Tech News

Apa itu NFC (Near Field Communication) di Smartphone?

Saat ini NFC sudah hampir bisa ditemukan di segala smartphone kelas menengah hingga atas. Namun, banyak orang Indonesia yang masih bingung dengan penggunaan fitur ini ini dan untuk apa fitur NFC tersebut?

Dan pembahasan kali ini akan membahas seputar apa itu teknologi NFC, bagaimana cara kerjanya, lalu untuk apa fitur tersebut ? Pasti sudah bertanya-tanya kan.

Penjelasan Mengenai NFC

Teknologi NFC yang merupakan kepanjangan dari  Near Field Communication adalah salah satu teknologi dapat mengkomunikasi dua perangkat hanya dengan mendekatkan keduanya secara berdekatan atau hanya beberapa cm saja.

Cara kerja fitur ini mengingatkan dengan teknologi infrared pada zaman dulu yang dipakai di hp polyponic. Iya kan? Pasti inget dong. Selain itu cara kerjanya juga hampir mirip dengan teknologi RFID (Radio Frequency Identification) tapi NFC memiliki jangkauan yang lebih pendek yaitu sekitar 4 cm. Dan perlu dicatat, bahwa koneksi NFC ini tidak bergantung pada jaringan 3G, 4G/LTE, atapun Wi-Fi. Jadi ketika kalian menggunakan NFC tidak akan terkena biaya tambahan.

Banyak brand smartphone yang sudah melengkapi hp keluaran terbaru mereka dengan fitur ini. Brand-brand tersebut seperti Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, Sony, dan masih banyak lagi.

Untuk perangkat yang sudah terpasang NFC dapat berkomunikasi dengan perangkat NFC lain ataupun NFC Tags. NFC Tags merupakan chip yang tidak memerlukan listrik, tetapi mereka menarik listrik dari smartphone terdekat atau perangkat NFC lainnya. Jadi NFC Tags tidak perlu baterai atau sumber arus listrik. Jadi hampir fungsinya menggantikan QR Code.

Jadi intinya, agar satu perangkat NFC dapat berkomunikasi dengan perangkat NFC lainnya. Kalian hanya perlu menempelkan kedua perangkat NFC tersebut. Misalnya kalian memiliki dua smartphone yang sama-sama memiliki fitur NFC, silahkan tempelkan kedua smartphone tersebut secara back to back (mirip tamagochi ya). Jika kalian memiliki NFC Tags cukup tempelkan belakang smartphone NFC untuk NFC Tags.

Baca Juga: Spesifikasi Lengkap Oppo Reno dan Harga Terbarunya

Bagaimana Cara Kerja NFC ?

Seperti yang sudah kita singgung diatas, NFC dapat berkomunikasi dengan perangkat yang lain sama seperti infrared, bluetooth, rfid dengan menggunakan gelombang radio. Ini merupakan standar yang ditetapkan untuk komunikasi nirkabel.

Jadi jika bluetooth bekerja melalui induksi elektromagnetik. Hal ini berbeda dengan NFC yang cukup ditempelkan pada perangkat lain yang juga memiliki protokol NFC, sehingga kedua perangkat tersebut dapat terhubung.

cara kerja nfc

Hal ini menandakan bahwa NFC merupakan perangkat pasif yang dapat mengirimkan data bila berinteraksi dengan perangkat aktif dalam hal ini ponsel yang memiliki fitur NFC.

Untuk perangkat NFC aktif, ponsel dapat mengirim dan menerima data dengan tiga cara yaitu:

  1. Membaca/Menulis (misalnya membaca NFC Tags pada sebuah poster di mall).
  2. Emulasi kartu (misalnya saat melalukan pembayaran)
  3. Peer-to-peer (misalnya transfer file dengan perangkat lain)

Kegunaan dan Fungsi dari Teknologi NFC

1. Digunakan untuk menstransfer file

Sama seperti koneksi-koneksi lainnya, NFC juga dapat digunakan untuk mentransfer file dari perangkat satu ke perangkat lain dengan menggunakan Android Beam.

Android Beam merupakan fitur yang memungkinkan dua perangkat smartphone untuk mengirimkan kontak, video, musik, web page, gmaps, aplikasi, dan file-file lainnya. Selain itu NFC juga dapat menghubungkan ponsel pintar kalian dengan smartwatch atau speaker eksternal yang sudah mendukung NFC.

2. Digunakan untuk melalukan pembayaran

Fungsi kedua ini tidak kalah penting dengan yang pertama. Saat ini model pembayaran transaksi apapun sudah hampir semua menggunakan bantuan teknologi NFC. Salah satu negara maju yang sudah menerapkannya adalah Amerika Serikat dan Inggris.

Jadi NFC akan bekerja seperti MasterCard yang tersimpan di dalam ponsel. Dan jika ponsel NFC didekatkan pada NFC -enabled payment terminal akan berfungsi sebagai alat pembayaran.  Cara bertransaksi ini sering disebut dengan Tap and Pay.

Jadi siap-siap ke mall tanpa perlu bawa dompet, karena pembayaran bisa dilakukan dengan NFC yang ada di smartphone kalian.

3. Digunakan untuk Terhubung dengan NFC Tags

Seperti yang sudah kami singgung bahwa ponsel NFC dapat terhubung dengan NFC Tags. NFC Tags biasanya berisi link yang akan mengarahkan kalian ke website tertentu, tetapi juga dapat diprogram untuk melakukan tindakan pada smartphone kalian, seperti menghidupkan Wi-Fi atau mengecilkan volume suara.

Planning di masa yang akan datang, NFC dapat dimanfaatkan untuk apa saja.  NFC dapat digunakan informasi kursi bioskop. Jadi kalian hanya perlu mendekatkan ponsel, dan kalian akan tahu mana kursi bioskop yang kosong dan tidak.

4. Digunakan untuk Mencari Informasi

NFC dapat digunakan untuk mencari informasi. Saat ini banyak iklan atau produk perusahakan yang menggunakan QR Code untuk mengakses informasi tersebut. Sekarang cara tersebut akan digantikan dengan memanfaatkan teknologi NFC.

Hal ini dikarenakan apabila menggunakan QRCode terlalu lama karena harus menggunakan kamera terlebih dahulu untuk membaca QRCode dan mendapatkan informasi. Hal ini berbeda dengan NFC yang hanya perlu didekatkan saja.

Baca Juga: 10 HP Oppo Layar 5 Inchi Lengkap dengan Harga Terbarunya

Cara Mengirim File dengan NFC menggunakan Android Beam

NFC dapat digunakan untuk mengirim file dengan menggunakan Android Beam. Untuk caranya silahkan kalian ikuti dibawah ini:

1. Cara Mengaktikan Fitur NFC pada Smartphone

  • Silahkan masuk ke “Pengaturan“.
  • Kemudian pilih “Lainnya(More)“.
  • Kemudian pilih dan aktifkan “NFC“.
  • Selesai.

2. Cara Mengirim File dengan NFC Android Beam

  • Silahkan kalian masuk ke “File Manager“.
  • Kemudian cari file yang mau dikirim
  • Setelah itu silahkan pilij “Share” atau “Kirim (Send)“.
  • Lalu pilih via “Android Beam”.
  • Lalu dekatkan dengan perangkat NFC yang akan menerima.
  • Tunggu hingga file terkirim.

Kekurangan Teknologi NFC

  1. Belum semua ponsel support NFC apalagi untuk keluaran lama.
  2. Chip NFC pada masing-masing ponsel tidak diletakkan di tempat yang sama, jadi kalian perlu mencoba sendiri sebelum menggunakannya untuk mengetahui letaknya.
  3. Compability antar perangakt tidak universal, terutama jika kalian mengirim format file tertentu.

Sudah jelas kan tentang teknologi atau fitur bari NFC pada smartphone kalian. Jika masih ada yang ditanyakan silahkan hubungi melalui kontak kami.

Tags

Razqa Lathif

Baru join di surgatekno. Bisa nyalurin hobi menulis di dunia teknologi. Buat teman-teman yang mau join bisa ke https://surgatekno.com/content-writer/
Please Login to comment
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker