Tech News

Google Hapus Aplikasi dari Play Store Yang Membutuhkan Akses SMS dan Log Panggilan

Pada tahun lalu, Google mengumumkan akan merubah peraturan terhadap aplikasi yang akan dirilis di Google Play Store. Perusahaan asal Mountain View California ini memberlakukan aturan yang membuat developer tidak bisa lagi merilis aplikasi yang membutuhkan akses SMS dan Log Panggilan di Google Play Store.

Hari ini, Google pun akan memulai menghapus semua aplikasi yang membutuhkan akses SMS atau Log Panggilan dari Google Play dalam beberapa minggu kedepan. Developers atau Pengembang yang belum mengirim pernyataan izin akan dihapus aplikasinya dari Google Play Store.

Jika ada aplikasi dihapus dari Google Play Store, Pengembang pun mempunyai 2 pilihan yaitu menghapus semua aplikasi yang membutuhkan izin untuk melihat SMS dan Log Panggilan atau memperbarui aplikasinya yang mempertahankan izinnya tetapi dengan melengkapi deklarasi khusus didalam Play Console.

Deklarasi ini akan memberikan waktu lebih untuk pengembang aplikasi hingga 9 Maret untuk menghapus izin akan menerima persetujuan khusus untuk penggunaan izin tersebut.

Langkah Google ini dimaksudkan untuk menghilangkan aplikasi yang dimana meminta izin untuk melihat SMS dan Log Panggilan yang dimana dirasa aplikasi tersebut tidak memerlukan izin tersebut. Kebijakan ini tentunya akan membatasi akses pengembang untuk melihat SMS dan Log Panggilan, selanjutnya langkah ini akan membuat pengguna lebih memiliki kontrol yang penuh atas data mereka sendiri.

Tags

Benom

WE ARE BENOM
Please Login to comment
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker