Tech News

Google Jelaskan Mengapa Dark Mode Bikin Baterai Lebih Tahan

Google sering menambah fitur-fitur baru di Operating System milik mereka, Android yang terbaru ialah Dark Mode. Dan sekarang Google memberitahu manfaat dari fitur Dark Mode atau Mode Malam tersebut.

Salah satu alasan dari Google menambahkan fitur Dark Mode adalah untuk melindungi pengguna dari latar berwarna putih yang sangat lazim digunakan dalam Material Design tema Android selama beberapa versi terakhir.

Sebagai informasi tambahan, Mode Gelap atau Mode Malam adalah fitur di perangkat Android untuk mengubah warna tema dari latar putih dan teks hitam menjadi layar hitam dan teks putih. Dibeberapa ponsel fitur ini pun dinamakan Night Mode.

Namun tidak hanya itu Dark Mode dalam ponsel yang menggunakan layar OLED atau AMOLED di smartphonenya dapat memperpanjang penggunaan baterai, dalam artian baterai smartphone mu lebih irit jika menggunakan fitur Dark Mode atau Night Mode.

Informasi ini langsung diungkapkan oleh Google dalam ajang Android Dev Summit, dimana mereka mengajak para developer untuk menambahkan Dark Mode atau Night Mode pada aplikasi buatan mereka. Untuk membuat para developer tertarik, Google mengungkapkan data perbandingan konsumsi baterai antara Dark Mode atau mode biasa.

Baca Juga : Google Rilis Fitur Dark Theme ke Dalam Aplikasi Terbarunya

Contohnya YouTube yang jika menggunakan Dark Mode mengkonsumsi baterai 14% lebih irit ketimbang pada mode normal. Pengiritan lebih berasa pada tingkat kecerahan 100% dimana pengiritan baterai bisa mencapai 60%.

Google pun memberikan data aplikasi lain seperti Google Maps yang pengiritannya pun bisa mencapai 63% pada Dark Mode. Pastinya semua bertanya-tanya bagaimana penggunaan Dark Mode bisa membuat konsumsi daya baterai smartphone kita lebih irit?.

Pengiritan ini didasari oleh cara kerja panel AMOLED serta OLED yang tidak membutuhkan backlight seperti panel LCD. Artinya ketika warna ditampilkan berwarna hitam maka pixel tersebut sama sekali tidak menyala maka semakin banyak gambar yang berwarna hitam maka semakin banyak pula pixel yang tidak menyala atau bekerja yang berujung pada konsumsi daya baterai lebih irit.

Jadi penjelasan dari Google ini untuk memperbaiki kesalahan dari mereka sendiri yang menampilkan lebih banyak warna putih pada Material Design Android mereka.

Tags

surgatekno

Jadilah Content Writer disitus ini lewat link https://surgatekno.com/content-writer/ Website : https://surgatekno.com/
Please Login to comment
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker