Segenap Tim SurgaTekno mengucapkan 🎄 Selamat Natal dan 🥳 Tahun Baru 2021. Selalu jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.
Tech News

Pengertian SSD: Cara Kerja dan Rekomendasi

Saat membaca spesifikasi laptop, bagian penyimpanan adalah salah satu yang paling disorot. Selain kapasitas penyimpanan, biasanya juga tertera informasi tentang jenis media penyimpanannya.

Jenis-jenis media penyimpanan data yang biasanya ada di laptop dan komputer ada bermacam-macam. Yang sekarang tengah populer dan banyak disematkan adalah SSD dan HDD.

Meski sudah kerapkali mendengar istilah SSD, ternyata masih banyak juga orang yang belum tau pengertian, fungsi hingga cara kerjanya.

Dalam artikel kali ini, SurgaTekno akan membahas semua tentang SSD. selain pengertian dan cara kerja, kami juga sudah menyiapkan beberapa rekomendasi SSD terbaik untuk kalian.

Pengertian SSD

SSD adalah singkatan dari Solid State Drive. Komponen ini bertugas sebagai tempat penyimpanan data yang ada di dalam sebuah komputer dan laptop.

Bisa dibilang SSD adalah perkembangan terbaru dari teknologi penyimpanan data komputer. Memori yang ada di SSD bersifat Non-volatile Memory, jadi data akan tersimpan secara permanen.

Data yang bisa disimpan di SSD bermacam-macam, mulai dari data sistem serta berbagai file seperti gambar, dokumen, video, dan masih banyak lagi lainnya.


Fungsi SSD

SSD berfungsi sebagai tempat penyimpanan berbagai jenis data, mulai dari foto, video, dokumen dan lain sebagainya.

Tidak hanya bisa menyimpan file saja, SSD juga sanggup digunakan untuk menyimpan OS. Bahkan SSD juga bisa bertugas sebagai Disk booting utama guna menjalankan sebuah komputer.


Cara Kerja SSD

SSD menggunakan jenis memori flash yang serupa dengan RAM. Meski memiliki banyak kemiripan dengan RAM, ternyata ada juga hal yang berbeda antara RAM dan SSD ini.

Perlu kalian ketahui, RAM hanya menyimpan memori secara sementara. Sedangkan SSD menyimpan data secara permanen, jadi meski PC dimatikan, data akan tetap tersimpan dengan aman.

Jika teman-teman membuka SSD, kalian hanya akan melihat jajaran chip dan jaringan elektrik yang terdapat di papan chip. Kalian tidak akan melihat perangkat magnetic dan optical media di dalam SSD.

Cara kerja SSD untuk menulis data yaitu dengan cara dengan memanfaatkan block-block yang kosong untuk kemudian ditulisi dan disimpan disana.


Rekomendasi SSD Terbaik

Saat ini ada banyak sekali SSD yang dijual bebas di pasar gadget Indonesia. Banyaknya pilihan tentu mewajibkan kalian untuk memilih SSD terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.

Selanjutnya SurgaTekno akan memberi rekomendasi SSD Terbaik yang bisa kalian pertimbangkan. Lebih lengkapnya lagi, simak terus kelanjutannya hingga selesai ya.


1. Samsung 970 Evo Plus

Selain merilis smartphone dan televisi, Samsung juga memiliki produk berupa memori card dan SSD. Salah satunya seperti Samsung 970 Evo Plus yang sedang dibahas ini.

Samsung 970 Evo Plus menawarkan SSD yang menyajikan Performa, efisiensi, dan usia pakai yang lama. Ketiga keunggulan inilah yang membuat SSD buatan Samsung ini jadi alasan mengapa kalian perlu mempertimbangkannya.

Samsung 970 Evo Plus dibekali dengan teknologi 96-layer V-NAND, fitur ini bisa menyajikan kecepatan baca hingga 3.500 MB/detik dan kecepatan tulis sebesar 3.300 MB/detik.

Samsung 970 Evo Plus memiliki beberapa varian dengan kapasitas 250 GB, 500 GB, 1 TB hingga yang terbesar 2 TB. Kalian bisa memilih SSD ini dengan harga mulai dari 1 jutaan, tergantung pada variannya.


2. SanDisk Extreme Pro Portable

Selain Samsung, Sandisk yang dikenal dengan memory card nya juga merilis SSD dengan kualitas terbaik. Salah satunya seperti SanDisk Extreme Pro Portable juga bisa didapatkan dengan harga mulai dari 1 jutaan.

SanDisk Extreme Pro Portable Hadir dengan desain kokoh dengan body aluminium nya. Tersedia juga lapisan silikon yang membuat SSD buatan Sandisk ini makin kokoh dari benturan. Bahkan SSD ini mengantongi sertifikat P55 untuk ketahanan air dan debu.

Tidak hanya modal desain saja, SSD yang ringan ini juga dibekali dengan fitur NVMe. Fitur ini memungkinkan kalian untu mentransfer file dengan kecepatan hingga 1050 MB per detik.

SSD yang dibekali dengan garansi 5 tahun ini bisa dihubungkan dengan USB Type C dan Type A. Kapasitasnya bervariasi, mulai dari 256 GB hingga yang terbesar yaitu 2 TB.

Berhubung marak sekali produk Sandisk palsu, disarankan untuk membeli SSD SanDisk original, kalian bisa membelinya di SanDisk official store yang ada di Shopee, Bukalapak dan Tokopedia.


3. Crucial P1

Crucial P1 juga bisa dijadikan pilihan. SSD ini mengusung kapasitas 500 GB dan 1 TB yang bisa kalian pilih sesuai dengan kebutuhan, untuk seri 500 GB dibanderol 1 juta, sedang-kan seri 1 1 TB bisa didapatkan dengan merogoh kocek 2 juta rupiah.

Sama halnya dengan SSD terbaik sebelumnya, crucial P1 juga dibekali dengan fitur NVMe PCIe M.2. Hadirnya fitur ini bisa menghasilkan kecepatan baca dan tulis yang cepet banget.

Perlu teman-teman ketahui, crucial P1 sanggup menulis data hingga 2.000 MB/detik, Sedangkan kecepatan tulis hingga 1.700 MB/detik.

Mantapnya lagi, Crucial P1 juga dilengkapi dengan aplikasi Acronis True Image. Hadirnya aplikasi ini bisa mempermudah untuk melakukan backup dan restore data secara otomatis.


4. Adata XPG SD700X External SSD

Gamer yang butuh SSD cepat bisa memilih Adata XPG SD700X External SSD. SSD ini sanggup menyajikan kecepatan baca dan tulis file 4 kali lebih cepat dibandingkan dengan console PS4 dan Xbox one.

Adata XPG SD700X External SSD tampil dengan desain yang keren banget. Nggak cuma keren saja, body SSD terbaik ini sudah bersertifikat IEC IP68, jadi bisa dipastikan SSD ini sangat tahan air.

Selain tahan air, Adata XPG SD700X External SSD juga tahan debu dengan sertifikasi US Army MIL-STD-810G 516.6. Jadi kalian bisa mempercayakan tugas menyimpan data pada SSD yang bisa didapatkan dengan harga 1,5 juta ini.

Adata XPG SD700X External SSD juga dibekali dengan teknologi USB 3.1. Dengan adanya USB 3.1 ini, kalian bisa menghubungkan SSD ini ke smartphone, PC, console game dan lain sebagainya secara plug and play.


5. Samsung 970 Pro

Kelima, ada Samsung 970 Pro. SSD dari pabrikan gadget ternama asal Korea ini terdiri dari 2 varian yaitu dengan kapasitas 512 GB dan yang tertinggi yakni 1 TB.

SSD terbaik kelima ini disematkan dengan teknologi teknologi V- NAND terbaru dan pengontrol Phoenix baru dalam form factor M.2 (2280). Hadirnya teknologi ini, bisa membuat SSD ini sangat cepat.

Perlu diketahui, Samsung 970 pro sanggup membaca data dengan kecepatan 3500 MB/detik, SSD ini juga sanggup menulis data dengan kecepatan maksimal 2700 MB/detik.

Meski sangat cepat, jangan khawatir SSD ini akan cepat panas. Karena Samsung 970 Pro memiliki controller nikel yang bisa membuang panas berlebih dengan sempurna.


6. SanDisk Ultra 3D SSD

Untuk urusan media penyimpanan data, SanDisk memang sudah tidak diragukan lagi. Selain SSD terbaik nomor dua, ada juga SanDisk Ultra 3D SSD yang juga layak disebut sebagai yang terbaik.

SanDisk Ultra 3D SSD hadir dengan banyak fitur canggih yang bisa sangat membantu ketika menyimpan data. SSD ini sanggup menulis dan membaca data dengan kecepatan maksimal yang tinggi.

Tidak hanya cepat saja, SanDisk Ultra 3D SSD juga didesain khusus untuk tahan getaran. Jadi apabila SSD ini terjatuh, data kalian akan tetap aman.

Selain tahan getaran, SanDisk Ultra 3D SSD tahan panas berkat adanya teknologi 3D NAND. Konsumsi daya SSD ini juga sangat hemat, tidak akan membebani baterai laptop kalian.


7. Seagate Fast SSD

Seagate Fast SSD tampil dengan desain yang futuristik banget. Body dari SSD ini terbuat dari bahan metal yang terlihat sangat modern.

Tidak hanya sekedar modal desain saja, Seagate Fast SSD juga memiliki kecepatan yang mumpuni. Jadi apabila kalian ingin SSD yang desainnya keren dan kecepatannya mantap banget, pilihlah SSD ini.

SSD dengan body yang mungil ini sangat ringan, mudah sekali untuk membawa SSD ini Kenapa kalian mau. Bagusnya lagi, Seagate Fast SSD juga tahan goncangan.

Untuk terhubung ke gadget, tersedia teknologi USB 3.0. Seagate Fast SSD tersedia dalam beberapa varian kapasitas penyimpanan, mulai dari 250 GB, 500 GB, 1 TB dan 2 TB.


Akhir Kata

Itu dia pengertian SSD lengkap dengan cara kerja dan beberapa rekomendasi SSD terbaik yang bisa kalian jadikan pilihan.

Cukup Sekian dulu untuk postingan kali ini, terimakasih banyak sudah membaca, semoga bisa bermanfaat.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.