Tech News

Apa Itu Draw.io ? Ini Penjelasan Lengkapnya

Saat ini ada jutaan situs yang bisa dikunjungi oleh netizen. Semua website yang ada memang punya manfaatnya masing-masing. Seperti draw.io yang akhir-akhir ini banyak dikunjungi oleh netizen.

Apa itu Draw.io?

Meskipun kini banyak dikunjungi, ternyata masih ada juga yang belum kenal dengan situs yang menggunakan domain dari Teritori Samudra Hindia Britania.

Draw.io adalah sebuah website yang didesain khusus untuk menggambarkan diagram secara online. Semua fitur yang ada pada situs ini bisa kalian nikmati hanya dengan bermodalkan browser yang mendukung HTML 5.

Situs ini punya tampilan yang sangat responsif. Kalian bisa menggunakan fitur-fiturnya dengan mudah baik diakses menggunakan smartphone dan juga PC.

Baca Juga: 5 Daftar Situs Tempat Download Software Gratis Terbaik

Mengingat harga lisensi dari Microsoft Visio yang lumayan merogoh kocek, tentu saja hadirnya draw.io memang sangat bermanfaat sekali. Situs ini sangat bisa diandalkan sebagai pengganti dari Microsoft Visio.

draw.io menawarkan kemudahan untuk membuat diagram tanpa batasan jumlah diagram yang dibuat. Mantapnya lagi, situs ini terintergrasi dengan layanan penyimpanan file milik google yaitu Google Drive.

Jika kalian menginterpretasikan draw.io dengan akun Google Drive, setiap diagram yang kalian buat akan tersimpan di Google Drive.

halaman draw io
halaman draw io

Baca Juga: 5 Aplikasi Perekam Suara HP Android Terbaik

Namun apabila kalian tidak mengintegrasikan dengan Google Drive, tiap diagram yang kalian buat akan diekspor. Kalian bisa mengekspor diagram dalam bentuk file PNG/JPG/SVG/ XML.

Draw.io tidak hanya bisa di integrasikan dengan google Drive saja. Kalian juga bisa mengintegrasikan draw.io dengan Github, Google Docs, Google Slide, One Drive dan juga Gitlab.

Mantapnya lagi draw.io memiliki plugin khusus yang bisa kalian gunakan pada Google Chrome. Jadi proses editing diagram makin cepat dan mudah untuk dilakukan.

Bukan hanya add-on Chrome saja, kini draw.io juga punya aplikasi khusus yang bisa kalian gunakan untuk membuat dan mengedit diagram secara offline. Hanya saja kalian perlu membayar lisensi sebelum menggunakan aplikasinya.

Untuk cara penggunaan draw.io baik melalui situs web dan aplikasi nya, tidak terlalu berbeda dengan Microsoft Visio. Dijamin kalian bisa melakukannya dengan mudah.

Sudah tau kan tentang apa itu draw.io? Supaya makin bermanfaat, alangkah baiknya jika kalian share artikel ini. Terimakasih sudah membaca, semoga bisa bermanfaat.

Tags

Razqa Lathif

Baru join di surgatekno. Bisa nyalurin hobi menulis di dunia teknologi. Buat teman-teman yang mau join bisa ke https://surgatekno.com/content-writer/
Please Login to comment
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker