Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Movie

11 Urutan 🎬 Film Fast and Furious

Sejak dirilis di tahun 2001 silam film Fast and Furious banyak yang memasukkan film ini ke dalam daftar film must watch mereka yang merupakan penggemar film action.

Film Fast and Furious gak cuma sekedar bercerita tentang balapan mobil saja, tapi juga film ini dipenuhi aksi laga yang menegangkan.

Untuk kamu yang baru mau mulai menonton film Fast and Furious, mungkin akan sedikit kebingungan dengan jalan ceritanya.

Karena film ini memiliki alur yang maju mundur, jadi saya sarankan agar menontonnya berdasarkan chronological order-nya. Nah, agar kamu mengerti alur ceritanya, ini dia urutan film Fast and Furious berdasarkan timeline-nya.

1. The Fast and The Furious (2001)

Seorang agen rahasia bernama Brian O’Conner yang ditugaskan untuk menyelidiki sebuah komplotan pembalap jalanan yang diduga merupakan dalang dari pembajakan truk.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

Dia kemudian melakukan penyamaran yang membuatnya harus berbaur dengan komplotan pembalap tersebut, demi keberhasilan penyelidikannya. Brian O’Conner ikut dalam tanding balapan mobil yang mau tidak mau, dengan terpakasa mempertaruhkan mobilnya dalam balapan tersebut karena tidak memiliki dana untuk dipertaruhkan.

The Fast and The Furious (2001)
The Fast and The Furious (2001)

Balapan tersebut kemudian dimenangkan oleh Dominic, namun LAPD muncul di akhir pertandingan. Brian O’Conner dan Dominic pun berhasil melarikan diri dari LAPD, namun berakhir memasuki wilayah rival lama

Dominic yang diketuai oleh Johnny Tran dan juga sepupunya Lance Nguyen yang sebelumnya menghancurkan mobil Brian O’Conner. Belum lagi, setelah mengenal Dominic, hidup Brian O’Conner sedikit demi sedikit mulai berubah.

Dia bahkan mengesampingkan statusnya sebagai polisi yang sedang menyamar demi menyelidiki dan menangkap Dominic dan komplotannya, berbalik menjadi ingin menyelamatkan teman barunya itu.

Trailer The Fast and The Furious (2001)

2. Turbo Charged Prelude to 2 Fast 2 Furious (2003)

Turbo Charged Prelude to 2 Fast 2 Furious merupakan film pendek berdurasi 6 menit yang sudah termasuk dalam special edition DVD set untuk film kedua yakni 2 Fast 2 Furious (2003).

Turbo Charged Prelude to 2 Fast 2 Furious (2003)
Turbo Charged Prelude to 2 Fast 2 Furious (2003)

Kamu bisa melewatkan film pendek ini dan langsung menonton film keduanya saja, tapi meskipun begitu film ini memiliki kaitan dengan film pertama dan kedua Fast and Furious.

Dalam durasi 6 menit, film ini menceritakan bagaimana Brian O’Conner yang bersiap – siap untuk meninggalkan LA sebelum ditangkap oleh FBI. Dia berkeliling Amerika dan memenangkan beberapa balapan jalanan, sementara FBI menyatakannya sebagai buronan nasional. Film ini diakhiri dengan Brian O’Conner yang bertolak menuju ke Miami.

Trailer Turbo Charged Prelude to 2 Fast 2 Furious (2003)

3. 2 Fast 2 Furious (2003)

Setelah membiarkan Dominic lolos, saat ini Brian O’Conner telah menjadi buronan FBI. Pelariannya tidak berjalan mulus, dia pada akhirnya tertangkap oleh mantan bosnya saat menjadi polisi.

Namun Brian O’Conner tidak langsung dijebloskan ke penjara, melainkan dia ditawari untuk bekerja sama dengan polisi dalam sebuah penyelidikan, dengan imbalan semua pelanggaran yang sebelumnya dilakukan oleh Brian O’Conner akan dilupakan. Brian O’Conner pun menyepakati hal tersebut.

2 Fast 2 Furious (2003)
2 Fast 2 Furious (2003)

Dengan ditemani rekannya Roman Pearce tiba di rumah Verone untuk menjalankan misi mereka untuk mengambil sebuah paket yang ada di dalam mobil Verone sekaligus menjatuhkannya.

Sayangnya, Verone bukanlah orang sembarangan yang mudah untuk dijatuhkan apalagi dibunuh. Brian dan Roman harus menghadapi berbagai rintangan untuk menyelesaikan misi mereka.

Trailer 2 Fast 2 Furious (2003)

4. Los Bandoleros (2009)

Los Bandoleros adalah film pendek kedua dari seri Fast and Furious yang berdurasi selama 20 menit. Dalam film ini, penonton diperlihatkan Dominic yang sedang bersembunyi di Republik Dominica setelah menjadi seorang buronan.

Los Bandoleros (2009)
Los Bandoleros (2009)

Dominic bertemu kembali dengan kekasihnya dulu yakni Letty dan kawan lamanya Han Lue, Dominic juga bertemu dengan teman – teman baru selama masa pelariannya itu.

Dominic dan teman – temannya itu berencana untuk melakukan pembajakan pada tangki minyak dan dijual ke pasar gelap, agar dapat dibagikan kepada para penduduk Dominica yang miskin. Selain itu, Dominic juga berusaha untuk membebaskan seorang rekannya bernama Lego Tego keluar dari penjara.

Trailer Los Bandoleros (2009)

5. Fast and Furious 4 (2009)

Melanjutkan cerita dari film pendek sebelumnya yakni Los Bandoleros, dimana Dominic menjalani kehidupannya sebagai seorang buronan dan melakukan pembajakan tangki minyak bersama kelompoknya.

Namun adik Dominic yaitu Mia, mengabari Dominic bahwa Letty telah dibunuh oleh seorang Mafia bernama Arturo Braga.

Fast and Furious 4 (2009)
Fast and Furious 4 (2009)

Di sisi lain, Brian O’Conner yang kembali menjalani profesinya sebagai agen FBI, tengah mendapatkan misi untuk menyelidiki sebuah sindikat narkoba yang ternyata dipimpin oleh Arturo Braga.

Hal itu mempertemukan Dominic dan Brian O’Conner kembali. Meskipun reuni tersebut diawali dengan persaingan mereka agar dapat diangkat sebagai supir Arturo Braga, namun mereka berdua berakhir dengan bekerja sama untuk menangkap Arturo Brian dan komplotannya.

Tapi hal itu mengakibatkan Dominic akhirnya tertangkap oleh FBI dan harus menjalani hukuman penjara selama 25 tahun.

Trailer Fast and Furious 4 (2009)

6. Fast Five (2011)

Setelah berhasil meloloskan diri saat sedang berada dalam bus tahanan di film sebelumnya. Dominic, Brian O’Conner, dan Mia melarikan diri ke Rio de Janerio, Brazil. Seorang agen FBI bernama Hobbs ditugaskan untuk melakukan penangkapan terhadap Dominic dan Brian O’Conner.

Fast Five (2011)
Fast Five (2011)

Meskipun begitu, Hobbs malah berakhir memihak Dominic dan Brian. Hobbs menyadari, bahwa Dominic bukanlah orang yang jahat.

Bahkan dia bekerja sama dengan komplotan Dominic dan Brian O’Conner untuk melakukan perampokan uang pada sebuah sindikat narkoba terbesar di Brazil yang diketuai Hernan Reyes. Namun sayangnya, Hernan Reyes ternyata bukanlah orang yang mudah.

Dia bahkan sanggup mengendalikan kepolisian di Brazil dengan uangnya. Syukurlah pada akhirnya mereka berhasil melakukan rencana perampokan tersebut, meskipun dengan bersusah payah berhadapan dengan Hernan Reyes terlebih dahulu.

Trailer Fast Five (2011)

7. Fast Furious 6 (2013)

Saat Dominic dan kawanannya tengah menikmati kehidupan dengan tenang dan bahagia, Hobbs muncul menemui Dominic. Dia meminta bantuan Dominic yang berniat untuk pensiun dalam sebuah misi untuk memburu Owen Shaw.

Fast Furious 6 (2013)
Fast Furious 6 (2013)

Hobbs menawarkan imbalan berupa menghapuskan semua hukumannya jika dia bersedia membantu Hobbs dalam misi kali ini. Tapi bukan tawaran itu yang membuat Dominic tertarik membantu Hobbs, melainkan kabar dari Hobbs bahwa Letty masih hidup dan kini tengah menjadi anak buah dari Owen Shaw.

Berkat hal itu, Dominic mengurungkan niatnya untuk pensiun dan bersedia membantu Owen menjalankan tugasnya.

Dominic berniat untuk menyelamatkan kekasihnya itu dari penjahat bernama Owen Shaw dan komplotannya. Oh iya, aktor kenamaan Indonesia yakni Joe Taslim (Baca juga: Film Joe Taslim) ikut berperan dalam film ini, loh.

Trailer Fast Furious 6 (2013)

8. The Fast and The Furious: Tokyo Drift (2006)

Seorang siswa SMA bernama Sean Boswell dari Amerika harus berpindah sekolah ke Tokyo, Jepang karena tengah menghindari masalah hukum yang dihadapinya setelah mengikuti pertandingan balap liar.

Di Tokyo dia bertemu dan berkenalan dengan Han yang mengajarinya nge-drift. Han sendiri sebelumnya merupakan salah satu rekan Dominic, yang memutuskan kembali ke Jepang setelah kehilangan pacarnya yakni Gisel.

The Fast and The Furious Tokyo Drift (2006)
The Fast and The Furious Tokyo Drift (2006)

Selama dilatih oleh Han untuk nge-drift, Sean Boswell mulai tertarik pada pacara Takeshi yang dikenal sebagai Drift King. Sean Boswell bahkan mengajak gadis itu untuk berkencan.

Suatu hari Han, Sean Boswell, dan Neela melakukan pencurian terhadap Takeshi dan berakhir dikejar oleh sang Drift King itu. Han memutuskan untuk meninggalkan Sean Boswell dan Neela, namun Han malah mengalami kecelakaan yang menyebabkan mobilnya meledak dan nyawanya tidak dapat tertolong.

Pada akhir film diperlihatkan, setelah akhirnya Sean Boswell menjadi Drift King yang baru menggantikan Takeshi yang telah dikalahkannya, Dominic muncul menantang Sean Boswell untuk melakukan pertandingan balap.

Trailer The Fast and The Furious: Tokyo Drift (2006)

9. Furious 7 (2015)

Setelah berhasil menjalankan misi bersama Hobbs, akhirnya kini Dominic benar – benar dapat hidup tenang. Apalagi dia benar – benar dibebaskan dari segala tuntutan hukum dan juga Letty telah kembali ke sisinya.

Sayangnya ketenangannya itu hanya berlangsung singkat. Deckard Shaw yang merupakan saudara Owen Shaw kini sedang berusaha untuk melakukan balas dendam terhadap Dominic dan keluarganya, setelah sebelumnya Deckard Shaw telah membunuh Han di Tokyo.

Furious 7 (2015)
Furious 7 (2015)

Belum lagi, Dominic dan komplotannya harus menyelamatkan sebuah progam komputer bernama God’s Eye sekaligus penciptanya yakni Ramsay sebelum jatuh ketangan Ian Shaw, memaksa Dominic harus kembali melakukan aksi yang berbahaya.

Program komputer tersebut merupakan sebuah program milik pemerintah yang akan sangat berbahaya jika jatuh ke tangan yang salah, salah satunya Ian Shaw.

Sayangnya film ini merupakan film terakhir dari film serial Fast and Furious yang dibintangi Paul Walker yang berperan sebagai Brian O’Conner karena terlibat dalam kecelakaan yang merenggut nyawa di tengah pembuatan film ini.

Trailer Furious 7 (2015)

10. The Fate of The Furious (2017)

Dominic dipaksa untuk bekerja sama dengan seorang cyber terrorist bernama Chipher yang berakhir dengan Dominic mengkhianati timnya, termasuk Letty, Roman, Tej, dan Ramsay.

Sedangkan Hobbs berakhir dipenjara, dan ditempatkan satu sel bersama Deckard Shaw. Mereka berdua kemudian direkrut oleh Mr. Nobody untuk menemukan Dominic dan menangkap Chipher.

The Fate of The Furious (2017)
The Fate of The Furious (2017)

Chipher dari awal memang mencurigakan, hingga terungkap bahwa dia menculik Elena dan putra Dominic. Chipher lalu membunuh Elena, namun untungnya Deckard dan Owen Shaw berhasil menyelamatkan putra Dominic.

Mereka juga berusaha untuk melindungi Dominic dari Chipher, walaupun Deckard gagal untuk membunuh Chipher. Namun mereka berhasil mempertemukan Dominic dan putranya yang sempat diculik.

Trailer The Fate of The Furious (2017)

11. Fast and Furious Presents: Hobbs and Shaw (2019)

Setelah dua tahun pasca mengalahkan Chipher, kini agen Hobbs melanjutkan tugasnya sebagai agen FBI sementara berusaha untuk mempererat hubungannya dengan putrinya.

Di sisi lain, Deckard Shaw kembali ke London mengunjungi Ibunya yakni Magdalene dan adik perempuannya Hattie. Adik Deckard merupakan seorang agen rahasia Inggris atau MI6, yang ternyata sedang berurusan dengan sebuah pasukan tentara bersenjata yang sedang mengejarnya. Untungnya dia dan Hobbs berhasil menyelamatkan Hattie.

Fast and Furious Presents Hobbs and Shaw (2019)
Fast and Furious Presents Hobbs and Shaw (2019)

Setelah itu, Hattie menjelaskan bahwa dia memiliki misi untuk mengikuti jejak Brixton Lore yang merupakan seorang pemimpin dari sebuah komplotan teroris bersenjata canggih super berbahaya.

Brixton Lore dan komplotannya memiliki rencana jahat yang mengancam jiwa dan keselamatan umat manusia. Setelah mendengar penjelasan Hattie, Deckard dan Hobbs pun memutuskan untuk bergabung dengan adik perempuan Deckard tersebut dalam menggagalkan rencana jahat Brixron Lore.

Trailer Fast and Furious Presents: Hobbs and Shaw (2019)


Itulah urutan film serial Fast and Furious yang benar sesuai dengan timeline-nya. Jika kamu baru mau mulai nonton film serial ini, ada baiknya untuk menontonnya sesuai dengan chronological order-nya agar kamu gak kebingungan dengan alur ceritanya.

Mahardika Dewi

Pernah berkuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. A Bookworm, and also addicted to movie, anime, and drama series.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.