Tech News

5 Kelebihan dari USB Type-C, Apa Saja Itu ?

Belakang ini banyak juga yang penasaran tentang USB Type-C, pasalnya USB Type-C kini banyak digunakan pada smartphone-smartphone yang baru saja dirilis contohnya pada Samsung Galaxy S10 dan juga Xiaomi Redmi Y3. Umumnya banyak pembaca yang kepo tentang keunggulan USB Type-C.

USB Type-C adalah versi baru dari konektor USB. Hadirnya konektor yang juga disebut USB 3.1 ini diproyeksikan untuk menggantikan USB 2.0 dan USB 3.0 yang banyak digunakan sebelumnya.

Pada pertama kali perilisannya, USB Type-C disematkan pada beberapa gadget besutan Apple seperti iPhone dan MacBook. Kemudian USB Type-C digunakan pada one plus 2 yang disebut-sebut sebagai smartphone android pertama yang menggunakan USB Type-C.

Perlahan namun pasti langkah one plus mulai diikuti oleh beberapa pabrikan smartphone. Beberapa pabrikan gadget android ternama seperti samsung, Xiaomi dkk turut mengikuti tren dengan membenamkan USB Type-C pada gadgetnya.

Tentu saja penyematan USB Type-C pada smartphone Android punya kelebihannya tersendiri, karena itulah banyak yang ingin tahu tentang keunggulan atau kelebihan dibawa oleh USB Type-C.

Keunggulan/ Kelebihan USB Type-C

Dibawah ini surga tekno akan menjelaskan beberapa keunggulan atau kelebihan USB Type-C yang kini banyak digunakan pada smartphone Android. Silakan disimak baik-baik kelanjutannya berikut ini.

1. Bentuknya lebih Ramping

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, hampir semua gadget yang dulunya tebal kini tipis sekali bentuknya. Begitu juga dengan USB Type-C yang tampil lebih ramping dibandingkan dengan USB 3.0 dan 2.0.

Berbeda dengan USB tipe lama yang tiap sisi berbentuk beda, USB Type-C memiliki bagian atas dan bawah yang sama. Tentu saja ini sangat bermanfaat untuk membantu kita ketika memasukan USB Type-C ke dalam port tanpa khawatir terbalik.

2. Lebih Tahan Lama

Setiap barang di dunia ini pasti punya usia pakai, begitu juga dengan USB. Umumnya usia pakai USB dihitung dengan jumlah cabut pasang yang dilakukan sang pengguna.

Jika USB tipe lama hanya memiliki usia pakai mencapai 1500 kali cabut pasang. USB Type-C diklaim bisa digunakan hingga 10.000 kali, nyaris 10 kali lipat lebih awet dibandingkan dengan USB tipe lama.

Tentu saja hadirnya USB Type-C bisa membuat kita leluasa tanpa perlu khawatir untuk mencabut dan memasang USB Type-C baik untuk digunakan saat mengecas atau mentransfer file dari PC.

Apalagi smartphone kamu cepat habis daya baterainya. Kamu bisa mengecas baterai sesukamu dengan mudah dan nyaman tanpa perlu khawatir USB atau soketnya akan mengalami kerusakan.

Lihat Juga:

Cara Download Video dan Foto Instagram Tanpa Aplikasi

3. Mampu Mengecas Lebih Cepat

USB Type-C bisa dialiri arus listrik 20 Volt dan 5 Ampere jauh lebih besar dengan USB tipe lama yang hanya mampu menghantarkan arus listrik 5 Volt dan 1.8 ampere saja. Karena itulah USB Type-C bisa mengecas smartphone kamu lebih cepat dari biasanya.

Memang belakangan ini ada banyak sekali smartphone yang dibekali dengan fitur quick charge. Ditambah dengan adanya USB Type-C, pengecasan dijamin jauh lebih cepat dan aman karena arus listriknya stabil.

4. Sanggup Mentransfer File Lebih Cepat

Selain bisa mengecas smartphone lebih cepat, USB Type-C juga bisa menyalin file dengan tempo yang tak kalah cepat. USB Type-C punya kelebihan mampu mentransfer file lebih cepat dibandingkan dengan USB 2.0 dan 3.0. Jenis USB terbaru ini bisa mentransfer file dengan kecepatan maksimum 480 mbps.

Tentu saja, kelebihan ini banyak didambakan oleh masyarakat di era modern, dimana kini ukuran file besar banget. File zaman sekarang bisa berukuran bergiga-giga atau bahkan hingga berukuran terabyte. Dengan memindahkan file menggunakan USB Type-C, kamu hanya perlu beberapa menit saja untuk melakukannya.

Contohnya seperti ketika kamu hendak memindah file berukuran 10 GB. Jika kamu menggunakan USB tipe lama, pasti butuh waktu berjam-jam. Sedangkan dengan menggunakan USB Type-C hanya butuh waktu sekitar 20 detik saja.

Baca Juga:

Apa Sih Perbedaan Baterai Li-Ion dengan Li-Po ? Lalu Kelebihan dan Kekurangannya

5. Bisa Menampilkan Gambar 4K

Keunggulan terakhir yang dimiliki oleh USB Type-C adalah mampu menampilkan suara ataupun gambar ke proyektor atau bahkan televisi dengan resolusi 4K. Tapi kamu masih perlu konektor supaya smartphone kamu bisa terhubung dengan TV atau proyektor.

Tentunya kelebihan mampu menampilkan gambar beresolusi 4 K ini akan sangat membantu kamu, terutama sedang ingin melakukan presentasi atau mengajar menggunakan proyektor.

Jika disimak ada 5 keunggulan yang dibawa oleh USB Type-C. Tentu saja kelebihan ini akan sangat membantu untuk kehidupan di dunia modern seperti saat ini. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Tags

surgatekno

Jadilah Content Writer disitus ini lewat link https://surgatekno.com/content-writer/
Please Login to comment
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker