Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Tech News

Penjelasan Lengkap Tentang Format File PSD

Ada banyak sekali file yang bisa kita temukan di internet, dari sekian banyak format file yang ada. Format file berupa gambar adalah yang paling sering kita jumpai..

Selain bisa ditemukan di website, gambar juga bisa kita lihat di media sosial, forum, situs download, dan lain sebagainya.

Gambar di internet ada banyak sekali ekstensi nya. Tak cuma JPG, GIF dan PNG saja, ada juga gambar yang berformat PSD.

Gambar berformat PSD mungkin tidak seterkenal gambar JPG dan PNG, oleh karena itu banyak netizen yang ingin mengenal lebih jauh lagi tentang pengertian PSD beserta kelebihan dan kekurangannya.

Apa Itu PSD?

PSD adalah

PSD adalah sebuah format gambar yang diedit menggunakan Photoshop. Perlu teman-teman ketahui PSD adalah singkatan dari Photoshop Document.

PSD sanggup menyimpan gambar dalam bentuk layer, termasuk teks, channel warna, opacity, clipping paths, mask, blend mode, channel alpha dan juga setting duotone.

File PSD hanya bisa dibuka dengan aplikasi Photoshop saja. Tujuan penyimpanan dalam format PSD adalah supaya bisa diedit kembali kapanpun kamu mau.

Kamu bebas untuk melakukan editing ratusan kali tanpa perlu khawatir lagi adanya penurunan kualitas gambar.

Walaupun belum seterkenal PNG dan JPG, file gambar berformat PSD banyak digunakan lantaran kepopuleran Photoshop sebagai aplikasi edit foto terbaik.


Kelebihan dan Kekurangan

Ada beberapa kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh format file PSD ini. Berikut adalah list kelebihan serta kekurangannya dalam bentuk tabel:

Kelebihan

Kekurangan

Bisa diedit kembali dengan mudah menggunakan Photoshop kapanpun kamu mau. Ukuran filenya besar.
Bisa diedit kembali tanpa batasan tanpa penurunan kualitas. Tidak semua aplikasi support file PSD.
Bisa dicetak secara langsung menggunakan printer melalui aplikasi Photoshop.
Bisa diimpor langsung ke Adobe InDesign.
Bisa dibuka dijadikan adalah pilihan utama untuk melayani sebagai file master dan untuk pengarsipan di berbagai media penyimpanan seperti HDD, flashdisk, DVD, dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Itu dia bahasan lengkap mengenai file PSD mulai dari pengertian, kelebihan serta kekurangannya. Terimakasih sudah membaca, semoga terbantu dengan artikel ini.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.