Patuhi protokol kesehatan saat keluar rumah dengan membawa hand sanitizer dan menggunakan masker. Bersama Indonesia bebas COVID-19.
Movie

Ingin Marathon 24 Film James Bond? Simak Urutan Serialnya

Siapa yang tak tahu karakter James Bond? Pecinta film pasti sudah tidak asing lagi dengan karakter agen rahasia yang satu ini. Agen MI6 bergaya flamboyan ini selalu mencuri perhatian melalui aksinya di setiap serial filmnya.

Adapun film James Bond ke-25 bertajuk “No Time to Die” seharusnya sudah dapat dinikmati pecinta film seluruh dunia sejak Maret lalu, mengingat teaser dan soundtrack utama film sudah dirilis beberapa hari sebelum jadwal penayangan perdana No Time to Die.

Namun, pandemi COVID-19 yang melanda dunia mengakibatkan perilisan film yang dibintangi oleh Daniel Craig ini ditunda hingga 2 April 2021.

Sembari menunggu dirilisnya film No Time to Die, kamu bisa nostalgia terlebih dahulu dengan marathon total 24 film James Bond. Mulai dari aktor Sean Connery hingga Daniel Craig, berikut daftar urutan filmnya berdasarkan tahun perilisan!

1. Dr. No (1962 – Sean Connery)

Dr. No (1962 – Sean Connery)
Dr. No (1962 – Sean Connery)

Rangkaian film yang diadaptasi dari buku karya Ian Fleming ini pertama kali dirilis dalam bentuk film berjudul “Dr. No”. Film yang dirilis pada tahun 1962 ini diproduksi dengan dana yang relatif kecil.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

Namun, keberhasilan Dr. No membuat film ini menjadi tonggak awal serial film James Bond hingga kini.

Dibintangi oleh Sean Connery, film ini mengisahkan dua orang agen Secret Intelligence Service yang dibunuh secara keji.

MI6 kemudian mengutus agen khusus bernama James Bond yang dikirim ke Jamaika untuk menyelidiki kasus tersebut.

Berbagai bukti yang dikumpulkan James Bond membawanya ke pulau pesembunyian seorang ilmuwan misterius bernama Dr. Julius No.

Setelah diselidiki, diketahui Dr. No berencana untuk menggagalkan rencana peluncuran roket Amerika Serikat dengan senjata pancaran gelombang radioaktif.

2. From Russia With Love (1963 – Sean Connery)

From Russia With Love (1963 – Sean Connery)
From Russia With Love (1963 – Sean Connery)

Kesuksesan film Dr. No membuat film James Bond dibuatkan sekuel lanjutan setahun kemudian. Berjudul “From Russia With Love”, film ini masih memiliki keterkaitan dengan film sebelumnya, dimana Dr. No yang merupakan anggota organisasi Spectre mempunyai dendam terhadap James Bond.

Dendam Dr. No kepada James Bond membuatnya mengutus seorang wanita bernama Rosa Klebb dan Kapten “Merah” Grant untuk menjebak dan membunuh Bond.

James Bond ditugaskan untuk mencari perangkat rahasia asal Soviet bernama Cyptographic yang juga diincar oleh organisasi Spectre.

Dalam pencariannya, Bond memanfaatkan seorang anggota konsulat Soviet di Istanbul bernama Tatiana Romanova.

3. Goldfinger (1964 – Sean Connery)

Goldfinger (1964 – Sean Connery)
Goldfinger (1964 – Sean Connery)

Goldfinger bisa dibilang sebagai salah satu film tersukses dari seluruh serial film James Bond. Bagaimana tidak, Goldfinger menjadi serial film James Bond pertama yang memenangkan penghargaan Oscar untuk kategori “Best Sound Editing”, serta meraup keuntungan lebih dari USD 120 juta di seluruh dunia dalam dua minggu penayangannya.

Masih dibintangi Sean Connery, film ketiga dari serial James Bond ini menceritakan misi James Bond untuk mencari tahu cara Auric Goldfinger menyelundupkan emas dalam jumlah besar ke Amerika Serikat.

Awalnya misi ini terlihat mudah, sampai Bond mendapati Jill Masterson yang tewas mengenaskan, serta anak buah Goldfinger yang mematikan bernama Oddjob.

4. Thunderball (1965 – Sean Connery)

Thunderball (1965 – Sean Connery)
Thunderball (1965 – Sean Connery)

Thunderball merupakan film James Bond pertama yang memiliki waktu tayang lebih dari dua jam. Thunderball sukses mendapat keuntungan sekitar USD 141,2 juta di seluruh dunia, melebihi pendapatan dari tiga film James Bond sebelumnya.

Masih berkaitan dengan organisasi Spectre, film keempat James Bond mengisahkan misi Bond untuk menemukan dua bom atom NATO yang dicuri oleh organisasi rahasia tersebut.

Spectre meminta tebusan sebesar EUR 100 juta dalam bentuk berlian sebagai imbalan untuk tidak akan menghancurkan kota-kota besar yang ada di Inggris dan Amerika Serikat.

Pencarian Bond membawanya ke Bahamas, dimana ia bertemu anggota Spectre bernama Emilio Largo dan berujung pada pertempuran bawah air dengan anak buah Largo.

5. You Only Live Twice (1967 – Sean Connery)

You Only Live Twice (1967 – Sean Connery)
You Only Live Twice (1967 – Sean Connery)

Masih diperankan oleh Sean Connery, You Only Live Twice menceritakan misi James Bond untuk menyelidiki hilangnya astronot beserta pesawat antariksa Amerika Serikat. Pencarian James Bond membuatnya melakukan penyelidikan di Jepang, dibantu oleh seorang pemimpin dinas rahasia Jepang bernama Tiger Tanaka.

Setelah mengumpulkan berbagai bukti, diketahui bahwa dalang dibalik hilangnya astronot dan pesawat antariksa Amerika Serikat adalah orang nomor satu di Spectre, Ernest Stavro Blofeld.

Dengan pesawat antariksa tersebut, Blofeld berencana mengubah Perang Dingin menjadi Perang Dunia III.

6. On Her Majesty’s Secret Service (1969 – George Lazenby)

On Her Majesty’s Secret Service (1969 – George Lazenby)
On Her Majesty’s Secret Service (1969 – George Lazenby)

Setelah lima kali memerankan agen 007, Sean Connery digantikan oleh George Lazenby. Untuk diketahui, George Lazenby merupakan satu-satunya aktor pemeran James Bond yang bukan berasal dari Britania Raya.

On Her Majesty’s Secret Service masih mempertemukan James Bond dengan Blofeld sang kepala Spectre.

Penyamarannya dalam menemukan Blofeld membuat Bond mengetahui rencana Spectre yang sedang mencuci otak pasien untuk mendistribusikan agen perang bakteriologis ke berbagai belahan dunia.

Misinya kali ini juga mempertemukannya dengan Tracy, seorang anak bos organisasi kriminal. Lambat laun keduanya jatuh cinta.

Hobi menonton film Action ? Kamu wajib tahu rekomendasi film Action terbaik saat ini.

7. Diamonds Are Forever (1971 – Sean Connery)

Diamonds Are Forever (1971 – Sean Connery)
Diamonds Are Forever (1971 – Sean Connery)

Film ketujuh serial James Bond ini kembali diperankan oleh aktor Sean Connery. Dalam film ini, 007 ditugaskan untuk menyelidiki pusat lingkaran penyelundupan berlian, yang dimulai di Afrika dan mengalir melalui Belanda dan Inggris ke Amerika Serikat.

Kali ini James Bond menyamar sebagai penyelundup dan pembunuh professional bernama Peter Franks.

Penyeledikannya berujung pada pertemuannya dengan Blofeld, yang berencana melelang sebuah satelit laser berbahaya kepada penawar tertinggi.

8. Live and Let Die (1973 – Roger Moore)

Live and Let Die (1973 – Roger Moore)
Live and Let Die (1973 – Roger Moore)

Live and Let Die menjadi debut Roger Moore sebagai 007. Dalam film ini, James Bond dikirim untuk menyelidiki pembunuhan tiga agen MI6 yang semuanya terbunuh dalam kurun waktu 24 jam.

Penyelidikan Bond membuatnya menyelidiki Dr. Kananga, seorang diktator sebuah pulau kecil di Karibia sekaligus “Tuan Besar” kelompok gangster kejam di Amerika Serikat.

Setelah mencari bukti, diketahui bahwa Dr. Kananga berencana untuk meningkatkan jumlah pecandu narkoba dengan mendistribusikan heroin secara gratis di restoran miliknya. Ia mengeksploitasi masyarakat sekitar untuk bekerja dengan voodoo dan okultisme.

9. The Man with the Golden Gun (1974 – Roger Moore)

The Man with the Golden Gun (1974 – Roger Moore)
The Man with the Golden Gun (1974 – Roger Moore)

Masih dibintangi Roger Moore, The Man with the Golden Gun menceritakan James Bond yang menjadi target pembunuhan seorang penjahat bernama Fransisco Scaramanga.

Bond pun berusaha mencari Scaramanga dan melacaknya hingga Makau dan Hongkong. Dibalik itu semua, Scaramanga ternyata tengah mengembangkan Agigator Solex, senjata pemusnah massal dengan tenaga matahari. Bond diberikan tugas untuk membunuh Scaramanga dan menghancurkan Agigator Solex.

10. The Spy Who Loved Me (1977 – Roger Moore)

The Spy Who Loved Me (1977 – Roger Moore)
The Spy Who Loved Me (1977 – Roger Moore)

Menjadi film kesepuluh serial James Bond, The Spy Who Loved Me mengisahkan 007 yang ditugaskan untuk menyelidiki hilangnya kapal selam rudal balistik Inggris dan Soviet.

Berbagai bukti mengarahkannya kepada orang yang bertanggungjawab atas itu semua, Karl Stomberg. Usut punya usut, Stomberg rupanya berencana untuk menghancurkan Moskow dan New York dan memicu perang nuklir untuk membangun peradaban baru.

11. Moonraker (1979 – Roger Moore)

Moonraker (1979 – Roger Moore)
Moonraker (1979 – Roger Moore)

Berbeda dari serial film James Bond lainnya, Moonraker mengusung konsep unik berlatarkan luar angkasa.

Masih diperankan Roger Moore sebagai James Bond, kali ini 007 diberikan misi untuk menyelidiki pembajakan sebuah pesawat luar angkasa bernama Moonraker.

Penyelidikannya membawanya bertemu dengan pemilik perusahaan pesawat ulang alik bernama Hugo Drax serta salah satu ilmuwannya, Dr. Holly Goodhead yang ternyata adalah seorang agen CIA.

Dari bukti-bukti yang Bond kumpulkan, didapatkan bahwa Drax berencana untuk menghancurkan semua kehidupan manusia dengan meluncurkan lima puluh bola dunia yang mengandung racun ke atmosfer bumi.

12. For Your Eyes Only (1981 – Roger Moore)

For Your Eyes Only (1981 – Roger Moore)
For Your Eyes Only (1981 – Roger Moore)

Film ke-12 serial James Bond ini menceritakan seorang arkeolog kelautan bernama Sir Timothy Havelock yang ditugaskan untuk memulihkan sistem komunikasi Automatic Targeting Attack Communicator (ATAC) setelah kapal mata-mata Inggris tenggelam.

Setelah Havelock dibunuh oleh seorang pembunuh bayaran asal Kuba, Bond diutus untuk menyelidiki dalang dibalik terbunuhnya Havelock.

Dari berbagai informasi yang diselidiki, didapatkan bahwa semua kejadian ini didalangi oleh Milos Columbo, mantan mitra kejahatan teorganisir Kristatos. Bersama anak Havelock, Melina, James Bond berusaha membunuh Columbo dan menghancurkan ATAC.

Download film lebih mudah lewat Telegram. Inilah daftar rekomendasi channel Telegram untuk download film.

13. Octopussy (1983 – Roger Moore)

Octopussy (1983 – Roger Moore)
Octopussy (1983 – Roger Moore)

Membintangi peran James Bond untuk keenam kalinya, Octopussy mengisahkan 007 yang ditugaskan menyelidiki pembunuhan 009 yang tewas saat berpakaian seperti badut sirkus dan membawa telur Faberge palsu.

Setelah diselidiki, diketahui bahwa telur tersebut dimiliki oleh pangeran Afghanistan bernama Kamal Khan yang bekerja dengan Orlov, seorang jenderal Soviet pemberontak yang berusaha memperluas perbatasan Soviet ke Eropa.

Penyelidikannya membuatnya bertemu dengan Octopussy, seorang wanita kaya yang memimpin kultus Octopus yang ternyata juga merupakan penyelundup permata yang kerap lolos dari jeratan hukum.

14. A View to a Kill (1985 – Roger Moore)

A View to a Kill (1985 – Roger Moore)
A View to a Kill (1985 – Roger Moore)

Meski mendapat beragam komentar dari para kritikus, A View to a Kill nyatanya menjadi salah satu serial film James Bond yang sangat sukses secara komersial.

Film ini juga membuat Duran Duran sebagai pengisi soundtrack film merajai peringkat pertama di Billboard Hot 100 dan mendapatkan nominasi Golden Globe Awards untuk kategori Lagu Terbaik. Film ini juga menjadi film terakhir James Bond yang diperankan oleh Roger Moore.

A View to a Kill menceritakan 007 yang mendapat misi untuk menyelidiki industrialis jutawan bernama Max Zorin yang mencoba menyudutkan pasar dunia dengan microchip.

Dari hasil penyelidikannya, diketahui Zorin berencana untuk menghancurkan Silicon Valley dengan meledakkan bahan peledak di bawah danau sepanjang patahan Hayward dan San Andreas, serta meletakkan bom di sebuah lokasi tambang yang merupakan “Kunci Geologi”.

15. The Living Daylights (1987 – Timothy Dalton)

The Living Daylights (1987 – Timothy Dalton)
The Living Daylights (1987 – Timothy Dalton)

Menjadi debut Timothy Dalton sebagai James Bond, The Living Daylights mengisahkan 007 yang ditugaskan untuk membunuh Jenderal Pushkin setelah mencoba menghilangkan Jenderal Koskov.

Setelah menyelidiki Milovy yang merupakan pacar Koskov, diketahui bahwa Koskov adalah teman dari seorang pedagang senjata bernama Brad Whitaker. Whitaker ternyata mencoba menggelapkan dana KGB dan menggunakannya untuk membeli berlian, yang kemudian digunakan untuk membeli obat-obatan terlarang.

16. License to Kill (1989 – Timothy Dalton)

License to Kill (1989 – Timothy Dalton)
License to Kill (1989 – Timothy Dalton)

Film ini adalah film kedua dan terakhir Timothy Dalton sebagai James Bond. Berbeda dari misi-misi sebelumnya sebagai agen rahasia MI6, kali ini James Bond beraksi demi dendam pribadinya.

Bahkan karena misinya ini, MI6 dan pemerintan Inggris mencoba menangkap dan menghukum Bond atas tindakan indisipliner.

James Bond bersumpah akan balas dendam pada Franz Sanchez setelah membunuh istrinya, tetapi niatnya ini ditentang oleh MI6. Meski begitu, Bond tetap pergi melakukan misi untuk menghancurkan pangkalan utama Sanchez dan membunuhnya.

17. Golden Eye (1995 – Pierce Brosnan)

Golden Eye (1995 – Pierce Brosnan)
Golden Eye (1995 – Pierce Brosnan)

Golden Eye adalah film serial James Bond pertama yang dibintangi oleh Pierce Brosnan. Film ini diawali oleh flashback ke tahun 1986, ketika Bond bersama agen 006 bernama Alec Trevelyan mennyusup ke fasilitas senjata kimia illegal Soviet dan bahan peledak pabrik.

Ketika itu Trevelyan tewas tertembak, tetapi Bond lolos dari tempat tersebut. Sembilan tahun kemudian, Bond menyaksikan serangan dan pencurian disk kendali senjata satelit Golden Eye oleh organisasi kriminal bernama Janus.

Usut punya usut, ternyata pencurian ini didalangi oleh Trevelyan yang memalsukan kematiannya dan kini menjadi kepala Janus.

Janus berambisi untuk mencuri uang dari Bank of England, menyembunyikan pencurian tersebut, dan menghancurkan ekonomi Inggris.

18. Tomorrow Never Dies (1997 – Pierce Brosnan)

Tomorrow Never Dies (1997 – Pierce Brosnan)
Tomorrow Never Dies (1997 – Pierce Brosnan)

Masih dibintangi Pierce Brosnan, Tomorrow Never Dies menceritakan 007 yang ditugaskan untuk menyelidiki kasus tenggelamnya kapal perang Inggris di perairan China, pencurian salah satu rudal jelajah kapal, serta penembakan jatuh sebuah pesawat tempur China.

Dari penyelidikannya, Bond mendapati bahwa Elliot Carver telah membeli sebuah encoder GPS di pasar gelap untuk mendorong kapal Inggris keluar jalur dan masuk ke perairan China untuk memicu perang antar negara.

Bersama agen dari China bernama Wai Lin, James Bond berusaha menghentikan niat jahat tersebut.

Mau rekomendasi film tentang Zombie ? Coba simak film Zombie buat penggemar film Horror.

19. The World is Not Enough (1999 – Pierce Brosnan)

The World is Not Enough (1999 – Pierce Brosnan)
The World is Not Enough (1999 – Pierce Brosnan)

Dirilis pada tahun 1999, The World is Not Enough berpusat pada pembalasan dendam pribadi kepala MI6, M. Kisah film ini dimulai ketika sebuah bom meledak di markas MI6 dan membunuh raja minyak benama Sir Robert King.

King berada di markas karena sedang mengambil uang tebusan untuk putrinya, Elekta King yang sedang diculik oleh teroris bernama The Anarchist.

Tewasnya Sir Robert King yang merupakan sahabat M membuatnya marah dan sedih. Mengetahui bahwa Elekta King sudah kabur dari sang penculik, M menugaskan Bond untuk melindungi Elekta dari kejaran The Anarchist.

Usut punya usut, si penculik yang bernama Renard ternyata hendak mencuri senjata nuklir dari bekas instalasi militer Rusia.

20. Die Another Day (2002 – Pierce Brosnan)

Die Another Day (2002 – Pierce Brosnan)
Die Another Day (2002 – Pierce Brosnan)

Merupakan film serial James Bond ke-20, Die Another Day menjadi penampilan terakhir Pierce Brosnan sebagai James Bond. Kisah Die Another Day bermula saat 007 ditugaskan untuk menangkap teroris bernama Zhao di perbatasan Korea Utara dan Selatan.

Setelah bertarung dan berhasil membuat wajah Zhao cacat, Bond ditangkap oleh pihak militer Korea Utara dan disiksa habis-habisan. Berbulan-bulan kemudian, Bond dilepaskan setelah pihak MI6 sepakat untuk menukarnya dengan Zhao yang telah tertangkap.

Saat kembali, Bond dibebastugaskan karena dituduh membocorkan info penting kepada pihak militer Korea Utara.

Demi membersihkan namanya, 007 diam-diam melakukan penyelidikan yang menghubungkannya dengan Gustav Graves, seorang milioner yang berniat jahat.

21. Casino Royale (2006 – Daniel Craig)

Casino Royale (2006 – Daniel Craig)
Casino Royale (2006 – Daniel Craig)

Film Casino Royale merupakan debut Daniel Craig sebagai James Bond, menggantikan Pierce Brosnan. Mendapat banyak review positif dari para kritikus, film ini mengisahkan 007 yang mendapat misi rahasia untuk memata-matai anggota teroris asal Madagaskan bernama Mollaka.

Karena tidak berjalan sesuai rencana, Bond kemudian bertemu dengan Alex Dimitrios dan pacarnya Slange. Setelah penyelidikannya, diketahui bahwa Dimitrios terlibat dengan Le Chiffre.

Keduanya merencanakan pengumpulan dana melalui kegiatan judi maratton dengan permainan kartu poker di Le Casino Royale, Montenegro. Bond diperintahkan untuk mengalahkan Le Chiffre dan merusak sistem organisasi tersebut.

22. Quantum of Solace (2008 – Daniel Craig)

Quantum of Solace (2008 – Daniel Craig)
Quantum of Solace (2008 – Daniel Craig)

Masih dibintangi oleh Daniel Craig, dalam film ini James Bond menjalankan misi sekaligus balas dendam kepada Dominic Greene.

Greene diketahui sebagai seorang anggota organisasi Quantum yang memimin kudeta di Bolivia, dan merupakan orang yang membunuh kekasih Bond.

23. Skyfall (2012 – Daniel Craig)

Skyfall (2012 – Daniel Craig)
Skyfall (2012 – Daniel Craig)

Merupakan film serial James Bond ke-23, perilisan Skyfall bertepatan dengan ulang tahun ke-50 film Dr. No yang merupakan seri film James Bond pertama.

Tak hanya itu, Skyfall juga merupakan film James Bond pertama yang ditayangkan menggunakan layar IMAX.

Kisah Skyfall bermula pada saat 007 ditugaskan untuk menjalankan misi berbahaya bersama agen Moneypenny di Istanbul.

Setelah melewati banyak baku hantam bersama musuh, Bond akhirnya tertembak dan “dibiarkan” mati oleh M. Agar menutupi masalah, M mengumumkan kematian Bond.

Beberapa bulan setelahnya, sebuah hard drive berisi rahasia penting MI6 bocor ke publik. M pun mengalami banyak tekanan karena dianggap gagal menyelesaikan masalah tersebut. James Bond memutuskan untuk “bangkit dari kematiannya” dan menyelesaikan masalah tersebut.

Mau rekomendasi film tentang Zombie ? Coba simak film Zombie buat penggemar film Horror.

24. Spectre (2015 – Daniel Craig)

Spectre (2015 – Daniel Craig)
Spectre (2015 – Daniel Craig)

Spectre merupakan serial film James Bond terakhir yang dirilis, sebelum penayangan film No Time to Die yang ditunda hingga April 2021 karena COVID-19.

Merupakan film keempat yang dibintangi Daniel Craig, cerita Spectre berawal dari pesan sandi rahasia yang tiba-tiba muncul setelah peristiwa bom di markas MI6.

Pesan sandi tersebut membawa James Bond kepada organisasi berbahaya bernama Spectre. Bersama Madeleine Swann yang sedang diincar oleh Spectre, Bond mendapati bahwa Spectre adalah dalang dibalik serangan bom tersebut.


Itu dia ulasan singkat dari seluruh serial film James Bond sejak awal penayangannya hingga sekarang. Meskipun terkesan sangat panjang, serial ini mampu menempati ruang tersendiri bagi para penggemar karakter James Bond.

Bahkan saking banyaknya actor yang memerankan karakter James Bond, crew produksi film ini sempat mengadakan voting yang diikuti  hampir 14 ribu orang.

Voting ini bertujuan untuk menentukan siapakah actor yang paling disukai sekaligus paling cocok untuk memerankan karakter James Bond. Luar biasa bukan? Sambil menunggu dirilisnya film ke-25 James Bond di tahun 2021 nanti, marathon film-film James Bond di atas dulu yuk! 

Riyandhiani Kartika Dewi

Pernah belajar di D3 Ilmu Komunikasi IPB dan sekarang melanjutkan S1 di Ilmu Komunikasi UNS. Suka nonton film.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.