Tech News

Beberapa Bocoran Fitur Baru di Android “Q”

Android Pie yang penggunaannya masih terbilang sedikit, namun saat ini tim pengembang Google sedang sibuk mengerjakan “Android Q”. Seorang pengguna XDA Developers mengklaim telah menggunakan “Android Q” di ponsel Google Pixel 3 XL-nya dan membagikan beberapa fitur dari Android Q tersebut.

ROM ini dibuat tepatnya pada minggu lalu bersama dengan pembaruan keamanan February 2019. Dan tentu saja banyak fitur yang masih belum lengkap saat ini, tetapi beberapa fitur menarik pun bisa kita lihat dibawah ini.

Baca Juga : Android Pie Hadirkan Fitur Reset Adaptive Brightness Tanpa Menghapus Data Baterai

Fitur pertama yang lumayan menggoda yaitu sistem Dark Theme atau Night Mode. Fitur ini bisa diaktifkan dijam-jam tertentu atau secara tetap. Yang menariknya ada opsi untuk mengubah aplikasi menjadi dark mode padahal aplikasi tersebut belum mendukung fitur itu. Seorang pengguna XDA Developers pun mencoba fitur ini kedalam aplikasi Facebook dan fitur ini bekerja dengan sempurna padahal masih tahap pengembangan awal.




Menu “permission” juga dirubah, dengan perubahan ini memberi kamu kontrol yang lebih besar atas akses aplikasi secara real time. Contohnya, kamu bisa melihat izin masing-masing aplikasi secara terpisah dan memutuskan izin mikrofon atau GPS hanya saat diperlukan.



Di sistem operasi Android ini kamu akan dengan mudah mencopot pemasangan atau memaksa aplikasi untuk ditutup. Informasi tentang mana saja aplikasi yang membutuhkan izin untuk mengakses lokasi mu juga bisa ditemukan dalam bar pemberitahuan dan dengan hanya menekan iconnya kamu akan dibawa di menu permission.



Ada fitur “desktop mode” baru dalam Android Q ini. Dan didalam menu “Developers Options” juga ada tombol “force desktop mode” dan dideskripsinya masih tertulis experimental desktop mode. Tampaknya Google sedang membuat fitur yang sama seperti Samsung DeX tetapi sayangnya fitur ini masih belum berfungsi penuh karena masih dalam tahap pengembangan awal.

Baca Juga : ASUS ROG Phone Kebagian Update Android 9 Pie

Fitur “Always-on” juga mendapatkan beberapa penambahan fitur, saat ini bisa menampilkan wallpapermu. Dan juga ada beberapa fitur seperti meng-nonaktifkan semua sensor, dan masih banyak fitur lainnya.

Dan juga masih banyak fitur lainnya yang masih perlu diselesaikan sebelum musim gugur tahun ini, tetapi ini merupakan pandangan pertama yang bagus tentang sistem operasi “Android Q”.

Tags

Benom

WE ARE BENOM
Please Login to comment
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker