Tech News

Drone Bisa Bantu Pertanian Indonesia Lebih Maju

Saat ini semua yang dulunya repot untuk dilakukan, kini makin mudah. Tentu saja ini disebabkan oleh kemajuan teknologi yang makin hari makin canggih.

Tidak hanya membantu dalam bidang bisnis seperti jual beli online. Teknologi juga bisa berperan penting dalam bidang pertanian yang merupakan andalan Indonesia.

Salah satu teknologi yang bisa digunakan dalam bidang pertanian adalah drone. Mendengar namanya, pasti kalian sudah tau fungsi dan wujud dari gadget yang satu ini.

Drone adalah salah satu gadget canggih yang pada awalnya difungsikan untuk memata-matai area peperangan. Tapi kini drone banyak difungsikan sebagai alat yang bisa membantu kita untuk merekam video atau menjepret foto dari ketinggian.

Ternyata drone memilki fungsi lainnya yang sangat bermanfaat untuk pertanian lho teman-teman. Kira-kira apa fungsi / kegunaan drone untuk pertanian? Simak terus yuk kelanjutannya:

1. Melakukan Pemetaan Lahan

Dalam bidang pertanian, memetakan lahan dan mengetahui usia tanaman adalah salah satu yang terpenting. Jika dulu harus mengelilingi lahan serta memperhatikan tanaman satu per satu kini menjadi makin mudah dengan adanya drone.

Drone pertanian memang sangat handal untuk melakukan pemetaan lahan. Hal ini dibantu oleh fitur kamera serta sensornya yang sanggup mengambil gambar berkualitas tinggi secara otomatis.

Bukan itu saja, fitur GPS yang banyak disematkan pada drone juga akan sangat membantu untuk menentukan titik-titik pengambilan foto tanaman.

Dengan fitur-fitur yang dibawa oleh drone, tentu saja untuk melakukan pemetaan lahan dan mengetahui usia tanaman bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

2. Membantu Menyiram Tanaman

Manfaat drone untuk pertanian yang kedua ini juga tak kalah penting dan sangat bermanfaat. Dengan menggunakan drone, kita bisa menyiram tanaman dengan mudah dan merata.

Selain menawarkan kemudahan saat menyiram tanaman. Penggunaan drone untuk menyiram juga punya kelebihan biaya penggunaan nya yang lebih murah dibandingkan menggunakan traktor.

3. Memudahkan untuk Memantau Irigasi

Bagus tidaknya tanaman memang sangat bergantung pada suplay air. Supaya terjamin, kita harus memastikan irigasi air selalu lancar mengalirkan air. Untuk memantau Irigasi, kalian hanya memerlukan drone. Dengan ini kalian bisa memastikan kondisi irigasi dengan cepat dan mudah.

4. Membantu untuk Memantau Kondisi Tanaman

Memantau kondisi tanaman adalah salah satu hal yang penting. Dengan menggunakan sensor infrared yang ada pada drone kalian bisa mengetahui tingkat kandungan air pada tanaman, identifikasi hama pada tanaman, dan memastikan kesehatan tanaman.

Menyimak tentang manfaat drone untuk pertanian tentu saja sangat membantu sekali. Dengan kecanggihan teknologi, kini kita bisa bertani dengan mudah. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Tags

Razqa Lathif

Baru join di surgatekno. Bisa nyalurin hobi menulis di dunia teknologi. Buat teman-teman yang mau join bisa ke https://surgatekno.com/content-writer/
Please Login to comment
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker