Patuhi protokol kesehatan saat keluar rumah dengan membawa hand sanitizer dan menggunakan masker. Bersama Indonesia bebas COVID-19.
Movie

8 Rekomendasi Film Yang Diadaptasi dari Novel

Membaca buku atau novel menjadi hobi banyak orang. Ketika membaca novel, hampir semua pasti membayangkan cerita dari novel yang dibacanya. Seperti tokoh – tokoh dan suasana dalam cerita tersebut.

Banyak dari novel – novel favorit itu yang difilmkan dan tayang dilayar lebar maupun layar kaca. Biasanya film yang diaptasi dari sebuah buku banyak ditunggu – tunggu oleh para pembaca bukunya. Makanya banyak film adaptasi novel yang mendapatkan antusias besar dari penontona. Tapi kembali lagi, tidak semua film adaptasi mendapatkan kesuksesan.

Sebuah film adaptasi tidak mendapatkan sambutan hangat, biasanya disebabkan oleh ekspektasi dari para pembaca terhadap film tersebut yang berbeda dengan apa yang ditampilkan. Berikut ini rekomendasi film yang diadaptasi dari novel.

1. Harry Potter (2001 – 2011)

Judul Urutan Film Harry Potter dari Awal sampai Akhir
Film Harry Potter dari Awal sampai Akhir

Harry Potter merupakan film adaptasi dari novel fantasi populer karya penulias J.K Rowling. Harry Potter memiliki total 7 buku seri dan 8 seri film. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa simak pada pembahasan urutan film Harry Potter lengkap. Sesuai judulnya, film ini bercerita tentang seorang penyihir muda bernama Harry Potter. Harry tinggal bersama pamannya Vernon Dursley dan bibinya Petunia Dursley beserta anak mereka Dudley.

Di ulang tahunnya yang ke-11, Harry mendapatkan surat dari Hogwarts yakni sekolah para penyihir. Pada malam hari saat badai, paman Vernon memutuskan untuk membawa Harry dan anak istrinya mengungsi di sebuah gubuk tua terpencil di lepas pantai, karena menghindari surat – surat dari Hogwarts yang terus berdatangan.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

Paman Vernon menolak untuk menyekolahkan Harry di Hogwarts. Tiba – tiba Hagrid datang dan mendobrak pintu masuk gubuk itu, lalu memberitahu Harry bahwa dia adalah seorang penyihir dan mengajaknya pergi ke Hogwarts meninggalkan tempat itu.

Di Hogwarts, Harry berkenalan dan bersahabat dengan Ron Weasley dan Hermione Granger. Mereka bertiga selalu bersama. Ron merupakan teman pertama Harry. Ron juga mengenalkan Harry dengan keluarganya. Berkat Ron, Harry selalu diterima dalam keluarga Weasley. Bahkan saat natal, Nyonya Weasley juga selalu memberikan kado natal untuk Harry.

Lalu Hermione merupakan penyihir muda paling pintar seumurannya. Namun, karena Hermione merupakan muggle born yakni penyihir yang berasal dari keturunan manusia biasa, dia sering diganggu oleh Draco Malfoy dan teman – temannya. Tapi untungnya Hermione punya Harry dan Ron yang selalu membelanya. Dengan bantuan dengan Hermione dan Ron, Harry harus berhadapan dengan penyihir jahat Lord Voldemort yang telah membunuh kedua orang tua Harry.

2. The Fault In Our Stars (2014)

The Fault In Our Stars (2014)
The Fault In Our Stars (2014)

The Fault In Our Stars diadaptasi dari novel best seller karya John Green. Diceritakan seorang remaja 19 tahun penderita kanker paru – paru stadium 4, yang ingin menjalani hidupnya seperti remaja normal lainnya. Namun, Ibunya meminta Hazel untuk mengikuti sebuah support grup untuk para penderita kanker.

Walaupun Hazel tidak ingin ikut perkumpulan itu karena menurutnya tempat seperti itu membosankan, dia tetap pergi dengan diantar oleh ibunya. Di sanalah dia bertemu dengan Augustus Waters, seorang remaja sepertinya yang mengidap Osteosarcoma.

Akibat penyakit itu, Gus harus kehilangan kakinya. Bertemu dengan Gus, membuat kehidupan Hazel berwarna. Hazel dapat lebih ceria berkat Gus. Hazel dan Gus memiliki banyak kesamaan. Keduanya sering bersikap sinis terhadap kehidupan, terutama bagi para penderita kanker seperti mereka. Lambat laun kedua remaja penderita kanker itu saling jatuh cinta.

Hazel sangat menyukai buku berjudul An Imperial Affliction karya seorang penulis asal Amsterdam bernama Peter Van Houten. Suatu hari, Gus mengajak Hazel pergi ke Amsterdam untuk menemui Peter Van Houten. Perjalanan mereka berdua terbilang berjalan mulus, bahkan sangat menyenangkan.

Hazel dan Gus sangat menikmati liburan mereka berdua. sayangnya di akhir liburan mereka, penyakit Gus kambuh dan harus segera dilarikan ke rumah sakit. Beberapa waktu dirawat, kondisi Gus tidak kunjung membaik. Sebaliknya, Gus meninggal dunia. Gus meninggalkan surat yang sangat menyentuh untuk Hazel.

Suka yang seru-seru ? Mungkin rekomendasi film action terbaik ini dapat menjadi teman akhir pekanmu.

3. Marmut Merah Jambu (2014)

Marmut Merah Jambu (2014)
Marmut Merah Jambu (2014)

Salah satu film Indonesia yang diadaptasi dari novel komedi karya Raditya Dika. Walaupun komedi, film dan bukunya banyak memberi pesan moral. Filmnya sendiri bercerita tentang masa remaja Dika saat masih SMA. Saat SMA Dika memiliki teman bernama Bertus.

Keduanya ini bukanlah anak populer, bahkan tergolong siswa sangat biasa yang bahkan gurunya saja lupa kalau mereka adalah siswa sekolah itu. Nah, Dika dan Bertus ini pun mulai merencanakan untuk menjadi siswa populer di sekolahnya.

Berbagai cara mereka lakukan, mulai dari bergaya ala remaja tahun 80-an atas saran Ayah Dika yang malah berakhir dengan kegagalan total. Hingga mereka memutuskan untuk membuat sebuah klub detektif bersama dengan satu teman mereka yakni Cindy.

Setelah berhasil menyelesaikan sebuah kasus, klub detektif mereka menjadi terkenal. Mereka mulai mendapatkan banyak tawaran untuk menyelidiki berbagai macam masalah. Bukan hanya para siswa yang menggunakan jasa mereka, tapi para guru juga.

Namun dari berbagai macam kasus, ada satu kasus yang tidak dapat mereka pecahkan. Kasus ancaman pembunuhan kepala sekolah. Jadi ada sebuah coret – coretan di dinding bergambar marmut dengan tanduk yang terlihat seperti iblis.

Nah, kepala sekolah mencurigai bahwa ada orang yang berniat untuk membunuhnya. Dika dan kedua temannya berusaha untuk mencari tahu pelaku di balik coretan tersebut. Sayangnya hingga dewasa, mereka tidak dapat mengetahui pelakunya.

Belakangan Dika akhirnya mengetahui pelaku coretan itu. Ternyata Cindy adalah dalang di balik semuanya. Tapi Cindy tidak bermaksud mengancam kepala sekolah. Coretan itu sebenarnya pesan tersembunyi untuk Dika, tapi kepala sekolah mereka keburu salah paham. Dika dan Cindy baru kembali bertemu di pernikahan teman SMA mereka dan menyelesaikan kesalapahaman mereka berdua.

4. All the Bright Places (2020)

 

All the Bright Places (2020)
All the Bright Places (2020)

Film Barat romance ini merupakan adaptasi dari novel karya Jenniver Niven. All the Bright Places bercerita tentang kisah cinta antara dua remaja yakni Theodore Finch dan Violet Markey. Keduanya bertemu saat Finch sedang olahraga pagi, lalu dia melihat Violet yang berniat untuk menjatuhkan dirinya dari atas jembatan.

Finch berhasil mencegah gadis itu sebelum Violet benar – benar melompat. Dari situ mereka mulai menjadi lebih sering bertemu dan dekat. Finch dan Violet sering menghabiskan waktu bersama untuk berbagi cerita hidup masing – masing.

Dari obrolan mereka, Violet mengetahui bahwa Finch tengah menderita mental illness yakni depresi dan bipolar yang selalu membuatnya ingin mengakhiri hidupnya. Namun meskipun begitu, Finch selalu berusaha mensugesti dirinya sendiri dengan mencari – cari alasan untuk tetap bertahan hidup.

Sedangkan Violet awalnya adalah gadis populer di sekolahnya, namun belakangan dia menderita trauma yang cukup berat setelah kepergian kakaknya yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas. Akibatnya, Violet jadi menutup dirinya.

Kehadiran Finch, membuat kehidupan Violet menjadi sedikit lebih baik. Dia sudah lebih sering tertawa setiap bersama Finch. Begitu pun Finch yang memiliki banyak masalah, seperti keluarganya yang berantakan dan lingkungan sekolahnya memperparah keadaan mentalnya. Namun, setelah kehadiran violet, dia akhirnya benar – benar memiliki alasan untuk tetap hidup.

Kedua remaja ini saling mengobati luka mereka satu sama lain. Saat mereka bersama, Finch dan Violet dapat melihat harapan. Namun, sepertinya luka kedua remaja itu sudah terlalu parah dan sulit untuk diobati. Apalagi kondisi lingkungan mereka yang penuh dengan orang – orang negatif yang semakin memperparah keadaan keduanya.

5. Laskar Pelangi (2008)

Laskar Pelangi (2008)
Laskar Pelangi (2008)

Film Laskar Pelangi ini merupakan adaptasi dari buku karya Andrea Hirata dengan judul yang sama. Berkisah tentang anak – anak kampung yang memiliki mimpi besar. Perjuangan mereka dimulai di sebuah sekolah tua dan rapuh yakni SD Muhammadiyah yang masih dapat bertahan berkat kepala sekolah yakni Harfan Efendy dan seorang guru bernama Muslimah Hafsari.

Kedua orang itu memiliki jasa yang sangat besar dalam mempertahankan sekolah itu karena kekurangan murid. Tanpa lelah, keduanya dengan sabar dan ikhlas mengajari kesebelas murid – murid mereka. Bahkan berusaha memberikan para murid – murid itu motivasi untuk bersaing dalam perlombaan. Berkat hal itu, salah beberapa didik mereka berhasil menjuarai sebuah karnaval bahkan lomba cerdas cermat mengalahkan murid – murid dari sekolah lain.

Sayangnya Lintang, salah satu murid terpandai di sekolah mereka terpaksa putus sekolah karena Ayahnya meninggal dunia. Namun tidak ada usaha yang sia – sia. Anak – anak didik Pak Harfan dan Ibu Muslimah semuanya menjadi orang – orang yang berguna dan berhasil di masa depan.

Salah satu murid mereka bahkan ada yang menjadi wakil rakyat. Ada juga yang berhasil mendapatkan beasiswa S2 internasional di University de Paris dan berhasil lulus dengan predikat cumlaude. Tentu saja hal itu membuat kedua guru ini sangat bangga akan prestasi yang diraih para muridnya.

Alur misterius selaku melekat di drama Jepang detektif ini.

6. The Hobbit (2012 – 2014)

The Hobbit - The Desolation of Smaug (2013)
The Hobbit – The Desolation of Smaug (2013)

The Hobbit merupakan adaptasi dari novel high fantasy karya J.J.R Tolkien dengan judul sama. Film trilogi The Hobbit ini merupakan prequel The Lord of the Rings yang dirilis pada 2001 hingga 2003. Saat Bilbo Baggins berulang tahun ke 111 dia mewariskan One Ring kepada keponakannya Frodo Baggins.

Bilbo adalah seorang Hobbit muda yang menikmati hidupnya yang tenang dan damai di Bag End. Tapi sepertinya kedamaian tersebut tidak dapat berlangsung selamanya. Seorang Wizard bernama Gandalf mendatanginya dan mengajaknya untuk bertualang bersama 13 orang kurcaci.

Awalnya Bilbo cukup ragu untuk mengiyakan ajakan Gandalf. Dia merasa kurang percaya diri saat ditawari untuk bergabung dengan Gandalf dan para kurcaci, karena dia tidak tahu cara bela diri atau bertarung. Selain itu, dia juga tidak pernah bepergian jauh seumur hidupnya. Namun, akhirnya dia memutuskan untuk bergabung dan melakukan petualangan bersama Gandalf dan ketigabelas kurcaci tersebut.

Misi pertama mereka adalah merebut kembali harta para kurcaci dari seekor naga bernama Smaug. Selain itu, tempat tinggal mereka gunung Erebor yang memiliki banyak emas juga telah di ambil alih dan dikuasai oleh sang naga.

Smaug menghancurkan kerajaan para kurcaci hingga banyak korban tewas. Bilbo, Gandalf, dan ketiga belas kurcaci, kini mereka hanya memiliki sebuah tujuan yakni menemukan tempat tinggal mereka dulu.

Dengan peta yang dimiliki Thorin, salah satu kurcaci itu dan sebuah kunci di tangan Gandalf, mereka akhirnya dapat menemukan tempat tersebut. Namun, peta itu menggunakan bahasa kurcaci kuno dan tidak ada satupun dari anggota kelompok itu yang dapat membacanya.

Untunglah seseorang dari bangsa peri bernama Lord Elron dapat membaca dan mengerti tulisan di peta itu, tapi bangsa kurcaci nembenci bangsa peri karena sebuah alasan.

7. Maze Runner (2014 – 2018)

Maze Runner The Death Cure (2018)
Maze Runner The Death Cure (2018)

Terakhir ada serial trilogi Maze Runner yang diadaptasi berdasarkan serial novel dewasa-muda bergenre Dystopian Science Fiction karya penulis Amerika James Dashner. Cerita diawali saat Thomas yang setengah sadar berada di dalam sebuah lift yang membawanya ke sebuah tempat asing yang dikelilingi oleh benteng tembok tebal juga tinggi.

Tempat itu bernama Glade. Saat dia baru sampai di Glade, sekumpulan remaja yang telah tinggal di sana lebih dulu menghampirinya. Remaja – remaja itu dipimpin oleh Alby dengan Newt sebagai wakilnya. Alby sendiri merupakan orang pertama yang sampai di Glade.

Thomas awalnya masih belum mengingat apapun, bahkan namanya saat baru sampai. Semua remaja di sana juga mengalami hal yang sama sebelumnya dan hal itu merupakan hal yang normal di Glade.

Para remaja penduduk Glade membagi – bagi tugas mereka, ada yang bertugas untuk memasak, membangun rumah, dan menjadi pelari.

Orang yang terpilih menjadi pelari merupakan orang – orang yang memiliki stamina kuat dan cekatan, karena tugas mereka adalah mengitari labirin untuk mencari jalan keluar dari Glade dan keluar dari sana sebelum malam. Hal ini karena pintunya akan tertutup saat menjelang malam hari, selain itu akan ada monster laba – laba yang disebut Griever keluar pada waktu malam.

Tantangan lainnya adalah bentuk labirin itu selalu berubah – ubah dan orang yang tidak berhasil keluar sebelum malam, mereka tidak dapat kembali dengan selamat. Suatu hari, mereka akhirnya mengetahui sebuah kebenaran mengenai Glade dan mencoba untuk pergi dari tempat itu.

Selain Crows Zero, film High and Low juga menarik untuk disaksikan.

Nah, itulah film yang telah diadapatasi dari novel. Buat kamu yang belum sempat membaca novelnya, mungkin kamu bisa mencoba menonton filmnya dulu.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.