Tech News

Apa Sih Perbedaan Baterai Li-Ion dengan Li-Po ? Lalu Kelebihan dan Kekurangannya

Sebelum membeli smartphone, alangkah baiknya jika memerhatikan seluruh spesifikasi-nya terlebih. Selain dapur pacu, layar dan body, baterai adalah salah satu parts yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Seperti yang diketahui, baterai adalah salah satu bagian yang vital banget fungsinya. Fungsi baterai yang bertugas sebagai penyuplai daya listrik pada smartphone memang sangat penting sekali.

Tidak peduli sedahsyat apapun Spesifikasi dibawa oleh smartphone. Jika tidak dilengkapi dengan baterai, smartphone tersebut akan tidak bisa berfungsi sebagai mana mestinya.

Memperhatikan baterai bisa dilihat dari kapasitas nya. Saat ini kebanyakan smartphone sudah dibekali dengan baterai yang menyimpan daya listrik besar. Mulai dari 2000 mAh bahkan ada juga yang sanggup menyimpan daya hingga 5000 mAh.

Selain memperhatikan kapasitas baterai, kamu juga perlu memperhatikan jenis baterai pada smartphone yang kamu inginkan. Saat ini baterai li-ion dan li-po yang banyak beredar di pasaran gadget dunia.

Banyak juga yang bingung menentukan mana yang terbaik diantara baterai smartphone Li-ion dan Li-po. Maka dari itu tak sedikit juga yang mencari-cari sumber relevan yang membahas tentang kelebihan dan kekurangan antara baterai li-ion dan li-po ini.

Perbedaan, Kelebihan serta Kekurangan antara Baterai Li-ion dan Li-po

Berikut ini adalah perbandingan antara baterai li-ion dan li-po lengkap dengan kekurangan serta kelebihannya. Lebih lengkapnya lagi silahkan disimak kelanjutannya berikut ini.

1. Baterai Li-Ion

Mari awali pembahasan ini dengan baterai li-ion terlebih dahulu. Baterai Li-ion adalah yang paling banyak digunakan. Bahkan sejak jaman HP jadul, baterai li-ion sudah menjadi andalan sebagai penyimpan sekaligus penyuplai daya.

Baterai li-ion umumnya berbentuk kotak dengan dimensi yang lebih tebal dibandingkan dengan baterai li-po. Baterai yang banyak digunakan sejak dahulu kala ini dikenal mampu menyimpan daya listrik yang besar.

baterai li-ion
baterai li-ion

Baterai yang juga disebut dengan lithium-ion ini mengandung senyawa lithium sebagai bahan elektroda. Cara kerja baterai Li-Ion adalah menggerakan ion lithium dari elektroda negatif ke positif saat dilepaskan, saat itulah arus listrik mengalir.

Ketika baterai li-ion di cas atau disisi ulang, ion yang bergerak akan kembali lagi untuk menyimpan daya listrik. Selain banyak digunakan pada smartphone, baterai li-ion juga banyak digunakan pada laptop dan juga tablet.

Kelebihan Baterai Li-ion

  1. Mampu menampung daya yang besar
  2. Harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan baterai li-po
  3. Perawatan lebih mudah dan gampang
  4. Mudah didapatkan di toko gadget terdekat

Kekurangan Baterai Li-ion

  1. Rentan drop bahkan soak jika sering di cas secara berlebihan
  2. Kurang tahan dalam kondisi panas
  3. Rentan meledak jika di gunakan berbarengan dengan mengecas

 

2. Baterai Li-Po

Setelah membahas tentang baterai li-ion, mari kita bahas tentang baterai Li-po. Belakangan ini, sebagian besar gadget keluaran terbaru saat ini banyak menggunakan baterai Li-po ini.

Baterai Li-po atau lithium polymer ini bersifat cair, berbeda dengan baterai li-ion. Baterai jenis ini menggunakan elektrolit polimer padat yang diklaim bisa menghantarkan daya lebih cepat dari baterai li-ion.

baterai li-po
baterai li-po

Baterai hasil pengembangan dari li-ion ini memiliki dimensi lebih tipis dan ramping dibandingkan dengan baterai li-ion. Selain tampil lebih tipis, baterai ini juga memiliki jangka pakai yang lama.

Baterai Li-po kini banyak digunakan, terutama pada smartphone flagship yang menjadi andalan suatu pabrikan, umumnya smartphone flagship dibekali dengan spesifikasi tinggi yang butuh penyuplai daya berkualitas setara.

Kelebihan Baterai Li-po

  1. Lebih ramah lingkungan
  2. Memiliki bentuk yang lebih tipis dengan bobot yang ringan
  3. Lebih aman tidak mudah terbakar dan meledak
  4. Memiliki usia pakai yang lebih lama
  5. Banyak digunakan pada kan pada gadget flagship yang dibekali spesifikasi tinggi

Kekurangan Baterai Li-po

  1. Harganya lebih mahal dibandingkan dengan baterai li-ion
  2. Gampang rusak jika di cas ketika daya habis
  3. Lebih susah didapatkan daripada baterai li-ion

Itulah kiranya perbedaan, kekurangan serta kelebihan antara baterai li-ion dan li-po yang sudah kami bahas. Silahkan dipilih sesuai dengan kebutuhan karena ada kekurangan dan kelebihan yang ada pada jenis baterai tersebut.

Akhir kata terimakasih sudah menyempatkan untuk membaca artikel kali ini. Semoga bisa membantu, sempatkan share supaya banyak orang yang juga tau perbedaan antara Baterai Li-ion dan Li-po ini.

Tags

Razqa Lathif

Baru join di surgatekno. Bisa nyalurin hobi menulis di dunia teknologi. Buat teman-teman yang mau join bisa ke https://surgatekno.com/content-writer/
Please Login to comment
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker