain, James lantas memberi tahu orang – orang di tahun 1990 bahwa di masa depan akan ada organisasi bernama twelve monkeys yang akan menyebarkan suatu virus mematikan.

Tentu saja James langsung di cap gila hingga dimasukkan ke rumah sakit jiwa. Di sana, dia berkenalan dengan seorang psikiater bernama Dr. Kathryn Railly dan seorang pasiean bernama Jeffrey. Dr. Kathryn adalah dokter yang menangani James, sedangkan Jefrey merupakan seorang putra virolog terkenal saat itu.

Namun, belakangan baru diketahui, bahwa twelve monkeys bukanlah dalang sebenarnya di balik penyebaran wabah yang telah membunuh banyak orang tersebut.

Trailer Twelve Monkeys (1995)

6. Carriers (2009)

Sekelompok pemuda, yakni Brian, Danny, Bobby dan Kate melakukan perjalanan menuju Turtle Beach di Amerika Serikat setelah sebuah virus menular dan mematikan menyebar ke seluruh penjuru dunia. Virus itu menjadi penyebab dari kematian ribuan manusia di dunia.

Carriers (2009)
Carriers (2009)

Brian dan teman – temannya berencana untuk tinggal di sebuah motel dan mengurung diri mereka di sana hingga pandemi ini selesai. Perjalanan mereka menuju pantai di barat daya Amaerika Serikat itu, tidaklah mudah.

Mereka harus berjuang untuk bertahan hidup denga membuat beberapa peraturan yang tentu saja tidak boleh dilanggar. Di tengah perjalanan, mereka bertemu dengan seorang pria yakni Frank Holloway dan putrinya Jody yang telah terinfeksi virus tersebut.

Mobil pria itu kehabisan bahan bakar dan rusak. Dia memaksa keempat remaja itu untuk membantunya. Namun tanpa sengaja, ternyata Booby bersentuhan dengan Jody dan membuatnya terinfeksi. Hal itu lantas disembunyikan Bobby dari teman – temannya.

Tidak ada yang tahu bahwa Bobby telah terinfeksi virus itu, hingga mereka bertemu dengan sekelompok survivor yang berhasil sembuh setelah terinfeksi. Mereka mengetahui bahwa Bobby telah terinfeksi dan memberitahu ketiga remaja lainnya.

Ketiganya pun lantas meninggalkan Bobby dan memilih melanjutkan perjalanan menuju Turtle Beach tanpanya. Sayangnya ternyata, Brian juga terinfeksi dan meminta saudaranya yakni Danny untuk membunuhnya. Brian tidak ingin mati akibat virus itu.

Danny yang tidak punya pilihan lain, terpaksa membunuh Brian. Setelah itu dia pergi ke Turtle Beach berdua saja dengan Kate.

Trailer Carriers (2009)

7. Contagion (2011)

Mitch Emhoff harus menerima pil pahit, setelah istrinya Beth meninggal dunia akibat terinfeksi flu sepulangnya dari Hongkong. Belum lama kepergian istrinya, putra tirinya juga mengalami hal yang sama dan meninggal dunia.

Contagion (2011)
Contagion (2011)

Mitch lantas diisolasi dan mendapatkan pemeriksaan kesehatan. Untungnya dia memiliki imunitas yang kuat sehingga Mitch tidak tertular virus tersebut. Sayangnya bukan hanya istri dan anaknya saja yang terinfeksi virus seperti itu, beberapa orang pun mulai mengalami gejala yang sama.

Ternyata virus ini berasal dari virus jenis baru yang disebut sebagai MEV-1. MEV-1 ini menyebar melalui droplet dan masuk ke dalam saluran pernapasan. Semakin menyebarnya virus ini, semakin banyak pula korban jiwa yang berjatuhan.

Dengan cepat virus ini menyebar ke beberapa kota dan menyebabkan terjadinya kepanikan dan ketakutan untuk saling bersentuhan. Selain korban yang berjatuhan, perlahan peradaban dan eksistensi manusia mulai runtuh.

Untuk mendeteksi dari mana virus ini berasal cukup sulit. Dalam hitungan jam, orang yang terinveksi semakin tidak berdaya dan kemudian meninggal. Dr. Mears ilmuan dari pusat pengendalian penyakit Amerika mencoba untuk menyelidiki wabah ini. Dr. Mears ilmuan ini berusaha untuk menemukan obat untuk wabah ini.

Bukan hal yang mudah untuk menemukan obatnya, karena virus MEV-1 cukup cerdas. Keadaan semakin memburuk saat Dr. Mears yang melakukan penyelidikan tersebut, malah menjadi korban terinfeksi dari virus MEV-1 dan meninggal.

Trailer Contagion (2011)

Cari drama Korea yang bercerita tentang profesi dokter ? Simak ulasan drama Korea tentang dokter terbaik.

8. World War Z (2013)

Gerry Lane beserta istri dan kedua anaknya terjebak kemacetan lalu lintas parah beberapa pengendara mulai terlihat panik. Namun, bukan hal itu saja yang membuat panik, terlihat beberapa helikopter melintas diatas mereka disertai dengan kegaduhan dari orang – orang yang berada jauh di depan sana.

Ditambah suara ledakan yang cukup besar. Seluruh kekacauan itu ternyata disebabkan oleh orang – orang yang tiba – tiba berubah menjadi zombie kemudian menyerang siapa saja yang berada di sekitarnya.

Pamflet Film World War Z (2013)
Pamflet Film World War Z (2013)

Tanpa perlu waktu lama, terlihat orang yang telah digigit berubah menjadi zombie, salam waktu kurang lebih 10 detik saja. Mereka menyerang secara barbar, bahkan ada zombie yang memanjat ke gedung – gedung tinggi lalu melompati helikopter yang sedang mengudara.

Keadaan lalu lintas dengan cepat menjadi kacau balau. Gerry berusaha menyelematkan diri dan keluarganya segera setelah mengetahui apa yang sedang terjadi.

Gerry merupakan mantan anggota PBB. Dia lalu diminta untuk membantu untuk menginvestigasi penyebab wabah tersebut. Tentu saja Gerry tidak melakukannya dengan gratis. Sebagai imbalannya keselamatan seluruh keluarganya akan dijamin.

Dia bersama dengan timnya kemudian terbang ke Korea hingga Swiss demi mendapatkan petunjuk yang berkaitan dengan wabah zombie tersebut. Saat dia tiba di sebuah laboratorium penelitian WHO di sebuah tempat terpencil, ternyata hampir sebagian dari bagunan itu telah dikuasi oleh para zombie – zombie lapar.

Nah, di salah satu ruangan di gedung itu terdapat sampel virus yang mereka perlukan. Sayangnya untuk bisa mendapatkan sampel tersebut, sebelumnya dia harus melewati para zombie lapar yang sedang berkeliaran di bangunan itu.

Trailer World War Z (2013)

9. 28 Days Later (2002)

Sejumlah aktivis pembela hak hewan membobol masuk ke sebuah laboratorium rahasia yang menjadikan hewan – hewan tidak bersalah sebagai percobaan. Para aktivis itu berhasil membebaskan para simpanse yang terkurung di sana. Namun, simpanse itu ternyata tengah terjangkit virus bernama Rage.

28 Days Later (2002)
28 Days Later (2002)

Tidak lama setelah pembebasan itu, para simpanse itu menularkan virus Rage ke manusia dan hanya butuh hitungan detik manusia – manusia yang tertular virus tersebut berubah menjadi zombie. Kemudian tidak butuh waktu lama, virus zombie itu menyebar dan menjangkiti manusia lainnya melalui darah.

