Patuhi protokol kesehatan saat keluar rumah dengan membawa hand sanitizer dan menggunakan masker. Bersama Indonesia bebas COVID-19.
Movie

Silenced (2011), Film Korea Berdasarkan Kisah Nyata

Film Silenced merupakan garapan dari sutradara Hwang Dong Hyuk yang dibintangi oleh aktor tampan korea Gong Yoo. Awal mula pembuatan film ini sebenarnya tercetus oleh sang aktor utama yakni Gong Yoo. Saat itu dia sedang melaksanakan wajib militernya dan membaca sebuah buku berjudul Dokani karya Kong Ji Young yang diterbitkan pada tahun 2009.

Buku tersebut ditulis berdasarkan sebuah kisah nyata yang terjadi di Gwangju sekitar tahun 2000an. Gong Yoo pun bertemu dengan si penulis buku tersebut dan mengatakan bahwa kisah tersebut perlu untuk diangkat ke dalam sebuah film. Nah, jadilah film tersebut digarap dan dirilis pada tahun 2011. Setelah dirilis, film ini mendulang banyak antusias dan respon yang luar biasa dari publik.

Kim Hyun-Soo dan Jung In-Seo dalam Film Silenced
Kim Hyun-Soo dan Jung In-Seo dalam Film Silenced

Drama Korea News : Drama Korea yang Dibintangi oleh Aktor Tampan Ji Chang Wook Loh!

Jadi ceritanya diawali dengan seorang guru musik bernama Kang In Ho (Gong Yoo) yang memutuskan untuk mengajar di sebuah sekolah khusus tuna rungu. Dia yang sedang mengalami kesulitan finansial, terpaksa mau tidak mau menerima tawaran bekerja di sekolah tersebut.

Saat melajukan mobilnya menuju sekolah tersebutu, In Ho mengalami sebuah kecelakaan dan membuat mobilnya harus diperbaiki. Untungnya dia bertemu dengan salah satu staff sekolah tersebut bernama Seo Yoo Jin (Jung Yoo Mi) yang bersedia memberi In Ho tumpangan menuju sekolah.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

Di hari pertamanya mengajar dia sudah mulai merasakan keganjalan yang terjadi pada para siswanya. Tidak lama dia mengetahui sebuah fakta mengejutkan dan menyakitkan, beberapa siswa di sekolah itu telah mengalami kekerasan fisik dilihat dari tubuh mereka yang penuh luka lebam.

Cuplikan Trailer Film Korea Silenced (2011)
Cuplikan Trailer Film Korea Silenced (2011)

Drama Korea News : Film dan Drama Korea yang Dibintangi Aktor Tampan Song Joong Ki

Selain kekerasan fisik, mereka juga mendapatkan kekerasan seksual. Dan pelakunya merupakan para guru termasuk kepala sekolah mereka. Padahal jika dilihat, sekolah tersebut memiliki reputasi yang bagus. Para guru dan juga kepala sekolah memanfaatkan kekurangan yang dimiliki para siswa yang tidak mampu berbicara. Kang In Ho yang dibantu Seo Yoo Jin pun berusaha untuk menguak kejadian tersebut, namun para petinggi berusaha untuk menutupi kasus tersebut.

Film korea ini berhasil memenangkan banyak penghargaan perfilman, salah satunya Best Film di 3rd Korfa Film Awards Ceremony 2011. Setelah ditayangkannya film ini, publik meluapkan kemarahannya. Mereka meminta agar kasus tersebut kembali dibuka. Kemudian, sekolah yang terlibat yakni Gwangju Inhwa School pun ditutup pada November 2011.

Mahardika Dewi

Pernah berkuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. A Bookworm, and also addicted to movie, anime, and drama series.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.