Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Movie

12 Urutan Film X-Men Dari Awal Hingga Akhir

Mau nonton film X-Men secara urut sesuai jalan ceritanya ?

Sejak dirilis pertama kali pada 20 tahun yang lalu tepatnya di tahun 2000, X-Men telah menjadi salah satu seri super hero yang banyak digandrungi pecinta film khususnya marvel. Bagi penonton baru yang ingin menonton X-Men, mungkin akan cukup kebingungan dengan timeline-nya.

Jika berdasarkan waktu perilisannya, film serial super hero ini dimulai dengan X-Men yang dirilis tahun 2000 kemudian X2 (2003), X-Men: The Last Stand (2006), X-Men Origins: Wolverine (2009), X-Men: First Class (2011), The Wolverine (2013), X-Men: Days of Future Past (2014), Deadpool (2016), Deadpool 2 (2018), dan Dark Phoenix (2019).

Sedangkan jika berdasarkan timeline-nya, kamu dapat memulai dengan menonton X-Men: First Class terlebih dulu yang bersetting di tahun 1962. Terus karena adanya kejadian di X-Men: Days of Future Past, timeline dalam film X-Men menghasilkan beberapa alternate timeline yang menyebabkan beberapa kejadian di timeline lama berubah. Berikut ini urutan film X-Men berdasarkan timeline-nya berserta sneak peek setiap serinya.

1. X-Men: First Class (2011)

Diawali dengan X-Men: First Class, tepatnya tahun 1962 dimana Profesor X dan Magneto masih muda. Diceritakan awal pertemuan Charles Xavier dan Erik Lensherr, saat setelah Erik kehilangan ibunya yang dibunuh oleh ilmuan kejam bernama Sebastian Shaw.

X-Men: First Class (2011)
X-Men: First Class (2011)

Sejak saat itu keduanya selalu bersama seperti kakak dan adik. Hingga mereka berdua beranjak dewasa, saat itu Charles telah berhasil menyelesaikan kuliahnya di Oxford dengan penelitiannya mengenai mutan. Di sisi lain Sebastian Shaw mulai menjalankan rencana jahatnya untuk memicu peperangan nuklir antara Uni Soviet dan Amerika dengan meyakinkan beberapa orang untuk mendukung rencananya itu.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

Trailer X-Men: First Class (2011)

Jika rencana Sebastian Shaw berhasil, maka dapat dipastikan semua manusia normal akan menghilang dan tergantikan dengan mutan. Erik dan Charles kembali bertemu dalam misi untuk menghentikan Shaw dan rencana jahatnya setelah sebelumnya sempat terpisah.

2. X-Men: Days of Future Past (2014)

Di tahun 2023, para mutan diburu untuk dibunuh oleh robot pembunuh yang disebut Sentinel. Sentinel yang memiliki kemampuan yang tidak hanya dapat mendeteksi gen mutan, tapi juga dapat mampu meniru dan menyerap kekuatan mutan. Hal ini menyebabkan jumlah para mutan mendekati punah.

X-Men: Days of Future Past (2014)
X-Men: Days of Future Past (2014)

Para mutan yang tersisa, termasuk Profesor X, Wolverine, Kitty Pryde, dan lainnya memutuskan untuk mengirim orang ke masa lalu, tepatnya tahun 1973 sebelum Sentinel diciptakan. Awalnya Kitty ragu untuk mengirim seseorang ke masa puluhan tahun lalu, karena dapat merusak otak orang tersebut.

Trailer X-Men: Days of Future Past (2014)

Tapi Wolverine mengajukan diri karena kemampuannya yang dapat menyembuhkan diri sendiri dengan cepat, sehingga akan mungkin otaknya akan baik – baik saja. Misinya adalah membuat Profesor X dan Magneto yang sedang bersitegang kembali rukun. Jika Wolverine berhasil maka masa depan akan berubah, termasuk tidak akan ada penciptaan Sentinel yang membantai para mutan.

3. X-Men Origins: Wolverine (2009)

X-Men Origins: Wolverine diberlatar tahun 1981 dimana mengkisahkan mengenai perjalanan hidup Logan sebelum bergabung dengan X-Men. Logan kecil besar bersama saudara laki-lakinya yakni Victor Creed dalam pelarian. Mereka lalu direkrut oleh William Stryker ke dalam Team X.

X-Men Origins: Wolverine (2009)
X-Men Origins: Wolverine (2009)

Namun, akibat hal itu, keduanya malah bersitegang dan bermusuhan. Mereka berdua bahkan sempat bertarung dan Victor berhasil memenangkan pertarungan itu dengan mematahkan cakar tulang milik Logan. Setelah kejadian itu, Stryker menawarkan Logan untuk menjadi bahan percobaan dengan memasukkan bahan yang sangat keras ke dalam tubuh Logan.

Trailer X-Men Origins: Wolverine (2009)

Dari percobaan tersebut, cakar tulang milik Logan menjadi lebih keras dan tajam. Namun belakangan dia baru menyadari bahwa percobaan yang dilakukan padanya itu adalah untuk menciptakan Weapon X yakni mutan terkuat. Logan pun mencoba untuk melawan Weapon X, bersama dengan saudaranya yakni Victor. Sayangnya, Logan terkena tembakan peluru adamantium di kepalanya yang menyebabkan dirinya kehilangan ingatan pada akhir film.

Mengikuti film Superman ? Berikut ini adalah daftar urutan film Superman dari awal sampai terakhir

4. X-Men: Apocalypse (2016) ~ Alternate Timeline

Seperti pembahasan sebelumnya akibat adanya kejadian X-Men: Days of Future Past, timeline alternatif pun muncul menggantikan timeline lama. Dengan kata lain, kejadian X-Men Apocalypse akan menjadi alternate timeline yang menggantikan timeline X-Men Origins: Wolverine.

X-Men: Apocalypse (2016)
X-Men: Apocalypse (2016)

Karena saat Loga berhasil kembali ke masa lalu, ada kejadian dimana dia dilemparkan ke danau oleh Magneto dan berhasil diselamatkan oleh William Stryker yang nantinya akan menciptakan Weapon X. Saat ditangkap dan dipenjara oleh Stryker, Logan juga mengalami amnesia.

Namun untunglah, dia diselamatkan oleh Jean, Scott, dan Kurt dan ketiganya pun berhasil melarikan diri dari markas Stryker. Sedangkan Apocalypse sendiri merupakan mutan tertua di dunia yang berasal dari Mesir. Dia kembali bangkit dengan para mutan pengikutnya, yakni Four Horsemen dan terdiri dari Angel, Psylocke, Storm, dan Magneto. Apocalypse dan Four Hosemen ini berencana untuk membangun sebuah dunia baru.

Trailer X-Men: Apocalypse (2016)

Pertarungan sengit antara Apocalypse dan X-Men pun terjadi dan menimbulkan korban jiwa, demi menghentikan rencana jahat Apocalypse untuk memusnahkan umat manusia.

5. X-Men: Dark Phoenix (2019) ~ Alternate Timeline

Dalam X-Men: Dark Phoenix, para member X-Men yakni, Quick Silver, Cyclops, Jean Grey, Raven, Beast, Storm, dan Nightcrawler mendapatkan misi untuk menyelamatkan sekelompok astronot yang terdampar di luar angkasa akibat sebuah fenomena alam bernama solar flare.

X-Men: Dark Phoenix (2019)
X-Men: Dark Phoenix (2019)

Misi penyelamatan itu tidak berjalan lancar karena ternyata solar flare itu perlahan semakin mendekat ke tempat para astronot, hingga mengancam jiwa dan keselamatan mereka. Untungnya dengan kekuatan yang dimiliki oleh Jean Grey, para astronot tersebut dapat diselamatkan.

Namun sayangnya, Jean Grey terkena paparan solar flare tersebut yang ternyata merupakan sebuah kekuatan kosmik bernama Phoenix. Beruntung nyawa Jean Grey terselamatkan tanpa luka sedikitpun meski awalnya dia sempat disangka telah tewas.

Trailer X-Men: Dark Phoenix (2019)

Tapi tentu saja ada dampak yang terjadi setelah kejadian tersebut. Kekuatan Phoenix tersebut tidak hanya menambah kekuatan Jean Grey saja, tapi juga di saat yang bersamaan mengguncang psikisnya. Emosi Jean Grey mulai tidak stabil sejak kembali dari luar angkasa dan bahkan cenderung membahayakan orang – orang, baik mutan maupun manusia di Bumi. Dia juga mulai kehilangan kepercayaannya kepada para anggota X-Men.

6. X-Men (2000)

Dari waktu ke waktu manusia yang berevolusi menjadi mutan semakin bertambah. Mutan – mutan ini dapat melakukan hal – hal yang sulit untuk dimengerti oleh logika. Akibat perbedaan yang sangat mencolok di antara mereka dengan manusia normal pada umumnya, para mutan seringnya mendapatkan diskriminasi.

Film X-Men (2000)
Film X-Men (2000)

Mereka ditakuti dan dijauhi hingga dikucilkan oleh para manusia. Hal ini menyebabkan banyak mutan yang berpikir bahwa manusia merupakan sebuah ancaman dan ingin melenyapkan kaum manusia. Padahal tidak semua manusia seperti yang mereka pikirkan. Mereka hanya belum dapat mengerti satu sama lain.

Sayangnya, Magneto dan para pengikutnya sedang merencanakan sesuatu yang dapat mengancam keberadaan para manusia. Magneto berencana untuk mengubah semua manusia yang tersisa menjadi mutan, dengan cara menggunakan pencaran radiasi secara besar-besaran di New York.

Trailer X-Men (2000)

Untungnya rencana jahatnya itu tidak dapat terlaksana tanpa Rogue. Rougue sendiri sedang berada di maskar X-Men bersama Logan, setelah keduanya diselamatkan oleh anggota X-Men dalam sebuah kecelakaan mobil. Profesor X kemudian memperkenalkan keduanya dengan para anggota X-Men lainnya.

Namun sayangnya, Rogue berhasil diculik oleh Magneto. Para anggota X-Men pun bersiap untuk bertarung melawan Magneto dan kawanannya.

Siapa bilang Indonesia tidak memiliki Superhero? Berikut daftar superhero asli milik Indonesia

7. X2: X-Men United (2003)

Setelah berhasil menghentikan Magneto dan rencana jahatnya, akhirnya kehidupan manusia kembali damai. Namun begitu, beberapa manusia masih belum dapat mempercayai mutan sepenuhnya. Di sisi lain Magneto berhasil dipenjara dalam sebuah kurungan yang di desain agar dia tidak dapat menggunakan kekuatannya untuk melarikan diri.

X2: X-Men United (2003)
X2: X-Men United (2003)

Tapi bukan berarti kondisi menjadi aman terkendali setelah Magneto dipenjara, justru masalah baru muncul. Dimana seorang mutan bernama Nightwalker muncul dan meresahkan masyarakat dengan aksinya yang mencoba membunuh presiden.

Hal itu membuat masyarakat resah, dan muncullah sebuah usulan yakni rancangan registrasi mutan. Banyak yang tidak setuju dengan hal itu, baik dari sisi para mutan maupun manusia. Mereka berpendapat bahwa, dengan adanya rancangan tersebut kebebasan dan hak para mutan akan terbatasi.

Trailer X2: X-Men United (2003)

Dalam keadaan seperti ini, Stryker yang memang membenci mutan muncul dan memanasi orang – orang agar rancangan ini dapat disetujui. Dia mulai menangkap para mutan, meski beberapa berhasil lolos dari penangkapan tersebut.

Profesor X lantas memilih untuk bekerja sama dengan Magneto yang berhasil meloloskan diri dari penjara berkat pertolongan anak buahnya, untuk mengalahkan Stryker dan mencegah kepunahan mutan dari muka Bumi.

8. X-Men: The Last Stand (2006)

X-Men: The Last Stand berfokus pada sebuah penemuan penawar untuk para mutan yang dapat menghilangkan gen mutannya. Penawar ini didapatkan dari seorang bocah laki-laki bernama Leech yang memiliki kemampuan atau DNA yang dapat menghilangkan gen mutan dari seorang mutan kemudian membuatnya menjadi manusia normal. Informasi mengenai penawar ini langsung tersebar begitu cepat melalui media masa, diikuti oleh pernyataan konfirmasi dari sebuah perusahaan farmasi yang memproduksi penawar tersebut.

X-Men: The Last Stand (2006)
X-Men: The Last Stand (2006)

Hal ini membuat beberapa mutan merasa marah dan hal itu dimanfaatkan Magneto untuk membentuk kembali Brotherhood of Mutant. Di sisi lain, Jean Grey yang di film sebelumnya telah tewas di danau Alkali ternyata masih hidup. Namun karena dirinya telah sepenuhnya dikontrol oleh Phoenix, dia memutuskan untuk beralih ke sisi Brotherhood of Mutants.

Brotherhood berencana untuk menculik dan membunuh Leech yang menurut mereka menjadi sumber kehancuran kaum mutan. Para anggota X-Men mau tidak mau harus bertarung melawan kaum mereka sendiri yakni Brotherhood of Mutants, dan menyelamatkan Leech yang tidak bersalah.

Trailer X-Men: The Last Stand (2006)

Pertarungan mereka berakhir setelah Magneto kehilangan kemampuannya karena telah tertembak oleh penawar berdosis tinggi, dan Jean Grey yang tewas dibunuh oleh Logan.

9. The Wolverine (2013)

Beberapa waktu setelah pertemuran para mutan, Logan memutuskan untuk menjadi petapa di Yukon. Dia masih dihantui oleh bayangan Jean Grey yang tewas dibunuhnya dalam pertempuran beberapa waktu tersebut. Di sana dia bertemu dengan Yukio yakni seorang mutan yang dapat meramalkan kematian.

The Wolverine (2013)
The Wolverine (2013)

Yukio mengajak Logan untuk menemui Ichiro Yashida, yakni pemilik dari Yashida Industries, sekaligus orang yang pernah diselamatkan oleh Logan dari ledakan saat kejadian penyerangan bom atom di Nagasaki. Yashida meminta Logan untuk memindahkan kemampuan untuk menyebuhkannya ke dalam tubuh Yoshida yang sedang menderita Kanker. Namun Logan menolak hal tersebut.

Pada keesokan harinya, Yoshida dikabarkan telah meninggal. Namun semua itu ternyata adalah awal dari jebakan Yoshida. Dia memalsukan kematiannya dan berusaha mengambil kemampuan Logan. Untungnya Mariko yakni cucu Yoshida, ikut membantu Logan melawan Yoshida.

Trailer The Wolverine (2013)

Berkat hal itu, Logan berhasil membunuh Yoshida. Setelah kejadian itu, Logan bertolak kembali ke Amerika untuk membahas mengenai perkembangan Sentinel bersama dengan Profeor X dan Magneto.

Kamu pengunjung setia Layarindo21 ? Cek alamat terbaru LayarIndo21 disini

10. Deadpool (2016)

Wade Wilson merupakan mantan tentara special force yang beralih profesi sebagai tentara bayaran. Meskipun begitu, Wade Wilson hanya menerima pekerjaan untuk menolong orang – orang lemah. Suatu ketika saat dia sedang nongkrong di bar langganannya, seseorang menghampirinya dan menawarinya untuk ikut dalam sebuah eksperimen yang mampu menyembuhkan penyakit kanker yang sedang dia derita, juga membuatnya mendapatkan kekuatan super.

Deadpool (2016)
Deadpool (2016)

Wade Wilson yang sangat ingin sembuh dari penyakit yang menggerogoti tubuhnya itu, memutuskan untuk menyetujui tawaran orang tersebut.

Di sana, Wade Wilson baru menyadari beberapa hal. Percobaan yang dilakukan tersebut merupakan hal ilegal yang dikelola oleh para penjahat yang bertujuan untuk menghasilkan mutan atau manusia berkekuatan super dari percobaan tersebut.

Trailer Deadpool (2016)

Kemudian setelah itu, para mutan – mutan dari hasil percobaan tersebut dijual kepada penawar dengan harga yang cukup tinggi. Wade Wilson pun berusaha untuk melarikan diri dari tempat tersebut.

11. Deadpool 2 (2018)

Dalam film keduanya, Deadpool mendapatkan pekerjaan untuk melindungi seorang mutan kecil bernama Russell yang belum mampu mengontrol kemampuannya sehingga membuat Russell cukup berbahaya. Saat sebelumnya, dia sempat mengalami frustasi dan kegalauan yang menyebabkannya ingin segera mengakhiri keabadiannya. Saat itulah Colossus menghampirinya dan menawarkannya menjadi bagian X-Men.

Deadpool 2 (2018)
Deadpool 2 (2018)

Wide Wilson menolak ajakan tersebut, namun setelah bertemu dengan Russell, dia memikirkan kembali tawaran Colossus tersebut. Di sisi lain, Russell juga ternyata sedang diincar oleh seorang prajurit cyborg dari masa depan bernama Cable.

Trailer Deadpool 2 (2018)

Cable ingin membunuh Russel yang telah membunuh keluarganya. Wide Wilson pun membuka lowongan untuk para mutan yang ingin bergabung dalam timnya yang diberi nama X-Force untuk melawan Cable. X-Force pun terbentuk dengan anggota yang terdiri dari Deadpool, Domino, Colossus, Negasonic Teenage Warhead, dan Bedlam.

12. Logan (2017)

Belatar di tahun 2029, di mana Logan kini bekerja sebagai seorang supir dan juga merawat Profesor X yang sudah tua dan mengalami demensia. Mereka berdua tinggal di sebuah gudang tua dekat dengan Meksiko bersama dengan seorang mutan pelacak yakni Caliban.

Logan (2017)
Logan (2017)

Logan sendiri juga mulai tampak menua dan penyakitan. Kemampuannya untuk menyembuhkan diri juga telah menurun, ditambah kebiasaannya yang sering mabuk – mabukan. Sudah hampir 25 tahun lamanya, tidak ada informasi mengenai kelahiran mutan baru. Namun suatu hari, seorang gadis kecil muncul.

Trailer Logan (2017)

Dia bernama Laura dan merupakan seorang mutan yang ternyata merupakan hasil kloning Logan dan memiliki kemampuan yang sama dengan Logan. Mereka pun melakukan perjalanan panjang ke Eden, yang merupakan sebuah tempat pengasingan yang aman bagi para mutan yang berhasil selamat dari Transigen.

Mau download film secara gratis dan legal ? Silahkan kunjungi beberapa rekomendasi situs download film legal ini

Nah, itulah urutan film serial super hero X-Men berdasarkan dengan timeline-nya. Dan seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa berkat kejadian di X-Men: Days of Future Past, menghasilkan alternate timeline yang menggantikan timeline lamanya. Selain itu, kamu bisa menonton film X-Men melalui Disney Channel dan Amazon Prime Video secara legal.

Mahardika Dewi

Pernah berkuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. A Bookworm, and also addicted to movie, anime, and drama series.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.