Kemudian setelah 29 hari, Jim terbangun dari koma dan mendapati keadaan yang kacau balau. Jim adalah salah seorang yang selamat dari serangan virus zombie di London dari virus tersebut. Melihat keadaan yang lebih dari kacau tersebut, Jim sadar bahwa kota London saat ini telah menjadi kota mati. Untungnya dia bertemu dengan beberapa orang yang berhasil selamat dari virus tersebut.

Jim dan teman – teman barunya tak lama mendengar kabar bahwa di kota Manchester terdapat pangkalan militer yang menyediakan fasilitas rumah sakit bagi manusia yang selamat.

Mereka lantas memutuskan untuk bergegas pergi ke Manchester yang ternyata tidak mudah. Mereka harus menghadapi para zombie kelaparan yang kurang lebih sudah hampir sebulan belum makan. Para zombie ini terlihat kurus kering bahkan ada beberapa yang telah mati.

Beruntungnya karena zombie – zombie ini hanya keluar pada malam hari atau di tempat gelap untuk menyerang manusia yang masih tersisa. Tapi tidak banyak manusia selamat yang tersisa. Maka dari itu Jim dan teman – temannya berusaha keras untuk dapat menghindari serangan para zombie kelaparan itu agar dapat sampai ke Manchester dengan selamat. Namun ternyata tidak ada apa – apa, selain manusia yang lebih buruk dan kejam dari para zombie.

Trailer 28 Days Later (2002)

Kamu pecinta seri superhero milik Marvel ? Silahkan simak urutan film Marvel Cinematic Universe secara lengkap ini.

10. 28 Weeks Later (2007)

28 minggu setelah virus Rage menyebar dan menginfeksi hampir seluruh warga Inggris, tentara Amerika mengumumkan mengenai pembangunan negara yang sudah dapat dilakukan karena pandemi virus rage telah selesai.

28 Weeks Later (2007)
28 Weeks Later (2007)

Orang – orang yang berhasil selamat dari virus rage tersebut kembali dapat berkumpul dengan keluarga mereka yang selamat dan sempat terpisah akibat virus tersebut. Hal ini tidak terkecuali untuk Don dan istrinya Alice.

Bersama dengan para warga London yang tersisa mereka berkumpul di salah satu rumah warga dan menikmati santapan untuk mereka semua.

Di tengah – tengah suasana hangat itu, seseorang mengetuk pintu rumah. Ternyata hanya seorang anak kecil meminta masuk. Anak itu ternyata diikuti oleh sekelompok orang yang telah terjangkit virus Rage. Spontan orang – orang panik dan berusaha menyelamatkan diri.

Sayangnya tidak ada yang selamat selain Don. Namun, hanya Don seorang yang selamat dari tempat itu. Ternyata wabah virus rage belum selesai. Segera seluruh Inggris pun ditutup. Tidak ada yang boleh keluar masuk ke Inggris, demi mencegah penularan yang lebih luas lagi.

Anak Don Tammy dan Andy yang baru saja kembali dari luar negeri mengetahui bahwa Ibu mereka menjadi salah satu korban yang tewas dalam kejadian itu, memutuskan untuk diam – diam pergi dari kamp karantina untuk mengecek keadaan rumah mereka.

Di sana mereka bertemu dengan Ibu mereka yang ternyata masih hidup namun telah terjangkit virus rage. Berbeda dengan orang – orang yang terserang virus rage, Alice tidak berubah menjadi zombie. Hal ini lantas membuat militer Nato bimbang dalam mengambil keputisan untuk membunuh Alice atau tidak.

Trailer 28 Weeks Later (2007)


Film – film di atas tentu hanya fiksi belaka. Tapi mungkin beberapa di antaranya tengah menggambarkan situasi kita saat ini, dan dapat kita jadikan pembelajaran di masa sekarang dalam menghadapi wabah ini. Stay Safe, ya.

Mahardika Dewi

Pernah berkuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. A Bookworm, and also addicted to movie, anime, and drama series.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Close
Close

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.