Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Stories

Dari Aktor Hingga Politisi, Inilah Biografi Lengkap Rano Karno

Rano Karno, S.I.P atau akrab dengan sapaan Rano Karno ini wajahnya memang sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Selebriti kawakan Indonesia ini mengawali karirnya di industry hiburan mulai dari dunia perwatakan, tarik suara hingga sutradara pun pernah dijajakinya.

Pria kelahiran Jakarta, 8 Oktober 1960 silam ini memulai karirnya di industry hiburan sejak umurnya masih belia, sekitar sembilan tahun. Rano diajak sang ayah membintangi film yang berjudul Lewat Tengah Malam dengan memerankan tokoh anak.

Nama Rano Karno melejit setelah menjadi seorang aktor dan sutradara lewat film “Si Doel Anak Sekolahan”, yang sangat popular di era 90-an. Semenjak sukses bintangi film tersebut, bakat Rano Karno di dunia perwatakan pun mulai terlihat. Sejumlah prestasi mampu diraih melalui kemampuan akting yang dimilikinya.

Tercatat puluhan sinetron yang sukses ia bintangi dengan kemampuan aktingnya yang memukau. Besar dan dikenal melalui industry hiburan Tanah Air, Rano Karno mulai melebarkan sayapnya menjadi penulis skenario yang merangkap sebagai sutradara.

Keseriusannya berkecimpung dibalik layar ini pun ia tunjukkan dengan membangun rumah produksi yang bernama Karnos Film.

Ia mulai menggarap sinetron monumental bertajuk Si Doel Anak Sekolahan bersama saudara-saudaranya dalam Karnos Film. Tidak hanya aktif dibalik layar, Rano Karno pun turut andil menyumbangkah kemampuan aktingnya dengan membawakan karakter Kadullah atau sering dikenal dengan si Doel. Selain sinetron tersebut, Karnos Film juga menghasilkan sinetron Kembang Ilalang dan juga Usaha Gawat Darurat.

Perjalanan kariernya di industry hiburan Tanah Air ini tidaklah singkat. Perlu 38 tahun ia menggeluti bidang tersebut hingga kelihatan hasilnya. Atas kerja kerasnya, Rano Karno pun berhasil menyambet segudang penghargaan bergengsi.

Sebut saja penghargaan sebagai Aktor Utama Terbaik dalam Taksi FFI 1991 dan Penghargaan Surjosoemanto dari BP2N, Dewan Film Nasional tahun 1997, cukup membuktikan bahwa karir di dunia hiburan ayah dua anak ini tidak bisa diremehkan.

Sukses berkarir di dunia hiburan tak cukup membuat pemeran tokoh Si Doel ini berpuas hati. Ia mulai melebarkan sayapnya dan terjun di dunia politik. Di awal tahun 2007, Rano Karo mengumumkan pencalonan dirinya pada pemilihan Bupati Tangerang bersama Ismed Iskandar. Pada pemilukada tersebut, Rano dan Ismed pun mampu mengantongi suara terbanyak, sehingga membawa saudara dari Tino Karno dan Suti Karno ini berhak atas jabatannya sebagai Wakil Bupati Tangerang.

Selesai dengan tugasnya sebagai Wakil Bupati Tangerang, di tahun 2011 Rano Karno pun mencalonkan diri sebagai Calon Wakil Gubernur Banten, mendampingi Ratu Atut Chosiyah.

Keduanya pun  berhasil memenangkan suara pada pilkada tersebut. Namun, terhitung sejak 13 Mei 2014, Rano Karno ditunjuk oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai PLT Gubernur Banten, menggantikan Ratu Atut Choisiyah yang dinonaktifkan karena tersandung kasus korupsi pilkada di MK.

Setelah vacuum dari industry hiburan karena menyelesaikan tugasnya menjadi pemimpin daerah, Rano Karno kembali lagi dengan film Si Doel The Movie di tahun 2018. Dalam film yang diproduksi oleh Falcon Pictures ini, Rano Karno masih didapuk untuk memerankan karakter utama, si Doel.

Tak puas beradu akting didepan layar, Rano Karno juga terlibat sebagai sutradara dalam Film Si Doel The Movie 2018. Sederat selebriti kenamaan Tanah Air pun turut berkontribusi dalam film ini. Sebut saja Maudy Koesnadi yang memerankan karakter Zaenab, Mandra, Suti Karno sebagai Atun, Cornelia Agatha sebagai Sarah, Aminah Cendrakasih sebagai Maknyak, dan beberapa pemeran pendukung lainnya.

Sukses dengan film Si Doel The Movie di tahun 2018, Rano Karno pun membuat sekuel film dari Si Doel The Movie. Film yang dirilis pada tahun 2019 ini tersebut tak kalah sukses dari film pendahulunya. Masih disutradarai oleh Rano Karno, film yang dirilis tepat pada 4 Juni 2019 ini berdurasi 95 menit.

Menyusul kesuksesan Si Doel The Movie, di awal tahun 2020, Rano Karno kembali merilis film Akhir Kisah Cinta Si Doel. Meskipun hanya berselang tujuh bulan selepas penayangan Si Doel The Movie 2, film ini juga mampu merebut hati para penggemarnya.

Konon, sebelum penayangannya Falcon Pictures bersama Karnos Film mempersembahkan sebuah Mega Konser yang bertajuk Akhir Kisah Cinta Si Doel yang ditayangkan melalui Studio RCTI 3 hari sebelum film ini dirilis.

Tidak cukup hanya dengan Mega Konser, keluarga Si Doel pun melakukan serangkaian aksi pamitan ke beberapa tempat menggunakan delapan buah bus bersticker poster film Akhir Kisah Cinta Si Doel, berkeliling ke beberapa tempat di Jabodetabek.

Profil Rano Karno

Nama : Rano Karno
Agama : Islam
Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 8 Oktober 1960
Zodiak : Libra
Warga Negara : Indonesia
Istri : Hj. Dewi Indriati
Anak : 1. Raka Widyarma
2. Deanti Rakasiwi

 

Penghargaan Rano Karno

No Jenis Penghargaan Keterangan
1. Best Child Actor FFA 1974 Winner
2. Aktor Utama Terbaik dalam Film Taksi FFI 1991 Winner
3. Pemain Cilik Terbaik FFI 1974 Winner
4. Penghargaan Surjosoemanto dari BP2N 1997 Winner
5. Best Actor/Actrees PWI 1974 Harapan 1
6. Bintang Drama Pria Terfavorite Panasonic Awards 1997

Winner

 

7. Sutradara Dama Seri 1997 dalam Si Doel Anak Sekolahan Winner
8. Pemeran Pria Sinetron 1997 dalam Si Doel Anak Sekolahan Winner
9. Pemeran Utama Pria Terbaik  dalam Si Doel The Movie di IMAA 2019 Winner

 


Akhir Kata

Itulah sederet penghargaan, profil dan juga biografi singkat Rano Karno. Sebelum menikah dengan Hj. Dewi Indriati, sosoknya sempat mengalami kegagalan dalam membangun bahtera rumah tangga. Pernikahannya yang pertama hanya bertahan selama kurang lebih dua tahun.

Tidak hanya sukses dengan karirnya di dunia hiburan dan politik, Rano Karno juga pernah diangkat sebagai duta khusus pendidikan oleh UNICEF lho, keren bukan? Keberhasilannya menduduki jabatan sebagai duta UNICEF dari Indonesia tak luput dari rekomendasi Prof. Dr. Emil Salim, Mantan Menteri Kesehatan alm Prof. Adhyatma, Prof. Singgih dan juga Prof Murprawoto. Sukses terus Bang Rano Karno!

Riyandhiani Kartika Dewi

Pernah belajar di D3 Ilmu Komunikasi IPB dan sekarang melanjutkan S1 di Ilmu Komunikasi UNS. Suka nonton film.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.