Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
PC & Laptop

Ternyata ini, 4 Perbedaan Chromebook Dengan Laptop Standar

Apa perbedaan Chromebook dengan laptop standar? Untuk mengetahui jawabannya, kamu harus menyimak artikel ini hingga selesai.

Masyarakat yang hidup di era modern seperti sekarang memang sangat tergantung pada teknologi.

Beberapa hari belakangan ini, tengah hangat perbincangan tentang Chromebook yang dianggap sangat cocok untuk digunakan Work From Home.

Chromebook adalah jenis komputer baru yang menggunakan sistem operasi khusus yang bernama Chrome OS. Sama halnya dengan Android, Chrome OS adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Google.

Seperti yang diketahui, Chrome OS adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan dengan basis Chrome browser.

Sistem operasi ini sanggup menjalankan berbagai aplikasi yang dikembangkan oleh Google, seperti Google Drive, Gmail, Google Meet, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Chrome OS juga bisa menjalankan beberapa aplikasi Android. Bagusnya lagi, sudah tersedia aplikasi Google Play.

Sama halnya dengan laptop standar, Chromebook juga dibekali dengan layar, keyboard, webcam dan lain sebagainya. Memiliki banyak sekali kemiripan bukan berarti laptop dan Chromebook tidak memiliki hal yang berbeda.

Ternyata perbedaan diantara kedua komputer jinjing ini tidaklah sedikit. Kamu yang bingung saat memilih salah satu diantara dua piranti ini wajib banget untuk mengetahuinya.

Apa Perbedaan Chromebook Dengan Laptop Standar?

Penasaran apa saja perbedaan antara Chromebook dan laptop biasa? Uraian dibawah ini akan menjawab rasa penasaran kamu, mari kita tahu jawabannya bersama.

1. Sistem Operasi

Salah satu perbedaan Chromebook dengan laptop standar yang sangat mencolok adalah sistem operasi yang digunakannya.

Seperti yang diketahui, laptop standar yang banyak beredar di masyarakat biasanya menggunakan sistem operasi Windows, selain itu ada juga yang menggunakan Linux.

Sementara itu Chromebook hadir dengan sistem operasi Chrome OS. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, sistem operasi ini dikembangkan dengan basis browser Google Chrome.

Berhubung dikembangkan oleh Google, sistem operasi yang satu ini kompatibel dengan beberapa produk dari Google Seperti Gmail, Gdrive, dan masih banyak lagi lainnya.


2. Penggunaan Aplikasi office

Tidak bisa dipungkiri, semua pengguna laptop di dunia ini pasti pernah atau bahkan sering menggunakan aplikasi Office untuk mengerjakan tugas sekolah atau tugas kantor.

Pengguna laptop standar biasanya menggunakan aplikasi Microsoft Office yang bisa diandalkan untuk mengelola dokumen, Excel dan juga file presentasi.

Di Chromebook kita tidak bisa menjalankan aplikasi Microsoft Office. Untuk mengerjakan tugas kantoran kamu bisa menggunakan layanan Google Docs, Slides, dan Sheets.

Baik Google Docs, slides, dan juga sheet dibekali dengan fitur yang sangat komplit. Kamu pasti bisa membuat dan mengelola file dokumen dengan mudahnya.

Seperti yang diketahui, aplikasi kantoran khusus Chromebook berbasis cloud. Kamu memerlukan akses internet untuk menggunakannya.


3. Hardware

Perbedaan juga terlihat jelas pada bagian hardware. Pada umumnya, Chromebook menggunakan prosesor yang lebih rendah dibandingkan dengan prosesor yang digunakan pada laptop.

Selain prosesor, media penyimpanan kedua jenis komputer jinjing ini juga berbeda lho.

Biasanya Chromebook menggunakan media penyimpanan bertipe emmc. Sementara itu laptop kebanyakan menggunakan SSD dan HDD.

Chromebook memiliki penyimpanan yang berkapasitas lebih kecil dibandingkan dengan kapasitas penyimpanan laptop.

Tapi tenang saja, di Chromebook ada slot micro-SD khusus yang bisa kamu gunakan untuk menambah penyimpanan.


4. Ketergantungan Internet

Seperti yang kita ketahui bersama, Chromebook harus selalu terhubung dengan internet supaya bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Apalagi sistem operasi buatan Google ini mengandalkan layanan berbasis cloud yang sangat membutuhkan akses internet.

Jika kamu berada di tempat yang susah sinyal, tentu saja hal ini akan merepotkan banget.

Beruntungnya ada beberapa aplikasi Chromebook yang bisa dijalankan dengan lancar tanpa koneksi Internet.

Hal berbeda terjadi pada laptop biasa yang sebagian besar aplikasi nya bisa dijalankan secara offline.

Jadi sudah bisa dipastikan bahwa Kamu tetap bisa menggunakan laptop tanpa harus terhubung dengan jaringan internet.


Akhir Kata

Itulan beberapa perbedaan antara Chromebook dengan laptop biasa, yang sudah kami rangkum secara lengkap. Selanjutnya kamu bisa memilih salah satu diantaranya yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Setelah menyimak artikel ini, sudahkah kamu menentukan pilihan? Jika sudah, silahkan tuliskan pilihan kamu di kolom komentar ya.

Dimas

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.