PC & Laptop

Sebelum Tambah RAM, Perhatikan Beberapa Hal Penting Ini!

Memiliki kinerja yang cepat dan lancar menjadi dambaan setiap pengguna laptop. Kita tidak usah khawatir lagi saat menggunakan program aplikasi yang berat-berat, sehingga memakainya pun terasa lebih nyaman. Sebenarnya banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menambah kinerja laptop, termasuk menambah RAM.

RAM menjadi komponen yang penting untuk laptop karena sebagai pendukung prosesor dan sangat mempengaruhi performa yang dimilikinya. Selain itu, RAM juga sebagai tempat penyimpanan data-data sementara saat kamu sedang menjalankan program aplikasi.

Berbeda dengan RAM yang terpasang pada smartphone yang tidak bisa dilepas atau ditambah, pada laptop, kamu bisa menambahkannya sesuai dengan kebutuhan kamu. Berikut beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum RAM-nya kamu tambah.

1. Jenis Prosesor


Pastikan kamu tahu dulu jenis prosesor yang terpasang pada laptop kamu. Setiap prosesor yang terpasang pada laptop, tentu memiliki arsitektur yang tidak sama, sehingga bisa mempengaruhi langsung jenis RAM yang dipakai. Kalau kamu salah pilih RAM, takutnya tidak akan kompatibel dengan prosesor yang terpasang di laptop kamu.

Maka itu, cari tahu dulu ukuran maksimal RAM kamu, pilih tipe RAM SODIMM, dan berapa besar memori channel-nya bisa membacanya (single, dual, atau triple).

2. Pastikan untuk apa kamu menambah RAM


Hal yang harus kamu perhatikan juga adalah alasan kenapa kamu mau menambah RAM. Kebutuhan memasang tambahan RAM harus diperhatikan agar tidak menyia-nyiakan memori yang nantinya tidak terpakai.

Kalau kamu memakai laptop hanya untuk mengetik, lebih baik tidak usah menambah RAM. Tapi, kamu yang menggunakan laptop untuk editing video atau foto, mau pun menjalankan program aplikasi yang membutuhkan kinerja yang berat, pastinya kamu harus menambah RAM.

3. Slot RAM


Yang terakhir kamu harus perhatikan adalah slot RAM. Sebagian laptop tidak memiliki slot tambahan, sehingga RAM tidak bisa lagi ditambahkan. Tapi, ada juga yang hanya punya 1 slot tapi RAM-nya bisa dibongkar pasang. Pastikan dulu apakah laptop kamu memiliki slot lebih atau slot bongkar pasang.

Dari hal-hal yang harus kamu perhatikan di atas, pastikan kamu mencari tahu apakah laptop kamu mendukung untuk ditambahkan RAM atau tidak. Jangan sampai kamu sudah lebih dulu membeli RAM, tapi ternyata laptop kamu tidak bisa melakukannya. Kalau tidak paham, kamu bisa bertanya ke kenalan yang lebih mengerti tentang laptop.

Tags

Juan Pablo

hijo de puta!
Please Login to comment
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker