Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Movie

11 Urutan Film Star Wars Berdasarkan Kronologi Waktunya

Buat kamu yang baru saja ingin mencoba untuk menonton film Star Wars dan bingung mau mulai dari mana, kamu punya beberapa pilihan.

Kamu bisa menonton serial ini berdasarkan kronologi waktunya, atau kamu bisa saja menontonnya berdasarkan tahun perilisannya.

Mulai menonton dengan cara yang mana saja sebenarnya itu tergantung pilihan kamu. Tapi jika kamu menonton Star Wars berdasarkan kronologi waktunya, kamu akan dapat melihat perkembangan pada setiap karakter di serial ini.

Urutan Film Star Wars secara Lengkap

Untuk menonton Star Wars, kamu bisa berlangganan Disney Plus dulu dengan budget kurang lebih sebesar $6.99 per bulan. Berikut ini urutan film Star Wars berdasarkan timeline-nya.

1. Star Wars Episode I: The Phantom Menace (1999)

Sebuah federasi perdagangan yang jahat dipimpin oleh Nute Gunray, berencana untuk menguasai sebuah planet bernama Naboo. Dua Jedi, yakni Qui-Gon Jinn dan Obi-Wan Kenobi diperintahkan untuk menghadapi pemimpin federasi tersebut.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

Tapi rencana mereka tidak berjalan mulus, sehingga keduanya pun memutuskan untuk melarikan diri. Kemudian bersama dengan seorang teman baru, mereka berniat pergi ke Naboo untuk memperingatkan Ratu Amidala mengenai rencana Nute Gunray dan komplotannya.

Star Wars Episode I - The Phantom Menace
Star Wars Episode I – The Phantom Menace

Sayangnya, Naboo terlah berhasil dikuasai oleh Nute Gunray dan komplotannya, sehingga mengancam keselamatan Sang Ratu. Akhirnya mereka memutuskan mendarat di Tatooine.

Di sana mereka berkenalan dengan seorang anak laki – laki bernama Anakin Skywalker. Qui-Gon merasa ada sesuatu pada Anakin Skywalker, dia melihat masa depan yang cerah pada anak itu.

2. Star Wars Episode II: Attack of The Clones (2002)

Setelah 10 tahun pertempuran di Naboo, Galactic Republic sedang menghadapi masalah. Mantan Jedi Master Count, Dooku memutuskan untuk memisahkan diri dan mengancam kedamaian.

Dia kemudian dikenal sebagai The Dark Lord of The Sith, Darth Tyranus. Dia bahkan sempat mengajak Obi-Wan untuk bergabung bersamanya, namun Obi-Wan menolak tawarannya.

Star Wars Episode II - Attack of The Clones
Star Wars Episode II – Attack of The Clones

Peperangan di planet Naboo yang diwarnai dengan intrik, politik, dan penghianatan tidak dapat dielakkan lagi. Obi-Wan dan Anakin pun ditugaskan untuk melindungi planet tersebut.

Keduanya pun bertempur menghadapi Dooku dalam pertempuran Lightsaber. Mereka bertiga bertarung mati – matian, dan saat Obi-Wan dan Anakin hampir kalah, Yoda datang membantu mereka sebagai bala bantuan. Meski bergitu, Dooku berhasil kabur setelah berhasil mengalihkan perhatian Yoda.

Jika kamu pecinta Iron Man, Thor, Thanos dan lainnya. Kamu harus tahu 23 urutan film marvel secara lengkap.

3. Star Wars Episode III: Revenge of The Sith (2005)

Pemimpin Galctic Republic yakni Kanselor Palpatine diculik oleh gerakan separatis yang merupakan separuh alien dan separus droid yang dipimpin oleh Jendral Grievous.

Palpatine dibawa ke kapal federasi dagang. Oleh karena itu Anakin Skywalker dan Obi-Wan Kenobi ditugaskan untuk menangkap Grievous dan membebaskan Palatine.

Star Wars Episode III - Revenge of The Sith
Star Wars Episode III – Revenge of The Sith

Dalam misi tersebut, mereka berdua ditemani oleh R2-D2. Setelah berhasil mendarat dan masuk ke dalam kapal federasi dagang, mereka harus berhadapan dengan anak buah Grievous dan juga Count Dooku. Namun meskipun berhasil mengalahkan Dooku, Anakin, Obi-Wan, dan Palpatine justru tertangkap oleh Jendral Grievous.

Tapi untungnya R2-D2 datang dan membantu mereka melepaskan borgol yang mengikat mereka. Setelah berhasil melepaskan diri, mereka bertarung melawan Grievous.

Tapi kapal federasi dagang yang tampaknya akan segera hancur dan lagi Grievous berhasil melarikan diri. Setelah mengetahui lokasi keberadaan Grievous, Obi-Wan ditugaskan ke Planet Utapau untuk menangkap Grievous yang sempat kabur.

4. Solo: A Star Wars Story (2018)

Sebuah planet terbusuk di galaksi bernama Corellia, merupakan tempat tinggal Han Solo saat masih muda. Dia hidup sebagai berandalan dan penipu di planet itu, dia juga tidak mengetahui siapa orang tuanya.

Solo jatuh hati dengan sahabatnya sejak kecil bernama Qi’ra. Berkat Qi’ra, Solo bercita – cita ingin menjadi seorang pilot agar dapat kabur dari Corellia bersama gadis pujaannya itu. Sayangnya saat mereka mencoba untuk melarikan diri, keduanya malah terpisah.

Solo A Star Wars Story
Solo A Star Wars Story

Solo berhasil melarikan diri keluar dari planet itu, tapi Qi’ra harus terjebak di sana. Setelah berhasil melarikan diri dari Corellia, Solo kembali mengejar cita – citanya sebagai seorang pilot.

Dia juga bertemu dengan Chewbacca dan yang menjadi co-pilot dan sahabatnya di masa depan. Beberapa waktu telah berlalu, Solo kembali bertemu dengan cinta lamanya Qi’ra. Namun gadis itu sudah bukan lagi Qi’ra yang dikenalnya saat masih di Corellia.

Kamu penggemar aktor tampan Daniel Radcliffe ? Dia pernah memerankan tokoh Harry Potter .

5. Rouge One: A Star Wars Story (2016)

Pasukan intel dari Rebel Alliance yang dipimpin oleh Cassian Andor mendapatkan misi untuk mencuri blueprint Death Star yang merupakan senjata penghancur planet milik Galactic Empire.

Selain Cassian Andor yang memimpin misi tersebut, beberapa anggota yang menemaninya dalam misi pencurian ini, diantaranya Jyn Erso merupakan anak Galen Erso yakni perancang Death Star, Chirrut Imwe yang merupakan seseorang yang mengalami kebutaan, dan Baze Malbus yang merupakan seorang pembunuh bayaran.

Rouge One A Star Wars Story
Rouge One A Star Wars Story

Sebelumnya, Ayah Jyn Erso, yakni Galen Erson dibawa pergi oleh Orson Krenic yang merupakan seorang petinggi di Galactic Empire dan memaksa Galen Erson untuk membantunya dalam pembuatan Death Star.

Belasan tahun berlalu, Jyn Erso pun memutuskan untuk mengambil tawaran Cassian Andor yang merekrutnya dalam misi pencurian Death Star.

Belakangan diketahui bahwa ayah Jyn Erso menyelipkan kelemahan pada senjata penghancur itu dan mengakibatkan Death Star bisa saja hancur dalam satu kali serang.

6. Star Wars Episode IV: A New Hope (1977)

Sebuah kelompok pemberontak yang dipimpin oleh Putri Leila mengetahui rencana Galactic Empire yang ingin menggunakan Death Star untuk menghancurkan planet yang tidak tunduk pada mereka.

Sayangnya Putri Leila ditangkap oleh pasukan milik Galactic Empire yang bernama Stormtroopers. Penangkapan itu adalah perintah langsung dari Dark Lord Darth Vader.

Star Wars Episode IV A New Hope
Star Wars Episode IV A New Hope

Untungnya sebelum tertangkap, Putri Leila sempat memasukkan informasi mengenai rencana Galactic Empire tersebut ke dalam memori droid R2-D2.

Bersama dengan droid C3PO, R2-D2 berhasil meloloskan diri ke planet Tatooine menggunakan pesawat darurat milik Death Star. Setelah itu, Luke Skywalker dan Han Solo beserta kedua droid, R2-D2 dan C3PO bekerja sama untuk menyelamatkan Putri Leila sekaligus mengembalikan kedamaian galaksi.

Luke Skywalker dan Han Solo yang berhasil menyelamatkan Putri Leila yang sempat ditangkap oleh Darth Vader, mereka berdua pun mendapatkan penghargaan dari tuan putri tersebut.

Jika kamu pecinta film Transformer, sudah tahu urutan film Transformers dari awal sampai yang terakhir ?

7. Star Wars Episode V: The Empire Strikes Back (1980)

Setelah 5 tahun berlalu sejak penghancuran Death Star, aliansi pemberontak yang dipimpin oleh Putri Leila mendirikan pangkalan baru mereka di sebuah planet bernama Hoth.

Di lain pihak, Darth Vader mengirim droid penyelidik untuk memburu aliansi pemberontak melintasi galaksi. Luke Skywalker bertemu dengan hantu Obi-Wan Kenobi yang memerintahnya untuk pergi ke Dagoba untuk berlatih dengan Master Yoda.

Star Wars Episode V The Empire Strikes Back
Star Wars Episode V The Empire Strikes Back

Karena kekaisaran menyerang dan merebut pangkalan aliansi pemberontak, Luke Skywalker ditemani R2-D2 melarikan diri menggunakan pesawat tempur X-Wing menuju Dagoba.

Di sana Luke bertemu dengan Master Yoda yang setelah berbicara dengan Obi-Wan Kenobi, akhirnya mau menerima Luke sebagai muridnya.

Sedangkan Han Solo dan Putri Leila berhasil melarikan diri saat penyerangan tersebut bersama Chewbacaa daan C-3PO, namun karena malfungsi pada kapal yang mereka tumpangi, mereka pun bersembunyi di asteroid field.

Sementara itu Luke yang kini telah menjadi murid Master Yoda, sedang berlatih menjadi Yoda Knight untuk dapat mengalahkan Darth Vader.

8. Star Wars Episode VI: Return of Jedi (1983)

Luke Skywalker dibantu dengan Lando Calrissian, Putri Leila, dan dua droid melakukan pertarungan melawan Jabba the Hut demi menyelamatkan rekan mereka Han Solo yang sebelumnya telah dikarbonasi.

Untungnya mereka berhasil menyelamatkan Han Solo dan melanjutkan petualangan mereka. Luke Skywalker memutuskan untuk kembali ke Dagobah menemui sang guru Master Yoda.

Star Wars Episode VI Return of Jedi
Star Wars Episode VI Return of Jedi

Namun pertemuan mereka sepertinya akan menjadi pertemuan terakhir. Master Yoda memberi tahunya mengenai keberadaan saudari kembarnya yang ternyata merupakan Putri Leila.

Selain itu, Master Yoda juga memberitahunya untuk dapat menghilangkan rasa marah, dendam, dan agresif yang ada dalam dirinya agar dapat menjadi seorang Jedi.

Juga Luke harus mengalahkan Darth Vader, karena selama dia belum dikalahkan, Luke tidak dapat menjadi seorang Jedi.

Setelah kematian Jedi, Luke memutuskan untuk mengalahkan Darth Vader dan mengembalikan kedamaian galaksi seperti semula.

9. Star Wars Episode VII: The Force Awakens (2015)

Setelah Galactic Empire hancur, Luke Skywalker menghilang entah kemana. Putri Leila bersama kelompoknya berusaha mencari Luke Skywalker untuk dapat meminta bantuannya menghadapi Kylo Ren dan First Order yang tengah dalam kebangkitan.

Belakangan Han Solo dan Putri Leila mengetahui bahwa Kylo Ren adalah anak mereka. Han Solo yang berniat membawa kembali Kylo Ren ke pelukan ibunya, justru berakhir dibunuh oleh anaknya sendiri dengan menggunakan lightsaber.

Star Wars Episode VII The Force Awakens
Star Wars Episode VII The Force Awakens

Setelah membunuh Han Solo, Kylo Ren bertarung melawan Rey si pemulung dari Planet Jakku. Untungnya Rey berhasil melarikan diri bersama Chewbacca dan Finn menggunakan pesawat Millenium.

Mereka pun akhirnya menemukan keberadaan Luke Skywalker berkat bantuan droid tua R2-D2 yang telah bangun dari tidur panjangnya. Luke ternyata bermukim di sebuah planet terpencil dan terisolasi. Luke Skywalker kemudian menawarkan Lightsabernya kepada Rey.

Nunggu seri baru Narnia ? Coba simak urutan film Narnia [Updated].

10. Star Wars Episode VIII: The Last Jedi (2017)

Setelah menemukan Luke Skywalker, Rey meminta Luke Skywalker agar melatihnya menjadi seorang Jedi. Namun hal itu ditolak oleh Luke, karena dia merasa keberadaan Jedi merupakan sumber dari segala permasalahan yang ada di galaksi.

Hal itulah yang juga menjadi salah satu alasan Luke untuk bersembunyi di Planet terpencil tersebut. Di sisi lain, Jenderal Leila dan kelompok Resistance tengah dikepung oleh pasukan perang The Force.

Star Wars Episode VIII The Last Jedi
Star Wars Episode VIII The Last Jedi

Keadaan semakin buruk ketika sang Jenderal terluka parah dan tak sadarkan diri. Dengan begitu Vice Admiral Holdo mengambil alih posisinya saat itu. dalam kepemimpinan Vice Admiral Holdo, beberapa anggota Resistance merasa kecewa dengan kebijakan dan tindakan yang diambil pemimpin mereka.

Menurut mereka, sebagai pemimpim kelompok, Vice Admiral Holdo cenderung pasif dan tidak memiliki rencana yang matang.

Finn pun menyatakan idenya untuk menyelamatkan kelompok mereka dari serangan The Force. Finn yang didukung dengan anggota lainnya, berencana untuk menyusup ke dalam kapal The Force.

11. Star Wars Episode IX: The Rise of Skywalker (2019)

Rey melanjutkan pelatihannya sebagai Jedi di bawah pengawasan Jenderal Leila Organa. Kemampuan Rey sudah mulai menunjuk peningkatn yang signifikan sebagai Jedi, tapi karena Rey masih memiliki sebuah ketakutan dalam dirinya kekuatannya belum maksimal.

Di sisi lain Kylo Ren yang kini telah berstatus supreme leader semakin gencar menghancurkan kelompok Resistance. Bahkan kali ini, dia mendapatkan bantuan dari Palpatine.

Star Wars Episode IX The Rise of Skywalker
Star Wars Episode IX The Rise of Skywalker

Kylo Ren bahkan sempat mengajak Rey untuk bergabung dengannya dan meninggalkan Leila juga Reistance, namun ditolak oleh Rey.

Demi menggagalkan rencana Kylo Ren dan Palpatine, Rey, Poe Dameron, dan Finn melintasi galaksi dan berkunjung di beberapa planet untuk mendapatkan sebuah alat penunjuk jalan menuju dunia Sith dan menemukan keberadaan Sith Lord.

Namun mereka harus menemukan sebuah belati yang mencancumkan mengenai informasi dalam bahasa Sith kuno, sebelum menemukan alat penunjuk jalan tersebut.

Sembari melakukan perjalanan mencari Sith Lord, mereka juga menyusun rencana serangan kepada musuh mereka.
Nah, itulah tadi urutan film Star Wars berdasarkan kronologi timeline-nya.

Penggemar film Manusia Super, wajib baca urutan film Superman dari pertama hingga terakhir.

Tabel Urutan Film Star Wars Lengkap dengan Tahun Rilis

Namun seperti yang sebelumnya saya bilang, kamu juga bisa menonton film Star Wars berdasarkan perilisannya. Dengan menonton sesuai tanggal rilisnya, kamu bisa melihat perkembangan teknologi CGI dari tahun 80-an sampai tahun 2019 kemarin. Ini dia urutan film Star Wars sesuai dengan tanggal rilisnya.

No.
Judul Film Star Wars
Tahun Dirilis
1.
Star Wars Episode IV: A New Hope
1977
2.
Star Wars Episode V: The Empire Strikes Back
1980
3.
Star Wars Episode VI: Return of the Jedi
1983
4.
Star Wars Episode I: The Phantom Menace
1999
5.
Star Wars Episode II: Attack of the Clones
2002
6.
Star Wars Episode III: Revenge of the Sith
2005
7.
Star Wars Episode VII: The Force Awakens
2015
8.
Rogue One A Star Wars Story
2016
9.
Star Wars Episode VIII:The Last Jedi
2017
10.
Solo: A Star Wars Story
2018
11.
Star Wars Episode IX: The Rise of Skywalker
2019

Sekali lagi, mau menonton filmnya berdasarkan chronological timeline-nya atau release date-nya itu tergantung kamu ya. Selain itu, Star Wars juga memiliki serial telivisi dan kartun yang bisa kamu tonton melalui Dinsey Plus.

Tags

Mahardika Dewi

Pernah berkuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. A Bookworm, and also addicted to movie, anime, and drama series.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Close
Close

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.