Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
PC & Laptop

Spesifikasi dan Harga Lenovo Ideapad 130

Laptop adalah salah satu gadget yang dibutuhkan saat ini. Karena laptop bisa membantu kita untuk melakukan banyak hal, berkaitan dengan sekolah dan kantoran apalagi di saat pandemi seperti sekarang.

Laptop jaman sekarang dibekali dengan desain yang ringkas dan ringan, Hal ini bertujuan supaya laptop bisa dibawa kemana-mana dengan mudah. Meski demikian ternyata masih ada juga laptop baru yang mengusung layar 15 inci dengan body yang lebih besar.

Tak hanya Asus dan Acer saja, Lenovo juga dikenal sangat rajin dalam memproduksi laptop berukuran 15 inchi yang menyita banyak perhatian.

Salah satu laptop 15 inchi yang banyak menyita perhatian adalah Lenovo Ideapad 130 15-IKB. Kalian yang membutuhkan laptop berlayar lebar dengan dapur pacu lumayan bisa mempertimbangkan untuk memboyong laptop seharga 5 jutaan ini

Spesifikasi dan Harga Lenovo Ideapad 130 15-IKB

Tak hanya mengunggulkan layar 15 inchi saja, Lenovo Ideapad 13 juga punya beberapa bagian lain yang mungkin akan membuat kalian semakin yakin untuk meminang laptop ini, mau tau apa aja? Simak review Lenovo Ideapad 130 15-IKB selengkapnya dibawah ini.

1. Desain

Desain Lenovo Ideapad 130
Desain Lenovo Ideapad 130

Pada bagian pertama ini, kita akan membahas bagian desainnya terlebih dahulu. Lenovo Ideapad 130 15-IKB tampil dengan body berbahan plastik yang berkesan kokoh banget saat dipegang.

Mengingat laptop ini mengusung layar 15 inchi, tidak heran jika laptop ini memiliki body yang bongsor, meski body-nya gede laptop ini hanya memiliki bobot sekitar 2,1 kg saja Tidak terlalu berat dan mudah untuk dibawa kemana-mana.

Berbicara soal desainnya, Lenovo Ideapad 130 15-IKB tampil dengan desain yang minimalis seperti laptop pada umumnya. Jika dilihat dari samping sebelah kiri kalian akan melihat kumpulan ports yang terdiri dari 2 port USB 3.1 Gen 1, ethernet, HDMI, slot pembaca kartu memori SD, dan port audio combo.

Sementara itu dibagian kanan kalian akan melihat DVD drive yang mungkin sudah jarang ditemukan pada laptop keluaran terbaru.

2. Layar

Layar Lenovo Ideapad 130
Layar Lenovo Ideapad 130

Beralih kebagian layarnya, Lenovo Ideapad 130 15-IKB membawa layar selebar 15,6 inchi. Layar yang sangat lebar ini tampil dengan resolusi 1366 x 768 pixel. Hadirnya layar berukuran lebar ini bisa menjadi nilai plus, karena lebar dan beresolusi tinggi.

Mantapnya lagi laptop 15 inchi dari Lenovo ini juga dilengkapi dengan fitur anti glare. Jadi, kalian tidak akan merasa silau karena cahaya yang memantul dari layarnya. Mantap sekali bukan? Kenyamanan kalian akan terjamin.

3. Keyboard

Keyboard Lenovo Ideapad 130
Keyboard Lenovo Ideapad 130

Berbicara mengenai laptop, akan kurang lengkap jika sampai melewatkan keyboard. Lenovo Ideapad 130 15-IKB memiliki tombol keyboard yang berukuran besar, ukuran tombolnya juga sangat pas, jadi kenyamanan kalian saat mengetik dalam waktu yang lama akan terjaga.

Hanya saja, tidak adanya led backlight pada keyboard sangat disayangkan. Mungkin kalian akan mengalami typo saat mengetik di tempat yang minim cahaya.

Dibagian bawah ada touchpad mouse yang berukuran lumayan besar. Hadirnya touchpad lebar tentu akan memudahkan kita untuk mengoperasikan laptop, apalagi tombol klik kanan dan kirinya juga sangat empuk.

Mencari keyboard untuk bermain game? Mungkin rekomendasi keyboard gaming terbaik beserta harga.

4. Performa

Masuk ke bagian dalam tepatnya dapur pacu, ada Intel Core i3-7020U yang ditugaskan sebagai prosesornya.

Prosesor garapan intel ini memiliki dua inti CPU yang sanggup digeber dengan kecepatan maksimum hingga 2.3 GHz tanpa fitur Turbo Boost.

Meski tidak dibekali dengan fitur Turbo Boost, setidaknya kalian bisa berlega hati karena laptop ini punya fitur Hyper-Threading yang bisa menjadikan prosesor Intel Core i3-7020U jadi lebih tangguh dengan konsumsi daya yang irit.

Tak sendirian, prosesor mantap ini dibarengi dengan RAM 8 GB dan SSD berkapasitas 256 GB. Jadi laptop ini sudah termasuk dalam laptop SSD. Hadirnya RAM gede serta media penyimpanan bertipe SSD juga menjadi nilai plus dari laptop yang satu ini.

Jika RAM 8 GB dirasa masih kurang gede, kalian bisa mempertimbangkan untuk melakukan upgrade. Kabar baiknya, Lenovo Ideapad 130 15-IKB bisa di upgrade hingga maksimal 12 GB.

Dengan spesifikasi dapur pacu sedemikian rupa, rasanya laptop Lenovo Ideapad 130 15-IKB sudah sangat memenuhi produktivitas sehari hari seperti browsing, menggarap dokumen dan juga menikmati hiburan seperti menonton film.

Jangan terlalu berharap laptop ini akan sanggup untuk digunakan keperluan berat seperti main game HD dan editing, karena laptop ini tidak dilengkapi dengan kartu grafis diskrit.

5. Kamera

Seperti laptop pada umumnya, Lenovo Ideapad 130 15-IKB juga dibekali dengan satu buah webcam yang ada di bagian atas layarnya. Webcam tersebut beresolusi VGA 0,3 MP saja. Sudah lumayan untuk keperluan video call.

6. Konektivitas

Salah satu bagian yang tak kalah penting ketika membeli laptop adalah konektivitasnya. Bagaimana dengan Konektivitas yang dibawa oleh Lenovo Ideapad 130 15-IKB? Laptop ini punya port-port yang cukup lengkap.

Ports yang dimaksud terdiri dari 2 port USB 3.1 Gen 1, Ethernet, HDMI, slot pembaca kartu memori SD, dan port audio combo. Ada juga DVD yang terletak dibagian kanan. Lengkap sekali kan?

Cari speaker bluetooth? Inilah rekomendasi speaker bluetooth terbaik yang sudah kami lengkapi dengan harga.

7. Baterai

Sementara itu di dalam body nya ada baterai 2 Cell Li-ion 4000 mAh yang bertugas sebagai penyuplai daya. Jika hanya digunakan untuk mengetik dan browsing, laptop ini bisa bertahan hingga 5 jam.

8. Spesifikasi

Layar 15,6 HD LED (1366 X 768 piksel)
Warna Black
Dimensi 37.5 x 25 x 2.5 cm
Berat 2.0 kg
Sistem Operasi DOS
Processor Intel Core i3-7020U
RAM 8 GB
Harddisk 256 GB SSS
Baterai 2 Cell Li-ion 4000mAh
Fitur Webcam, Card Reader,2 Port USB 3.0, HDMI, Realtek PCIe GBE Family Controller (RJ45)

9. Harga

  • Lenovo Ideapad 130 15-IKB: Rp 5.000.000
Mencari mouse gaming terbaik untuk bermain game? Kami berikan rekomendasi mouse gaming terbaik saat ini beserta harganya.

Kesimpulan

Setelah menyimak spesifikasi dan juga harga dari laptop Lenovo Ideapad 130 15-IKB ini, tim SurgaTekno bisa menyimpulkan laptop ini memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan seperi yang akan dijelaskan dibawah ini.

Kelebihan

  1. Bisa dibilang harganya terjangkau
  2. Sudah dibekali dengan SSD 256 GB yang ngebut banget
  3. RAM bisa diugrade hingga 12 GB
  4. Performa sudah cukup baik untuk produktivitas
  5. Keyboard dan Touch pad nyaman sekali
  6. Baterai tahan lama

Kekurangan

  1. Tidak dibekali dengan kartu grafis diskrit

Akhir Kata

Selesai sudah bahasan terkait spesifikasi dan harga Lenovo Ideapad 130 kali ini. setelah mengetahui kelebihan, kekurangan serta harganya apakah kalian tertarik dengan laptop ini? Jawab pertanyaannya di kolom komentar ya.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.