Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
PC & Laptop

10 Mouse Gaming Terbaik Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Anda hobi bermain game? Ketika bermain game, bukan hanya memfokuskan pandangan ke layar. Mouse gaming juga mempunyai peran penting yang akan menentukan kenyamanan ketika bermain games.

Meskipun sebenarnya Anda terkenal memiliki kemampuan di atas rata-rata, namun ketika menggunakan mouse yang tidak tepat maka Anda tidak bisa mengeluarkan kemampuan terbaik Anda.

Maka dari itu, Anda harus menggunakan mouse gaming terbaik yang kualitasnya sudah diakui di mana-mana. Selain itu, Tim SurgaTekno juga pernah mengulas seputar keyboard gaming dan headset gaming yang direkomendasikan untuk para gamer.

Rekomendasi Mouse Gaming Terbaik Saat Ini

Ada beberapa mouse gaming yang akan kami rekomendasikan untuk  Anda. Anda tinggal menentukan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki.


1.Logitech G300S

Logitech G300S - Mouse Gaming Terbaik
Logitech G300S

Mouse gaming terbaik yang akan kami bahas pertama kali yaitu Logitech G300S. Mouse ini memiliki banyak kelebihan yang pastinya tidak bisa Anda tolak.

Selain dijual dengan harga terjangkau, Logitech G300S dilengkapi dengan 9 tombol konfigurasi serta 3 On-Board Game Profiles Logitech G300S yang bisa digunakan untuk menyimpan pengaturan profil.

Jadi, ketika Anda ingin memainkan game lain yang memerlukan profil pengaturan yang berbeda, Anda bisa mengaktifkan fitur ini.

Kelebihan lainnya dari Logitech G300S adalah dilengkapi dengan sensor sebanyak 2.500 dpl yang membuatnya mampu bergerak dengan lincah.

Sangat bagus untuk bermain game yang memang memerlukan pergerakan mouse yang lincah seperti game perang.

Untuk ketahanan yang dimiliki oleh mouse gaming yang satu ini diklaim mampu bertahan hingga 10 juta klik. Logitech G300S juga mudah dihubungkan ke komputer maupun laptop melalui kabel USB.

Jika Anda ingin membeli mouse gaming ini, Anda perlu tahu bahwa Logitech G300S menyediakan 8 pilihan warna lampu indikator. Untuk mendapatkannya, Anda harus menyiapkan uang sekitar Rp. 195.000. Sementara itu, kelebihan dan kekurangan dari mouse ini adalah sebagai berikut.

Kelebihan:

  • Mempunyai tombol konfigurasi berjumlah 9.
  • Harga terjangkau.
  • Mempunyai sensor sebanyak 2.500 dpl.
  • Termasuk salah satu mouse gaming tercepat karena memiliki kecepatnan 1,5 m/detik.
  • Memiliki desain yang ergonomis dan nyaman ketika dipegang.
  • Terdapat lampu indikator sebanyak 8.

Kekurangannya

  • Logitech G300S masih mempunyai desain yang kurang elegan.
  • Dari 9 tombol tersebut, tombol yang bisa dikustomisasi ketika bermain game hanya ada 2.

2. Logitech Prodigy G102

Logitech Prodigy G102 - Mouse Gaming Terbaik
Logitech Prodigy G102

Masih membahas tentang mouse yang dimiliki Logitech. Kali ini terdapat Logitech Prodigy G102 yang juga menjadi salah satu mouse gaming terbaik hingga sekarang.

Jika Anda perhatikan, desain dari mouse cenderung klasik namun di dalamnya memiliki banyak fitur yang akan memudahkan Anda dalam bermain game-game favorit.

Salah satu hal yang menjadi keunggulan dari mouse ini adalah tingkat sensitivitasnya yang mencapai 200 dpi sampai dengan 8000 dpi.

Logitech Prodigy G102 mampu memberikan sensor yang akurat. Tidak hanya itu saja, mouse gaming yang satu ini juga dilengkapi dengan lampu indikator RGB yang memiliki 16,8 juta warna.

Anda bisa mengubah warna tersebut dengan menggunakan aplikasi Logitech Gaming Software pada komputer maupun laptop Anda. Mouse ini juga di dalamnya terdapat Button Tensioning atau tombol klik yang berperan untuk mengurangi tekanan jari pada saat Anda mengklik mouse tersebut.

Fitur inilah yang membuat Logitech Prodigy G102 menjadi mouse gaming yang awet. Anda bisa menggunakannya untuk jangka waktu yang lama.

Mouse ini dijual dengan harga Rp. 245.000. Adapun berkaitan dengan kelebihan dan kekurangannya adalah sebagai berikut:

Kelebihan

  • Logitech Prodigy G102 dilengkapi dengan desain yang klasik.
  • Dilengkapi dengan lampu indikator yang sudah berkualitas RGB.
  • Tingkat sensitivitasnya yang bagus yakni sekitar 6.200 dpi.
  • Termasuk salah satu mouse gaming yang responsif dan mampu diklik sebanyak 1.000 kali per detik.

Kekurangan

  • Masih menyediakan pengaturan kustomisasi yang terbatas.
  • Merupakan mouse yang terlalu ringan. Hal ini seperti menghilangkan kesan firm pada saat Anda. menggenggam maupun menggerakkan mouse tersebut.

3. SteelSeries Rival 3

SteelSeries Rival 3 - Mouse Gaming Terbaik
SteelSeries Rival 3

Mouse gaming yang ketiga dan juga menjadi salah satu yang terbaik adalah SteelSeries Rival 3.

Bagi Anda yang menginginkan mouse gaming kualitas terbaik namun terkendala dana, maka kami menyarankan Anda menggunakan mouse yang satu ini. Meskipun harganya terjangkau, namun mouse gaming yang satu ini tetap memberikan kenyamanan ketika bermain game.

Anda tidak perlu khawatir tidak bisa menunjukkan kemampuan terbaik Anda karena SteelSeries Rival 3 termasuk mouse gaming yang memiliki tingkat responsitivitas yang bagus.

Untuk tingkat sensitivitasnya sendiri bahkan mencapai 100 dpi sampai dengan 8000 dpi yang membuatnya menjadi rekomendasi oleh banyak gamers. Anda bisa mengatur tingkat sensitivitasnya tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Bagaimana dengan tingkat ketahanannya? SteelSeries Rival 3 diklaim memiliki tingkat ketahanan hingga mencapai 60 juta kali klik.

Selain itu, mouse gaming ini juga dilengkapi dengan on-board memory yang nantinya akan mempermudah Anda dalam mengatur game. Anda juga bisa melakukan pergantian warna dengan mudah sesuai dengan selera Anda.

Ternyata, keunggulan yang dimiliki oleh SteelSeries Rival 3 tidak sampai di situ. Mouse ini juga dilengkapi dengan aplikasi bernama Discord dan juga GameSense Engine yang bisa Anda lakukan untuk membuat obrolan, acara di dalam game, dan berbagai pengaturan lainnya.

Untuk segi fisiknya sendiri, mouse gaming tersebut juga tidak terlalu tinggi sehingga membuat pengguna bisa lebih betah dalam memegang mouse tersebut untuk bermain game dalam waktu yang lama.

Untuk harganya sendiri memang lebih mahal dibandingkan kedua mouse gaming yang suah kami sebutkan. Mouse ini dijual dengan harga Rp. 559.000. Kemudian untuk kelebihan dan kekurangan SteelSeries Rival 3 adalah sebagai berikut:

Kelebihan

  • Memiliki tingkat ketahanan mencapai 60 juta kali klik.
  • Mouse ini mempunyai desain yang klasik yang menggunakan bahan polimer serta memiliki berat yang cukup ringan.
  • SteelSeries Rival 3 dilengkapi dengan iluminasi RGB 3 zona yang ada pada software SteelSeries engine.
  • Anda bisa menyimpan pengaturan pada mouse secara otomatis.

Kekurangan

  • SteelSeries Rival 3 tidak dilengkapi dengan karet pada bagian punggung mouse. Hal ini membuat mouse tersebut terkesan licin.
  • Kabel yang digunakan masih bertipe rubber.
Cari game FPS PC terbaik yang bisa dimainkan secara online dan offline ? Inilah deretan game FPS PC terbaik untuk kamu pecinta game First Person Shooter.

4. Razer DeathAdder Elite

Razer DeathAdder Elite - Mouse Gaming Terbaik
Razer DeathAdder Elite

Mouse gaming selanjutnya yang kami rekomendasikan untuk Anda adalah Razer DeathAdder Elite.

Jika Anda mencari mouse yang mampu memberikan selama bermain game, maka kami menyarankan Anda untuk memilih mouse ini. Lalu bagaimana dengan desainnya? Razer DeathAdder Eliter memiliki desain yang ergonomis dan klasik.

Selain itu, mouse juga memiliki lambang Razer di bagian tengahnya. Mouse ini juga mempunyai bentuk yang ramping di bagian tengah dan lebar di bagian sampingnya sehingga membuat Anda nyaman ketika menggenggamnya.

Razer DeathAdder Elite juga memberikan kemudahan kepada Anda ketika ingin melakukan kustomisasi karena di dalamnya juga dilengkapi dengan fitur plug and play.

Ternyata kualitas yang dimilikinya tidak sampai di situ. Razer DeathAdder Elite juga menyediakan fitur yang bisa Anda gunakan untuk mengubah kalibrasi, efek backlight, serta pengguna bisa langsung terhubung ke situs Razer jika ingin mengubahnya. Mouse ini termasuk salah satu yang mahal karena dijual dengan harga Rp. 895.000.

Kelebihan

  • Razer DeathAdder memiliki 7 tombol yang sudah bisa Anda kustomisasi.
  • Mempunyai tingkat sensitivitas yang bagus yaitu mencapai 16.000 dpi.
  • Mouse ini dilengkapi dengan switch Omron yang memiliki tingkat ketahanan hingga mencapai 50 juta kali.
  • Memiliki desain yang ergonomis dan diberi tambahan berupa lapisan karet baik di sisi kiri maupun sisi kanannya sehingga memberikan kenyamanan ketika memegangnya.

Kekurangan

  • Dibandrol dengan harga yang terjangkau.
  • Memiliki bobot yang berat sehingga kurang cocok jika Anda memainkannya untuk bermain game MOBA.

5. Razer DeathAdder Chroma

Razer DeathAdder Chroma - Mouse Gaming Terbaik
Razer DeathAdder Chroma

Bagi Anda yang mencari mouse gaming terbaik yang menawarkan paket lengkap, maka kami menyarankan Anda membeli Razer DeathAdder Chroma.

Mouse ini memiliki tingkat sensitivitas yang bagus dengan akurasi yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Jika Anda memperhatikan dengan teliti, Anda akan menemukan bahwa di bagian kiri dan kanan mouse tersebut terdapat dua tombol yang sudah diprogram sesuai dengan keinginan.

Tombol tersebut diprogram menggunakan aplikasi Synapse 2.0. Software ini sangat mudah digunakan karena di dalamnya hanya terdapat 3 menu yaitu Macros, Mouse, dan juga Stats.

Untuk membuat pengguna semakin nyaman memakai Razer DeathAdder Chroma, mouse gaming ini juga telah menyediakan lapisan karet yang bertekstur sehingga membuat genggaman terasa nyaman. Harganya pun terbilang murah karena Anda hanya perlu menyiapkan dana sekitar Rp. 307.000.

Kelebihan

  • Desain ergonomis dan sudah dilengkapi dengan sensor optik.
  • Dilengkapi dengan tingkat akurasi sensor yang mencapai 10.000 dpi.
  • Pada punggung mouse sudah terdapat lampu LED RGB yang sudah mendukung sebanyak 16,8 juta warna.
  • Memiliki software bernama Synapse 2.0 yang mudah digunakan.

Kekurangan

  • Beberapa orang merasa bahwa paket mouse yang diberikan masih kurang lengkap.

6. Logitech G602

Logitech G602 - Mouse Gaming Terbaik
Logitech G602

Jika membahas mouse yang memiliki kualitas terbaik dan bisa digunakan untuk jangka waktu lama, nama Logitech memang tidak bisa diabaikan.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Logitech G602 adalah mouse ini termasuk mouse tanpa kabel atau wireless. Meskipun tanpa kabel, namun kemampuan dan kecepatannya tidak kalah dengan mouse yang menggunakan kabel.

Anda tidak perlu khawatir Logitech G602 mengalami lag karena Anda bisa menggunakannya tanpa mengalami hambatan apa pun.

Logitech G602 dilengkapi dengan tombol berjumlah 11 yang bisa Anda lihat di bagian siri kiri maupun sisi kanannya. Tombol-tombol tersebut juga sudah diprogram sesuai dengan kebutuhan Anda untuk bisa memaksimalkan dan memberikan kenyamanan ketika bermain game.

Keunggulan yang dimiliki oleh Logitech G602 bukan hanya itu. Mouse gaming ini juga memiliki tingkat ketahanan yang bagus karena bisa digunakan dalam jangka waktu 250 jam. Dengan begitu, Anda tidak perlu sibuk mengisi daya baterai atau mengganti baterainya dengan yang baru.

Ada hal lain yang membedakan antara Logitech G602 dengan produk yang lain. Pada mouse ini terdapat lampu indikator yang tingkat cahayanya tidak terlalu terang. Akan tetapi, masih ada di bagian punggung mouse. Untuk mendapatkannya Anda harus mengeluarkan biaya seputar Rp. 270.000.

Kelebihan

  • Sudah mendukung teknologi wirelesss atau nirkabel.
  • Baterai yang awet karena mampu bertahan selama 250 jam.
  • Dilengkapi dengan teknologi bernama Delta Zero.
  • Menyediakan 11 tombol uang bisa Anda gunaan sesuai keinginan Anda.
  • Mempunyai kursor yang kecepatannya menembus angka 2,4 GHZ.

Kekurangan

  • Loigitecj G602 masih memiliki file yang terlalu besar.
  • Desain kurang stylist.
Player PUBG wajib tahu deretan urutan rank game PUBG terlengkap.

7. Logitech G402 Hyperion Fury

Logitech G402 Hyperion Fury - Mouse Gaming Terbaik
Logitech G402 Hyperion Fury

Mouse gaming yang ketujuh dan juga bisa menjadi pilihan untuk Anda yaitu Logitech G402 Hyperion Fury. Salah satu alasan kenapa kami merekomendasikan mouse gaming yang satu ini adalah karena dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Anda cukup mengeluarkan uang sekitar Rp. 360.000 dan Anda sudah bisa mendapatkan salah satu mouse gaming terbaik ini. Salah satu keunggulan dari Logitech G402 Hyperion Fury adalah tingkat sensitivitasnya  yang mencapai 4.000 dpi.

Hal ini membuatnya dapat bergerak dengan lincah dan cepat sehingga memudahkan Anda ketika bermain game.

Selain itu, mouse ini juga memiliki delapan tombol yang semuanya bisa Anda kustomisasi atau Anda program sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, ketika bermain game menggunakan Logitech G402 Hyperion Fury, Anda benar-benar mendapatkan pengalaman bermain game yang tidak pernah Anda lupakan.

Kelebihan

  • Mouse mempunyai desain yang sesuai dengan bentuk tangan dan membuat penempatan jari pas sehingga nyaman di tangan.
  • Logitech G402 Hyperion Fury sudah dilengkapi dengan delapan tombol yang semuanya bisa Anda kutomisasi.
  • Tingkat sensitivitas yang bagus yaitu mencapai 4.000 dpi.
  • Mouse ini dijual dengan harga yang terjangkau namun menawarkan kualitas yang tidak kalah bagus dengan mouse gaming yang lebih mahal.

Kekurangan

  • Diketahui bahwa mouse ini kurang nyaman ketika dipakai dengan tangan kiri atau oleh orang kidal.

8. Cougar Mirror X3

Cougar Mirror X3 - Mouse Gaming Terbaik
Cougar Mirror X3

Mouse gaming terbaik selanjutnya yaitu Cougar Mirror X3. Termasuk salah satu mouse gaming yang low budget sehingga sesuai bagi Anda yang menginginkan mouse kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau.

Untuk tingkat sensitivitasnya sendiri berkisar antara 800 sampai dengan 3.200 dpi. Anda bisa dengan mudah mengatur tingkat sensitivitasnya tersebut dengan menggunakan tombol yang ada di bawah body mouse.

Selain itu, Cougar Mirror X3 juga dilengkapi dengan lampu LED yang memiliki pencahayaan yang bagus. Cahayanya terpancar dan bisa dilihat dari bawah body mouse.

Mouse ini juga dilengkapi dengan 6 tombol yang beberapa di antaranya bisa digunakan untuk mengatur warna dari lampu LED yang ingin dipancarkan. Untuk mendapatkan mouse ini, silakan menyiapkan dana kurang lebih Rp. 350.000.

Kelebihan

  • Cougar Mirror X3 merupakan mouse gaming terbaik dengan low budget.
  • Memiliki desain yang simpel namun futuristik.
  • Memiliki tingkat sensitivitas yang bagus yaitu 3.200 dpi yang mana Anda bisa mengatungrnya sesuai kebutuhan.
  • Cougar Mirror X3 dilengkapi dengan rubber heksagon baik di bagian kanan maupun bagian kiri mouse.
  • Tombol-tombolnya sangat ringan.
  • Mouse ini memiliki tingkat ketahanan mencapai 20 juta kali klik.

