PC & Laptop

Pertimbangkan Hal Ini Dulu Sebelum Membeli Laptop Gaming

Laptop gaming sekarang sudah semakin populer di kalangan masyarakat gamers. Performanya yang lebih unggul dibandingkan laptop yang lainnya, tentu menjadi kelebihan tersendiri yang membuat aktivitas bermain gamenya semakin nyaman. Tidak heran kalau semakin banyak saja perusahaan laptop yang menghadirkan laptop gaming untuk memanjakan para gamers sejati.

Semakin banyaknya laptop gaming yang dipasarkan, tidak jarang kamu yang mau membeli laptopnya bingung saat memilihnya. Masing-masing spesifikasi yang diberikan tentu berbeda dengan laptop lainnya, apalagi sangat mempengaruhi harga jualnya. Daripada kamu salah pilih dan rugi di belakang, baca dulu tips-tips jitu di bawah ini.

1. Tentukan Anggaran


Anggaran menjadi bagian pertimbangan yang sangat penting. Pada umumnya, laptop gaming hadir di kelas yang berbeda-beda, seperti entry level, mid level, sampai high end. Meski kamu memilih yang entry level, tetap saja kamu membutuhkan budget kurang lebih sekitar Rp 10 juta. Perlu diketahui, spesifikasi dan dapur pacu yang menjadi alasan kenapa laptop gaming cukup mahal meski di entry level.

Pastikan kamu membuat rancangan anggaran agar saat membelinya tidak keluar dari jalur catatan itu.

2. Pilih GPU/Kartu Grafis Yang Bagus


GPU atau Graphics Processing Unit merupakan kartu grafis yang memperhalus gambar pada game-game yang kamu mainkan. Semakin tinggi spesifikasi yang dimilikinya, maka akan semakin bagus hasil gambar yang diberikan pada game kamu.

3. Pilih Prosesor Yang Bagus


Jangan lupakan prosesor yang terpasang pada laptop karena mempengaruhi kinerja aktivitas bermain kamu. Semakin bagus prosesor yang kamu pilih, pastinya kamu tidak akan mengalami game-game yang lemot, crash, atau freeze.

Rekomendasi prosesor yang bagus untuk laptop gaming yaitu Intel Core i7 untuk kelas high end, Intel Core i5 untuk mid range, dan Intel Core i3 untuk entry level.

4. Pilih RAM Yang Tinggi


Pemilihan RAM menjadi faktor yang harus kamu pertimbangkan baik-baik. Meski prosesor yang kamu pilih sudah sangat bagus, alangkah lebih baik kalau kamu melengkapinya dengan RAM yang berkapasitas tinggi. Pada umumnya, untuk aktivitas game membutuhkan RAM sebesar 6 GB ke atas.

Jangan sampai kamu pilih RAM yang berada di bawah 6 GB karena kinerjanya tidak akan optimal. Sebagian besar game masa sekarang harus membutuhkan setidaknya RAM 6 GB untuk memperlancar permainan.

Dari beberapa hal yang sudah dibagikan di atas, jangan sampai kamu tidak mempertimbangkannya. Salah pilih laptop gaming, tentu membuat kamu rugi karena tidak sesuai dengan ekspetasi kamu. Selain itu, cari di toko terpercaya agar mendapatkan harga yang bersaing.

Tags

Juan Pablo

hijo de puta!
Please Login to comment
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker