Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Tech News

Menghilang dari Youtube, Channel Calon Sarjana Dihapus?

Kabar tidak sedap datang lagi dari dunia Youtube Indonesia. Pasalnya per hari ini (22 Januari 2019), salah satu channel dengan jumlah subsriber 12 juta disuspend atau dihapus.

Channel tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah channel Calon Sarjana. Youtube Channel yang memberikan seputar informasi menarik ini, mulai aktif sejak tahun 2016.

Calon Sarjana sendiri juga pernah meraih penghargaan Panasonic Gobel Award 2019 pada kategori Kreator Konten Digital Terfavorit.

Akan tetapi sangat disayangkan, pada bulan November 2019 diketahui bahwa channel Calon Sarjana melakukan plagiarisme terhadap channel JT Youtube.

Calon Sarjana dianggap dengan sengaja mencuri konten video dan memberi watermark pada thumbnail.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

Berita channel Calon Sarjana yang dihapus ini sedang ramai diperbincangkan netizen Indonesia khususnya di media sosial Facebook.

Namun, hingga berita ini dipublikasikan belum ada informasi resmi dari pihak Calon Sarjana mengenai nasib channel mereka.

Puncak dari Permasalahan dengan Channel JT ?

Mungkin ini bisa menjadi salah satu alasan kenapa channel dengan jumlah subscriber 12 juta dihapus oleh pihak Youtube.

Channel JT Youtube
Channel JT Youtube

Namun, setelah ditelusuri kemungkinan Calon Sarjana berpindah ke channel mereka yang lain. Karena kita tahu bahwa Calon Sarjana memiliki channel lain dengan jumlah subscriber yang lebih kecil seperti Calon Ilmuwan, Calon Professor, Calon Sutradara, Sarjana Ghoib dan Calon Atlet.

Calon Sarjana Berpindah ke Calon Ilmuwan

Setelah diselidiki bahwa benar channel Calon Sarjana berpindah ke Calon Ilmuwan. Kalian bisa lihat gambar dibawah ini :

Calon Ilmuwan Berubah Menjadi Calon Sarjana
Calon Ilmuwan Berubah Menjadi Calon Sarjana

Gambar tersebut menunjukkan bahwa nama Calon Ilmuwan sudah berganti menjadi Calon Sarjana berikut juga dengan Cover Page dan keterangan media sosial lainnya.

Apakah Calon Sarjana Membersihkan Namanya ?

Setelah kasus ini mencuat ke permukaan. Dan hampir disorot berbagai media baik Luar Negeri maupun Indonesia. Channel Calon Sarjana mendapatkan banyak komentar negatif dari netizen.

Kasus plagiarisme ini membuat banyak netizen marah dan kecewa. Walaupun mereka sudah mencoba untuk meminta maaf dan sudah melakukan perubahan dengan membuat video animasi.

Tapi tetap saja, para netizen masih memberikan komentar negatif ke channel tersebut.

Lalu bagaimana menurutmu ? Apakah channel ini benar-benar dihapus oleh Youtube ? Atau memang Calon Sarjana ingin membersihkan namanya ? Tulis pendapatmu di kolom komentar.

Razqa Lathif

Founder dari SurgaTekno.com Menyukai dunia teknologi : coding dan fixing hardware dan software.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.