Kekurangan

  • Cougar Mirror X3 masih memiliki kabel dengan kualitas yang kurang begitu bagus.
  • Masih belum dilengkapi dengan software untuk mengatur mouse.

9. Digital Alliance G8 Revival

Digital Alliance G8 Revival - Mouse Gaming Terbaik
Digital Alliance G8 Revival

Ketika Anda pertama kali melihat Digital Alliance G8 Revival, hal pertama yang langsung membuat Anda takjub adalah desainnya.

Sekilas memang desain yang dimiliki mouse ini terkesan simpel. Namun, jika Anda perhatikan lebih lanjut, terdapat lampu indikator yang ada di bagian bawah body mouse yang memberikan kesan kontemporer dan klasik.

Selain itu, tombol yang digunakan adalah tombol Omron yang terkenal empuk. Untuk ketahanannya, Digital Aliance G8 Revival diketahui memilki ketahanan mencapai 20 juta kali klik.

Terdapat juga delapan tombol yang semuanya bisa Anda kustomisasi sesuai keinginan. Bagaimana dengan kabelnya? Kabel yang digunakan yaitu braided cable yang memiliki panjang sekitar 1,8 meter.

Dengan semua kelebihan tersebut ternyata mouse ini dijual dengan harga yang jauh lebih mahal. Anda cukup mengeluarkan uang sekitar Rp. 235.000 dan sudah bisa membawanya pulang.

Kelebihan

  • Dilengkapi dengan 8 tombol yang sudah bisa dikustomisasi.
  • Dilengkapi dengan tombol Omron yang terkenal empuk sehingga nyaman ketika ditekan.
  • Dilengkapi dengan 2 jenis pencahayaan, yaitu warna identitas dari Digital Alliance yakni hijau dan warna RGB.
  • Mempunyai tingkat sensitivitas yang bagus yaitu 4.000 dpi.

Kekurangan

  • Ukuran mouse cukup besar sehingga cukup menyulitkan bagi beberapa orang.
  • Warna lampu indikator (hijau) mungkin menjadi warna yang tidak diperlukan.
Masih suka main game Counter Strike: Condition Zero ? Inilah deretan 39 cheat Counter Strike: Condition Zero terlengkap.

10. SteelSeries Rival 650 Wireless

SteelSeries Rival 650 Wireless - Mouse Gaming Terbaik
SteelSeries Rival 650 Wireless

Sesuai dengan namanya, mouse gaming terbaik yang terakhir kita bahas termasuk ke dalam mouse nirkabel. Mouse ini menggunakan koneksi wireless untuk menjalankan tugasnya.

Meskipun begitu, kecepatannya tidak kalah dengan mouse gaming yang menggunakan kabel karena sudah dilengkapi dengan Quantum Wireless. Adapun tingkat sensitivitas yang dimilikinya adalah 100 dpi sampai dengan 12.000 dpi.

Keunggulan lain yang dimilikinya adalah terdapat dua sensor yaitu primary dan depth. Untuk sensor primary sudah berhasil dalam menetapkan standar game baik di masa lalu maupun di masa yang akan datang yang bebas lag dan akselerasi.

Sementara itu, untuk sensor depth digunakan untuk mendeteksi secara akurat hingga mencapai 0,5 mm. Dengan semua kelebihan yang ditawarkan membuat harganya lebih mahal yaitu sekitar Rp. 1.800.000.

Kelebihan

  • Termasuk salah satu mouse gaming dengan tingkat sensitivitas yang bagus yaitu 12.000 dpi.
  • Terdapat 7 tombol.
  • Termasuk salah satu mouse gaming dengan baterai yang tahan lama serta sudah dilengkapi dengan fast charging hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit.
  • Termasuk mouse nirkabel.
  • Memiliki dua sensor yaitu sensor primary dan sensor depth.

Kekurangan

  • Mouse ini dijual dengan harga yang mahal sehingga hanya beberapa orang yang berani mengeluarkan uang semahal itu untuk semua mouse.

Akhir Kata

Itulah beberapa rekomendasi mouse gaming terbaik lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. Silahkan Anda pilih mana mouse yang sesuai dengan kebutuhan dan budget. Sekian dari kami dan semoga bermanfaat.

Razqa Lathif

Founder dari SurgaTekno.com Menyukai dunia teknologi : coding dan fixing hardware dan software.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.