Segenap Tim SurgaTekno mengucapkan 🎄 Selamat Natal dan 🥳 Tahun Baru 2021. Selalu jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.
Movie

4 Urutan Film John Wick Beserta Sinopsis dan Trailernya

Bagi kamu penggemar film aksi pasti sudah tidak asing lagi dengan dunia yang diciptakan oleh Chad Stahelski. Yaps! Sutradara yang dinilai sukses dalam menggarap film Barat, John Wick. John Wick sukses merebut hati para penonton dengan triloginya.

Hingga dikabarkan film yang sangat identic dengan karakter Keanu Reeves ini akan segera menayangkan Joh Wick Chapter 4 pada 27 Mei 2021.

Namun, sangat disayangkan pihak Lionsgates selaku studio produksi yang menaungi film ini menunda penayangan hingga satu tahun, yakni pada 27 Mei 2022.

Hal tersebut tak lain karena pandemi virus corona yang tak kunjung usai. Jadi, bagi kamu yang mengikuti franchise Hollywood ini harus lebih bersabar menahan rindu aksi dari Baba Yaga ya.

Di film ketiga yang dirilis pada tahun 2019 lalu, John Wick sempat menggandeng aktor laga Indonesia, Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman. Beradu akting dengan Keanu Reeves, keduanya terlihat luar biasa membawakan seni bela diri Indonesia dalam satu frame.

Karakternya cukup ikonik, Keanu Reeves dinilai sukses memerankan tokoh John Wick. Dibanding dengan beberapa film aksi yang pernah ia bawakan, beragam adegan laga yang ia lakoni dalam ketiga film ini terbilang paling realistis tanpa bumbu-bumbu fiksi yang berlebihan.

Alurnya yang padat namun tidak lambat menjadikan kelebihan tersendiri dari film ini.

Sambil menunggu rilisnya film John Wick Chapter 4, menonton kembali franchise ini dari awal mungkin sedikit bisa mengobati kerinduanmu terhadap aksi Baba Yaga. Berikut adalah urutan film John Wick dan sinopsisnya yang berhasil dirangkum dari beberapa sumber.

1. John Wick (2014)

Adegan John Wick (2014)
Adegan John Wick (2014)

Disutradarai oleh Chad Stahelski dan David Leitch, film John Wick tayang perdana pada 24 Oktober 2014. Dibintangi Keanu Reeves, Michael Nyqvist, Alfie Allen, Adriane Palicki, Bridget Moynahan, Dean Winters, Ian McShane, John Leguizamo dan juga Willem Dafoe, film ini berkisah tentang karakter John yang terluka parah saat sedang melihat video mendiang istrinya. Alur dalam film ini diperlihatkan mundur dengan menjelaskan bagaimana John bisa terluka.

Mengusung genre thriller action, film yang berdurasi 101 menit ini menyuguhkan aksi laga dari Keanu Reeves sebagai pemeran tokoh John Wick.

John Wick adalah pria yang hidup sebatang kara dengan seekor anak anjing Beagle bernama Daisy peninggalan sang Istri untuk mengatasi kesedihannya. Konon Istri John, Helen yang diperankan oleh Bridget Moynahan, telah meninggal dunia akibat penyakit yang mematikan.

Cerita dalam film ini bermula ketika suatu malam John yang sedang melihat video milik istrinya dihampiri oleh sekelompok orang bersenjata yang membuatnya babak belur. Sebelumnya, John telah bertemu dengan sekelompok genster Rusia yang bertekad membeli mobilnya di sebuah pom bensin. Namun, John menolak dengan tegas untuk menjualnya.

Mobil Vintage Mustang Mach 1 milik John berhasil di curi oleh mereka. Tidak puas hanya mencuri Mustang, gangster Rusia yang dipimpin oleh Iosef ini juga membunuh Daisy, anak anjing kesayangan John. Naik pitam, John Wick pun mencari keberadaan gangster Rusia tersebut dan berniat untuk menghabisinya. Konon Iosef adalah putra dari Viggo Tarasov.

Dari sinilah identitas John Wick pun sedikit demi sedikit mulai terbuka. John Wick ternyata adalah seorang pembunuh bayaran yang sangat berbahaya. Dahulu ia sempat bekerja di tempat Viggo dan dijuluki sebagai “Baba Yaga” sebelum akhirnya memutuskan untuk pensiun dan menikahi Helen.

Namun karena dibutakan dengan dendam, John Wick pun menyusun rencana dan bertekad untuk menghabisi keluarga Tarasov. Alih-alih menjalani kehidupan dengan tenang, John Wick pun kembali ke dunianya yang kelam sebagai pembunuh bayaran.

Film pertama John Wick ini terbilang sukses merebut hati para penontonnya. Sejumlah lebih dari 500 ribu penilai memberi ulasan yang memuaskan di situs IMDb dan membuat film ini meraih skor sebesar 7,4/10.

Melansir dari Box Office film yang didistribusikan dibawah naungan Lionsgate ini berhasil meraup keuntungan sebesar 46 juta dolar AS di seluruh dunia. Berminat menonton ? Kamu bisa kunjungi platform streaming film legal untuk memulai marathon film John Wick.

Trailer John Wick (2014)

 

2. John Wick 2 (2017)

Adegan John Wick 2 (2017)
Adegan John Wick 2 (2017)

Dalam film pertamanya, John Wick berhasil mengobrak abrik komplotan gangster Rusia yang telah membunuh anjing kesayangan pemberian mendiang istrinya.

Menghadapi krisis identitas, dalam fi mini John  mulai mempertanyakan jati dirinya sebagai seorang suami yang terpuruk atas kematian istrinya atau seorang pembunuh bayaran internasional yang kejam tanpa belas kasihan.

Pada chapter kedua ini, John Wick kembali hadir dengan sisi ganasnya dan diminta untuk membantu Santino D’Antonio yang diperankan oleh Riccardo Scamarcio merebut kekuasaan sebuah organisasi pembunuh internasional. John sempat menolak, namun Santino mengingatkan bahwa dirinya memiliki utang.

Utang yang dimaksud adalah perjanjian darah atau blood oath yang pernah mereka lakukan di masa lalu. Dalam dunia Assasins konsep sumpah ini tidak bisa dilanggar.

Ketika John membutuhkan bantuan dari Santino, ia menawarkan perjanjian darah yang artinya ia bersumpah akan membalas budi jika diminta.

Perjanjian darah ini berupa sebuah jimat yang berisikan sidik jari dengan darah. Konon, jika seseorang memberikan jimat ini untuk sebuah permintaan tolong, maka ia bersumpah bahwa ia akan membalas kebaikannya dengan tugas dan misi apapun jika diminta.

Santino mengutarakan niatnya dan meminta John untuk membunuh saudara perempuannya yang tak lain adalah seorang pembunuh High Table, Gianna diperankan oleh Claudia Gerini.

Hal tersebut cukup mustahil bagi John. Namun menurut Santino, John lah yang terbaik untuk menjalankan misi ini.

Meskipun kesulitan, John pun berhasil menuruti permintaan Santino. Akan tetapi Santino malah berulah dan membuat John geram hingga akhirnya ia memutuskan untuk membunuh Santino.

Meski tidak mudah dan melanggar sumpah yang membuatnya dilabeli dengan istilah “excommunicado” yang membuatnya kehilangan semua akses dan privilege dari dunia Assassins, John pun bersikeras untuk membunuhnya.

Sekuel dari Film John Wick ini dirilis perdana di Archilight Hollywood pada tanggal 30 Januari 2017. Film yang ditulis oleh Derek Kolstad ini masih dibintangi oleh Keanu Reeves dan digarap oleh Chad Stahelski.

John Wick Chapter 2 ini juga merupakan film kolaborasi keempat Keanu Reeves dan Laurence Fishburne setelah trilogy film Matrix.

Berdurasi 122 menit, film John Wick Chapter 2 berhasil memantik komentar positif dari para kritikus.

Didistribusikan dibawah Summit Entertainment dan Lionsgate, John Wick Chapter 2 berhasil meraup keuntungan lebih dari 171,5 dolar AS dengan anggaran produksi yang hanya 40 juta dolas AS serta meraih rating skor sebesar 7,5/10 di situs IMDb.

Trailer John Wick 2 (2017)

Mencari rekomendasi film Action untuk ditonton ? Inilah rekomendasi film action terbaik dari Tim SurgaTekno.

3. John Wick: Chapter 3 – Parabellum (2019)

Adegan John Wick (2014)
Adegan John Wick (2014)

Mengambil latar pada sekuel sebelumnya, Parabellum berkisah tentang John yang menjadi target dan incaran utama perburuan pembunuh bayaran di seluruh dunia. Siapapun yang berhasil menangkapnya, maka akan diberi hadiah sebesar 14 juta dolar AS.

Film yang berdurasi 130 menit ini berfokus pada John Wick yang masih diperankan oleh Keanu Reeves yang bertahan hidup dari perburuan.

Sosoknya menjadi buronan yang paling dicari setelah membunuh Santino, salah satu anggota High Table di wilayah netral, Hotel Continental di New York.

Hotel Continental ini memang seringkali dijadikan latar tempat pada trilogy film John Wick. Hotel ini merupakan hotel paling netral dan memiliki aturan khusus, dimana para Assassins di area Continental tidak boleh saling membunuh. Continental ini memiliki cabang masing-masing di seluruh dunia yang dipimpin oleh seorang manager.

Seperti halnya di Continental New York diurus oleh Winston (Ian McShane), Sophia (Halle Berry) mengurus Casablanca Continental, dan Julius mengurus Rome Continental.

Peraturan penting dalam Continental ini pantang untung dilanggar. Apabila ada yang melanggar maka mereka akan dilabeli sebagai “excommunicado” dan dihilangkan semua akses serta privileges-nya di dunia Assassins.

Sangat disayangkan bahwa John Wick adalah salah satu orang yang diberi label tersebut setelah membunuh salahh satu anggota High Table, Santino. Pihak High Table lantas mengadakan sayembara dengan imbalan sejumlah uang bagi mereka yang mampu membunuh John Wick.

Dalam film ini John Wick terlihat tergopoh-gopoh berlari ke beberapa tempat untuk bertemu teman lama dan meminta bantuan setelah berhasil membunuh Santino. Namun ceritanya sedikit rumit ketika ia mulai bertemu degan The Director dan juga Sophia yang sosoknya belum pernah muncul di John Wick dan John Wick Chapter 2.

Meskipun cerita yang ditulis oleh Derek Kolstad dan Shay Hatten ini cukup rumit, film John Wick Chapter 3 ini dibalut dengan sejumlah adegan laga yang seru.

Lewat berbagai adegan laga yang disajikan dalam film ini seolah sang sutradara, Chad Stahelski ‘memaksa’ penonton untuk tetap fokus dan tidak melewatkan semenit pun dari film John Wick Chapter 3.

Dominasi karakter John dalam trilogy ini menjadi sangat menarik ketika Chad tidak mengesampingkan para pemeran pendukung adegan laga.

Hal tersebut terlihat saat Shinobi 1 dan Shinobi 2 yang diperankan oleh Cecep Arif Rahman dan Yayan Ruhian, yang tak lain adalah aktor laga asal Indonesia melawannya. Akting keduanya pun tak kalah menarik dengan sederet aktor Hollywood yang ada di dalam film ini.

Kehadiran Cecep dan Yayan dalam film ini pun bukan semata-mata untuk menarik penonton Indonesia, namun keduanya memiliki latar belakang yang sangat kuat. Bahkan semua karakter yang muncul dalam film ini memiliki asal usul yang sangat jelas dan berhubungan dengan John.

Kolstad dan timnya memang layak dihujani pujian. Parabellum yang dirilis secara teatrikal di Amerika Serikat pada 27 Mei 2019 ini berhasil meraup keuntungan hingga menyentuh angka lebih dari 300 juta dolar Amerika Serikat yang menjadikan film ini sebagai film franchise dengan pendapatan kotor tertinggi hanya dalam 10 hari sejak penayangannya. John Wick Chapter 3 – Parabellum juga berhasil mengumpulkan rating skor sebesar 7,4/10 di situs IMDb.

Trailer John Wick: Chapter 3 – Parabellum (2019)

4. John Wick: Chapter 4 (2022)

Adegan John Wick Chapter 4 (2022)
Adegan John Wick Chapter 4 (2022)

Berbeda dengan kebanyakan film pada umumnya yang merahasiakan tanggal rilis sekuelnya, perilisan John Wick Chapter 4 telah dijadwalkan yakni pada 27 Mei 2022. Film yang tadinya dirilis di tahun 2021 ini terpaksa menunda penayangannya karena terkait pandemi yang tak kunjung usai.

Melansir dari beberapa media, Chad Stahelski, sebagai sang sutradara yang telah menggarap film franchise ini meminta penonton untuk menebak sendiri bagaimana akhir dari cerita tokoh ikonik yang diperankan oleh Keanu Reeves, John Wick.

Meskipun meminta penonton untuk menebak akhir dari kisah John, namun dirinya memastikan bahwa John Wick Chapter 4 tidak akan berakhir manis dan romantis.

Sebagai pembunuh bayaran yang andal dalam dunia yang diciptakan oleh Chad bersama timnya, John Wick telah membunuh ratusan orang. Konon jumlah korban yang telah terbunuh di tangan John Wick sebanyak 299 orang dengan rincian pada chapter awal terekan 77 aksi pembunuhan di tangan John Wick, sementara di chapter 2 korbannya bertambah sebanyak 128 orang, serta pada chapter 3 John Wick mampu membunuh 94 orang.

Berdasarkan cerita pada Parabellum, pertemuan John Wick dengan Bowery King akan menjadi indikasi kuat bahwa seluruh dendam di John Wick Chapter 3 akan dibalaskan di John Wick Chapter 4.

Hal tersebut bermula ketika usai perkelahian sebagai upaya melindungi The Continental, Winston selaku manager New York Continental berusaha membunuh John.

Namun naas, tembakan yang dilancarkan oleh Winston ini ternyata meleset. Kemudian John dibawa ke tempat Bowery King dan menjawab ‘ya’ ketika ditanya apakah dirinya marah dan ingin membalas dendam. Lantas seperti apa sebenarnya kelanjutan kisah John Wick di Chapter 4 ini?

Trailer John Wick: Chapter 4 (2022)

Siapa yang tidak tahu film action James Bond ? Dan mau marathon nontonnya ? Inilah urutan film James Bond secara lengkap dari awal sampai akhir.

Nah itulah sedikit ulasan dan urutan film franchise John Wick. Bagi yang masih bingung terkait siapa sebenarnya yang ada dibalik High Table, tidak ada informasi pasti memang.

Namun yang jelas, High Table adalah otoritas tertinggi dalam dunia Assassins yang memiliki kewenangan penuh dan menguasai poros perdagangangan.

High Table memberikan peraturan yang mengikat dan bagi yang melanggarnya, mereka berhak memutuskan untuk menghukum si pelanggar lewat seorang agen yang dipanggil The Ajudicator. Sederhananya, semua orang yang terlibat dalam dunia gelap ini mereka bekerja dibawah High Table, termasuk Continental.

Dalam film ketiganya, salah seorang identitas High Table diketahui yakni The Elder yang hidup di tengah gurun pasir dengan pekerjaan yang tidak jelas.

Yang jelas hanyalah ia memiliki kewenangan penuh membalikkan keputusan yang sudah dibuat oleh High Table.

Bagaimana menurutmu, apakah kamu semakin penasaran dengan film John Wick Chapter 4? Sambil menunggu tanggal perilisannya, kamu bisa bernostalgia dengan menonton trilogy film John Wick sebelumnya lho. Selamat menonton!

Riyandhiani Kartika Dewi

Pernah belajar di D3 Ilmu Komunikasi IPB dan sekarang melanjutkan S1 di Ilmu Komunikasi UNS. Suka nonton film.

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.