Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Stories

Biografi dan Perjalanan Karir Jack Ma

Di dunia ini ada banyak sekali tokoh yang bisa dijadikan inspirasi. Salah satunya adalah Jack Ma yang akhir-akhir ini banyak menyita perhatian.

Jack ma memang dikenal sebagai orang terkaya di China saat ini. Tapi ternyata, pada awalnya Jack Ma berasal dari keluarga miskin yang hidup dengan segala keterbatasan.

Berkat tekatnya yang tinggi, perlahan-lahan dia berhasil menjelma sebagai orang sukses yang bergelimang harta hingga akhirnya mengokohkan dirinya sebagai orang terkaya nomor satu di China dan orang terkaya ke 23 di dunia.

Berkat kesuksesan “From Hero To Zero” dalam perjalanan hidupnya, Maka dari itu tidak heran apabila banyak orang yang menjadikan Jack ma sebagai inspirasi untuk menjalani hidup lebih baik lagi.

Biografi Lengkap Jack Ma

Ingin tau lebih banyak lagi tentang Jack Ma? Sepertinya artikel ini akan sangat tepat untuk menjadi jawaban tentang rasa kepo kalian kepada pria kaya asal Cina ini, silahkan disimak baik-baik ya.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

Profil Jack Ma

Jack Ma adalah seorang pebisnis asal China yang lahir pada 10 September 1964. Dia lahir di kota Hangzhou yang terletak di provinsi Zhejiang, dia lahir sari keluarga ekonomi lemah.

Perlu teman-teman ketahui, Jack ma bukanlah nama asli dari pria yang kini berusia 56 tahun ini. Nama asli Jack Ma adalah Ma Yun.

Jack Ma memiliki ayah yang berprofesi sebagai pendongeng tradisional. Sedangkan ibunya bertugas sebagai ibu rumah tangga yang mengurus Jack ma dan saudara-saudaranya.

Jack Ma dikenal sebagai orang yang sangat menyukai bahasa Inggris. Dia mulai belajar bahasa internasional ini sejak berusia 12 tahun.

Berkat kemampuannya berkomunikasi dengan bahasa Inggris, Profesi pertama yang digeluti oleh Jack Ma adalah pemandu wisata. Dia bertugas sebagai pemandu wisata di sebuah hotel di dekat danau Hangzhou.

Kerapkali berinteraksi dengan turis asing membuat Jack Ma memiliki pemikiran yang lebih terbuka. Tak lama kemudian, dia memutuskan untuk berkuliah di Universitas Keguruan
Hangzhou.

Foto Jack Ma
Foto Jack Ma – Sumber gambar : Forbes.com
Nama :Jack Ma/Ma Yun
TTL :Hangzhou, 10 September 1964
Usia :56 tahun
Kewarganegaraan :China
Profesi :Former Chairman and CEO, Alibaba Group
Perjalanan Karir Jack Ma

Perjalanan Karir Jack Ma

Saat kuliah, Jack Ma menghabiskan waktu luangnya untuk bekerja sebagai seorang guru di sekolah menengah yang terletak di kota Guangzou.

Setelah berhasil menyandang gelar sarjana, Jack Ma memulai pekerjaan barunya sebagai pengajar di salah satu universitas yang tidak jauh dari kediamannya.

Karena ingin tantangan baru dalam hidupnya, Jack Ma mencoba peruntungannya untuk mendaftar di berbagai lowongan kerja. Namun nasib Jack Ma sepertinya belum beruntung, tidak ada satupun lamarannya yang diterima.

Hari demi hari berlalu, Akhirnya Jack Ma diterima untuk bekerja sebagai sekretaris general manager ayam di salah satu gerai Kentucky Fried Chicken.

Sejak itulah dia kenal dengan komputer dan dunia internet. Saat pertamakali menggunakan internet, Jack Ma menuliskan kata kunci “Beer” dan “China” di situs pencari Yahoo, betapa terkejutnya dia karena tidak ada satupun data tentang china.

Semenjak itulah Jack Ma makin tertarik dengan komputer. Kemudian dia mendirikan situs web khusus yang menyediakan jasa terjemahan bahasa China. Tidak lama kemudian, dia mendapat banyak email dari orang-orang yang tertarik dengan jasanya.

Melihat potensi dunia internet yang besar, Jack Ma membangun situs alibaba.com. situs ini dibuat khusus untuk menghubungkan para eksportir China dengan para pembeli di luar negeri.

Karena kemajuannya yang pesat, banyak investor yang ingin berinvestasi pada Alibaba.com. Tidak heran jika kini Alibaba dan dua situs miliki Alibaba Group yaitu Taobao Marketplace dan Tmall.com, kini mendominasi sistem portal pengiriman China.

Berkat penghasilan besar dari ketiga situs milik Alibaba Group, Jack Ma berhasil menyandang gelar sebagai orang terkaya di China sejak tahun 2014 lalu dan hingga sekarang.

Dia juga menempati posisi ke 23 sebagai orang terkaya di dunia. Banyak miliader berpendapat bahwa Jack Ma masih bisa mendapatkan penghasilan lebih banyak lagi karena saham Alibaba Group akan makin melesat.

Akhir Kata

Sangat inspiratif memang biografi Jack Ma yang dibahas kali ini. Semoga dengan membaca artikel ini teman-teman juga bisa meraih kesuksesan seperti yang diraih Jack Ma, terimakasih sudah membaca, baca juga artikel menarik lainnya.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.