Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Tech News

16 Fitur Baru di iOS 16

Beberapa watu lalu Apple sudah merilis iOS 16. Selain menawarkan tampilan yang lebih fresh masih ada juga 16 fitur baru di iOS 16 yang bikin para pengguna makin betah untuk menggunakan sistem operasi yang satu ini.

iOS adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple Inc. iOS banyak digunakan di produk Apple seperti iPhone series yang terjual jutaan unit di seluruh Dunia.

iOS pertamakali diperkenalkan pada tahun 2007 lalu. 15 tahun pasca diperkenalkan, sistem operasi yang satu ini mengalami banyak perkembangan.

iOS 16 adalah versi terbaru dari iOS. Sistem operasi versi terbaru ini kompatibel dengan iPhone 8 dan iPhone generasi yang lebih baru lagi.

16 fitur baru di ios 16

Patut disayangkan mereka yang menggunakan iPhone tipe lama tidak bisa menjajal langsung iOS 16.

iOS 16 tidak hanya tampil dengan nama baru saja. Sistem operasi yang kompatibel dengan iPhone ini juga menawarkan antarmuka yang lebih fresh serta dukungan fitur yang lebih banyak dari sebelumnya.

Hadirnya tampilan baru serta fitur tambahan tentu membuat para pengguna iPhone tertarik untuk mencoba keseluruhan fiturnya.

16 Fitur Baru di iOS 16

Apakah kamu pengen upgrade ke iOS 16? Sebelum upgrade, kamu harus mengetahui apa saja fitur baru yang ada dalam sistem operasi yang tersedia dalam 40 bahasa ini.

Hingga postingan ini diterbitkan, ada sekitar 16 fitur baru yang disematkan pada iOS 16. Jika kamu belum mengetahui keseluruhan fitur barunya, silahkan untuk menyimak Artikel ini hingga selesai.

1. Lock Screen

Salah satu perubahan yang cukup mencolok terjadi dibagian lock Screen. Seperti yang diketahui, lock Screen iOS 16 mengusung tampilan yang lebih baru dan berkesan sangat fresh.

Kerennya lagi, para pengguna iOS 16 bisa menambahkan widget khusus di lock Screen lho. Kabar baiknya, ada cukup banyak widget yang bisa kita tambahkan.

Para pengguna iOS 16 juga bisa mendesain multiple lock screen. Jadi kita bisa mengubahnya jika merasa bosan sewaktu-waktu.

Kerennya lagi, wallpaper yang kamu gunakan akan menyesuaikan secara otomatis dengan widget jam, jadi tampak terlihat lebih jelas.


2. Battery Percentage

Battery Percentage adalah sebuah fitur yang memungkinkan para pengguna untuk mengetahui sisa baterai dalam bentuk persentase.

Sebenarnya fitur ini sudah ada di iOS versi yang lebih lama. Tapi sayangnya, fitur yang sangat bermanfaat ini sempat dihilangkan.

Di iOS 16 fitur battery Percentage kembali Ada. Tapi fitur yang satu ini tidaklah aktif secara otomatis. Kamu bisa mengaktifkannya terlebih dahulu melalui setelan.


3. Face ID

Seperti yang diketahui, face ID adalah sistem penguncian dengan wajah pemilik. Di Android fitur yang satu ini lebih dikenal dengan sebutan face unlock.

Face ID di iOS 16 tidak hanya menjamin keamanan data dalam smartphone saja. Tapi kamu bisa menggunakan nya dalam mode potret, landscape bahkan terbalik sekalipun.

Hadirnya fitur ini jelas sangat membantu sekali. Kamu yang suka menggunakan iPhone sambil tiduran bisa membuka face ID lebih mudah dan cepat.

Sayangnya fitur face ID baru ini hanya bisa dinikmati di iPhone 13 dan iPhone 14 saja. Masih belum diketahui apakah iPhone seri yang lebih lama bakal mendukung fitur ini.


4. Media Player Lock screen Redesain

Perubahan baru nampak terlihat di media player yang biasanya muncul di lock Screen. Fitur ini tampil dengan desain baru yang lebih fresh dari sebelumnya.

Saat kita memutar lagu, warna cover akan menyesuaikan dengan cover album secara otomatis, jadi terlihat aetestic banget kan?


5. Notification

Untuk mengakses notification di iOS versi yang lebih lama, biasanya kita harus menarik bilah status dari atas kebawah.

Hal berbeda terjadi di iOS 16 dimana kamu harus menarik bilah dari bawah keatas. Selain lebih keren, perubahan ini juga bisa semakin memudahkan kita untuk melihat notifikasi.

Selain itu, kamu juga bebas untuk mengatur style notifikasi sesuai dengan keinginan. Saat ini sudah terdapat 3 jenis style yang bisa kamu pilih.

Jika kamu mengubah gaya Notifikasi, kamu harus kembali menarik bilah status dari atas kebawah seperti iOS versi sebelumnya.


6. Keyboard Haptic

Seperti yang diketahui, keyboard di iOS versi sebelumnya hanya bisa bersuara saja. Masih belum ada fitur khusus yang memungkinkan kita untuk menggunakan keyboard Haptic atau keyboard getar.

Nah di iOS 16 ini, sudah tersedia fitur keyboard Haptic. Tentu ini menjadi kabar baik bagi kamu yang suka atau membutuhkan fitur yang satu ini.


7. Remove Background Photo

Menghapus background foto biasanya dilakukan ketika kita ingin mengubah background, menempelkan foto atau menjadikan foto sebagai background.

Di iOS versi sebelumnya kamu harus menghapus background secara manual dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga atau website tertentu.

Nah di iOS 16 sudah terdapat fitur background remover bawaan. Fitur ini terasa sangat spesial karena kamu tidak bisa mendapati fitur bawaan seperti ini di android.

Cara menggunakan fitur ini sangat mudah sekali. Kamu hanya perlu mengklik object nya saja, lalu object yang kamu pilih bisa dicopy dan ditempelkan ke background yang baru.

Karena dianggap unik dan spesial, fitur background remover bawaan iOS 16 ini viral beberapa waktu lalu.


8. Merge Duplicate Album & Hide Photo Album

Fitur hide Photo album ini berfungsi untuk menyembunyikan foto yang dirasa haram untuk dilihat orang lain, kamu bisa melihatnya kembali dengan face ID.

Tentu kamu enggak mau foto penting dilihat oleh orang lain kan? Dengan adanya fitur ini privasi foto pribadi kamu akan terjaga dengan maksimal.

Tersedia juga fitur merge Duplicate Album yang memungkinkan kamu untuk menggabungkan banyak foto duplikat menjadi satu.


9. Merge Duplicate Contacts

Tidak jarang juga ada kejadian dimana kontak di iPhone terduplikasi. Selain keliatan nggak rapi, kita juga bisa mengalami kesulitan saat hendak mencari kontak yang ingin dihubungi.

Nah di iOS 16 sudah terdapat fitur merge Duplicate Contacts. Fitur yang satu ini akan mendeteksi sekaligus menggabungkan beberapa kontak yang sama.


10. Convert dan Translate Teks di Kamera

Fitur kesepuluh ini juga tak kalah bermanfaat. Adanya fitur ini bisa membantu kamu untuk menerjemahkan kata yang tertulis dalam bahasa asing ke bahasa Indonesia melalui kamera.

Kamu yang suka Travelling ke luar negeri pasti terbantu dengan fitur ini. Bagusnya lagi, fitur ini mendukung banyak pilihan bahasa.

Selain translate, fitur baru yang kesepuluh ini juga dibekali dengan fitur konvert. Kamu bisa mengkonversi berbagai satuan ke satuan lain tanpa melakukan penghitungan secara manual.


11. Search & Spotlight

Terlalu menginstal banyak aplikasi terkadang membuat kita mengalami kesulitan atau bingung saat mencarinya.

Untuk mempermudah pengguna, Apple menyematkan fitur baru bernama search & Spotlight yang memudahkan para pengguna untuk mencari aplikasi atau game yang ingin dibuat.

Jika kamu menggunakan search, kamu akan diminta untuk mengetikkan nama aplikasi atau gamenya.

Atau kamu tinggal menggeser tombol search nantinya akan icon baru yang bisa digeser ke kanan maupun ke kiri untuk menemukan aplikasi atau game yang ingin dibuka.

Hadirnya fitur Spotlight di iOS 16 bisa memudahkan kita untuk mendapatkan informasi atau berita terbaru.


12. Share WiFi Password

Dari namanya kamu pasti sudah mengetahui apa fungsi dari fitur share WiFi Password ini. Tepat sekali, fungsinya untuk berbagi password WiFi.

Berbagi password WiFi biasanya dilakukan ketika kamu dan teman berada di area WiFi yang sama.

Dengan fitur ini kamu bisa langsung mengcopy password WiFi lalu membagikannya ke teman melalui aplikasi chatting tanpa perlu mengetikkan kembali password nya.

Fitur yang satu ini memanglah sangat membantu sekali, berbagi password WiFi jadi lebih mudah dan cepat untuk dilakukan.


13. Schedule dan Undo send Email

Fitur ketigabelas dalam aplikasi ini juga sangat bermanfaat. Terutama bagi kamu yang sering melakukan kesalahan ketika berkirim email.

Adanya fitur ini bisa membatalkan email yang sudah dikirim sebelumnya. Caranya pun mudah sekali, hanya perlu sekali sentuh saja untuk membatalkan pengiriman email.

Fitur undo send email bisa diatur sesuai dengan keinginan, kamu bisa mengaturnya dengan durasi 10 detik hingga 30 detik.

Sementara itu fitur schedule email memungkinkan para pengguna untuk menjadwalkan pengiriman email dengan waktu yang sudah ditentukan.


14. Pin Safari Tabs

Safari adalah browser default di iOS 16. Usut punya usut ternyata ada juga fitur baru yang ditambahkan ke aplikasi browser yang dikembangkan langsung oleh Apple ini, fitur baru yang dimaksud adalah pin safari Tabs.

Fungsi dari fitur yang satu ini adalah memungkinkan kita untuk memberikan pin pada Tabs yang dirasa penting.

Tab yang diberi pin posisinya akan berada paling atas, kamu bisa mengakses tab tersebut dengan mudah tanpa perlu scroll keatas atau kebawah untuk menemukannya.

Fitur yang satu ini sangatlah bermanfaat terutama bagi teman-teman yang suka membuka banyak tab dengan Safari browser.


15. New Accesbilty

Selain itu, tersedia juga fitur new Accesbilty yang kehadirannya sangat diperlukan disebuah iPhone khususnya yang bersistem operasi iOS 16.

New Accesbilty menawarkan tambahan fitur yang sangat mantap. Kamu bisa mengontrol Apple Watch dari smartphone kamu.

Supaya fitur ini bisa bekerja sebagaimana mestinya, kamu harus melakukan upgrade dahulu ke watchOS versi 9.0 ya.

Selain Apple Watch, fitur yang satu ini juga bisa memungkinkan kamu untuk mengontrol device iOS lain yang kamu punya.


16. Turn iPhone on Webcam

Sepeda yang diketahui, banyak sekali orang (termasuk saya) yang mengeluhkan bahwa webcam bawaan laptop atau komputer kualitas nya kurang bagus.

Coba bayangkan jika kamu harus rapat online dengan mengandalkan webcam bawaan? Nggak banget kan, rapat tidak bisa dilakukan dengan maksimal karena resolusi webcam bawaan yang terlalu rendah.

Kabar baiknya, iOS 16 sudah dibekali dengan fitur turn iPhone on Webcam yang memungkinkan kamu untuk menjadikan kamera belakang iPhone sebagai webcam.

Kamera iPhone memang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Rapat mu pasti akan berjalan dengan lancar jika menggunakan iPhone sebagai webcam.

Fitur yang satu ini memang sangat membantu sekali. Kamu tidak perlu bantuan aplikasi dari pihak ketiga untuk melakukan nya.

Tapi perlu diingat kembali bahwa fitur ini akan bekerja dengan maksimal jika PC kamu menggunakan sistem operasi Mac OS terbaru yaitu Mac OS Ventura.


Akhir Kata

Keren banget kan fitur baru yang ada di iOS? Silahkan lakukan update jika kamu pengen nyobain semua fitur yang sudah dijelaskan tadi. Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Dimas

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.