Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Tech News

Pengertian JPG, GIF, dan PNG

Ada banyak sekali file yang bisa kita temukan di Internet. Jika harus menyebutkan salah satu file yang paling seri dilihat, seperti nya gambar adalah salah satu yang terdepan.

File gambar memang ada banyak sekali. Kita bisa melihatnya di search engine, media sosial, portal berita, blog dan situs serupa lainnya.

Setiap gambar memiliki formatnya masing-masing, yang paling sering kita temui biasanya berformat JPG, GIF dan PNG.

Gambar dengan format JPG, GIF dan PNG tidak hanya memiliki perbedaan formatnya saja. Tapi, masih ada banyak lagi perbedaan lain yang menarik sekali untuk kalian ketahui.

Pengertian JPG, GIF dan PNG

Seperti judulnya, artikel ini akan membahas tuntas pengertian JPG, GIF, dan PNG serta kita cari tahu perbedaannya. Simak artikel berikut ini dengan seksama, supaya rasa keingintahuan kalian terjawab dengan sempurna.

1. Pengertian JPG / JPEG

Pengertian JPG, GIF dan PNG

Kita mulai dahulu dengan membahas pengertian JPG. Siapa sih yang nggak tau dengan format gambar yang dijadikan standar bagi para fotografer profesional ini?.

Perlu teman-teman ketahui, JPG dibuat oleh perusahaan bernama Joint Photographic Experts Assemble, perusahaan ini bergerak di bidang IT.

JPG adalah format gambar yang mengkompres data gambar dengan mengurangi bagian-bagian dari gambar untuk memblok pixel dalam gambar tersebut.

Format file gambar JPG ini bisa dikompres mulai dari rasio 2:1 hingga 100:1. Kalian dibebaskan untuk memilih rasio kompresi sesuai dengan kebutuhan.

Gambar JPG sangat cocok untuk gambar yang memiliki banyak komposisi warna dan gradien. Tapi, JPG tidak cocok untuk menyimpan gambar pajangan atau artistik.


2. Pengertian GIF

Pengertian JPG, GIF dan PNG

Format file gambar GIF juga seringkali ditemui saat browsing di Internet. Gambar berformat GIF mengusung 8 bit warna, jadi gambar ini hanya memiliki 256 jenis warna saja.

Gambar GIF tidak cocok digunakan untuk keperluan fotografi. Walaupun demikian, gambar GIF masih tetap banyak digunakan hingga saat ini karena bisa dibuat menjadi gambar animasi.

Karena bisa dibuat menjadi animasi, gambar GIF banyak digunakan untuk banner iklan di web, stiker WhatsApp dan lain sebagainya.


3. Pengertian PNG

Pengertian JPG, GIF dan PNG

PNG adalah singkatan dari Portable Network Graphic. Gambar berformat PNG banyak digunakan dalam dunia grafis karena mendukung transparansi.

Kualitas warna gambar PNG memang sudah tidak diragukan lagi. Selain banyak digunakan untuk membuat logo, gambar yang mendukung transparansi ini juga cocok untuk membuat screenshot, icon-icon dan lain sebagainya.

Kekurangan dari gambar PNG ini adalah ukurannya yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran gambar GIF dan JPG. Tapi saya rasa sangat sebanding dengan kualitas gambarnya.


Akhir Kata

Demikianlah pengertian JPG, GIF dan PNG yang dibahas tuntas dalam artikel ini. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan teman-teman semuanya, terimakasih sudah membaca.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.